Mencari Keyword SEO yang Bagus: Coba 6 Cara Ini

analytic-website
Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Masih banyak yang belum paham soal pentingnya mencari keyword SEO yang tepat untuk website bisnisnya. Padahal, di era digital seperti sekarang ini, SEO yang tepat bisa membuat website Anda memiliki peringkat tinggi dan muncul pada halaman pertama pencarian Google. Ini seperti membuka toko di jalan utama dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi. Bila website Anda berada di halaman pertama pencarian Google, maka lebih besar kemungkinan pengunjung untuk masuk ke dalam website tersebut.

Jadi, bagaimana cara mencari keyword SEO yang bagus untuk bisnis Anda? Berikut keenam caranya.

 

Pelajari topik bisnis Anda

Bagaimana pelanggan mendeskripsikan brand Anda? Jika Anda mengetahui jawaban tersebut, maka membuat SEO tidak akan begitu sulit. Namun, jika tidak, maka Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu. 

Untuk membuat keyword SEO yang bagus, Anda perlu melihat bisnis dari kacamata pelanggan. Apa yang akan mereka ketik di mesin pencari untuk menemukan brand Anda? Atau bagaimana mereka membicarakan produk Anda kepada temannya? Dengan mengetahui hal tersebut, Anda akan mendapatkan ide-ide unik untuk mengatur strategi SEO yang efektif.

Tentunya jawaban tersebut bisa didapatkan dengan melakukan pendekatan dengan pelanggan. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan melibatkan diri dalam komunitas online yang berhubungan dengan topik bisnis Anda.

 

Buat daftar topik  yang relevan dengan bisnis Anda

Setelah memahami bagaimana bisnis Anda di mata pelanggan, buatlah 5-10 topik yang relevan dengan hal tersebut. Misalnya, jika Anda ingin membuat SEO untuk perusahaan yang menjual produk kecantikan untuk remaja, beberapa topik yang mungkin berhubungan dengan produk yang Anda jual adalah sebagai berikut: 

  • Makeup remaja 
  • Skincare remaja 
  • Lip tint
  • Rekomendasi lipstick

Perlu diperhatikan bahwa topik yang Anda buat adalah topik yang penting untuk bisnis Anda dan berhubungan dengan target marketnya. Pikirkan soal apa yang akan dicari oleh target market Anda ketika mereka melakukan pencarian di Google. Namun, topik ini masih terlalu general sehingga perlu dipertajam ke dalam beberapa kata.

 

Pertajam topik dengan membuat kata kunci

Setelah menetapkan beberapa topik yang ingin Anda fokuskan, saatnya pertajam topik tersebut ke dalam bentuk kata kunci. Misalnya, Anda ingin fokus pada topik mengenai “skincare remaja”. Pikirkan kira-kira kalimat apa yang akan dicari oleh target pelanggan Anda ketika memikirkan soal skincare remaja. Berdasarkan data dari salah satu klien kami, inilah beberapa kata kunci yang berhubungan dengan topik “skincare remaja”:

  • Skincare untuk remaja (9900)
  • Rekomendasi skincare untuk remaja (5900)
  • Skin care untuk remaja pemula (3600)
  • Urutan skincare remaja pagi dan malam (2400)
  • Skincare untuk mencerahkan wajah remaja (590)
  • Skincare aman untuk remaja (480)

Beberapa kalimat di atas merupakan kata kunci populer yang berhubungan dengan produk yang dijual oleh brand kecantikan tersebut. Jika Anda perhatikan, ada angka dalam tanda kurung. Angka tersebut menunjukkan keyword volume atau seberapa banyak kata kunci ini dicari oleh pengguna mesin pencari. Jika angka menunjukkan 9900 maka kalimat tersebut dicari sebanyak 9900 kali dalam satu bulan. Angka ini menunjukkan seberapa penting topik tersebut untuk target pelanggan. 

