Content Marketing adalah Strategi Baru yang Cocok Untuk Start-up

content-marketing-adalah
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Banyak strategi yang dapat digunakan start-up untuk menembus pasar dengan mudah. Salah satunya dengan content marketing. Content marketing adalah pendekatan strategi marketing yang berfokus pada membuat dan mendistribusikan konten. Namun merebut perhatian konsumen bukan hal yang mudah. Apalagi selera pasar juga tidak bisa disamakan. Inilah alasan kenapa content marketing adalah strategi baru yang wajib untuk start-up yang sudah dirangkum oleh tim Penulis.ID.

 

Memudahkan customer

Beberapa tahun terakhir, istilah content marketing cukup populer dan banyak menjadi prioritas bagi para marketer untuk dieksekusi. Konten yang dibuat dalam content marketing harus valuable, konsisten dan relevan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan dan juga meningkatkan profit dari penjualan. Perkembangan internet membuat konsumen melakukan banyak riset sebelum pergi ke store ataupun membuat janji bertemu dengan sales person.

Saat bertemu dengan sales customer sudah tidak lagi di tahap baru mendengar tentang brand, tapi sudah mengetahui lewat riset dan sudah dapat menentukan apakah akan memilih produk tersebut atau tidak.Untuk membuat calon customer memilih brand Anda, konten yang bagus tentang produk Anda sangat dibutuhkan. Baik konten yang menunjukkan expertise ataupun konten yang memecahkan masalah customer.

 

Membangun Awareness brand

Kenapa content marketing adalah strategi baru yang wajib untuk start-up karena dapat membangun awarness brand. Membangun kredibilitas brand adalah peran inti dari content marketing. Content marketing merupakan strategi pemasaran dimana perusahaan merencanakan, membuat serta mendistribusikan konten yang menarik dan tepat sasaran. Hal ini dapat mendorong konsumen baru agar lebih mengenal bisnis Anda. Strategi ini dapat memberikan kesempatan selain untuk memperluas usaha. Juga untuk membangun reputasi dan mendapat tempat sebagai perusahaan start-up yang terpercaya dalam industri tersebut.

Bila Anda konsisten mempublikasikan konten yang baru dan unik di situs dan mempromosikannya di media sosia Andal, lebih banyak peluang untuk audiens baru yang akan menjadi konsumen Anda bakal tercipta. Bila konten tersebut membuat audiens merasa senang, mereka mungkin juga akan membantu menyebarkan berita tentang bisnis Anda kepada teman-temannya. Hal itu yang akan membantu perusahaan start-up Anda menjangkau lebih banyak orang.

 

Content marketing adalah cara menghasilkan pengunjung ke situs

Content marketing yang baik dengan kata kunci yang sesuai akan membantu untuk mendapatkan sustainable traffic dari search engine. Artinya, Anda tidak perlu lagi membayar untuk mendapatkan leads.Perusahaan yang memanfaatkan content marketing bisa mendapatkan traffic yang berkali lipat lebih banyak bila dibandingkan dengan perusahaan start-up yang tidak menjalankan. Content Marketing dapat meningkatkan traffic Anda. Saat konsumen potensial mempunyai masalah atau kebutuhan yang tertentu, mereka akan mencari sebuah solusi. Bila Anda mempunyai solusi ataupun informasi, panduan yang membantu berarti ini merupakan peluang bagi pelanggan untuk mengunjungi situs Anda.

 

Menunjukkan karakter brand

content-marketing-adalah
Content marketing berguna untuk brand. Photo Credit: Nick

Content marketing dapat membantu customer dalam mengingat sebuah brand. Adanya conten marketing memungkinkan brand menjalankan engagement dengan calon customer baik jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini juga bisa menunjukkan karakter atau personality dari perusahaan start-up Anda. Content marketing yang distribusikan melalui berbagai sosial media punya kemampuan untuk terkoneksi dengan customer dengan biaya lebih murah daripada channel marketing offline.

