Cara Membuat Infografis Dengan Mudah

membuat-infografis-dengan-canva
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Seorang internet marketer tentu menyadari bahwa infografis sedang jadi tren di dunia online marketing. Infografis di era saat ini sudah menjadi metode tersendiri untuk menjadikan halaman situs web lebih cantik dan menarik. Apa itu infografis? Apa saja fungsinya? Infografis adalah informasi yang disajikan dalam bentuk grafis yang menarik. Sehingga penyampaian informasi dan data lebih mudah dipahami. Inilah cara membuat infografis dengan mudah yang sudah disusun oleh tim Penulis.ID.

 

Easel.ly

Infografis yang menarik dan cepat bisa dibuat dengan mudah menggunakan website gratis Easel.ly. Banyak sekali contoh infografis yang sudah dibuat dan template itu bisa langsung digunakan. Anda juga bisa membuat infografis dari awal sesuai selera. Tools ini juga bisa memungkinkan untuk mengedit background, ikon, grafik, shapes, teks dan elemen lainnya. Berlangganan akun pro Easel.ly cenderung lebih murah bila dibandingkan website infografik lainnya. Cukup 3USD Anda sudah bisa menjadi member premium website ini.

Topik yang menarik bila disajikan dengan data yang baik maka hal ini adalah formula efektif untuk mendapatkan social shares yang banyak dan viral. Salah satu keuntungan terbesar menggunakan infografik adalah bisa jadi aset besat untuk membangun backlinks dan SEO untuk website Anda.

 

Snappa

Snappa merupakan salah satu tools untuk desain yang terbaik bagi pengguna yang tidak punya latar belakang desain. Anda dapat membuat gambar visual untuk dipublikasikan secara online dan hasil yang bagus. Fitur tambahan juga tersedia di aplikasi ini berupa foto di stocksnap yang dapat digunakan di Snappa. Snappa lebih berfokus pada grafis dibanding foto. Grafis dan ikon di Snappa menawarkan fleksibilitas yang luas saat membuat visual.

Cukup daftarkan dan verifikasi akun Anda. Template sudah banyak tersedia dan pilih yang Anda suka. Kunci untuk membuat infografis dengancepat adalah menemukan template yang menarik. Setelah itu edit gambar, ikon warna sesuai selera higga cocok dengan informasi yang akan disampaikan dan solid. Tambahkan ikon atau gambar dengan drag and drop. Hal ini akan membuat konten anda lebih menarik dan mendapatkan banyak traffic.

 

Tim Penulis.ID Membuat Infografis dengan Canva

Salah satu tools pembuat infografis berbasis website yang satu ini sangat efektif. Tools ini bisa Anda manfaatkan secara cuma-cuma, juga bisa berlangganan dengan versi berbayar dengan fitur yang lebih menarik. Canva menyediakan banyak template yang langsung bisa Anda gunakan. Bila Anda menggunakan versi berbayar (canva for work) 9,95 USD perbulan maka anda akan mendapatkan berbagai elemen tambahan. Canva for work cocok digunakan untuk perusahaan untuk branding dengan visualisasi.

membuat-infografis-dengan-canva

Tim Penulis.ID biasanya menggunakan Canva untuk membantu membuat infografis. Photo Credit: Ned

Canva dapat membuat konten Anda jadi lebih menarik bagi banyak orang dan nantinya akan membantu meningkatkan traffic website. Penggunaan infografis merupakan salah satu cara terbaik untuk menyampaikan informasi dan ide dengan kreatif. Infografis dapat mengedukasi hal-hal kompleks untuk pembaca dengan cepat dan jelas. Penyajian data dengan cara ini akan mudah dimengerti. Tim Penulis.ID sering menggunakan Canva sebagai alat bantu membuat infografis untuk klien.

 

Biteable

Biteable adalah salah satu tools yang memungkinkan Anda membuat infografik dalam bentuk video. Klip animasi pendek bisa dimanfaatkan untuk beragam visual dan materi multimedia untuk menyampaikan pesan dengan ringkas dan mudah dimengerti. Tools ini bermanfaat karena banyak orang lebih bisa menikmati karakter animasi untuk mendapatkan informasi. Konten infografik video akan mempermudah orang-orang untuk memahami topik-topik utama.

