Cara Mendapatkan Verifikasi Twitter

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Anda aktif di media sosial Twitter? Banyak pengguna yang tentunya ingin memiliki akun verified dengan ikon Twitter centang biru. Saat ini Anda bisa mewujudkannya, karena bila selama ini verifikasi bersifat eksklusif hanya untuk akun penting yang seperti perusahaan, instansi pemerintah, dan selebritis. Sekarang akun Twitter verified bisa didapatkan oleh pengguna Twitter biasa. Bagaimana cara mendapatkan verifikasi Twitter dengan lencana biru? Berikut ulasan cara mendapatkan verifikasi Twitter yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID

 

Aktif di Twitter

Langkah pertama untuk mendapatkan verifikasi Twitter yaitu aktiflah di Twitter. Twitter saat ini sudah membuka proses untuk verifikasi akun di semua penggunanya. Anda bisa mendapatkannya, asal mampu memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Twitter membuka lebar semua jenis akun dengan bidang apa saja. Mulai di bidang fashion, musik, akting, pemerintahan, politik, media, agama, bisnis, jurnalis, olahraga, dan bidang minat yang lainnya. Anda harus selalu aktif di Twitter setidaknya dua kali sehari. Diskusikan konten, layanan, atau hal lainnya dengan para follower. Anda harus terlihat aktif dan melakukan engagements dengan audiens. Buat Twitter memperhatikan bahwa audiens peduli dengan pengaruh Anda.

 

Gunakan bio yang bagus

Cara kedua untuk mendapatkan verifikasi Twitter yaitu gunakanlah bio yang bagus. Peluang lain untuk meningkatkan brand Anda yaitu dengan menggunakan bio Twitter yang bagus dan jelas. Untuk akun bisnis, pertimbangkan deskripsi ringkas dan ekspresif dari bisnis yang Anda miliki. Untuk akun perorangan, cantumkan jabatan pekerjaan Anda, atau mungkin skill yang Anda tawarkan. Sertakan tautan ke akun terverifikasi lainnya. Sertakan situs web yang Anda miliki karena hal ini akan membantu Twitter mengecek silang identitas Anda. Menulis bio yang bagus dapat meningkatkan peluang Anda untuk bisa diverifikasi. Tunjukkan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Tunjukkan personality dan gunakan kata kunci yang tepat untuk menjangkau audiens.

Agar mendapat verifikasi Twitter, Anda perlu menambahkan foto profil, foto header,nomor telepon yang terverifikasi, email, biodata, ulang tahun (untuk akun Twiiter perorangan, bukan brand, perusahaan, atau organisasi), situs website, set public di Tweet anda. Twitter biasanya akan mengajukan serangkaian pertanyaan untuk Anda. Untuk pengajuan verifikasi akun secara individual, Anda juga harus melampirkan copy identitas resmi seperti KTP, SIM atau paspor untuk melakukan konfirmasi permintaan Anda.

 

Perkuat brand Anda

Langkah ketiga untuk mendapatkan verifikasi Twitter yaitu perkuat brand Anda. Lencana biru sebagai tanda verifikasi di Twitter akan membuat para pengguna mudah melihat bahwa akun tersebut adalah asli. Lencana biru disematkan di samping nama profil akun Twitter. Dengan mengunggah gambar ke profil Twitter baik itu logo, ilustrasi, atau foto pengguna lain akan segera mengenali Anda. Tunjukkan keunikan sehingga Twitter dapat mengkonfirmasi identitas Anda. Twitter merekomendasikan ukuran gambar profil 400 x 400 piksel, dan dimensi gambar header 1500 x 1500 piksel.

Lakukan apa yang mereka sarankan untuk meningkatkan peluang Anda untuk diverifikasi? Setelah semua persyaratan yang diajukan terpenuhi, Anda wajib mengisi data dalam formulir sesuai dengan yang diminta. Twitter akan merespon permintaan Anda melalui email. Bila permintaan Anda ditolak, Anda masih bisa mencoba lagi dengan akun serupa dalam rentang waktu 30 hari.

 

Pamerkan koneksi dengan akun terverifikasi

Cara berikutnya untuk mendapatkan verifikasi Twitter yaitu perlihatkan koneksi dengan akun Twitter yang terverifikasi. Tunjukkan kepada siapa saja Anda terkoneksi. Tampilkan koneksi positif ke akun terverifikasi lainnya. Misalnya, sertakan sesuatu seperti “Writer at @Hootsuite” di bio Anda. Hal ini akan mampu meningkatkan kredibilitas Anda. Mengikuti akun terverifikasi menunjukkan bahwa Anda serius terlibat dalam komunitas yang bermanfaat. Beri tag akun terverifikasi ini di konten Anda bila perlu. Dengan mengikuti akun terverifikasi tersebut, hal ini bisa meningkatkan peluang bagi Twitter untuk memberi logo verifikasi di akun Anda.

