Cara Menulis Meta Description yang Mampu Meningkatkan Traffic

cara-menulis-meta-desc
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Para pemilik bisnis telah mengetahui pentingnya cara pemasaran dengan konten yang mampu menarik traffic dan melakukan optimisasi mesin pencari yang efektif (SEO). Optimasi SEO membuat ranking meningkat di search engine dan mudah ditemukan calon konsumen potensial. Namun, karena lebih berfokus pada konten, terkadang banyak pemilik bisnis jadi melupakan satu aspek, meta description. Inilah cara menulis meta description yang mampu meningkatkan traffic dan telah dirangkum oleh tim Penulis.ID.

 

Meta description tidak boleh lebih dari 155 karakter

Cara menulis meta description yang mampu meningkatkan traffic yang pertama adalah tidak lebih dari 155 karakter.Meta description adalah ringkasan sepanjang 155-160 karakter yang menggambarkan konten laman web Anda. Mesin pencari menunjukkannya dalam hasil pencarian ketika meta description juga termasuk kata kunci yang sedang dicari. meta description menarik pengguna untuk mengklik ke halaman dan merupakan bagian dari SEO yang efektif. Supaya meta description tidak terpotong mesin pencari dan dapat dibaca secara jelas oleh pembaca, sebaiknya deskripsi yang Anda tulis panjangnya kurang dari 155 karakter.

Anda bisa menggunakan tools agar dapat mengecek berapa panjang meta description dan tag judul. Meta description adalah salah satu strategi marketing terbaik yang seakan memanggil pembaca dan berkata, “Ini adalah halaman yang Anda cari.” Menerapkan penggunaan huruf besar pada meta description juga dapat menarik minat dan perhatian pembaca. Anda bisa menuliskan: “Raih SAMPLE GRATIS khusus untuk minggu ini”. Meta description dengan menggunakan seperti ini akan lebih menarik pengunjung, bila dibandingkan dengan huruf kecil. Jadi trik ini kan membuat meta description Anda terlihat berbeda bila dibandingkan dengan kompetitor.

 

Fokus pada pelanggan

Cara menulis meta description yang mampu meningkatkan traffic yang kedua adalah fokus pada pelanggan. Deskripsi untuk halaman produk harus berfokus pada bagaimana produk ini dapat membuat kehidupan pelanggan lebih baik. Deskripsi halaman home harus menyajikan bagaimana brand Anda bisa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Tulislah meta description yang relevan namun tetap spesifik.

Meski para pembaca mungkin tidak memahami tentang meta description, mereka dapat mengetahui dengan jelas meta deskripsi mana yang terlalu umum ditulis, sehingga mereka menjadi tidak tertarik untuk mengklik link web Anda. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan berbagai macam kata-kata yang deskriptif dan mampu menarik pembaca untuk mengklik link pada hasil pencarian.

 

Ulangi, ulangi, ulangi

Cara menulis meta description yang mampu meningkatkan traffic yang ketiga adalah repeat atau ulangi. Anda tidak punya banyak waktu untuk membuat kesan. Setelah Anda menemukan pesan yang ingin Anda sampaikan, pastikan setiap frase dan pilihan kata telah menyampaikan pesan tersebut. Gunakanlah frasa dan bahasa yang mampu menarik minat pembaca dan mendorong mereka untuk melakukan sesuatu.Tujuan meta description adalah untuk mendorong pembaca untuk mengklik link yang ada di halaman pencarian.

Meta description untuk halaman produk bisa berisi tentang penawarkan produk Anda. Hal terbaik adalah berulang kali menekankan brand Anda. Itu adalah hal yang Anda tawarkan dan alasan mengapa mereka harus membeli produk dari Anda. Biarkan pembaca tahu apa yang Anda lakukan, beri tahu mereka tentang nilai plus produk Anda.

Meta deskripsi di mesin telusur Google bisa Anda gunakan untuk memperkuat judul. Karena judul hanya terbatas dalam beberapa kata, meta deskripsi bisa Anda jadikan sebagai penguat judul ataupun menjabarkan judul secara lengkap namun tetap singkat.

