Cara Meningkatkan Traffic Website Secara Organik Tanpa Ngiklan

tambahkan foto
Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Saat ingin membeli barang, orang-orang biasanya mencari nama produk di Google untuk melihat website brand tersebut. Bisa dibilang, Google menjadi “pasar” bagi usaha-usaha yang ada untuk menjual produk atau jasa mereka. Karenanya, cara meningkatkan traffic website yang tepat harus diterapkan dengan baik. 

Namun, adakah cara meningkatkan traffic website secara organik, alias tanpa mengucurkan biaya ngiklan? Tentu saja! Berikut ini cara-cara ampuh untuk meningkatkan traffic website Anda secara gratis yang sudah dirangkum oleh Penulis.ID

 

Jangan pakai keyword yang sama

Seringkali kita terpancing untuk menggunakan sebuah keyword yang memiliki volume tinggi. Padahal, keyword tersebut terlalu umum alias sudah banyak dicantumkan dalam konten lain. Konten Anda malah jadi kalah saing dengan kompetitor, bahkan tidak jarang konten tersebut jadi kurang optimal. Kasus seperti ini yang disebut sebagai keyword cannibalization, di mana wesbite Anda memiliki lebih dari satu konten dengan satu keyword yang sama. 

Sebentar, bukankah itu strategi pintar supaya website Anda selalu masuk di jajaran teratas search engine? Memang benar, keyword cannibalization membuka peluang bagi website Anda mengisi dua slot atau lebih dalam daftar pencarian di internet. Namun, mari kita teliti lagi, apakah ini benar-benar strategi pintar yang layak Anda ikuti?

Contoh kasus website Anda punya dua artikel dengan topik dan keyword yang sama, yaitu “cara memasak rendang.” Meski judulnya dibuat berbeda, ini sama saja dengan artikel Anda saling mencuri jumlah pengunjung website. Jika sudah begini, Anda perlu cari mana artikel dengan keyword yang sama. Ketik saja site:namawebsite.com keyword di Google. Misalnya, site:penulis.id cara memasak rendang. Di sini, Anda punya tiga opsi: menggabungkan isi kedua artikel tersebut, menghapus artikel dengan traffic website terendah, atau mengubah keyword lama jadi keyword yang baru. 

 

Buat konten dengan kualitas yang baik sebagai kunci cara meningkatkan traffic website

Masih banyak yang beranggapan bahwa iklan jadi satu-satunya cara untuk meningkatkan traffic website. Padahal, strategi content marketing dirasa sama efektifnya. Anda hanya perlu menambahkan blog di website. Kontennya bisa beragam, entah itu artikel, infografik, atau video yang dibuat semenarik mungkin. Kuncinya, buat konten yang tidak secara langsung menjual produk atau jasa Anda, melainkan dengan tujuan untuk membantu pembaca. 

Pertama-tama, Anda harus terlebih dahulu mencari topik konten yang ingin dibahas. Topik ini juga sehubungan dengan keywords seperti apa yang ingin dicantumkan. Ada baiknya Anda membuat editorial plan supaya bisa menyusun topik beserta keywords artikel yang akan di-publish. Soal keywords, Anda bisa mencarinya di Google Trends dan Google Keyword Planner yang gratis. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan keywords panjang yang berbentuk pertanyaan, seperti pertanyaan-pertanyaan yang ada di Quora. Pilih saja pertanyaan Quora yang sudah mendapat lebih dari 10 respons jawaban, ya.

Tips penting untuk Anda, selalu pastikan topik dan keyword berhubungan dengan brand Anda. Ingat juga bahwa manusia itu sejatinya punya attention span (rentang perhatian) yang pendek. Jadi, ketimbang menulis artikel dalam bentuk paragraf saja yang buat pembaca cepat bosan, akan lebih tepat bila Anda membuat artikel dalam bentuk listicles. Apa itu listicles? Contohnya seperti artikel ini yang sedang Anda baca!

 

Pastikan website mudah dibuka di ponsel

mudah diakses di hape

Image Source: Freepik

Tampilan website sudah pasti akan berubah, walau hanya sedikit, ketika dibuka di browser PC dan ponsel. Menurut data di tahun 2020, 68,1% dari total statistik pengunjung website di dunia berasal dari perangkat mobile seperti tab dan ponsel. Bila website Anda tidak bisa dibuka atau tampilannya jadi tidak bagus ketika dibuka di ponsel, Anda sudah kehilangan jumlah pengunjung website. 

