5 Keyword Tool Agar Dapat Ranking Tinggi di Google

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Keyword tool mampu membantu praktisi SEO dalam optimasi kata kunci. Soalnya, cara riset keyword yang praktis memang melibatkan penggunaan tools agar bisa menemukan sejumlah kata kunci terbaik. Kumpulan kata kunci itu nantinya digunakan saat memproduksi artikel content marketing.

Jika belum punya tools andalan, Anda mungkin ragu untuk mulai memakainya. Terlebih, kebanyakan tools itu berbayar. Tidak usah repot-repot, soalnya tim Penulis.ID sudah merangkum lima rekomendasi keyword tool di bawah ini. 

5 Keyword Tool Agar Bisa Mendapatkan Ranking Tinggi di Google

  • Semrush

Semrush adalah tools SEO yang mempermudah proses keyword research, site audit, hingga rank tracking. Dengan fitur-fitur yang disediakan, tools ini akan membantu Anda untuk memperoleh peringkat tinggi di search engine results page (SERP) atau hasil pencarian Google.

Karena sedang membicarakan soal keyword tool, mari lihat fitur Keyword Magic Tool terlebih dahulu. Melalui fitur ini, Anda bisa memperoleh beberapa kata kunci untuk memproduksi konten. Bagaimana caranya? Cukup tentukan negara tujuan, masukkan satu topik artikel, nanti rekomendasi keyword akan keluar. 

Source: Semrush

Masing-masing rekomendasi keyword pun disertai data bermanfaat. Anda akan mengetahui angka search volume, rata-rata cost-per-click (CPC) jika ingin dipakai untuk iklan, sampai tren kenaikan atau penurunan setiap keyword

Source: Semrush

Setelah itu, Semrush menawarkan Keyword Manager untuk menyimpan dan melakukan tracking metrik terhadap keyword yang Anda pilih. Pengelolaan kata kunci juga bisa diekspor menjadi format file XLSX atau CSV.

Fitur Semrush sebagai tools SEO tidak hanya berkutat seputar keyword saja. Masih ada fitur site audit, competitor analysis, akses API, dan sebagainya. Bahkan, Semrush juga punya social media tools. Hanya saja, harga paket Semrush relatif tinggi dibandingkan tools lain.

Dari paket Pro sampai Business, harga Semrush dimulai dari $119,95 (sekitar Rp1,8 juta) hingga $449,95 (sekitar Rp6,8 juta) per bulan. Kalau sudah yakin akan tools satu ini, Anda boleh membayar per tahun untuk mendapatkan harga yang lebih rendah.

  • Ahrefs

Keyword tool selanjutnya adalah Ahrefs. Dirilis tahun 2010, Ahrefs merupakan salah satu tools SEO populer di kalangan digital marketers. Dengan platform ini, Anda bisa mendapatkan rekomendasi keyword dengan Free Keyword Generator.

Source: Ahrefs

Cara riset keyword di sini kurang lebih sama seperti Semrush. Anda hanya perlu memilih negara target audiens, lalu masukkan satu keyword sebagai pedoman bagi tools ini. Begitu selesai, Anda bisa memilih untuk mendapatkan daftar kata kunci berdasarkan phrase match, having same terms, also rank for, search suggestions, sampai bentuk pertanyaan seperti di bawah ini.

Source: Ahrefs

Secara keseluruhan, Ahrefs menjual layanannya sebagai all-in-one SEO toolset. Fiturnya terbagi menjadi empat kategori, yaitu site audit, site explorer atau competitor analysis, keywords explorer, content explorer, dan rank tracker.

Untuk harga, Ahrefs mematok biaya sebesar $99 (sekitar Rp1,5 juta) sampai $199 (sekitar Rp3 juta) per bulan. Jika berkenan membayar per tahun, Anda berkesempatan untuk mendapatkan gratis 2 bulan. Ahrefs juga menawarkan layanan gratis melalui Ahrefs Webmaster Tools, di mana pengguna gratis diperbolehkan menggunakan Site Explorer dan Site Audit secara terbatas.

  • Moz

Turut hadir untuk membantu berbagai keperluan SEO, Moz memiliki Keyword Explorer yang bisa menyediakan ide keyword bagi Anda. Namun, tampaknya tools ini belum dilengkapi opsi untuk memilih negara target audiens.

Source: Moz

Jika dibandingkan dengan tools sebelumnya, Moz memberikan lebih banyak fitur gratis. Syaratnya sederhana, yaitu membuat akun Moz dan melakukan verifikasi email. Registrasi akun Moz bakal membuka akses menuju fitur link explorer untuk analisis backlink, competitive research, sampai domain analysis.

Meski begitu, tetap saja fitur Moz baru semakin mantap dalam versi berbayar atau dinamakan Moz Pro. Harga Moz Pro dimulai dari $99 (sekitar Rp1,5 juta) hingga $599 (sekitar Rp9 juta). Pembayaran per tahun pun akan memberikan harga lebih rendah, yaitu $79 (Rp1,1 jutaan) sampai $479 (Rp7,2 jutaan).

Perbedaan antar paket terletak pada batas aksesnya. Misalnya, paket Standard ($99) hanya dapat digunakan oleh satu user, sedangkan paket Premium menyediakan 5 user seat dalam satu akun. Moz mempersilakan tambahan pengguna untuk satu akun dengan tambahan $49 per bulan. Fitur lainnya juga bisa ditambah sesuai kebutuhan, misalnya keyword ranking bisa ditambahkan seharga $20 per 200 keyword.

  • Keywordtool.io

Sesuai dengan namanya, Keywordtool.io mampu mendukung Anda mencapai peringkat tinggi di Google melalui perannya sebagai keyword tool. Keywordtool.io mengklaim bahwa tools-nya bisa diandalkan, karena 99,99 persen manjur. Anda juga bisa langsung mencobanya secara gratis, tanpa membuat akun terlebih dahulu.

Saat dicoba, muncul rekomendasi keyword beserta informasi seputar datanya. Tapi, angka tersebut tidak bisa dilihat jika belum menggunakan versi berbayar. Tampilannya akan seperti di bawah ini.

Biaya langganan Keywordtool.io terdiri atas tiga paket, yaitu Pro Basic, Pro Plus, dan Pro Business. Harga paket Pro Basic adalah $69 (Rp1 jutaan) per bulan, sedangkan Pro Business $159 per bulan (Rp2,4 jutaan). Namun, fitur Keywordtool.io memang berkutat di kata kunci saja.

  • Google Keyword Planner

Belum punya budget untuk berlangganan keyword tool? Anda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya Google sendiri menyediakan keyword planner gratis. Bisa diakses di laman Google Ads, Google Keyword Planner mampu memberikan informasi praktis bagi praktisi SEO. 

Seperti bisa dilihat dalam gambar di atas, Google Keyword Planner memberikan data berupa grafik tren sampai harga jika ingin beriklan di masing-masing keyword tertera. Tenang saja, Anda boleh menggunakan tools ini walau tidak ada niat memasang iklan di Google.

Karena Google Keyword Planner gratis, bisnis berskala kecil mungkin langsung mantap menggunakannya. Anda hanya perlu registrasi Google Ads menggunakan akun Google. Lalu, fitur di dalamnya sudah bisa Anda pakai.

Sudah menentukan pilihan dari paparan rekomendasi tools di atas? Pada akhirnya, Anda sebagai pengelola bisnis perlu menyesuaikan keyword tool dengan anggaran dan strategi digital marketing Anda. Kehadiran layanan seperti ini memang bermanfaat, namun semuanya kembali lagi ke orang yang memakainya. Kalau butuh bantuan untuk eksekusi, Anda bisa menghubungi content marketing agency yang berpengalaman. Mulai dari riset keyword hingga produksi konten, keperluan bisnis Anda dapat dipenuhi oleh tim profesional.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Kaylina Ivani

Digital Marketing Specialist at Penulis.ID