10 Tips Instagram Shopping Untuk Pemula

tips-instagram-shopping
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Dengan lebih dari satu miliar pengguna, Instagram sudah tidak diragukan lagi perannya sebagai platform baru bagi banyak brand. Dengan peluncuran Instagram Shopping pada Februari 2018, brand-brand saat ini dapat mengetag produk secara langsung di post Instagram, dan membawa pelanggan langsung ke item yang ingin mereka beli. Bagaimana cara efektif untuk menjual produk dengan platform ini? Inilah 10 tips Instagram Shopping yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID.

 

Tips Instagram Shopping pertama: Tandai gambar tunggal atau carousel

Enam puluh persen pengguna Instagram (sekitar 600 juta orang) mencari dan menemukan produk baru di Instagram. Menandai sebuah gambar atau carousel adalah cara sempurna untuk mendapatkan nilai lebih dari foto produk yang Anda unggah. Ini merupakan salah satu cara berinvestasi dalam lookbook berkualitas tinggi atau katalog produk yang akan membuat setiap produk yang Anda jual terlihat luar biasa.

Pastikan dengan jelas tag mana yang sesuai dengan setiap item, dengan menambahkan spasi diantaranya. Hal ini akan membuat postingan Anda mudah dinavigasi dan meminimalkan kemungkinan user mengalami kesulitan.

 

Tag beberapa produk dalam satu postingan

Dorong pengikut Anda untuk menjelajahi toko Anda dan meningkatkan kegunaan setiap pos. Beberapa item berarti banyak peluang untuk menarik perhatian pelanggan Anda.Manfaat lain dari pemberian tag untuk beberapa produk adalah produk-produk tersebut bisa ditampilkan bersama dalam satu halaman. Ketika seorang pengguna mengklik pada item yang ditandai, item lain muncul di bawah judul “Also Featured in This Post.”

Tips Instagram Shopping ini dapat meningkatkan tampilan barang apapun yang Anda tandai dan akan memberikan lebih banyak peluang untuk browsing dan membeli.

 

Pastikan tag Anda ditempatkan pada produk yang tepat

Instagram yang menonjolkan pada visual yang menarik dan berkualitas tinggi membuatnya ideal untuk menampilkan produk. Instagram juga populer sebagai tempat bagi masyarakat untuk berbelanja. Item yang diberi tag dalam postingan harus berupa item dalam katalog produk Facebook Anda. Untuk merek dengan item yang memiliki nama mirip, pastikan Anda memberi tag yang tepat.

Tips Instagram shopping berikutnya adalah pastikan nama produk sudah cukup deskriptif dan jelas. Pertimbangkan sistem penamaan yang memungkinkan Anda mengidentifikasi setiap produk dengan mudah. Biasakan untuk memeriksa ulang semua tag item dan memeriksa ulang ejaan di caption Anda. Jangan pernah lupa untuk melakukan ini.

 

Ciptakan pengalaman belanja yang konsisten

Ketika Instagram berkembang menjadi platform e-commerce Anda, penting untuk membuatnya terasa natural bagi pelanggan. Transisi dan perpindahan dari mengklik item di postingan yang dapat diunggah di Instagram ke halaman produk itu sendiri harus mulus. Pastikan bahwa postingan dan Instagram story merepresentasikan tampilan sebenarnya dari item tersebut.

Ukuran, detail, warna, dan fungsi harus konsisten antara di postingan yang ditandai di Instagram dan halaman produk. Jika tidak, orang akan bingung atau kecewa sehingga kesempatan produk untuk dibeli akan hilang. Instagram adalah ruang dinamis untuk menjadi kreatif dan menunjukkan kepada follower Anda sisi lain dari produk Anda.

 

Promosikan “store” Instagram di platform lain

Tips Instagram Shopping ini bisa mendapatkan lebih banyak pengikut Instagram dan hal itu juga berlaku untuk mendapatkan lebih banyak pembeli Instagram. Sertakan snapshot dari beberapa postingan belanjaan terbaik dan ajak audiens untuk berbelanja di akun Anda. Lakukan promosi silang feed Instagram Anda di Facebook atau Twitter.Lakukan kontes di media sosial lainnya dan sertakan akun Instagram Anda sebagai bagian dari entri. Dengan membuat akun Instagram Anda lebih mudah ditemukan, Anda akan membantu follower di platform media sosial lainnya menemukan dan menyimpan postingan Anda.

