7 Cara Membuat Konten Anda Diklik Lebih Banyak Orang

cara-membuat-konten
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Bila Anda menggunakan strategi digital marketing untuk pemasaran, Anda tentunya harus memahami cara membuat konten yang menarik dan berkualitas untuk bisa menarik perhatian konsumen. Strategi digital konten yang tepat terbukti mampu membuat brand dan bisnis tumbuh serta berkembang dengan pesat. Apalagi saat ini di era digital, media sosial tidak bisa dipisahkan dari aktivitas dan keseharian masyarakat. Berikut ini 7 cara membuat konten Anda diklik lebih banyak orang yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID.

 

Manfaatkan “Curiosity Gap”

Pertama, cara membuat konten Anda diklik lebih banyak orang yaitu manfaatkanlah “curiousity gap”. Sebagai pemasar, sebelum membuat audiens melakukan tindakan, yang pertama harus Anda lakukan adalah mendapatkan perhatiannya. Manusia cenderung memiliki sifat ingin tahu dalam beberapa cara: perseptual dan epistemis. Perseptual yaitu merasa ingin tahu dan ingin memahami sesuatu yang aneh atau membingungkan, seperti ilusi optik atau trik sulap. Sementara epistemik hanyalah keinginan untuk mempelajari sesuatu yang baru, untuk memperoleh informasi baru.

Anda bisa memanfaatkan rasa penasaran konsumen tersebut. Hal ini bisa Anda gunakan sebagai trik ampuh untuk mendapatkan klik yang tinggi di konten Anda dan bisa diterapkan dalam strategi digital marketing. Terutama dalam pemasaran di media sosial. Pada konten Anda hanya menguraikan sepenggal pesan dan informasi yang ingin Anda sampaikan. Kemudian tautkan sebuah link, disertai dengan tambahan CTA yang tepat.

 

Terapkan urgensi

Kedua, cara membuat konten Anda diklik lebih banyak orang adalah terapkan urgensi. Karena orang-orang terprogram untuk menghargai hal-hal yang mereka anggap langka atau setidaknya ada dalam persediaan yang terbatas. Psikolog dan ekonom merujuk pada kecenderungan ini sebagai prinsip kelangkaan. Ini adalah sifat evolusi yang dikembangkan untuk memastikan bahwa manusia mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Bila Anda menawarkan produk baik barang ataupun jasa, cobalah untuk menyertakan sebuah urgensi atau deadline yang mampu mendesak calon customer.

Anda bisa membangkitkan hal tersebut dengan menggunakan kata dan frasa seperti: “Penawaran eksklusif!” ataupun “Persediaan terbatas!”. Cara ini membuat calon customer seperti tidak mempunyai banyak waktu untuk mengambil keputusan. Sehingga mereka akan bersedia menerima penawaran Anda secara cepat. Prinsip kelangkaan, urgensi dan bisa mendapatkan sesuatu yang tidak biasa akan membuat konsumen merasa berharga.

 

Bagikan sesuatu yang mengejutkan

Kemudian, cara membuat konten Anda diklik lebih banyak orang adalah bagikan sesuatu yang mengejutkan dalam konten. Penelitian membuktikan bahwa pembaca yang benar-benar terkejut akan mendapatkan 100 persen perhatian penuh. Keadaan ini adalah proses yang dilalui oleh otak saat terkejut oleh sesuatu yang baik ataupun buruk. Kejutkan audiens Anda sehingga, Anda punya kesempatan untuk mengarahkan mereka ke isi konten Anda berikutnya. Apa pun konteksnya, satu fakta tetap konstan adalah judul merupakah kalimat yang paling penting pada konten.

Menurut Father of Advertising, David Ogilvy, rata-rata orang lima kali lebih banyak orang membaca judul bila dibandingkan dengan membaca konten secara keseluruhan. Intinya, buatlah kata-kata pertama yang bagus dan mengejutkan. Buat audiens merasa berharga dan tidak diabaikan. Ini adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa pesan konten Anda tersampaikan.

 

Cara Membuat Konten Paling Mudah: Gunakan Angka

Ingin menarik perhatian internet user untuk mengklik konten Anda? Gunakan angka di judul konten Anda. Entah judul tersebut muncul di newsletter atau YouTube, penggunaan angka merupakan salah satu cara membuat konten Anda terlihat menonjol. Angka bekerja dengan cara ini karena kata dan gambar merupakan sebagian besar konten yang kita lihat setiap hari. Laman web, majalah, baliho, email semuanya didominasi oleh kata dan gambar. Jadi ketika mata melihat sebuah angka, hal itu bisa menarik perhatian audiens untuk mengkilk konten Anda.

