Jadwal Posting Facebook yang Ideal

facebook2
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Dengan lebih dari 1 milliar pengguna, Facebook sekarang menjadi pilihan utama digital marketing, khususnya untuk pebisnis baru. Selain gratis, Facebook untuk bisnis yaitu Facebook Pages bisa membantu pebisnis untuk mendapatkan calon pelanggan baru. Facebook Pages akan mengizinkan brand Anda mengelola tampilan profile dan album foto untuk membuat calon pelanggan Anda benar-benar paham tentang brand dan akhirnya dapat melakukan transaksi.

Masalah dalam menangani Facebook Pages yang sering ditanyakan oleh calon pelanggan Penulis.ID adalah jadwal posting Facebook yang ideal. Apakah pagi hari? Siang hari ketika jam makan siang? Atau ketika malam hari ketika orang-orang akan berangkat tidur? Sekarang kami akan menjelaskan, berdasarkan pengalaman kami menangani social media brand klien kami, kapan waktu yang tepat untuk posting Facebook.

Tiap Brand Berbeda: Gunakan Facebook Insight

Jika Twitter mempunyai Twitter Analytics, Facebook mempunyai Facebook Insight. Fungsinya sama, mereka akan memonitor apa saja yang terjadi di Facebook Pages. Mulai dari jumlah Likes, engagement postingan, Page Views Pages, sampai detail kapan saja mereka online.

facebook

Ketika Anda mempunyai jumlah Likes kurang dari 500, mungkin data yang dimiliki oleh Facebook Insight kurang informatif. Tetapi jika Anda sudah mempunyai jumlah Likes lebih dari 1000, data dari Facebook Insight sangatlah menarik. Sekarang mari kita buka satu per satu apa saja data yang bisa di ambil dari Facebook Insight.

  • Engagement post

Ketika membuka Facebook Insight Pages, Anda akan melihat 5 postingan terakhir Anda. Di sana tertera tanggal Published, jenis Post, jumlah Reach serta engagement. Kenapa engagement post sangat penting? Anda bisa mengetahui kapan waktu posting yang mempunyai engagement paling tinggi.

  • Facebook Reach

Hal yang perlu Anda ketahui adalah postingan Pages Anda tidak selalu muncul di timeline orang yang menjadi fans Facebook Pages. Facebook sekarang menerapkan algoritma, bahwa semakin banyak orang yang melakukan engagement di postingan Anda, entah itu klik, likes, comment, ataupun share, maka kemungkin postingan Anda muncul di newsfeed semakin besar.

Jadi di halaman Facebook Reach ini Anda bisa melihat kapan saja postingan Facebook dilihat dan mendapatkan reach yang banyak.

  • Kapan Fans Anda online

Facebook menyebut orang yang likes Facebook Pages sebagai fans. Jadi, Facebook mempunyai fitur bagi brand untuk melihat kapan saja fans online. Ini benar-benar sangat membantu ketika brand frustasi kenapa postingan mendapatkan engagementnya sangat sedikit.

Pada menu Post, Anda bisa melihat data seminggu terakhir, berapa total fans yang online. Selain itu, banyak sekali detail seperti jam berapa fans Anda banyak online dan pada jam itulah seharusnya Anda posting.

Lalu kapan harusnya Anda posting?

Setelah mempelajari Facebook Insight, lalu kapan harusnya posting di Facebook Pages? Pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui kapan paling banyak fans online. Catat kapan saja waktu yang paling banyak fans online.

facebook3

Kami akan mencontohkan salah satu Facebook Pages website sebuah fans klub yang ada di Surabaya. Pada statistik yang tertera pada gambar di atas, Anda bisa melihat jam berapa saja fans Anda online. Pada pukul 07:00 PM, terlihat peak fans online yaitu 291 Fans, selain itu pada siang hari juga terlihat peak fans online yang cukup tinggi.

Dari data di atas, sudah cukup jelas Anda bisa melakukan posting pada jam makan siang yaitu antara pukul 11 siang sampai jam 1 siang.  Selain itu, Anda bisa melakukan posting pada malam hari sekitar pukul 7 malam. Setelah pukul 9 malam, terlihat trend menurun secara drastis sampai dinihari.

Bagaimana caranya melakukan posting Facebook yang baik?

facebook2

[Photo Credit: Waktu yang tepat untuk posting]

Setelah mengetahui kapan saja Anda seharusnya melakukan postingan Facebook, sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana caranya melakukan posting Facebook yang baik. Ada 2 cara untuk mendapatkan postingan Facebook yang baik.

  1. Beri sebuah link

Tentu semua brand menginginkan fans atau calon pelanggan mengunjungi website bukan? Jadi, brand bisa membuat postingan disertai link. Lebih bagus lagi ketika brand memberikan sebuah foto yang eye cathing untuk menarik calon pelanggan. Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan sebuah link atau artikel, brand juga bisa menggunakan link website sendiri.

  1. Usahakan postingan pendek

Jangan terlalu panjang menuliskan sebuah postingan Facebook. Usahakan maksimal Anda menuliskan 40 karakter pada postingan Facebook. Dalam laporan BlitzLocal, dari 11,000 postingan Facebook Pages, 0 sampai 70 karakter postingan akan mendapatkan engagement lebih besar daripada yang postingan panjang. Apalagi sekarang ada fitur see more yang tentu akan sangat menggangu ketika postingan Anda terlalu panjang.

Kesimpulan

facebook4

[Photo Credit: Posting Facebook yang tepat adalah malam hari]

Kesimpulan yang bisa diambil dari data di atas adalah jangan posting pada pagi hari, pada waktu kerja dan ketika jam tidur. Itu adalah jam-jam dimana banyak orang yang tidak membuka Facebook. Jadi, Anda bisa melakukan posting pada jam makan siang yaitu antara jam 11 sampai jam 1, lalu jam makan malam yaitu jam 6 malam sampai jam 9 malam.

Selain itu, pada gambar di atas Anda bisa melihat hari apa saja seharusnya Anda posting. Terlihat hari yang paling banyak fans online adalah hari rabu dan hari sabtu. Sebaliknya, hari senin, selasa ataupun hari minggu adalah hari paling sedikit yang online. Manfaatkan data yang dimiliki oleh Facebook Insight Anda, dan gabungkan dengan bagaimana caranya mendapatkan postingan Facebook yang baik.

Semakin Anda sering mencoba berbagai strategi untuk Facebook Pages Anda, semakin Anda akan mengenal beberapa tipe fans Anda. Jangan lelah untuk mencoba!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith