8 Cara Membuat Iklan yang Efektif

Cara-membuat-iklan
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Mengetahui cara membuat iklan yang efektif tentu akan memudahkan Anda dalam memasarkan produk bisnis kepada para konsumen terutama di era digital seperti sekarang ini. Terlepas dari apakah perusahaan bisnis Anda B2B atau B2C, hasil riset yang dilakukan oleh e-Marketer menunjukkan bahwa pengguna fasilitas iklan berbayar untuk seluruh media online mengalami peningkatan sebanyak 7.3% atau sebesar $583,991 miliar di tahun 2017.

Iklan digital memungkinkan perusahaan Anda memiliki lebih banyak visibilitas di kalangan konsumen dengan jangkauan yang lebih luas. Kemudian, Anda sudah membuat iklan sebaik mungkin dengan memperhatikan detail pada setiap elemen desain. Sayangnya, setelah iklan tersebut diunggah, tak satu pun konversi Anda dapatkan. Bahkan, Anda telah mengeluarkan dana cukup besar untuk memanfaatkan iklan berbayar, namun belum juga mendapatkan penjualan.

Apakah Anda telah gagal dalam membuat iklan yang menarik perhatian konsumen? Tentu tidak.

Cara membuat iklan yang baik adalah dengan mempertimbangkan setiap aspek yang digunakan pada iklan tersebut, agar calon konsumen tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut tentang produk yang Anda tawarkan. Hal-hal yang dapat menarik perhatian konsumen tentu beragam. Pastikan Anda tahu betul keunggulan dari produk bisnis Anda yang tidak dimiliki oleh produk lain, sehingga Anda memiliki kekuatan untuk bersaing bahkan melalui iklan di platform yang sama.

Rosser Reeves dalam bukunya berjudul Reality in Advertising menuliskan bahwa, setiap iklan yang dibuat harus mengajukan keuntungan yang jelas dan berbeda dari produk serupa yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Proposisi harus dibuat cukup kuat untuk menggerakkan massa, yaitu menarik konsumen dan juga calon konsumen. Misalnya, kekuatan iklan permen cokelat M&M yang terletak pada proposisi kalimat “Melts in your mouth, not in your hand.

Propaganda iklan tersebut tentu menegaskan keunggulan produk permen cokelat M&M dibandingkan dengan produk sejenis yang sering kali meleleh sebelum dikonsumsi. Menemukan kalimat-kalimat sederhana seperti itu jelas bukan pekerjaan yang mudah, serta membutuhkan waktu cukup lama terlebih jika Anda belum memiliki tim kreatif di dalam divisi penjualan. Untuk menghindari kesalahan yang sama, inilah cara membuat iklan yang efektif dan dapat mendatangkan profit.

 

Ciptakan Elemen Kreatif

Setiap perusahaan bisnis tentu memiliki elemen kreatifnya masing-masing, yang sudah ada sejak awal pengenalan merek dagang atau branding. Baik berupa maskot, logo, warna, jenis huruf, bahkan theme song, elemen-elemen kreatif inilah yang memudahkan konsumen atau calon konsumen mengingat dan mengenali produk Anda. Mempertahankan konsistensi visualisasi elemen kreatif yang Anda buat, berperan penting dalam menjamin kesuksesan sebuah iklan.

Di Indonesia, beberapa perusahaan besar sukses mendapatkan penjualan secara besar-besaran melalui setiap iklan yang diciptakan. Sebut saja, air mineral merek Aqua dengan theme songnya yang khas ataupun mie instan Indomie dengan slogan “Seleraku”. Kedua produk ini unggul dipasaran meski banyak memiliki pesaing. Alasan utama tentu sudah jelas, baik Aqua ataupun Indomie keduanya konsisten dalam menggunakan elemen kreatif yang telah diciptakan pada setiap iklan baru yang dibuat.