Untuk bisa memiliki website yang bekerja optimal baik di browser PC maupun ponsel, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Pastikan menu-menu di website Anda mudah untuk dinavigasikan. Jangan sampai ada foto yang terpotong, apalagi ada kategori menu yang tidak bisa di-scroll. Lalu, isi website harus dalam layout satu kolom saja. Hindari juga pemakaian pop-ups karena akan sangat mengganggu. 

Satu hal penting yang harus diingat dalam pembuatan website adalah menulis website dengan HTML5 tanpa menggunakan Flash. Ini karena Flash sudah tidak lagi didukung di banyak browser dan brand ponsel. Untuk konten dalam website, berikan jarak atau spacing yang cukup supaya tetap nyaman dibaca di layar ponsel yang kecil. 

 

Backlink juga penting sebagai cara meningkatkan traffic website

Apa itu backlink dan pengaruhnya terhadap statistik pengunjung website? Singkatnya, backlink itu ibarat rekomendasi dari website lain. Ketika ada artikel dari website lain yang mengutip informasi dari artikel di website Anda, biasanya mereka akan memasukkan link sumber, yaitu website Anda. Backlink ini penting sekali, bahkan backlink merupakan faktor terbesar ketiga bagi algoritma Google. 

Untuk bisa memanfaatkan backlink, caranya susah-susah gampang karena Anda tidak bisa mengandalkan diri sendiri. Namun, dari segi internal, Anda bisa “memancing” backlink dengan membuat konten yang insightful. Kemungkinan besar juga ada banyak artikel yang mengutip website Anda tanpa memasukkan link. Coba cari dengan menggunakan Google Alerts, cukup ketikkan saja nama brand atau website Anda. Jika ada, hubungi admin website tersebut. 

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan internal link ke konten di website Anda. Jelajahi website Anda untuk menemukan konten yang masih belum punya internal link. Anda bisa menghubungkan konten tersebut dengan konten lain yang ada di website, selama topiknya masih berhubungan. Cara ini bisa dilakukan dengan fitur “insert link” di kata-kata yang berkaitan atau dengan format “Baca Juga: xxx.”

 

Tambahkan foto atau video ke dalam artikel

tambahkan foto

Image Source: Freepik

Masyarakat Indonesia sekarang lebih suka menonton atau melihat daripada membaca. Wajar saja karena riset juga sudah membuktikan bahwa orang mengingat 80% apa yang dilihat, sementara mereka hanya mengingat 20% apa yang dibaca. Jangan ragu untuk menggabungkan foto atau video dengan konten artikel di website Anda. Jadi, keduanya bisa saling mendukung dan mengundang lebih banyak pengunjung ke website Anda. 

Kemudian, menambahkan foto atau video ke artikel juga berfungsi untuk mendorong audiens membagikan konten tersebut via media sosial. Di akhir konten, tambahkan tombol share ke media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Anda pun bisa meningkatkan traffic website sekaligus media sosial dengan hanya menggunakan satu konten saja. 

Untuk artikel, Anda bisa memasukkan dua foto di poin-poin artikel supaya pembaca juga jadi lebih paham maksud dari tulisan yang dibaca. Di setiap foto atau video yang dimasukkan, Anda bisa tambahkan alt text yang merupakan deskripsi singkat. Dalam alt text ini, silahkan tuliskan juga keyword, namun jangan terlalu banyak. Masukkan juga foto, gambar, atau video menarik di laman website Anda supaya tampilannya lebih menarik. 

 

Itu dia beberapa cara meningkatkan traffic website tanpa modal tambahan. Sudah ada banyak perusahaan dan brand yang dibantu oleh Penulis.ID menggunakan cara-cara inbound marketing di atas. Mungkin saja Anda klien kami yang selanjutnya. Semoga cara meningkatkan traffic website di atas bisa membantu Anda dalam membangun bisnis yang sukses!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Adhika Dwi Pramudita

Hey there. My name is Adhika and I’m currently living in Jakarta. I'm one of the Penulis.ID shareholders.