Cara Meningkatkan Follower Instagram Tanpa Menambah Following

cara-meningkatkan-follower
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai banyak follower Instagram? Sekarang Instagram menjadi media sosial nomor 2 dengan pengguna terbanyak di dunia, Instagram hanya kalah dari Facebook (yang masih satu perusahaan) yang sudah punya 2 miliar pengguna, jika dibandingkan dengan Instagram yang masih punya 1 miliar pengguna. Jadi bayangkan, jika Anda punya minimal 10 ribu follower di Instagram saja, Anda berarti punya potensi 10 ribu calon pelanggan?

Tetapi sayangnya, meningkatkan follower Instagram ini tidak semudah yang dibayangkan. Banyak orang yang ingin mendapatkan banyak follower dengan cara singkat, misalnya dengan ikut hashtag yang tidak jelas, atau dengan cara spam komen di beberapa akun Instagram tertentu. Atau ada cara yang sedan booming, menambah following dengan cukup brutal dan akhirnya mengharapkan follow back. Cara ini memang worked, tetapi konsekuensi yang didapat adalah following Anda membengkak.

Jadi, untuk meningkatkan follower, Anda harus mengetahui beberapa teknik yang bisa dibilang sangat sulit untuk dilakukan oleh orang awam. Tenang, di dalam artikel kali ini akan dibahas 5 cara untuk meningkatkan follower Instagram. Cara ini memang tampak sederhana, tetapi bisa dibilang ini cara paling efektif yang sudah dipakai di Penulis.ID juga. Simak di sini.

 

Feed adalah kunci

Yup, Instagram adalah media sosial yang fokus terhadap konten foto, bukan tulisan. Jadi harap diingat dan dicamkan baik-baik ya, untuk meningkatkan follower yang banyak Anda harus fokus terhadap foto. Bagaimana caranya? Kami akan breakdown satu per satu.

  • Lengkapi profil Anda

Pertama yang harus Anda lakukan adalah lengkapi profil Anda, mulai dari nama lengkap, deskripsi, sampai website. Jangan buat nama yang aneh, pastikan semuanya asli karena Anda tidak mau kan kalau follower meragukan apakah akun ini benar-benar manusia atau hanya bot.

  • Ganti ke Business Account

Yup cara ini adalah cara yang cukup penting, yaitu mengganti ke Business Account. Mengapa demikian? Keuntungan pertama adalah Anda bisa menuliskan siapa Anda, apakah “Public Figure”, “Artist”, “Chef”, atau apapun itu. Selain itu, guna dari Business Acccount ini bisa melihat Insight, berapa jumlah orang yang Visited profile Anda, dan demografi lengkap

  • Tentukan tema Instagram feed Anda

Cara ketiga ini juga tidak kalah pentingnya, tentukan tema Instagram feed Anda. Apakah Anda sering melakukan sharing tentang jokes, foto pemandangan, foto hitam putih, video, atau poster.

Jika Anda sebuah brand atau bisnis, tema bisa Anda tentukan setiap bulannya. Misalnya di bulan Agustus ini temanya adalah warna merah, Anda bisa me-upload foto bernuansa merah.

  • Gunakan Instagram Plan

Ini adalah hal yang sangat penting, gunakan Instagram Plan. Apa fungsinya? Anda bisa mengatur bagaimana letak masing-masing foto di dalam Instagram. Misalnya kapan foto berwarna ini di-upload dan apakah warna merah ini cocok ditempatkan di sebelah kiri atau kanan. Salah satu Instagram Plan yang menarik adalah Later.

  • Stories Highlight

Suka menggunakan Stories? Anda wajib menggunakan Stories Highlight. Gunakan foto yang sama dengan highlight yang lain.

 

Meningkatkan Follower Dengan Instagram Stories

Anda jarang upload di Instagram tapi masih suka buka Instagram? Jawabannya selain melakukan scroll di Instagram, pasti Anda membuka Instagram Stories. Yup, Instagram Stories sekarang menjadi salah satu alat yang paling ampuh untuk membuat geliat media sosial Instagram muncul kembali. Instagram Stories yang hanya bertahan 24 jam bisa membuat Anda tidak terlalu terlihat “spam”.

cara-meningkatkan-follower

Menggunakan IG Story adalah salah satu cara meningkatkan follower dengan cepat. Photo Credit: Marco

Nah tips kedua dari cara meningkatkan follower tanpa menambah following adalah menggunakan Instagram Stories. Masalah yang muncul adalah apakah ada yang melihat Instagram Stories Anda? Yup, ini adalah pertanyaan klasik bagi personal, brand, atau akun bisnis yang punya follower sedikit. Ada beberapa tips dari kami untuk menambah follower melalui Instagram Stories.

