7 Contoh Strategi Pemasaran Inspiratif

Strategi-marketing-inspiratif-taco-bell
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Setelah memahami cara membuat iklan yang efektif pada artikel Penulis.ID yang lain, Anda tentu menyadari bahwa iklan bukan satu-satunya contoh strategi pemasaran menguntungkan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh sebuah bisnis untuk mencuri perhatian masyarakat secara global sebagai konsumen. Umumnya, strategi ini diwujudkan dengan mengembangkan keunggulan produk agar mampu bertahan di tengah persaingan.

Ada banyak contoh strategi pemasaran yang terbukti sukses, namun sebagai pebisnis Anda harus terlebih dulu menyesuaikan dengan kondisi bisnis itu sendiri. Pada beberapa kasus, strategi bisnis perusahaan lain belum tentu cocok dengan bisnis Anda. Oleh karena itu, salah satu dari strategi pemasaran dari tujuh brand ternama berikut ini dapat memberi inspirasi demi perkembangan bisnis ke arah yang lebih baik.

 

Nike – Banyak Event Untuk Menjangkau Fans

Perusahaan sepatu, pakaian, dan peralatan olahraga asal Amerika Serikat ini tentu sudah tak lagi asing untuk Anda. Meskipun demikian, Nike tidak henti menciptakan strategi pemasaran baru setiap tahunnya demi memperkuat posisi mereka di tengah munculnya brand-brand baru. Tahun lalu, Nike menjadi berita utama melalui Breaking2, sebuah strategi rumit yang bahkan membutuhkan dua tahun perencanaan dan persiapan untuk dilaksanakan.

Kampanye tersebut dilakukan untuk mengajak masyarakat mengikuti program lari maraton dalam waktu kurang dari dua jam. Tak tanggung-tanggung, Nike memilih lokasi sempurna di jalur Monza F1 Italia. Event ini pun disiarkan secara langsung di Twitter, YouTube, dan Facebook dengan total penonton mencapai lebih dari 13 juta orang. Hasilnya, penjualan sepasang sepatu lari Nike seri Zoom Vaporfly Elite yang baru dirilis pada bulan April 2018 laris di pasaran.

Menariknya lagi, Nike juga memberikan layanan terbaik sebagai alternatif strategi pemasaran yang dapat menciptakan pengalaman berbelanja menyenangkan untuk setiap pelanggannya. Hal tersebut dilakukan dengan cara memisahkan akun layanan dengan akun katalog produk atau bahkan akun penjualan. Anda dapat menemukan perbedaan gaya bahasa admin media sosial pada akun @NikeSupport, @Nike, atau @NikeStore yang disesuaikan dengan target audiens mereka.

 

Land Rover – Berbekal Konten Video yang Liar

Melalui The Land Rover Stories, perusahaan mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1948 silam ini mengajak fotografer dunia mendokumentasikan pengalaman mereka mengendarai model Land Rover tertentu dan menanyangkannya pada situs website serta media sosial. Mengambil latar belakang alam liar seperti pegunungan Colorado dan Alaska, peserta dapat menciptakan video berkualitas HD dari dalam dan luar mobil.

Selain diupload ke website resmi Land Rover, konten video tersebut juga dibagikan ke berbagai platform media sosial. Berkat strategi pemasaran tersebut saat ini Land Rover sukses memiliki 4,2 juta followers di Instagram dan ada lebih dari 220 ribu subscriber di YouTube. Setiap postingan yang diupload bahkan melibatkan ribuan pengguna di seluruh dunia.

Contoh strategi pemasaran Land Rover ini terbilang cukup sederhana, tapi mampu memberikan dampak yang besar terkait engagement dengan seluruh pengguna media sosial. Jika perusahaan atau bisnis Anda membutuhkan brand awareness, cara ini tentu mudah untuk ditiru tentunya dengan penyesuain pada konten video sesuai jenis bisnis Anda. Pastikan konten video yang ditampilkan berkualitas baik sehingga bisnis Anda terlihat semakin profesional.

 

Mazda – Mendobrak Dengan Zoom-Zoom Magazine

Sebagai perusahaan produsen mobil-mobil mewah dan berharga mahal, Mazda awalnya hanya dikenal oleh golongan masyarakat tertentu. Namun, untuk bertahan ditengah persaingan mobil-mobil berharga murah yang muncul di pasaran, Mazda pun menciptakan strategi pemasaran inspiratif melalui Zoom-Zoom Magazine. Majalah otomotif ini didesain minimalis dan sangat modern dengan konten menarik, termasuk cerita di balik layar ruang uji coba mobil Mazda.

Majalah versi digital buatan Mazda ini bertujuan untuk membangun dan lebih memasyarakatkan Mazda. Untuk itu, disediakan pula kolom bagi para pembaca untuk berbagi petualangan tentang perjalanan menggunakan Mazda. Pengguna juga bisa menandai cerita petualangan tersebut di media sosial dengan menambahkan #ZoomZoomMag.

