5 Tips Membuat Kata-Kata Pembukaan Untuk Website Anda

kata-kata-pembukaan-untuk-website
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Kata-kata untuk pembukaan website merupakan sebuah elemen yang tidak boleh Anda anggap remeh keberadaannya. Seperti yang telah Anda ketahui, di luar sana terdapat milyaran website yang bertebaran. Nah, untuk membuat website Anda terlihat lebih menarik di mata pembaca itulah kata-kata pembukaan website menjadi penting.

Jika Anda tidak dapat menarik pembaca dan memberikan mereka alasan untuk tetap tinggal, maka traffic website tidak akan meningkat. Mereka bisa saja menekan tombol kembali atau bahkan menutup tab hanya dalam sekian milidetik saja. Pertimbangannya pun diambil hanya dari bagian depan website seperti kata-kata pembuka dan tampilan muka.

Bagaimanapun juga, jika dibandingkan dengan bagian website yang lain, bagian depan website selalu meraih peringkat tertinggi dalam jumlah pengunjung. Bisa dipastikan, lebih dari 50% total pengunjung website bisa dipastikan mengunjungi bagian depan terlebih dahulu. Jadi jika ingin meraih engagement dengan pengunjung, berikan impresi yang baik pada bagian pembukaan website Anda.

Memberikan impresi yang baik pada bagian pembukaan website bisa dilakukan melalui banyak hal. Salah satunya adalah dengan mencantumkan kata-kata menarik untuk pembukaan website Anda. Di sini, Penulis.ID telah mengumpulkan beberapa kata-kata untuk pembukaan website yang mampu menarik perhatian. Simak terus ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana membuat kata-kata pembukaan yang menarik untuk website.

 

Pentingnya Kata-kata Pembukaan untuk Website

Bagian pembuka website merupakan langkah awal kesuksesan Anda. Opening website merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung, sekaligus sebagai semacam elevator pitch pendek yang membantu mereka untuk memahami keseluruhan website Anda. Dengan demikian, Anda tidak dapat menganggapnya sepele sama sekali.

Menurut SEO Specialist, David Zheng, Anda hanya memiliki waktu selama 59 detik saja untuk dapat mendapatkan perhatian pengunjung website. Hal ini berarti bahwa untuk bisa meyakinkan mereka, Anda hanya memiliki waktu kurang dari satu menit saja! Waktu yang tergolong singkat untuk meyakinkan seseorang bukan?

Salah satu cara untuk meyakinkan mereka adalah melalui kata-kata pembukaan website. Kata-kata yang dirangkai dengan baik pasti tidak hanya akan menarik perhatian tetapi juga akan menimbulkan kedekatan emosional antara Anda dengan mereka, para pengunjung website Anda. Jadi, masih meremehkan kata-kata pembukaan untuk website?

 kata-kata-pembukaan-untuk-website

Inilah tips untuk bisa membuat kata-kata pembukaan website yang kuat. Photo Credit: Juralmin

Bagaimana Menyusun Kata-kata Pembukaan untuk Website

Kata-kata pembukaan untuk website hendaknya tidak terlalu pendek tetapi masih bisa tepat pada sasaran. Di samping itu, kata-kata tersebut juga harus relevan dan berguna bagi pembacanya. Menyusun dan merangkai kata-kata yang bisa memenuhi syarat tersebut mungkin terdengar mustahil. Namun Anda bisa mengembangkannya dari tips merangkai kata-kata pembuka website di bawah ini.

 

Pendek dan Relevan

Anda mungkin merasa kewalahan di saat harus menentukan bagian muka website. Bagaimana tidak, dalam bagian muka Anda harus menyediakan beragam informasi, mulai info mengenai perusahaan, info produk, direktori bagi pengunjung, dan lain-lain. Terutama jika produk dan jasa yang Anda tawarkan merupakan sebuah temuan baru yang belum ada di pasaran. Padahal, attention span pengunjung website sangat pendek.

Solusinya adalah Anda bisa merangkai kata-kata yang relevan bagi pengunjung website. Relevan di sini terkait dengan kebutuhan mereka akan website Anda. Sebagai contoh Anda bisa melihat tampilan muka website Adobe. Mereka langsung menyambut pengunjung dengan sebuah ajakan untuk “dream big”. Adobe juga langsung “mengiming-imingi” pengunjung dengan penawaran diskon.

Tidak hanya itu, mereka langsung melakukan segmentasi pengunjung (individuals dan students). Segmentasi akan membuat pengunjung langsung merasa terikat dengan website. Bagaimanapun juga “pengelompokan” akan membuat seseorang merasakan sebuah emosi tertentu. Dalam kasus Adobe, di saat seseorang memilih opsi students maka mereka akan merasa diistimewakan dengan adanya penawaran diskon sebesar 60%.

 

Pamerkan Kelebihan Anda

Kata-kata pembukaan website sering kali menjadi hal pertama yang dilihat seseorang saat mengunjungi website Anda. Oleh karena itu, tunjukkanlah dengan sebaik mungkin kepribadian sekaligus kelebihan dari perusahaan Anda. Dengan demikian, potensi untuk menonjolkan produk dan jasa yang Anda tawarkan akan semakin meningkat.

