Contoh Strategi Content Marketing Indonesia yang Sangat Sukses

strategi-content-marketing
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Strategi content marketing yang baik adalah yang selalu diperbarui. Para content marketer tidak boleh berhenti untuk selalu bereksperimen dalam menemukan strategi content marketing yang tepat. Begitu pula untuk pelaku content marketing di Indonesia. Masih banyak yang belum menyadari bahwa negara kita ini telah menjadi salah satu pasar digital yang menarik di Asia Tenggara dengan populasi internet sebanyak 260 juta orang hingga tahun 2017 lalu.

Banyak peluang dan potensi yang sebenarnya masih bisa digali dari Indonesia. Namun, kebanyakan marketers masih kebingungan untuk menentukan strategi yang tepat demi mencapai keseluruhan target bisnis mereka. Kebanyakan marketer di Indonesia sebenarnya sudah paham betul kebutuhan masyarakat dan mereka juga telah menguasai beragam teknologi yang dibutuhkan untuk membuat content marketing dengan baik.

Lantas di mana letak masalahnya? Mereka belum dapat menyusun objectives yang tepat dari kedua elemen tersebut. Para marketers masih kebingungan bagaimana menjadikan elemen kedua sebagai semacam “alat” untuk dapat mewujudkan elemen pertama. 55% dari 150 tenaga pemasaran dari beragam brands serta agensi menyebutkan bahwa mereka masih belum tahu pasti bagaimana pemasaran digital dapat membantu mereka untuk meraih target.

Apakah Anda termasuk salah satunya?

Jika jawaban Anda iya, mungkin beberapa referensi dan contoh bisa membantu. Dalam ulasan kali ini, Penulis.ID akan memberikan beberapa contoh strategi content marketing Indonesia yang sangat sukses.

 

Content Marketing di Indonesia

Saat ini content marketing kerap dijadikan solusi perusahaan untuk mencapai target-target bisnis mereka. Content marketing dapat menaikkan engagement dengan customer lebih baik dari jenis pemasaran lainnya. Menurut sebuah survei dari IBM Digital Experience pada tahun 2015, sebanyak 56% tenaga pemasaran meyakini bahwa content yang well-organized dapat meningkatkan tingkat engagement pelanggan dengan lebih baik.

Oleh karena itu, Anda sebagai pelaku usaha di Indonesia tidak boleh menganggap sepele jenis pemasaran melalui pembuatan konten ini. Selain dapat meningkatkan engagement level dengan pelanggan, content marketing juga dinilai sangat cocok untuk iklim bisnis digital Indonesia yang memang sedang berkembang dengan pesat karena biaya yang dibutuhkan cenderung lebih murah.

Berikut ini beberapa contoh strategi content marketing Indonesia yang mungkin dapat Anda jadikan inspirasi.

 

Mempertahankan Tradisi bersama Sosro

Anda tentu mengenal brand ini sebagai produsen teh kemasan di Indonesia. Ternyata, Sosro memiliki sebuah strategi pemasaran yang sangat baik dan tertata dengan baik. Tidak main-main minuman kemasan yang hanya ada di Indonesia ini bahkan mampu mengalahkan beragam minuman yang diproduksi oleh perusahaan dengan cabang yang tersebar di belahan dunia seperti The Coca Cola Company.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah survei yang dilakukan oleh majalah bisnis SWA, bahwa masyarakat Indonesia lebih menggemari Teh Botol Sosro jika dibandingkan dengan minuman bersoda, Coca Cola. Lebih hebatnya lagi, Coca Cola yang selalu menggaungkan segmentasi untuk kaum muda justru dikalahkan oleh merk lokal ini yang dipilih oleh 84% remaja Indonesia pada tahun 2011. Apa rahasianya?

Rahasia kesuksesan PT Sinar Sosro melalui Teh Botol Sosro ternyata terletak pada strategi pemasaran mereka yang berdasarkan tradisi. Segala konten yang mereka pertahankan dan kembangkan hingga saat ini didasari oleh tiga tradisi masyarakat Indonesia yang terkait dengan minum teh. Dari nilai-nilai yang ada pada tradisi tersebut akhirnya tercetuslah sebuah tagline yang hingga kini masih terdengar yakni ”Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”.

strategi-content-marketing

Teh botol sosro sangat konsisten dengan konten-konten yang mereka keluarkan. Photo Credit: Hairi

Menariknya, seperti tradisi tadi, tagline ini juga terus dipertahankan sejak pertama dicetuskan. Hal ini menunjukkan bahwa inovasi juga dapat berjalan beriringan bersama dengan inovasi. Sebuah hal yang sulit, mengingat bahwa keduanya ada pada dua kutub yang berbeda.