Namun, angka berapa yang bagus sebagai keyword SEO? Jawaban paling sederhananya adalah kata kunci dengan rentang pencarian 100-1000 kali per bulan. Namun, definisi bagus dalam hal SEO tergantung dari banyak faktor, seperti jenis industri dan kompetisi dengan perusahaan kompetitor. Bila memilih kata kunci yang volume pencarian terlalu rendah, itu berarti pelanggan mungkin tidak akan menemukan website Anda. Sebaliknya, jika Anda memilih kata kunci yang memiliki volume pencarian sangat tinggi, Anda bisa terjebak dalam persaingan dengan situs yang lebih besar.

analytic-website

Photo by Stephen Phillips – Hostreviews.co.uk on Unsplash

 

Gunakan tool pencarian keyword SEO yang tepat

Setelah Anda sudah menentukan topik dan membuat daftar kata kunci yang lebih tajam, cara keyword SEO Anda menjadi kata kunci yang tepat adalah dengan menggunakan tool yang bagus. Menggunakan tool ditujukan untuk semakin mempersempit kata pencarian Anda. Dengan tool, Anda bisa mengetahui bagaimana performanya, seberapa sering kata itu dicari, dan bisa memberikan Anda ide baru terkait dengan kata yang berhubungan dengan keyword SEO tersebut.

Nah, saat ini sudah banyak sekali tool yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah Google Trend. Tool satu ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari kata apa yang sedang tren di wilayah yang ditargetkan. Misalnya, ingin mengetahui tren penggunaan kata “skincare untuk remaja” di wilayah Jakarta. Maka, akan muncul grafik yang menunjukkan pergerakan kata kunci yang dicari. Selain itu, Google Trend juga memberikan saran kata kunci panjang (long tail keyword) yang berkaitan dengan kata kunci utama Anda.

Selain Google Trend, Anda juga bisa menggunakan Ubersuggest, tool buatan salah satu digital marketer ternama, Neil Patel. Melalui platform ini, Anda bisa mendapatkan informasi tentang besaran volume kata kunci, kadar kesulitannya, hingga beberapa keyword lain yang berkaitan dengan kata kunci utama.

Masih banyak platform pencarian kata kunci lainnya yang bisa Anda manfaatkan, seperti Ahrefs, Keyword Tool, SEMrush, MOZ, KWFinder, dan lain sebagainya. Beberapa platform bahkan menawarkan fitur yang lebih lengkap, seperti mengecek performa kata kunci kompetitor Anda.

 

Pelajari kompetitor Anda

Mencari tahu kata kunci yang tepat untuk perusahaan sendiri tidaklah cukup. Sebagai salah satu cara membuat keyword SEO, Anda juga perlu tahu apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda. Semakin dalam Anda memahami industri yang dijalani, maka semakin baik pula strategi SEO yang akan Anda bentuk.

Dalam hal ini, kata kunci juga memiliki saingan. Memahami daya saing kata kunci yang berbeda membuat Anda mengetahui bahwa ada beberapa kata kunci yang sulit bersaing. Caranya adalah dengan mencari kata kunci apa yang dipakai oleh kompetitor Anda. Dari data tersebut, Anda bisa melihat performa kata kunci yang bagus dan yang kurang bagus.

 

Pelajari tujuan pencarian yang dilakukan target market

pelajari-tujuan-pencarian

Photo by Arkan Perdana on Unsplash

Algoritma Google selalu berubah. Saat ini, ketika pengguna mengetik sebuah kata kunci, mesin pencari tidak hanya akan menampilkan website yang memiliki kata kunci yang sama persis, tetapi juga hal lain yang masih berkaitan dengan pencarian pengguna. Dengan kata lain, algoritma mesin pencari ini mencoba untuk mempelajari maksud dan tujuan pencarian yang dilakukan pengguna agar bisa menampilkan berbagai website. Nah, inilah yang membuat cara keyword SEO semakin rumit.

Coba posisikan diri Anda sebagai target market. Mengapa mereka mau mencari topik Anda? Apakah mereka ingin membeli produk tertentu? Atau apakah mereka ingin mengatasi suatu masalah? 

Dengan mengetahui alasan dibalik pencarian yang dilakukan target market, maka Anda bisa menggunakannya sebagai cara mencari keyword SEO yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan pelanggan yang Anda tuju. Anda juga bisa mengemasnya ke dalam bentuk konten yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, misalnya seperti konten artikel.

 

Itu dia beberapa cara mencari keyword SEO yang tepat untuk meningkatkan website perusahaan Anda. Itu pula yang dilakukan Penulis.id dalam setiap project inbound marketing yang kami kerjakan untuk para klien. Dengan menerapkan praktik SEO yang efektif, kami berhasil meningkatkan traffic setiap klien yang sudah mempercayakan jasa kami.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Adhika Dwi Pramudita

Hey there. My name is Adhika and I’m currently living in Jakarta. I'm one of the Penulis.ID shareholders.