Salah satu faktor umum untuk mendapat verifikasi Twitter karena permohonan sendiri atau ditentukan tim verifikasi adalah status sebagai publik figur yang terkenal (misalnya aktor,musisi, atlet, pejabat publik, seniman, pemerintahan, dan lainnya). Namun, Anda bisa juga mendapat lencana verifikasi bila nama akun Anda banyak ditiru beberapa akun Twitter lain sehingga membuat kekeliruan identitas. Twitter tidak mempertimbangkan jumlah follower atau twit saat memverifikasi akun. Untuk informasi selengkapnya tentang ketentuan verifikasi akun, Anda bisa membacanya dalam “About Verified Accounts” di Twitter.

 

Sunting akun

Langkah selanjutnya Anda bisa menyunting akun Twiter agar memenuhi syarat verifikasi. Buka https://twitter.com/ dan masuklah ke akun Twitter. Bila belum masuk ke akun, klik “Log in” dan masukkan detail akun Twitter Anda. Klik ikon lingkaran foto profil Anda yang nantinya akan tampil di sisi kanan atas halaman. Kemudian, drop-down akan muncul. Klik pilihat edit profile yang ada di kanan halaman profil. Profil akan muncul pada mode edit atau penyuntingan. Ubah foto profil dan sampul dengan klik gambar yang akan diubah, pilih “Upload photo” dan klik tombol “Open”.

Foto profil harus berkualitas dengan cahaya yang cukup dan tampak profesional. Gunakan nama profil asli dan tambahkan lokasi yang spesifik. Supaya akun Anda bisa masuk pada daftar pertimbangan untuk verifikasi, Anda harus memasukkan lokasi spesifik misalnya kota atau negara. Tautkan profil ke situs web yang bisa menjelaskan alasan mengapa Anda layak mendapatkan verifikasi. Cantumkan biodata sebagai poin kunci yang membuktikan pada pihak Twitter dan audiens bahwa akun Anda layak mendapat status verifikasi. Klik save changes yang berada di sisi pojok kanan halaman. Perubahan profil akan disimpan dan diterapkan. Sekarang, Anda sudah satu step lebih dekat mendapatkan centang biru di samping nama dalam Twitter.

 

Jaga kualitas akun

Standar untuk bisa terverifikasi Twitter saat ini cukup ketat, jadi usahakan profil Anda memuat semua informasi yang memenuhi syarat dan kriteria yang dibutuhkan. Mungkin akun Twitter Anda bisa jadi tidak langsung mendapatkan lencana verifikasi untuk waktu yang lama bahkan setelah Anda membuat akun yang memenuhi syarat dengan interaksi yang baik. Twitter mempunyai jutaan akun yang memerlukan peninjauan sehingga Anda harus bersabar. Anda juga harus tetap menjaga kualitas akun Twitter Anda bila sewaktu-waktu Twitter meninjau kembali akun-akun yang membutuhkan verifikasi.

Pengajuan verifikasi akun Twitter mungkin akan diterima dan dibuka kembali dalam waktu tertentu. Hal ini berarti proses permohona verifikasi akan lebih sederhana dan tidak rumitt. Hingga pihak Twitter membuka kembali pengajuan, saat ini Anda harus sabar menunggu dan menjaga kualitas akun. Anda juga bisa mengirim twit di Twitter Verified (@verified) dan minta pada mereka untuk memverifikasi akun Twitter Anda. Cara ini tidak selalu memberi hasil spesifik, namun paling tidak Anda telah mengirim twit dan meninggalkan jejak di tim Twitter Verified.

 

Demikian cara mendapatkan verifikasi Twitter yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID. Mendapatkan verifikasi Twitter akan membuat profil Anda atau profil bisnis Anda lebih otentik, dan khusus di bidangnya. Twitter menawarkan akun terverifikasi untuk membantu banyak pengguna menemukan mana saja akun yang berkualitas tinggi dan baik untuk diikuti.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Inas Twinda

Inas adalah penulis senior di Penulis.ID. Dia telah membantu berbagai perusahaan seperti Traveloka dan Bukalapak untuk memproduksi artikel demi keperluan konten marketingnya.

Latest posts by Inas Twinda (see all)