 

Game Interaktif ala Shopee

Sebenarnya, content marketing yang baik adalah konten yang mengajak para audience untuk berpartisipasi aktif. Untuk itu, sebuah konten yang interaktif dibutuhkan dalam strategi content marketing Anda. Di samping itu, konten interaktif mampu “menahan” viewers untuk tetap ada di website perusahaan Anda. Seperti apakah konten interaktif itu? Anda dapat belajar dari Shopee.

Setelah dahulu gencar melakukan pemasaran melalui fasilitas free ongkir, ternyata hingga kini Shopee terus berinovasi. Akhir-akhir ini Shopee bahkan mengeluarkan game interaktif yang bisa dimainkan oleh para pelanggan. Terhitung mulai dari bulan Ramadhan lalu, Shopee meluncurkan game interaktif yang terkait dengan momen-momen tertentu.

Sebagai contoh, di saat bulan Ramadhan lalu Shopee mengeluarkan permainan Goyang Koin pada tampilan muka aplikasi mereka. Game ini memanfaatkan waktu-waktu ngabuburit dan menunggu waktu Subuh dengan menawarkan sejumlah koin yang nantinya dapat ditukarkan dengan potongan harga.

Cara ini dinilai lebih subtle jika dibandingkan dengan diskon yang memang terang-terangan mengajak orang untuk terus berbelanja. Dengan sebuah permainan maka seseorang akan merasakan perjuangan meraih sesuatu. Melalui program Goyang Koin, tanpa banyak disadari sebenarnya Shopee juga mendorong customer mereka supaya terus berbelanja supaya koin yang mereka dapatkan dengan susah tidak sia-sia belaka.

 

Pendekatan dari Influencer Wardah

Merk kosmetik dan skincare yang selalu gencar menggaungkan tajuk halal ini punya strategi content marketing yang tidak main-main. Mereka merekrut beberapa influencer sekaligus untuk meningkatkan brand resonance. Menurut Neil Patel, rekomendasi dan kritik dari “akun raksasa” di media sosial jauh lebih cepat menyebar jika dibanding dengan api di ladang kering.

Itulah yang dimanfaatkan Wardah, alih-alih menjelaskan langsung produk mereka kepada customer, mereka lebih mempercayakan hal tersebut kepada influencer. Mulai dari selebriti seperti Raline Shah, beauty vlogger Suhay Salim, dokter Mesty Ariotedjo, hingga muslimah asal Korea Selatan, Ayana Moon didapuk untuk menjadi “perpanjangan tangan” Wardah.

Wardah giat mendorong para influencer ini untuk terus melakukan promosi melalui beragam media sosial terutama Instagram dan YouTube yang memang banyak diakses oleh pasar mereka yakni wanita muda. Hasilnya bisa dilihat sekarang, brand ini telah kukuh sebagai produk kecantikan halal terbaik di Indonesia.

Jika memang ingin menerapkan cara Wardah ini, Anda perlu mengingat satu hal. Saat ini masyarakat telah pandai memilah mana informasi yang memang sebuah rekomendasi jujur dan mana yang merupakan rekomendasi hasil briefing dengan perusahaan. Solusinya Anda harus menemukan influencer yang tepat.

Menemukan influencer dengan tepat akan mudah dilakukan jika Anda memahami dengan baik sifat dan nilai dari produk yang ditawarkan. Pada kasus Wardah, mereka mengetahui bahwa keunggulan produk mereka adalah status halal. Maka, bisa dimulai dengan mencari sosok muslimah untuk menggambarkan nilai “halal”. Wanita muslimah saja jelas tidak cukup, maka mereka memberikan requirement lain seperti harus aktif atau berprestasi.

 

Strategi Content Marketing Modalku yang Solutif

Salah satu jenis content marketing yang disukai adalah content marketing yang informatif. Ia tidak melulu memasarkan produk atau jasa, tetapi juga menawarkan solusi. Jika Anda jeli, hal ini memang bisa menjadi sarana untuk memasarkan produk. Terutama apabila produk atau jasa yang Anda tawarkan memang merupakan sebuah solusi atas permasalahan tertentu.

Demikian dengan platform P2P lending asal Indonesia, Modalku. Perusahaan yang satu ini tidak hanya sekedar menawarkan pinjaman langsung saja, tetapi mereka juga berusaha mengedukasi setiap customer sekaligus pengunjung situs mengenai fintech, terutama tentang lending. Modalku dengan cerdik menempatkan beberapa produk dan jasa mereka dalam setiap informasi yang dibagikan kepada viewers sehingga tanpa disadari mereka akan selalu mengasosiasikan Modalku dengan platform P2Plending yang baik.

 

Modalku adalah salah satu klien Penulis.ID yang berhasil mengeksekusi strategi content marketing mereka dengan baik. Apapun jenis content marketing yang akan Anda pilih dan jalani, pastikan untuk menyesuaikan hal tersebut dengan target perusahaan.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Biru Cahya Imanda

Vice President of Content at Penulis.ID
Book addicts and love to write about anything! Currently Vice President of Content at Penulis.ID