Kata-Kata Promosi Yang Menarik Untuk Produk Baru Anda

kata-kata-promosi
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Membuat kata-kata promosi atau pengenalan informasi tentang suatu produk yang menarik perhatian memang perlu trik khusus. Berjualan tanpa promosi sama saja dengan membiarkan brand Anda tidak dikenal sehingga sulit mendapatkan untung dalam penjualan. Promosi adalah salah satu aspek terpenting dalam bisnis. Bila strategi promosi salah, maka nasib bisnis dipertaruhkan. Bagaimana cara agar promosi Anda efektif? Inilah beberapa contoh kata-kata promosi yang menarik untuk produk baru Anda yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID

 

A Thousand Song in Your Pocket

Visi dalam sebuah bisnis sangat penting, tetapi bagaimana cara agar orang lain juga melihat visi yang sama, mau melihat iklan dan tahu tentang produk baru Anda? Ada banyak contoh untuk menarik perhatian konsumen. Itulah mengapa Anda harus mampu merangkum manfaat produk dalam satu kalimat yang kuat. Sebuah kalimat langsung yang to the point dan menarik. Membuat siapapun berhenti untuk membacanya.

Misalnya ketika iPod diluncurkan dan Steve Jobs menyebutnya “A thousand songs in your pocket’’ yang berarti ”Seribu lagu di saku Anda.” Kalimat ini sangat efektif tanpa perlu menjelaskan lebih jauh. Kenapa? Karena kalimat fantastis ini membuat semua orang menginginkannya! Jadi, tuliskan manfaat produk baru Anda dalam satu baris kalimat yang bisa membuat seseorang berpikir “Saya ingin tahu lebih banyak tentang itu.”

 

Fresh from the oven

Istilah ini cukup mendeskripsikan bahwa produk Anda merupakan produk baru. Kata-kata ini bisa digunakan untuk menggantikan kata ”baru” yang sudah jadi istilah yang umum bagi banyak orang. Kata-kata “fresh from the oven” terasa kekinian dan lebih menarik perhatian. Orang-orang dan calon pembeli akan jadi penasaran dan ingin tahu produk baru apa yang sedang Anda pasarkan.

kata-kata-promosi

Bisnis makanan sangat cocok dengan slogan ini. Photo Credit: Lisboa

Koran, tabloid, website dan sosial media selalu menggunakan judul dan tagline yang sangat menggoda. Tagline dan headline tersebut selalu memberikan gambaran tentang apa isinya dan membuat orang-orang tertarik untuk membacanya. Membuat kata-kata promosi yang menarik dalam satu baris memang bukanlah keterampilan yang mudah. Tetapi hal ini sangat penting untuk menjelaskan produk. Kadang Anda hanya mendapat satu kesempatan untuk memberi kesan yang mencuri perhatian.

 

Backpack ini bakal bikin liburan kamu lebih seru

Gunakanlah headline yang menarik perhatian untuk mempromosikan produk. Kalimat ini bisa mempengaruhi konsumen untuk membeli. Anda juga bisa mengutip kata-kata yang saat ini sedang tren. Atau quote dari film yang sedang populer misalnya. Awali dengan kalimat yang menggambarkan kebutuhan pembeli.

Seperti”Backpack ini bakal bikin liburan kamu lebih seru”.Jangan menggunakan kata yang sudah lazim digunakan.Pilih kata-kata lain yang tidak umum. Anda bisa mencari kata lain dengan melihat sinonim atau mencari alternatif kalimat lain untuk mempromosikan produk baru Anda. Bandingkan juga dengan brand lain.Jelaskan inovasi apa yang beda dan mengapa para konsumen harus memilih produk Anda.

 

Engineered like no other car in the world

Tagline dari brand mobil paling populer di dunia Mercedes Benz ini sungguh singkat, padat namun menunjukkan bahwa mobil ini buka mobil sembarangan. Engineered like no other car in the world menggambarkan bahwa Mercedes Bendz adalah merk mobil premium. Dan tak ada bandingannya bila dibandingkan mobil-mobil lain dikelasnya.

Brand positioning merek dapat memposisikan produk baru Anda di benak pelanggan.
Teori positioning ini dipopulerkan oleh Reis and Trout yang menyebutkan bahwa Anda perlu mengidentifikasi dan mencoba untuk memiliki celah pasar
. Dengan menggunakan berbagai strategi termasuk harga, promosi, distribusi, pengemasan, dan persaingan. Tujuannya adalah untuk menciptakan kesan unik di benak pelanggan sehingga pelanggan mengaitkan sesuatu yang spesifik dan diinginkan dengan brand Anda yang berbeda dari brand lain di pasaran. Seperti yang Mercedes Benz lakukan.

