Cara Meningkatkan Pagespeed Website Anda

addthis-pagespeed-beginners-image
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu strategi yang bisa Anda terapkan dalam inbound marketing. Selama ini, masih banyak orang yang mengasosiasikan SEO dengan jumlah keyword tertentu dalam satu artikel. Semakin banyak keyword, semakin tinggi pula ranking artikel tersebut dalam hasil pencarian Google. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, tetapi masih ada faktor-faktor lain yang wajib Anda pertimbangkan saat hendak menerapkan strategi SEO.

Salah satu cara meningkatkan SEO tersebut adalah memperhatikan pagespeed. Apakah Anda pernah menghabiskan waktu cukup lama demi menunggu sebuah website untuk loading? Hal tersebut tentu menjadi gangguan besar bagi pengunjung website, dan bukan tidak mungkin mereka akan cepat-cepat menekan tombol “close” pada tab yang memuat website Anda. Jika website Anda tidak loading dalam waktu yang cepat, maka Anda harus memahami cara meningkatkan pagespeed website berikut ini.

 

Apa Itu Pagespeed dan Kenapa Penting?

Pagespeed merupakan jumlah waktu yang dibutuhkan website Anda untuk loading hingga mampu menampilkan konten dalam satu layar. Banyak hal yang dapat memengaruhi pagespeed, mulai dari desain website, server hardware, hingga koneksi dari pusat data. Semakin tinggi kualitas hosting dari website Anda, semakin cepat pula website tersebut akan me-load halaman bagi pengunjung.

What-is-PageSpeed-870x435_c

Photo Credit: speedpage.co

Tidak ada orang yang ingin menghabiskan waktu terlalu lama hanya demi menunggu waktu loading sebuah website. Kecenderungan pengunjung untuk tinggal pada website Anda akan lebih tinggi apabila waktu loading yang dibutuhkan hanya sebentar. Pengunjung pun akan memiliki pengalaman yang menyenangkan dengan website Anda sehingga mereka tidak akan merasa segan untuk kembali. Hal tersebut juga dapat memancing pengunjung website Anda untuk melakukan conversion.

Bayangkan apabila website Anda menjual suatu produk. Memiliki pagespeed yang cepat dapat mengubah status pengunjung menjadi konsumen apabila mereka dapat mengisi kolom pemesanan secara cepat. Sekecil apapun tingkat penurunan pagespeed dapat mengurangi conversion rate untuk website Anda. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Radware, pengunjung bisa batal melakukan pembelian hanya karena pagespeed yang memakan waktu dua detik lebih lama. Berdasarkan data ini, tim Penulis.ID selalu merekomendasikan klien untuk terus berusaha meningkatkan pagespeed website mereka.

 

Apakah Pagespeed Ada Hubungannya Dengan Google?

Pada tahun 2010, Google mengumumkan bahwa mereka akan mulai memasukkan faktor pagespeed dalam sistem ranking algoritma mereka. Semakin cepat tingkat pagespeed website Anda, semakin besar kemungkinan bagi Google untuk meletakkan website Anda pada ranking yang lebih tinggi. Dengan kata lain, meningkatkan pagespeed website dapat meningkatkan SEO website Anda. Alasan Google melakukan hal tersebut sebenarnya cukup sederhana, yakni untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi para pengguna dalam mengakses websites.

unnamed

Photo Credit: Google Developers

Para penganut strategi SEO tentu tidak dapat mengabaikan kebijakan baru tersebut, mengingat bahwa Google merupakan search engine terbesar di dunia yang selalu menjadi tujuan utama orang-orang dalam mencari informasi. Mereka pun segera mengecek pagespeed website dan mengoptimalkan server agar dapat menyajikan konten secara cepat. Pada tahun yang sama, Google juga mengumumkan bahwa hanya ada sekitar 1% hasil pencarian yang terpengaruh oleh peraturan pagespeed baru tersebut.