Tools ini user friendly dan pengoperasiannya pun mudah. Anda tidak perlu keterampilan khusus untuk menggunakannya mengediti video. Prosesnya sederhana dan Biteable dikemas menggunakan gaya animasi yang dirancang dengan profesional. Pilih gaya animasi di galeri tempalte, edit teks dan warna lalu tambahkan foto serta musik. Gambar yang diupload harus berformat PNG, JPEG atau GIF kurang dari 3 MB. Setelah selesai klik ”Email Me My Video” dan video akan dikirim ke email Anda.

 

Vengange

Tools yang cukup populer karena kemudahannya dalam membuat infografis adalah Vengage. Tersedia berbagai macam template untuk keperluan promosi, infografis hingga membuat poster.Opsi-opsi tambahan juga bisa dipilih sesuai topik yaitu charts, tutorial, statistik, informasi, perbandingan dan lainnya. Beberapa template hanya bisa digunakan oleh member premium saja. Untuk versi premium plan Vengage mematok harga 19 USD/bulan dan 49USD/bulan untuk versi bussiness plan.

Infografis yang baik bisa membuat ratusan shares di sosial media, peningkatan views, linkbacks dan komentar. Manusia terbiasa memproses konten visual lebih cepat dibandingkan dengan konten tertulis. Otak dapat memproses data visual 60 ribu kali lebih cepat dari teks. Infografis dirancang untuk diserap denagn cepat dan punya efek jangka panjang bila dibandingkan dengan artikel biasa.

 

Piktochart

Piktochart adalah solusi untuk membuat infografis dan presentasi hingga mengubah sebuah data yang membosankan menjadi konten yang menarik untuk dilihat. Warna dan font bisa diubah dan ditambahkan preloaded grafis. Bisa juga mengupload gambar sendiri.Ukuran infografis, ukuran presentasi, poster dan laporan juga bisa dibuat sendiri dari awal atau menggunakan template yang sudah tersedia di Piktochart.com.

Elemen grafis dan teks bisa ditambahkan dengan cara mudah, hanya di drag dan drop. Versi Pro Plan atau member premium dikenakan biaya mulai dari 15USD/bulan.Membuat infografis sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Tidak mempunyai latar belakang desain pun juga bisa menggunakan tools ini.

 

Visme

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat infografik adalah Visme.Tools ini bisa membuat presentasi, mock up, banner, animasi dan infografis. Memulai project infografis bisa dibuat dengan klik “Create New Visme”. Beberapa template menarik sudah tersedia dan untuk template tertentu, anda harus melakukan upgrade akun dari gratis ke versi premium dengan biaya 7 dollar/bulan.

Keunikan dari Visme adalah terdapat fitur yang memungkinkan membuat objek terlihat hidup. Visme cukup populer di Amerika dibandingkan Indonesia. Cara pengoperasiannya cukup mudah tanpa harus direpotkan dengan berbagai tools yang membingungkan. Ikon petunjuknya mudah dipahami, cukup klik untuk mengedit teks ataupun grafik.

 

Infogram

Salah satu website yang bisa Anda andalkan adalah Infogram. Infogram hadir untuk memenuhi kebutuhan anda mengelola data, membuat tampilan infografis ataupun chart, serta membuat layout dan desain. Website yang dikembangkan oleh HackFwd, Riga, Latvia. Anda dapat melakukan login di Infogram dengan akun facebook ataupun twitter. Halaman pertama menampilkan berbagai menu dengan pilihan template infografis. Dan menu new chart yang menawarkan pilihan template chart. Library digunakan untuk menyimpan data infografis dan chart yang sudah pernah Anda buat

Anda bisa menambahkan chart, matriks dan grafik dalam sebuah project. Mengedit grafik dan chart, sistem kerja Infogram hampir mirip dengan Microsoft Excel yang penuh dengan tabel. Dengan memasukkan angka di setiap tabel, grafik secara otomatis akan mengikuti statistik angka itu. Bila sudah selesai, hasilnya bisa langsung dishare ke situs web atau blog dengan klik tombol “Publish” kemudian “Share” maka kode HTML akan muncul. Copy paste kode tersebut di situs web Anda.

 

Bayangkan bila sebuah informasi hanya dituangkan dalam bentuk tulisan saja dan tidak bergambar. Informasi itu tentunya akan sulit dicerna, pembaca pun bisa bosan. Dengan grafis maka data akan lebih mudah dipahami. Tim Penulis.ID juga sering membuatkan konten berupa infografis untuk berbagai klien nasional.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID

Latest posts by Dior Asning Kosyu (see all)