Segala Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Lisensi Creative Commons

lisensi-creative-commons
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Banyak blogger pemula beralih ke pencarian gambar di Google. Tapi gambar yang ditemukan dengan cara ini hampir selalu tunduk pada ketentuan hak cipta yang restriktif. Lisensi Creative Commons diciptakan sebagai alternatif untuk undang-undang hak cipta yang restriktif, dan memungkinkan penulis dan pencipta gambar, animasi, musik, dan lainnya melisensikan karya mereka untuk distribusi dan penggunaan lebih lanjut.Dalam artikel ini, tim Penulis.ID akan mengulas segala hal yang perlu Anda tahu tentang penggunaan lisensi Creative Commons.

 

Lisensi Creative Commons

Seperti apa lisensi Creative Commons, dan jenis izin apa yang mereka berikan kepada orang yang ingin menggunakan kembali atau mempublikasikan ulang gambar berlisensi? Jika memilih untuk menggunakan gambar berlisensi Creative Commons di blog Anda, pastikan untuk memeriksa ketentuan lisensi. Sebagian besar gambar hanya mensyaratkan Anda mencantumkan kredit, tetapi beberapa lisensi menyertakan persyaratan tambahan. Berikut adalah rincian berbagai jenis lisensi Creative Commons yang tersedia:

 

Atribusi

Jenis lisensi Creative Commons yang pertama yang harus Anda tahu adalah atribusi. Lisensi Creative Commons ini menawarkan kesempatan terbanyak untuk berbagi dan menerbitkan ulang. Di bawah lisensi ini, Anda diizinkan untuk mendistribusikan ulang, memodifikasi, dan membangun pada karya asli selama mencantumkan kredit ke pemilik gambar. Anda juga harus berhati-hati untuk tidak menyiratkan bahwa penulis asli telah mendukung Anda dengan cara apa pun melalui penggunaan gambar.

 

ShareAlike

Jenis lisensi Creative Commons yang pertama yang harus Anda tahu adalah ShareAlike. Di bawah lisensi ShareAlike, Anda dapat mendistribusikan ulang, memodifikasi selama Anda mengatribusi pemilik asli gambar dan mempublikasikannya di bawah lisensi yang sama. Dengan kata lain, dalam lisensi ShareAlike, gambar tidak boleh ditempatkan di bawah ketentuan yang berbeda daripada yang ditetapkan oleh pemilik asli.

 

NoDerivs

Jenis lisensi Creative Commons yang kedua yang harus Anda tahu adalah NoDerivs. Lisensi NoDerivs adalah kependekan dari “No Derivative Works.” Di bawah lisensi Creative Commons ini, hanya salinan dari karya yang dapat digunakan dan dibagikan, tetapi tidak ada versi turunan atau perubahan dari karya tersebut. Dengan kata lain, tidak ada modifikasi, remix, atau perubahan terhadap media asli di bawah lisensi ini.

 

NonCommercial

Jenis lisensi Creative Commons yang ketiga yang harus Anda tahu adalah NonCommercial. Lisensi Non-Komersial memungkinkan Anda untuk memodifikasi dan mengubah media asli, tetapi tidak dapat didistribusikan kembali untuk tujuan komersial. Bila Anda blogger dibidang bisnis, perhatikanlah lisensi ini. Meskipun blog bukan aliran pendapatan, mereka dapat mendukung dan menghasilkan pelanggan untuk bisnis yang menghasilkan pendapatan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari media di bawah lisensi ini jika Anda mempublikasikan ke blog perusahaan, kecuali bila penulis media mengatakan sebaliknya.

 

NonCommercial-ShareALike

Jenis lisensi Creative Commons yang keempat yang harus Anda tahu adalah NonCommercial-ShareALike. Lisensi hibrida ini membawa aturan lisensi NonCommercial dan ShareAlike pada saat yang bersamaan. Ketika menggunakan kembali gambar Creative Commons ini, Anda dapat mendistribusikan ulang, memodifikasi, dan membuat perubahan di atas media asli selama itu bukan untuk tujuan komersial, Anda mengatribusi media untuk penulis asli, dan mempublikasikan ulang gambar di bawah Non-komersial-ShareAlike sebagai yang asli.