 

Jangan Lakukan Ini Untuk Meningkatkan Pagespeed Website Anda

angry computer internet laptop pc (Medium)

Photo Credit: itnews

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar website Anda tidak memiliki pagespeed yang lama, yaitu:

  1. Host – Jangan tergiur dengan tawaran harga yang murah. Pilihlah jenis host yang sesuai dengan kebutuhan website
  2. Images – Ukuran foto yang besar dapat memperlambat pagespeed Pilihlah format PNG yang tidak membutuhkan detail-detail berlebihan seperti JPEG.
  3. Widgets – Beberapa buttons yang dicantumkan dalam website dapat memengaruhi pagespeed
  4. Too Much Ads – Selain mengganggu aktivitas browsing pada website, terlalu banyak advertising juga dapat memperlambat
  5. Theme – Beberapa tema memang memiliki desain interaktif berkualitas tinggi, namun banyaknya efek pada tema justru dapat menghambat pagespeed website.
  6. Double-Barelled Code – HTML/CSS yang tidak efisien dapat berpengaruh pada pagespeed website.
  7. External Embedded Media – media eksternal seperti video memang dapat menjadi perangkat yang tepat untuk penyampaian konten, tapi hal tersebut dapat memperlambat Anda bisa menanganinya dengan melakukan hosting video pada server Anda sendiri.

 

Hal yang Harus Dilakukan Untuk Meningkatkan Pagespeed Website

Fast-Internet-stock-photo-2

Photo Credit: twcableuntangled.com

Setiap website tentu memiliki aspek yang berbeda. Tidak ada cara pasti yang dapat mengoptimalkan semua jenis website. Selain itu, ada beberapa faktor di luar kendali Anda yang dapat berpengaruh dalam pagespeed, seperti sinyal di lokasi pengunjung website dan kecepatan koneksi internet mereka. Tapi, ada beberapa tips umum yang bisa Anda coba untuk meningkatkan overall performance dan pagespeed website.

  1. Pastikan Anda memiliki server berkualitas tinggi yang kuat untuk melakukan hosting website dan bandwith yang cukup untuk “menampung” pengunjung
  2. Apabila konten website Anda ditujukan bagi pengunjung secara global, gunakan Content Delivery Network (CDN) untuk meningkatkan penyampaian konten dengan melakukan hosting foto dan video pada beberapa server.
  3. Optimalkan foto dan video pada website sepadat mungkin tanpa mengorbankan kualitas mereka. Pemilihan format yang tepat pada foto (JPG, PNG, dan GIF) dapat memotong ukuran foto secara signifikan.
  4. Apabila website Anda berbasis WordPress, pastikan tidak ada plugins tidak penting yang ter- Plugins dan external scripts dapat menurunkan tingkat pagespeed website Anda.
  5. Gunakan perangkat-perangkat seperti PageSpeed Insights dan WebPage Test untuk mencari tahu apakah ada scripts yang memperlambat website

 

Cara Melihat Pagespeed Website

pagespeed-performance-pingdom-620x385

Photo Credit: yourhowto.net

Ada ratusan perangkat yang mampu dapat Anda manfaatkan untuk mencari tahu tingkat pagespeed website Anda. Beberapa bahkan mampu memberi tahu Anda  hal-hal yang menyebabkan lambatnya pagespeed.

  1. PageSpeed Insights – merupakan perangkat gratis dari Google yang dapat menganalisis website dan menyediakan isu-isu penyebab website Anda mengalami
  2. Pingdom Website Speed Test – selain menganalisis pagespeed, perangkat ini menyediakan data-data yang dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan Anda bahkan bisa menemukan files mana yang memperlambat pagespeed Anda.
  3. Web Page Test – adanya opsi lokasi dan web browser membuat perangkat ini mampu mengidentifikasi lokasi dan browser mana yang mampu me-load website

 

Hingga kini, pagespeed menjadi salah satu faktor penting yang sering dilupakan dalam mengoptimalkan SEO. Padahal, pagespeed yang cepat dapat meningkatkan kualitas user experience. Dan bukan tidak mungkin nantinya mereka akan melakukan convertion dengan register atau sign-up pada website Anda. Dengan begitu, SEO website Anda pun akan ikut meningkat. Gunakan perangkat pagespeed di atas untuk mencari tahu apakah website Anda dapat loading secepat mungkin. Biasanya, kalau ada klien Penulis.ID yang mempunyai pagespeed rendah, maka mengoptimalkan pagespeed selalu kami rekomendasikan sebagai prioritas SEO tertinggi untuk mereka.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Biru Cahya Imanda

Junior Writer at Penulis.ID

Latest posts by Biru Cahya Imanda (see all)