 

Because you’re worth it

Tagline dari salah satu perusahaan kosmetik terkemuka di dunia ini kerap kali kita dengar di televisi. L’oreal Paris dengan slogannya Because you’re worth it atau karena Anda begitu berharga begitu membuat konsumen merasa bahwa dia beruntung bila membeli produk-produk Lóreal. Kata-kata ini juga efektif untuk menggambarkan image produk. Anda juga bisa menerapkannya pada produk baru yang sedang Anda pasarkan. Tagline dari L’oreal menggambarkan bahwa produknya benar-benar kredibel.

Salah satu langkah terbaik yaitu nyatakan deskripsi dan esensi seluruh produk Anda dalam beberapa kalimat. Potong satu demi satu hingga menjadi satu kalimat yang pendek. Membuat kata-kata promosi untuk bisnis Anda juga termasuk menjelaskan apa keunggulan produk dalam kalimat sesingkat mungkin.Proses ini seperti mencoba menulis status ke dalam satu Tweet yang space-nya terbatas.

 

Always low prices, always

Kata selanjutnya yang dijamin bisa mendongkrak brand baru yang Anda miliki adalah kata-kata yang terkait dengan promo. Seperti tagline dari salah satu perusahaan retail terbesar di dunia Walmart, yang berbunyi Always low prices, always. Kata-kata ini menunjukkan bahwa Walmart berani memberikan harga yang murah dibandingkan dengan harga rata-rata pesaingnya. Ini adalah satu rahasia sukses Walmart bertahan di tengah gempuran persaingan bisnis retail yang sangat kompetitif.

Harga murah atau promo adalah kata-kata promosi yang paling sering dipakai menjadi trik tim marketing untuk menggaet pembeli. Buatlah orang peduli dengan apa yang Anda katakan dan kata promo akan membuat orang-orang berpikir bahwa produk baru yang Anda tawarkan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Menggunakan kata-kata promosi di momen-momen tertentu seperti hari raya atau tahun baru terbukti ampuh untuk meningkatkan margin penjualan suatu produk. Misalnya, “Dapatkan promo 20% untuk semua produk hanya dalam minggu ini”.

 

Kata-kata promosi paling terkenal di dunia: Just Do It

Kata-kata dari salah satu brand olahraga terbesar di dunia, Nike terbilang cukup unik dan menarik untuk mewakili sebuah produk. Just do it merupakan sebuah pernyataan positioning yang cerdas dan dibuat dengan baik. Ini adalah senjata yang kuat untuk kejelasan strategi pemasaran Nike yang memang fokus pada produk apparel olahraga. Promosi, iklan, tagline dan taktik promosi bila digunakan dengan optimal dan cara yang benar hal ini bisa menunjukkan diferensiasi produk Anda.

Untuk memeriksa positioning merek produk sudah tepat atau belum, Anda bisa memeriksanya dengan cara melihat : Apakah kata-kata promosi sudah sesuai dengan persepsi pelanggan terhadap merek Anda? Apakah kata-kata itu cukup mengidentifikasi keunikan merek dan menghasilkan gambaran yang jelas dalam mindset konsumen?Apakah kata-kata ini mudah diingat dan mudah dimengerti?. Kata-kata promosi yang menarik dapat membantu Anda membuat keputusan pemasaran dan pencitraan yang lebih efektif.

 

Kualitas terbaik

Memasarkan produk memang dituntut harus bisa menarik minat calon pembeli. Para konsumen pasti akan mencari produk dengan kualitas terbaik. Dengan menggunakan kata “kualitas terbaik” dalam promosi akan membuat calon pembeli yakin bahwa produk baru yang Anda jual bukanlah produk yang sembarangan. Rebut perhatian mereka dengan menuliskan nilai jual dan kualitas produk baru Anda.

Hal ini juga akan membangkitkan citra visual dan konsumen dapat menilai bahwa produk Anda kualitasnya bagus. Jangan menggunakan kata-kata yang terlalu panjang, Namun tetap deskripsikan keunggulan produk dalam promosi. Kata-kata ini dijamin akan membuat produk Anda laris manis.

 

Itulah beberapa contoh kata-kata promosi yang menarik untuk produk baru Anda yang telah disusun oleh tim Penulis.ID. Menulis kata-kata promosi yang menarik bisa dimulai dengan kata-kata yang sederhana namun cukup kuat untuk mewakili produk baru Anda.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Inas Twinda

Inas adalah penulis senior di Penulis.ID. Dia telah membantu berbagai perusahaan seperti Traveloka dan Bukalapak untuk memproduksi artikel demi keperluan konten marketingnya.