Tentu saja, majalah Zoom-Zoom tidak secara langsung mengajak pembaca untuk membuka halaman katalog produk. Namun, bagi pembaca yang sudah menemukan testimonial menarik terkait bukan tidak mungkin mereka akan meminta penawaran, mempelajari fitur-fitur mobil Mazda hingga mengunjungi dealer terdekat. Oleh karena itu perhatikan pemilihan konten yang akan digunakan sebagai strategi pemasaran agar dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

 

Taco Bell – Strategi Pemasaran yang Berubah Tergantung Channel

Strategi-marketing-inspiratif-taco-bell

(Photo Credit: Mike)

Restoran cepat saji yang hadir dengan menu-menu bernuansa Amerika Latin, seperti Tacos dan Pizza ini memiliki target market anak-anak muda usia belasan tahun. Tak heran jika pemasarannya yang paling dominan dilakukan melalui berbagai platform media sosial. Taco Bell memiliki pemirsa lebih dari 1,1 juta followers Instagram, 1,89 juta followers Twitter , dan lebih dari 65.000 subscribers YouTube. Kunci keberhasilannya terletak pada konten khusus untuk masing-masing platform media sosial.

Di Instagram Taco Bell biasanya memposting menu-menu baru serta mengadakan challenge yang seru bagi para penggemarnya, salah satunya adalah tantangan untuk membuat riasan wajah yang terinspirasi dari Taco Bell. Sedangkan di Twitter, Taco Bell sering meretweet atau menanggapi postingan  followers. Untuk konten video di YouTube, Taco Bell lebih memilih topik-topik ringan seperti cara memesan produk limited edition dari restorannya.

 

Sephora – Biarkan Pembeli Berbicara

Bagi Anda yang menjalankan bisnis di bidang kecantikan, strategi pemasaran yang dilakukan Sephora melalui konten-konten digital layak untuk ditiru. Alih-alih merekrut sejumlah karyawan untuk menjalankan blog kecantikan, Sephora justru memberi kesempatan pada para pelanggan melakukan pembicaraan. Tanpa perlu bersusah payah membangun komunitas, pelanggan dengan sendirinya berbagi rekomendasi produk, membahas produk, serta saling berbagi tips-tips makeup.

Saat ini Sephora juga meluncurkan konten digital interaktif, seperti fitur Sephora Virtual Artist di aplikasi mobile. Melalui fitur tersebut pelanggan dapat mencoba merias wajah secara mandiri melalui augmented reality. Dilengkapi dengan tutorial makeup, pengguna pun dengan mudah mendapatkan pelajaran visual langkah demi langkah menerapkan produk makeup yang benar. Contoh strategi pemasaran ini akan membantuk produk bisnis Anda mempertahankan loyalitas pelanggan atau bahkan menarik perhatian konsumen baru.

 

IKEA – Selalu Aware Terhadap Tren

IKEA adalah sebuah perusahaan ritel asal Swedia yang secara khusus menawarkan produk-produk furniture untuk rumah modern dan minimalis. Di Indonesia sendiri IKEA sudah punya banyak pelanggan tetap. Namun, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan IKEA menerapkan strategi pemasaran dengan menciptakan aplikasi IKEA Place Augmented Reality. Melalui aplikasi ini pengguna dapat menentukan furniture seperti apa yang sesuai dengan ukuran dan desain interior rumah mereka.

Strategi pemasaran tersebut pada akhirnya meningkatkan visibilitas IKEA di kalangan pengguna media sosial, sebab ada lebih dari 500 ribu pengguna platform Pinterest yang telah membagikan foto-foto produk IKEA dan menginspirasi pengguna lain untuk ikut menggunakan furniture dari IKEA. Di Instagram, IKEA juga sudah memiliki jumlah followers mencapai 1,6 juta dengan ribuan engagements di setiap postingnya.

Untuk menciptakan konten pemasaran yang sesuai dan tepat sasaran, IKEA tentu harus mengetahui tren desain interior yang saat ini sedang digemari oleh sebagian besar masyarakat dunia. Meskipun hanya berupa konten visual berupa foto meja, kursi, dan lemari, postingan tersebut seolah mengajak siapapun yang menontonnya ingin memiliki suasana rumah atau desain interior seperti yang dipamerkan dalam gambar.

 

Generali Group – Strategi Pemasaran Edukasi Berbasis SEO

Siapa bilang perusahaan asuransi hanya memerlukan strategi pemasaran konvensional melalui agen-agen yang tersebar di seluruh penjuru dunia? Generali Group, perusahaan asuransi yang berbasis di Italia, membuktikan bahwa untuk mempertahankan perusahaan di tengah persaingan asuransi yang kian ketat Anda tentu harus mudah dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dengan memanfaatkan keberadaan internet.

Memanfaatkan keberadaan website Generali Group berusaha hadir dengan konten-konten artikel menarik seputar asuransi jiwa, kesehatan, mobil, dan rumah. Dengan begitu pengunjung website secara tidak sadar akan digiring pada manfaat-manfaat yang akan didapatkan melalui produk asuransi Generali Group. Contoh strategi pemasaran yang demikian akan membantu website atau perusahaan Anda memiliki ranking yang baik di mesin pencarian, seperti Google.

 

Itulah tadi beberapa contoh strategi pemasaran inspiratif yang sudah terbukti sukses dilakukan oleh brand-brand ternama dunia. Agar arus bisnis tetap berjalan lancar, cobalah untuk mulai memikirkan strategi pemasaran seperti apa yang cocok untuk model bisnis Anda. Tentu saja, konsep pemasaran yang dibuat harus mampu menonjolkan kelebihan produk bisnis dibandingkan dengan brand lainnya.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Inas Twinda

Inas adalah penulis senior di Penulis.ID. Dia telah membantu berbagai perusahaan seperti Traveloka dan Bukalapak untuk memproduksi artikel demi keperluan konten marketingnya.