Manfaat Hootsuite dan Masih Relevankah?

Analytic Instagram
Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Dari kacamata pebisnis, popularitas media sosial saat ini menjadi ladang baru untuk usaha mereka. Strategi pemasaran kini tidak hanya dilakukan secara tradisional lewat iklan televisi atau spanduk, tetapi juga secara digital lewat media sosial. Pebisnis mulai memasuki berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter untuk mempromosikan produknya. Namun, ada masalah lain. Mengelola media sosial bukanlah hal yang mudah. Di sinilah manfaat Hootsuite bisa Anda rasakan.

Hootsuite merupakan sebuah platform manajemen media sosial yang bisa mempermudah Anda dalam pengelolaan berbagai jenis media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, dan lain sebagainya. Memakai Hootsuite untuk media sosial bisa langsung Anda rasakan sejak pertama kali Anda memakainya.

 

Manfaat Hootsuite sebagai pengelola media sosial

Meski hampir setiap orang punya media sosial, mengelolanya tidak bisa dibilang gampang. Apalagi jika Anda mempunyai beberapa media sosial yang berbeda. Inilah mengapa banyak orang memilih untuk menggunakan Hootsuite. Pilihan mereka tidak salah karena Hootsuite memang memberikan beragam manfaat. Ini dia 6 alasan kenapa Hootsuite akan sangat membantu Anda:

  1. Memonitor beberapa media sosial dalam satu tempat

Bayangkan jika Anda harus mengelola beberapa akun Instagram, Facebook, dan Twitter sekaligus. Pekerjaan akan terasa lebih sulit dan memakan waktu apabila Anda harus membuka satu-satu akun media sosial untuk post konten dan memantau performa konten yang di-upload.

Memakai Hootsuite akan membebaskan Anda dari pekerjaan rumit itu. Hanya dalam satu tempat, Anda bisa mengunggah konten untuk berbagai media sosial dan melihat bagaimana performa kontennya. Lewat Hootsuite, Anda bisa menghubungkan lebih dari 35 platform media sosial ternama, termasuk Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, Foursquare, dan lain-lain. 

  1. Menjadwalkan waktu posting

Pemilihan waktu dalam mengunggah konten di media sosial adalah hal yang penting. Ada jam-jam tertentu di mana follower Anda lebih aktif daripada jam lainnya. Ketika mengunggah konten yang sesuai dengan jam aktif follower, maka konten Anda akan dilihat oleh lebih banyak follower. Jika demikian, semakin besar pula kemungkinan follower Anda berinteraksi dengan konten yang Anda unggah.

Namun, mengunggah konten secara manual di jam tertentu cukup berisiko. Bisa saja ada gangguan ketika Anda ingin mengunggah konten, atau lebih buruk lagi, bisa saja Anda lupa. Dengan menggunakan Hootsuite, Anda tidak perlu khawatir hal itu akan terjadi. Hootsuite memungkinkan Anda untuk menjadwalkan pada hari apa dan jam berapa konten ingin Anda upload. Setelah dijadwalkan, konten akan diunggah secara otomatis. Anda tidak perlu membuka media sosial satu per satu untuk menulis caption atau upload foto dari galeri.

  1. Data analitik mudah dibaca

Data analitik adalah satu elemen penting ketika berbicara soal media sosial. Data ini menunjukkan bagaimana performa konten Anda, apakah konten dilihat oleh banyak orang, atau apakah banyak yang berinteraksi dengan konten Anda. Dari data ini, Anda bisa tahu konten seperti apa yang disukai oleh follower dan mengatur strategi terbaik untuk meningkatkan kualitas media sosial Anda.

Analytic Instagram

Photo by Georgia de Lotz on Unsplash

 

Hootsuite menyediakan berbagai fitur analitik yang menunjukkan seberapa baik atau buruk strategi media sosial yang Anda jalankan. Dari data yang disediakan Hootsuite, Anda bisa melihat data komentar, reach, klik, engagement rate, pertumbuhan follower, dan lain sebagainya. 

Data berupa angka biasanya sangat sulit untuk dibaca. Maka dari itu, agar lebih mudah dipahami, Hootsuite menyajikannya dalam bentuk grafik dan laporan profesional yang menunjukan progres media sosial Anda.