  • Gunakan hashtag

Anda bisa menggunakan hashtag di dalam Instagram Stories. Saat posting Instagram Stories, gunakan hashtag yang sesuai dengan posting-an Anda. Misalnya Anda posting mengenai promo, Anda bisa menambahkan hashtag #Promo #Promotion dan lain-lain.

Jika Anda menambahkan hashtag, di dalam insight Instagram Stories Anda akan muncul penggunaan hashtag, jadi Anda bisa memantau mana hashtag yang paling banyak digunakan

  • Gunakan lokasi

Selanjutnya adalah menggunakan lokasi. Cara ini sangat berguna karena stories Anda akan nampang di explore stories lokasi tersebut. Misalnya Anda sedang ikut pameran, Anda bisa menggunakan hashtag resmi pameran tersebut. Dengan begitu, akun yang lain bisa memantau lewat stories Anda.

  • Gunakan aplikasi edit video

Cara selanjutnya yang cukup ampuh untuk menambah follower lewat Instagram Stories adalah Anda bisa mengubah sedikit tampilan stories Anda dengan aplikasi edit video. Misalnya Anda bisa menambahkan lagu-lagu, mengedit seperti layaknya sebuah film, atau sekadar menambah font agar lebih menarik.

 

Feature di Instagram dengan follower besar

Cara ini adalah cara yang cukup unik dan bisa mendapatkan follower secara instan dan cukup banyak. Anda bisa berusaha agar foto Anda bisa di-feature atau di-repost di Instagram dengan basis follower yang besar. Misalnya akun personal Anda ini merupakan akun yang bertemakan humor, Anda bisa memberikan post dan tagged basis humor besar dengan harapan posting-an Anda akan di-repost. Jika Anda berhasil satu kali, Anda bisa mendapatkan cukup banyak follower.

Tidak hanya soal humor, Anda bisa mencari akun besar yang sering melakukan repost. Misalnya ada IndoMusikVidGram yang sering melakukan repost di hari-hari tertentu. Walaupun ini adalah cara yang cepat untuk meningkatkan follower, tidak mudah untuk mendapatkan repost di akun dengan follower besar. Jadi Anda harus sabar dan berharap ada 1 atau 2 kali posting Anda di-repost oleh akun tersebut.

Apakah bisa Anda di-feature oleh akun luar negeri?

Sangat bisa dan itu bisa menjadi portfolio yang bagus untuk Anda nantinya. Dengan begini Anda bisa mengetahui bagaimana foto yang bagus dan diinginkan oleh banyak orang.

Lalu banyak follower dari luar negeri?

Tidak masalah, semakin banyak follower akan meningkatkan engagement Instagram Anda. Dengan begini, Instagram Anda yang sebelumnya tidak ada interaksi, maka interaksi akan semakin meningkat.

 

Iklan

Tips terakhir yang bisa Anda gunakan adalah iklan. Cara ini sangat praktis untuk meningkatkan follower tapi Anda harus mengeluarkan cukup banyak uang. Pertama iklan di Instagram ini sedang hangat-hangatnya, apalagi semakin banyak orang yang menggunakan Instagram. Dengan begini Anda bisa mendapatkan follower yang cukup lumayan dari sini.

Walaupun begitu, iklan di Instagram ini sangat sulit dilakukan oleh orang awam. Berbeda dengan Facebook yang mempunyai banyak pengguna sebelumnya, Instagram ini masih banyak yang belum mengerti cara penggunaan iklannya.

Selain iklan, ada fitur lain di Instagram yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan follower yaitu menggunakan boost post. Sebelum Anda menggunakan boost post, Anda wajib mengubah akun Instagram menjadi akun bisnis. Untuk menggunakan boost post, posting-an Anda akan tampil lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

 

Cara-cara itulah yang biasa digunakan tim Penulis.ID untuk meningkatkan follower tanpa harus menambah jumlah following. Cara di atas akan sangat ampuh jika Anda bisa konsisten dalam melakukannya. Jika Anda mempunyai budget yang cukup, Anda juga bisa menggunakan fitur iklan.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID

Latest posts by Dior Asning Kosyu (see all)