 

Lakukan Riset Pasar

Boleh jadi Anda telah berhasil mendapatkan konversi yang cukup tinggi hanya dengan mempraktikkan tips membuat iklan dengan memanfaatkan elemen kreatif perusahaan. Namun, perlu menjadi catatan bahwa berhasil saja tidaklah cukup membuat konsumen tetap bertahan pada produk bisnis Anda dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan konsistensi elemen kreatif yang tidak disertai dengan pembaruan akan membuat konsumen bosan melihat iklan yang itu-itu saja.

Elliot Simmonds, salah satu nominee Stockport’s Young Business Person of the Year 2014 sekaligus pimpinan konsultan Rippleout Marketing menegaskan, bahwa Anda perlu melakukan riset pasar secara berkala meskipun iklan yang dibuat sudah mencapai jumlah konversi yang ditargetkan. Anda tetap harus meluangkan waktu untuk mencari tahu sendiri, profil konsumen mana yang paling banyak? Siapakah orang yang kembali berkali-kali? Dari mana asal mereka?

Riset ini akan banyak membantu Anda dalam mewujudkan cara membuat iklan yang efektif serta menghasilkan penjualan. Dengan mengetahui detail profil konsumen, maka Anda tahu apa yang harus dilakukan pada pembuatan iklan selanjutnya. Cara ini juga dapat membantu Anda merencanakan strategi pemasaran yang tepat dengan target pasar yang demikian.

 

Bijak dalam Memilih Platform

Setelah melakukan riset pasar dan detail profil konsumen ada di tangan Anda, inilah saatnya memilih platform mana yang terbaik dan tepat sasaran sesuai dengan konsumen Anda. Beberapa platform bisa saja bekerja sangat baik untuk satu perusahaan, namun belum tentu untuk perusahaan Anda. Bersikap bijak dalam memilih platform tempat iklan diletakkan juga menjadi salah satu cara membuat iklan terlihat oleh konsumen yang telah Anda targetkan.

Pilih platform periklanan, seperti Google Adwords, apabila ada permintaan yang jelas untuk produk dan Anda ingin menargetkan orang-orang tertentu untuk menelusuri produk tersebut secara online. Namun tips membuat iklan ini bukan untuk semua orang. Sebaliknya, jika perusahaan Anda adalah sebuah startup yang memiliki produk baru dan inovatif yang belum pernah ada di pasaran, maka sebaiknya menghindari memasang iklan baris di mesin pencarian.

 

Hubungkan Metrik Media Sosial dengan ROI

Return on Investment atau yang disingkat dengan ROI adalah pengukuran yang penting bagi para pengiklan sebab perhitungan laba atas investasi didasarkan pada sasaran iklan tertentu, serta menunjukkan pengaruh yang nyata dari upaya periklanan terhadap bisnis Anda. Mengukur ROI dalam sebuah kampanye iklan adalah salah satu cara membuat iklan yang paling penting.

Apabila Anda memasarkan produk secara online, Anda tentu menjangkau sekelompok orang yang beragam, dan itu perlu dipertimbangkan saat mengukur hasil yang dicapai. Hanya karena produk Anda banyak mendapat like atau share dari pengguna media sosial, bukan berarti keseluruhan dari mereka melakukan pembelian. Menghubungkan metrik media sosial dengan ROI penting untuk memilah konsumen mana yang hanya terlibat dan mana yang menghasilkan penjualan.

 

Berikan Penawaran Menarik

Konsumen sangat menyukai tawaran yang Anda berikan. Jadi, cara membuat iklan yang menarik adalah dengan memberikan tawaran yang bagus sehingga mereka akan kembali membeli produk Anda berkali-kali dengan senang hati. Anda bisa menawarkan potongan harga yang tidak terkalahkan, sebuah percobaan gratis, pengiriman gratis atau paket-paket pembelian, yang akan menghasilkan penjualan dalam jumlah besar. Begitu perusahaan Anda datang dengan tawaran yang menarik, konsumen pun akan kesulitan untuk menolaknya.