 

Tawarkan solusi dan manfaat untuk pembaca

Cara menulis meta description yang mampu meningkatkan traffic berikutnya adalah tawarkan solusi dan manfaat untuk pembaca. Para pembaca cenderung tidak menyukai bila link yang mengarah ke website tidak sesuai harapan. Jadi, gunakanlah kalimat meta description yang singkat dan dapat memberikan deskripsi jelas terkait konten Anda. Tuliskan alasan mengapa pembaca harus membaca link Anda.

Tulis dengan sejelas mungkin manfaat yang bisa pembaca dapatkan usai membaca konten Anda. Karena meta description dapat memberi kesempatan yang penting bagi Anda untuk dapat menunjukkan kualitas dari konten yang Anda tawarkan. Anda bisa memulainya dengan beberapa draf yang nantinya diperbaiki.Hal ini karena meta description menjadi hal yang penting untuk brand Anda.

Supaya pembaca mengetahui apa yang mereka akan lihat saat melakukan klik link, awali penulisan meta description dengan kata kerja yang mampu membuat rasa penasaran. Misalnya “Cek disini”, “Temukan,” “Pelajari lebih lanjut,” atau “Raih kesempatan,”  kemudian lanjutkanlah dengan memberikan informasi yang singkat terkait isi website dan toko online Anda.

 

Cara Menulis Meta Description Terpenting: Hindari spam keyword

cara-menulis-meta-desc

Cara menulis meta description yang mampu meningkatkan traffic salah satunya adalah hindari spam keyword.Jangan biarkan pembaca mengklik pada tombol ‘Back’ lantaran isi konten website Anda ternyata tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Meta description berhubungan dengan search optimize engine (SEO), sehingga Anda tidak perlu spam keyword. Hal ini agar para pembaca tidak kecewa pada website atau dan kehilangan kepercayaan pada toko online milik Anda. Gunakan deskripsi meta yang efektif untuk halaman Anda.

Promosikan bisnis Anda dan rumuskan deskripsi meta. Gunakanlah kata kunci yang ditagetkan. Anda bisa memasukkan keyword dalam meta description.Pastikan dalam meta deskripsi Anda terdapat kata kunci spesifik yang ditargetkan. Namun jangan memasukkan keyword secara berulang-ulang. Banyak orang yang menanggap bahwa menempatkan meta description dengan banyak keyword akan mampu meningkatkan ranking di mesin pencari. Padahal hal ini justru berdampak tidak baik bagi mesin pencari google.

 

Gunakan angka dan simbol

Cara menulis meta description yang mampu meningkatkan traffic yang terakhir adalah gunakan angka dan simbol. Anda bisa menggunakan angka dan simbol untuk menulis meta description. Hal ini berrtujuan agar menarik perhatian dan penglihatan pembaca. Karena angka dan simbol terbukti lebih bisa menarik perhatian bila dibandingkan dengan meta description yang hanya berisi kata-kata saja. Angka dan simbol secara psikologis mampu menarik perhatian dan minat para pengunjung. Contohnya: Dapatkan harga khusus dan diskon 60% minggu ini, ingat promo terbatas!

Simbol % merupakan contoh yang bisa Anda terapkan dalam meta description. Anda juga bisa mengambil referensi dari meta description kompetitor, sebagai bahan pertimbangan. Temukan kompetiror yang mempunyai meta description yang singkat namun menarik. Hal tersebut sebagian bisa Anda terapkan untuk menulis meta description.

Tapi perlu diingat, jangan sampai Anda menuliskan meta description yang mirip bahkan sama persis dengan meta description kompetitor. Meta description yang Anda tulis harus berbeda ditiap halaman. Hindari membuat meta deskripsi yang sama karena akan terdeteksi menjadi duplikasi meta deskripsi. Hal ini justru tidak berdampak baik untuk SEO. Pastikan membuat meta deskripsi yang sesuai dan relevan dengan setiap artikel.

 

Itu dia cara menulis meta description yang mampu meningkatkan traffic dan telah dirangkum oleh tim Penulis.ID. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengerti bagaimana cara menulis meta description. Tips ini bisa Anda terapkan ke situs web milik Anda untuk meningkatkan traffic.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Inas Twinda

Inas adalah penulis senior di Penulis.ID. Dia telah membantu berbagai perusahaan seperti Traveloka dan Bukalapak untuk memproduksi artikel demi keperluan konten marketingnya.