 

NonCommercial-NoDerivs

Jenis lisensi Creative Commons yang kelima yang harus Anda tahu adalah NonCommercial-NoDerivs. NonCommercial-NoDerivs adalah lisensi paling ketat yang dapat digunakan seseorang dalam gambar mereka. Di bawah lisensi ini, Anda tidak diizinkan untuk memodifikasi, merombak, membuat perubahan di atas karya asli, atau mempublikasikannya untuk tujuan komersial. Jika ingin mempublikasikan gambar NonCommercial-NoDerivs ke situs web pribadi, Anda diharuskan untuk menampilkan media seperti yang Anda temukan dan mengatribusikannya dengan pemilik asli karya seni itu. Selalu periksa ketentuan gambar yang Anda gunakan untuk memastikan bahwa keinginan spesifik dari pemilik karya terpenuhi.

lisensi-creative-commons
Pahami benar lisensi creative commons. Photo by: Wikimedia

Cara Memberikan Atribusi Pada Lisensi Creative Commons

Identifikasi lisensi pada gambar yang Anda pilih.

Cara memberikan atribusi Creative Commons yang pertama adalah identifikasi lisensi pada gambar yang Anda pilih. Untuk melakukannya, mulailah dengan mengetikkan istilah untuk mencari gambar yang Anda inginkan. Saat Anda menemukannya, luangkan waktu sejenak untuk mempelajari apa syarat-syarat lisensi untuk gambar dan masukkan ke dalam postingan Anda. Untuk gambar di Flickr, Anda akan melihat lisensi ini berlabel di sudut kanan bawah gambar.

 

Perhatikan bagaimana gambar ini didistribusikan kembali.

Cara memberikan atribusi lisensi Creative Commons yang kedua adalah perhatikan bagaimana gambar ini didistribusikan kembali.Kecuali ditentukan lain oleh pemilik gambar, ada dua cara untuk atribusi :

“Gambar oleh [nama penulis].” Jika Anda belum memodifikasi atau melakukan perubahan di atas gambar asli, kalimat ini cukup untuk memberikan kredit yang tepat.

“Gambar ini telah dimodifikasi dari [asal gambar] oleh [nama penulis].” Jika Anda telah mengubah gambar dari versi aslinya, Anda harus mengatakannya di catatan atribusi Anda.

 

Hubungkan kembali ke asal gambar.

Cara memberikan atribusi Creative Commons yang ketiga adalah hubungkan kembali ke asal gambar.Setelah mengidentifikasi lisensi gambar dan menulis atribusi,hal yang harus Anda lakukan selanjutnya yaitu menautkan nama pemilik atau asal gambar ke halamanĀ  tempat Anda pertama kali mengunduhnya.Lisensi tetap memberikan kebebasan kepada pengguna untuk memakai gambar kreatif yang dilindungi oleh hak cipta. Lisensi Creative Commons memberikan syarat pada pengguna untuk mendapat izin.

 

Cara Menggunakan Creative Commons Search

Anda bisa menggunakan Creative Commons Search. Basis data ini memungkinkan Anda untuk mengatur platform di mana Anda ingin melakukan pencarian gambar dan secara otomatis menyaring lisensi Creative Commons. Gambar yang telah tersedia untuk digunakan melalui lisensi Creative Commons dapat dengan mudah ditemukan di Flickr atau Wikimedia Commons.

Anda juga dapat mencari melalui Google untuk gambar yang berlisensi Creative Commons dengan mengkonfigurasi pengaturan pencarian lanjutan dengan cara berikut:

Arahkan ke Google Images dan pilih “Tools” di sebelah kanan, tepat di bawah pencarian.

Pada opsi yang muncul, klik “usage rights”. Di menu yang muncul, pilih lisensi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Google mempermudah untuk memfilter hasil gambar oleh masing-masing lisensi yang dijelaskan di atas. Di Google Images, Anda memiliki empat opsi:

  • Dilabeli untuk digunakan kembali dengan modifikasi, umumnya menghasilkan gambar di bawah atribusi dan ShareALike.
  • Berlabel untuk digunakan kembali, menghasilkan setiap lisensi.
  • Berlabel untuk digunakan kembali non-komersial dengan modifikasi, menghasilkan lisensi Non-Komersial,
  • Berlabel untuk penggunaan ulang non-komersial, menghasilkan lisensi NoDerivs.

 

Demikian segala hal yang perlu Anda tahu tentang penggunaan gambar Creative Commons yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID. Sekarang Anda telah mengetahui apa arti setiap lisensi Creative Commons, bagaimana mencari gambar dengan lisensi ini, dan bagaimana mengatributkan gambar yang diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Nisrina Darnila

Junior Writer Penulis.ID

Latest posts by Nisrina Darnila (see all)