Cara-membuat-iklan

Tips membuat iklan yang efektif (Photo Credit: Alpha Stock Images)

Bicarakan Tentang Manfaat yang Akan Diperoleh

Menjelaskan fitur produk atau layanan Anda memang penting, namun menjelaskan manfaat bagi konsumen adalah magnet terkuat yang dapat menarik minat pembelian mereka. Secara logika, tentunya konsumen lebih tertarik pada apa yang mereka dapatkan dari produk Anda daripada apa yang bisa dilakukan dengan produk tersebut, bukan?

Tips membuat iklan yang satu ini tidaklah sulit. Anda dapat membuat daftar produk apa saja yang Anda tawarkan lengkap dengan kelebihan masing-masing produk tersebut. Pastikan Anda terlebih dulu membicarakan manfaat yang akan diperoleh konsumen, bukan kelebihan produk tersebut. Misalnya, Anda adalah seorang akuntan pajak. Salah satu fitur layanan yang Anda tawarkan adalah adanya website tempat konsumen dapat masuk dan mengakses dokumen pajak mereka selama 24 jam penuh, sehingga mereka dapat menghemat lebih banyak waktu.

 

Beri Alasan untuk Membeli Sekarang

Melalui cara membuat iklan yang tepat sasaran tentu Anda tidak sekadar ingin menanam benih, tetapi juga menghasilkan penjualan dari apa yang sudah ditawarkan secepat mungkin. Saat konsumen melihat iklan dan berpikir untuk melakukan pembelian nanti, mungkin mereka benar-benar bermaksud melakukannya. Namun, boleh jadi mereka akan dengan mudah melupakan penawaran yang Anda beriklan di dalam iklan tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mendorong konsumen untuk membeli sekarang bukan nanti.

Anda dapat menciptakan urgensi ini dengan berbagai cara. Misalnya, Anda dapat membuat tawaran berupa potongan harga cukup besar dalam waktu terbatas. Jika konsumen melihat bahwa mereka hanya memiliki sedikit waktu, seperti beberapa jam atau hari untuk mendapatkan kesepakatan, dapat dipastikan mereka sudah cukup bersemangat dan cenderung akan melakukan pembeliian saat itu juga.

 

Gunakan Testimonial

Salah satu bagian terpenting dalam membuat iklan yang efektif adalah membangun kepercayaan dan ketertarikan konsumen pada perusahaan Anda. Ingat bahwa konsumen memiliki banyak kekhawatiran akhir-akhir ini, terlebih saat mereka harus berbelanja online. Penting untuk membangun kepercayaan mereka pada bisnis Anda. Tips membuat iklan yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen adalah dengan menunjukkan bahwa orang lain telah puas membeli atau menggunakan layanan Anda.

Salah satu cara membuat iklan terbaik adalah dengan menambahkan testimonial pada iklan Anda dari konsumen-konsumen terdahulu yang puas dengan produk dan perusahaan Anda. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat membuat orang mencari ulasan online tentang bisnis Anda, namun Anda bisa memberi mereka ketenangan pikiran dengan menambahkan testimonial dari konsumen yang senang dengan apa yang Anda tawarkan. Melihat konsumen lain yang sama seperti mereka senang dengan produk Anda, dapat mendorong calon konsumen untuk mencobanya.

 

Last but not least, pastikan Anda telah mencantumkan kontak perusahaan dengan jelas dan detail, mulai dari alamat, nomor telepon, email, serta website jika memang tersedia. Melalui iklan yang dibuat Anda telah mengatakan kepada konsumen apa saja yang Anda jual, sekarang saatnya beritahu mereka di mana bisa membelinya.

Tidak semua orang memahami cara membuat iklan yang efektif. Informasi dari tim Penulis.ID tentang tips membuat iklan ini diharapkan dapat membantu Anda dalam menciptakan iklan perusahaan yang terbaik.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Biru Cahya Imanda

Vice President of Content at Penulis.ID
Book addicts and love to write about anything! Currently Vice President of Content at Penulis.ID