Jika melihat tampilan muka situs pembayaran online PayPal, Anda akan menjumpai kata-kata “The New Way to Shop and Pay”. Kalimat ini singkat tetapi bisa memperkenalkan sekaligus menampilkan keunggulan mereka. Dari sini bisa diketahui bahwa PayPal menawarkan sebuah jasa yang membantu Anda untuk berbelanja dan membayar. Kelebihan mereka tunjukkan melalui frasa “New Way” yang berarti mereka menawarkan sebuah cara baru yang tidak dimiliki oleh perusahaan dan situs kompetitor.

 

Menembak Tepat Sasaran

Menurut raksasa survei, Nielsen Norman Group, pengguna internet saat ini identik dengan mereka yang cepat dan dinamis, sehingga mereka butuh sesuatu yang instan dan ringkas. Di saat mereka mengakses situs Anda, yang dibutuhkan adalah informasi sebanyak mungkin dalam jangka waktu sesingkat-singkatnya.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan kata-kata yang jelas, presisi, dan menembak tepat pada sasarannya. Anda bisa melihat tampilan muka laman Penulis.ID. Di sana terpampang daftar klien yang telah menggunakan jasa kami. Dari situ pengunjung bisa mengetahui kira-kira pasar seperti apa yang dibidik oleh Penulis.ID serta jenis jasa dan produk apa yang berusaha mereka tawarkan kepada pengunjung website.

 

Action

Ada kalanya seseorang menutup tab website yang dibukanya simply karena mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan terhadap informasi yang didapatkan dari sana. Hal ini tidak berarti mereka menutup website Anda karena memang mereka tidak tertarik dengan jasa atau produk yang ditawarkan. Mereka hanya tidak tahu bagaimana caranya.

Website perusahaan Anda dirancang tidak sekedar sebagai penarik perhatian saja bukan? Seharusnya website juga bisa membantu untuk meningkatkan penjualan dan pemasukan perusahaan. Cara terbaik untuk mendapatkan semua itu adalah dengan memberitahukan pengunjung website perusahaan apa yang sebenarnya Anda inginkan.

Dengan demikian, selain menjelaskan, kata-kata pembukaan yang baik untuk website juga harus memasukkan sebuah action. Sebuah action atau yang dalam istilah marketing lebih dikenal dengan istilah call to action merupakan sebuah perwujudan atas keinginan Anda terhadap pengunjung situs, entah itu untuk menggunakan jasa atau sekedar mengenal produk.

Lihat saja situs cloud base Dropbox dengan kata-kata pembuka “Put your creative energy to work, with Dropbox”. Mereka mengawalinya dengan sebuah kata kerja “put” yang sekaligus menjadi sebuah action. Dropbox langsung mengajak setiap orang yang mengakses situs mereka untuk “meletakkan” kekuatan mereka bahkan dalam opening. Hal ini akan menghemat waktu pengunjung yang mendaftar untuk segera melakukan hal yang ditawarkan oleh Dropbox.

 

Kenalkan Nilai Perusahaan yang Ingin Anda Tawarkan

Di saat calon customer pertama kali mengunjungi website Anda pastikan untuk langsung memperkenalkan nilai perusahaan yang ingin ditawarkan. Cara ini mungkin akan sangat terlihat tetapi juga sangat efektif untuk benar-benar menarik mereka menjadi customer Anda. Oleh karena itu, perkenalkanlah nilai Anda dengan jelas melalui kata-kata untuk pembukaan website.

Apabila perusahaan Anda menawarkan sebuah jasa yang cepat dan akurat, maka katakanlah dengan jelas. Dengan demikian, mereka yang mengunjungi website Anda tidak perlu menggali lebih jauh lagi untuk mengetahui apa intensi yang sesungguhnya. Mereka akan langsung mengetahui hal tersebut begitu tiba pada laman muka website Anda.

Situs streaming music, Spotify contohnya. Pada tampilan mereka langsung menyambut Anda dengan kata-kata pembuka “Musik gratis. Jutaan lagu.” Mereka tanpa berbasa-basi menawarkan jasa yang mereka tawarkan berupa musik yang tidak berbayar, singkat namun tetap padat. Hanya dengan dua frasa ini saja nilai mereka sudah terjelaskan dengan baik.

Kata-kata pembukaan untuk website memang sangat penting. Hal ini merupakan bagian pertama yang akan dilihat oleh pengunjung website Anda. Sekaligus, menentukan apakah website Anda dapat menarik customer baru atau tidak. Oleh karenanya, Anda tidak boleh sembarangan dalam menentukan kata-kata pembukaan untuk website.

Namun Anda tidak perlu merasa bingung dan khawatir. Melalui beberapa contoh di atas seharusnya sudah bisa menarik perhatian orang untuk mengunjungi website Anda. Selain itu, beberapa kata-kata pembukaan untuk website dalam ulasan di atas telah diterapkan oleh Penulis.ID untuk klien kami. Semoga berhasil!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Biru Cahya Imanda

Vice President of Content at Penulis.ID
Book addicts and love to write about anything! Currently Vice President of Content at Penulis.ID