Cara ini cukup sederhana tetapi efektif. Angka juga menandakan finalitas, awal dan akhir yang pasti dan menghibur pembaca.Menurut Maria Konnikova, penulis psikologi dan sains untuk newyorker.com menyebutkan bahwa hal itu akan membuat audiens membaca artikel secara keseluruhan. Bukannya meninggalkannya dan bisa membuat mereka dimungkinkan untuk mengklik lagi dan lagi.

 

Ajukan Pertanyaan

cara-membuat-konten

Pertanyaan akan membuat konten Anda lebih menarik. Photo Credit: Qimono

Lalu, cara membuat konten berikutnya adalah ajukan pertanyaan. Judul dengan pertanyaan terbaik membuat pembaca berpikir kritis. Pertanyaan yang terbaik akan membuat pembaca mencari dan berfikir untuk menyelidiki realitas mereka sendiri. Pertanyaan-pertanyaan ini bekerja dengan baik karena mampu melibatkan emosi audiens. Tentu saja, mereka juga akan berusaha keras untuk menelaah konten Anda. Anda bisa menyertakan suatu pertanyaan untuk memicu pembaca supaya audiens mau menanggapinya. Gunakan kalimat tanya pada konten Anda.

Misalnya, “Butuh Bantuan?”maka hal itu akan mendorong pembaca untuk membalas dan menyampaikan masalahnya pada Anda. Bila hal itu terjadi artinya Anda dapat membangun engagement dan hubungan yang lebih akrab dengan pelanggan maupaun calon customer. Langkah selanjutnya, Anda dapat memberi mereka berbagai penawaran yang berkaitan dengan bisnis dan produk Anda. Copywriter master Gary Bencivenga menerapkan hal tersebut dan menghasilkan iklan yang sukses. Pertanyaan itu terjawab atau tidak, tidak jadi masalah. Yang penting adalah bagaimana pertanyaan itu menarik perhatian dan membuat pembaca berpikir.

 

Promise value

Cara termudah untuk menjanjikan value dalam judul adalah memulainya dengan kata-kata “Bagaimana caranya.” Alasannya sederhana, karena Anda memberi tahu Audiens apa yang harus dilakukan dan menuntun mereka untuk diarahkan. Jadi hal ini lebih mudah dan lebih efektif sebagai cara membuat konten Anda diklik lebih banyak orang. Para copywriter di Ogilvy & Mather secara konsisten memanfaatkan kekuatan headline berbasis value untuk menarik perhatian audiens.

 

Bantu audiens mengenali diri sendiri

Terakhir, cara membuat konten Anda diklik lebih banyak orang adalah bantu audiens mengenali diri sendiri. Dale Carnegie dalam bukunya How to Win Friends and Influence People menyebutkan bahwa menyebutkan nama seseorang adalah suara yang paling manis dan paling penting dalam bahasa apa pun. Pemicu yang menarik perhatian ini memunculkan konsep itu, karena ketika judul statis tidak bisa memanggil pembaca Anda dengan nama, itu dapat membantu mereka mengidentifikasi diri sebagai bagian dari kelompok yang lebih besar.Dengan melibatkan pembaca langsung di judul, Anda membuatnya sangat jelas bahwa mereka berada di tempat yang tepat, bahwa mereka harus fokus, dan terus membaca.

 

Taktik ini bukanlah fenomena yang baru. Para copywriter telah memanfaatkan trik dan pemicu psikologis ini untuk mendapatkan perhatian. Pertama dan terpenting, Anda harus tahu audiens Anda. Jika Anda tidak tahu apa yang diperhatikan audiens, Anda tidak dapat mengeksekusi cara membuat konten yang tepat untuk mereka dan Anda tidak akan tahu harus memulai dari mana. Sebelum mulai mebuat konten,lakukanlah penelitian sebelumnya. Kemudian, setelah mengetahui apa yang diinginkan audiens, gunakan salah satu dari taktik ini untuk membuat angle konten yang menarik perhatian mereka.

 

Demikian rangkuman dari tim Penulis.ID tentang 7 cara membuat konten Anda diklik lebih banyak orang. Cukup menarik kan? Ternyata dengan menambahkan beberapa item diatas bisa membuat jumlah klik pada konten Anda meningkat.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Inas Twinda

Inas adalah penulis senior di Penulis.ID. Dia telah membantu berbagai perusahaan seperti Traveloka dan Bukalapak untuk memproduksi artikel demi keperluan konten marketingnya.