 

Ketahui cara kerja algoritme Instagram

tips-instagram-shopping
Pelajari tips Instagram Shopping ini. Photo Credit: Robbert

Postingan akan mendapatkan visibilitas yang lebih baik di Instagram, baik di feed follower Anda, dan di tab explore bila Anda mengetahui algoritme Instagram. Hal ini adalah cara terbaik untuk memposting dan membagikan konten pada follower Anda. Dengan perubahan yang terus-menerus pada algoritme Instagram dan meningkatnya persaingan agar konten Anda terlihat, iklan Instagram saat ini menjadi salah satu bagian penting dari strategi pemasaran Instagram untuk bisnis.

Feed Instagram bukanlah murni katalog produk dan tidak seharusnya terlihat seperti koleksi untuk setiap barang yang Anda jual.

 

Tips Instagram Shopping berikutnya: gunakan hashtags deskriptif

Sekarang pengguna dapat mengikuti hashtag, sehingga mereka memiliki lebih banyak kesempatan untuk menemukan produk Anda. Jika Anda menggunakan hashtag secara efektif, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan menjangkau pelanggan baru. Teliti hashtag apa saja yang digunakan pesaing dan influencer, dan tambahkan hashtag tersebut ke postingan Anda.

Selain hashtag yang deskriptif, buat foto produk yang membangkitkan minat visual terhadap feed instagram Anda dan buat follower terlibat. Pada Juni 2018, platform Instagram ditingkatkan lagi dengan menambahkan fitur Instastory. Lebih dari 400 juta pengguna instagram melihat instastory setiap bulannya. Postingan dan instastory adalah peluang luar biasa untuk meningkatkan penjualan produk dan mempermudah para follower untuk menemukan produk Anda.

 

Fokus pada gambar dan video berkualitas tinggi

Pikirkan selalu”visual first” di Instagram. Pastikan bahwa visual dari postingan dan story selalu menarik dan sangat menarik. Itulah yang akan membuat seseorang melihat dan tertarik untuk tap postingan detail produk.Jangan kompromi dengan kualitas foto dan gambar produk. Bila gambar tidak terlihat menarik follower Anda tidak akan mengekliknya.Orang-orang juga tidak ingin melihat hal yang sama sepanjang waktu, dan akan berhenti mengikuti feed instagram yang membosankan.

Woodlot, sebuah home and beauty brand asal Vancouver, menampilkan produk mereka dalam postingan, terlihat seperti gambar berkualitas tinggi dan diedit dengan baik

 

Optimalkan profil bisnis Instagram

Profil bisnis di Instagram saat ini menjadi homepage baru, karena semakin banyak konsumen yang beralih ke Instagram daripada Google untuk mencari produk yang mereka inginkan. Anda harus merancang feed Instagram dengan baik seperti halnya merancang situs web. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda terapkan:

Foto profil: Pilih foto brand (seperti logo) yang membuat bisnis Anda mudah dikenali.

Bio deskriptif: Bio Anda harus mencakup deskripsi yang jelas tentang bisnis dan produk yang Anda tawarkan kepada audiens. Biarkan mereka tahu persis produk-produk apa yang Anda tawarkan.

Tautan ke toko: Bagian URL bio Anda adalah satu-satunya tautan yang dapat diklik dan dapat ditambahkan ke halaman Instagram Anda. Tips Instagram Shopping berikutnya adalah pastikan Anda sudah menggunakannya. Ini adalah tempat yang bagus untuk mengarahkan traffic dari postingan dan instastory. Membuat URL akan memberi Anda kesempatan untuk melacak kunjungan ke situs web dari Instagram

 

Gunakan Iklan Instagram

Untuk menjangkau lebih banyak user yang menjadi target Anda, fitur iklan instagram atau instagram Ads bisa jadi pilihan. Setelah menyiapkan profil bisnis di Instagram, putuskan berapa banyak dana yang ingin dianggarkan untuk iklan, di mana Anda ingin iklan itu dilihat dan berapa lama Anda ingin menjalankannya.

Instagram memungkinkan bisnis dengan berbagai opsi target yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.Menjalankan iklan Instagram sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi hal ini dapat mengintimidasi banyak pemilik usaha kecil dan influencer yang belum pernah melakukannya sebelumnya.

Cara termudah untuk menggunakan iklan adalah dengan mempromosikan postingan yang Anda bagikan di Instagram. Cukup pilih postingan yang ingin Anda tingkatkan, lalu tekan tombol “promosikan” setelah diunggah. Instagram akan secara otomatis menarik audiens atau Anda dapat dengan mudah membuat audiens Anda sendiri di aplikasi. Dengan memilih minat, rentang usia, dan jenis kelamin yang ingin Anda jadikan target promosi.

 

Itulah 10 tips Instagram Shopping yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID. Semoga tips Instagram Shopping ini bisa menginspirasi Anda untuk membuat produk yang Anda jual di Instagram lebih menarik.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Nisrina Darnila

Junior Writer Penulis.ID

Latest posts by Nisrina Darnila (see all)