  1. Mendengarkan follower

Sama seperti jika kita berkomunikasi dengan orang lain, mendengarkan lawan bicara jadi hal penting untuk memastikan obrolan yang kita lakukan berjalan dengan baik. Begitu pula dengan media sosial. Hootsuite mampu melacak kata kunci apa yang ramai dibicarakan oleh pengguna. Dengan mengetahui apa yang ramai dibicarakan, tentunya Anda jadi bisa mengatur strategi untuk mendapatkan klien-klien baru dengan memberikan apa yang mereka butuhkan.

  1. Mengelola layanan konsumen

Keunggulan Hootsuite lainnya adalah platform ini memungkinkan Anda menyediakan layanan terbaik untuk para konsumen atau follower. Dengan kemampuan Hootsuite yang bisa menyajikan pesan-pesan dari follower dalam satu tempat, Anda tidak akan merasa kewalahan untuk membalasnya, terutama ketika Anda mengelola media sosial yang berbeda-beda.

Perlu diingat bahwa pelayanan konsumen yang baik bisa menghasilkan konsumen yang setia pada produk Anda. Dalam hal ini, media sosial bisa menjadi platform terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk terhubung lebih dekat dengan konsumen.

  1. Kolaborasi tim

Memakai Hootsuite juga bisa mempermudah kolaborasi dengan tim. Apabila ada beberapa orang yang mengelola media sosial, maka dengan menggunakan Hootsuite, Anda bisa melihat siapa yang mengunggah konten atau menjadwalkan konten. Dengan begini, kerja sama tim berjalan lebih efektif dan tim Anda bisa meminimalisir kesalahan dalam mengelola media sosial.

 

Tapi, tidak ada yang sempurna di dunia ini

Ya, tidak ada yang sempurna, termasuk Hootsuite. Meski memberikan banyak manfaat dan bantuan besar untuk pengelolaan media sosial, Hootsuite juga tidak terlepas dari berbagai kekurangan.

Satu hal yang menjadi pertimbangan banyak orang untuk tidak memakai Hootsuite adalah biaya. Untuk menikmati fitur-fitur canggih, Anda perlu mengeluarkan tambahan biaya, termasuk untuk menambah akses anggota tim. Selain itu, data analitik yang disediakan Hootsuit juga tidak semuanya gratis. Beberapa media sosial perlu biaya tambahan untuk bisa diakses datanya.

pentingnya social media

Photo by dole777 on Unsplash

 

Di sisi lain, platform manajemen media sosial lain bermunculan menawarkan berbagai fitur terkini yang berusaha menyaingi Hootsuite. Salah satunya Creator Studio, platform anakan dari Facebook yang memberikan akses secara gratis bagi para penggunanya. Fakta ini mungkin akan membuat sebagian dari Anda bertanya-tanya, “Jadi untuk apa pakai Hootsuite padahal ada yang gratis?”

Karena platform ini adalah turunan dari Facebook, jadi seperti yang mungkin sudah Anda duga, pengguna hanya bisa mengelola akun Instagram dan Facebook. Ini jelas sangat berbeda dari kemampuan Hootsuite yang bisa mengelola puluhan media sosial dari satu platform.

Namun, jika melihat tren penggunaan media sosial saat ini, Facebook dan Instagram merupakan dua media sosial yang paling banyak digunakan, dengan masing-masing pengguna sejumlah 129,9 juta dan 99,15 juta pengguna dari total 191,4 juta penduduk Indonesia yang aktif menggunakan media sosial.

 

Jadi, apakah manfaat Hootsuite masih relevan saat ini? Semuanya kembali kepada kebutuhan dan strategi media sosial Anda. Media sosial merupakan platform yang terus berkembang dan diperbarui, maka besar kemungkinan Hootsuite dan platform manajemen lainnya pun akan ikut memperbarui fitur-fiturnya menjadi lebih baik.

Kalau bisnis Anda sudah memahami manfaat Hootsuite namun masih kesulitan dalam eksekusi strategi dan konten social medianya, Anda bisa mempertimbangkan untuk bekerjasama dengan Penulis.ID juga. Kami telah berpengalaman membantu berbagai brand untuk meningkatkan social media mereka.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Adhika Dwi Pramudita

Hey there. My name is Adhika and I’m currently living in Jakarta. I'm one of the Penulis.ID shareholders.