Konsumen akan menyukai konten yang sesuai dengan kepentingan atau kebutuhan mereka. Itu sebabnya konten kustom bisa disukai hingga 68% konsumen. Dengan membuat konten kustom yang dirancang untuk kebutuhan dan kepentingan target pasar, Anda akan dapat membangun kepercayaan dan memecahkan masalah mereka.

 

Meningkatkan penjualan dan leads

Content marketing adalah strategi baru yang wajib untuk start-up karena dapat meningkatkan penjualan.Semakin banyak calon customer yang mengunjungi situs dan melihat konten Anda, maka akan semakin besar kemungkinan mereka untuk berpeluang dikonversi menjadi leads dan akhirnya bisa menjadi konsumen tetap. Untuk perusahaan start-up, konsumen biasa mengandalkan blog dan konten website sebelum membuat keputusan untuk membeli.

Orang- orang ingin tahu sebanyak mungkin, oleh karena itu menciptakan konten yang relevan dengan produk atau jasa perusahaan Anda sangat penting.Hal tersebut akan membantu customer memahami apa yang akan mereka dapatkan dari perusahaan Anda.

 

Sebagai thought leader

Content marketing adalah strategi baru yang wajib untuk start-up karena dapat menetapkan perusahaan Anda sebagai thought leader di industri tersebut. Hal ini akan membuat customer melihat perusahaan Anda kredibel bila Anda memberikan konten yang berkualitas tinggi dan benar-benar membantu memecahkan masalah mereka.

Menjadi thought leader adalah hal yang baik, karena perusahaan start-up Anda berada pada posisi dimana orang tak hanya akan menyimak apa yang perusahaan Anda katakan, tetapi juga berfokus kepada perusahaan start-up Anda untuk mendengarkan jawaban dan solusi yang mereka butuhkan.

 

Meningkatkan Engagement

Bila perusahaan startup Anda membuat konten yang menarik perhatian, maka perusahaan akan ditanggapi dengan baik oleh para customer dan hal itu akan membuka pintu bagi perusahaan Anda untuk terlibat dengan audiens secara langsung. Hal ini memberi kesempatan kepada perusahaan start-up Anda untuk lebih menyenangkan para customer.

Perusahaan Anda juga bisa terlibat dengan para pemimpin perusahaan lainnya untuk membahas konten yang Anda sebarkan. Hal ini dapat memperluas jaringan dan juga membantu perusahaan Anda membangun hubungan yang lebih kuat dengan para pemimpin perusahan lainnya. Dan memungkinkan perusahaan Anda untuk menetapkan diri sebagai otoritas yang ada dalam industri tersebut.

 

Lebih murah dari pemasaran tradisional

Content Marketing untuk perusahaan start-up terbukti lebih menghemat biaya daripada pemasaran secara tradisional. Terutama bila perusahaan Anda dapat menghasilkan konten marketing sendiri. Pebisnis yang membangun usahnya lewat Content Marketing biasanya akan mengeluarkan biaya hanya separuh dari apa yang biasanya dia keluarkan untuk pemasaran diluar sana secara tradisional. Dengan menyebarkan konten perusahaan Anda melalui media sosial, posting di website atau situs yang lebih besar merupakan beberapa trik untuk memperkenalkan brand perusahaan start-up Anda di luar sana. Dan semuanya bisa lebih murah bahkan juga gratis.

Hasil cukup signifikan ditemukan antara perusahaan start-up yang menjalankan content marketing dengan yang tidak. Di negara-negara maju, content marketing diguankan sebagai strategi utama pemasaran. Hal ini dapat membangun kredibilitas dan brand yang kuat dari segi produk.

Perusahaan yang menjalankan content marketing punya conversion rates 6x lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak melakukan content marketing. Karena perusahaan yang melakukan strategi content marketing dianggap mempunyai kredibilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menjalankan.Saat ini sudah makin banyak perusahaan start-up yang menggunakan content marketing untuk bisa memenangkan persaingan.

 

Content marketing adalah strategi baru yang menarik dicoba oleh start-up. Berminat untuk membuat content marketing yang baik untuk start-up Anda? Anda bisa mengandalkan tim Penulis.ID untuk membantu strategi pemasaran start-up Anda.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID