Alat-Alat Ini Bisa Dibilang Paling Efektif Untuk Menulis Blog yang Menarik

picjumbo.com_HNCK4034
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Because not everyone can write.

Menulis artikel untuk dijadikan sebuah blog bukanlah keahlian semua orang. Mungkin bagi sebagian orang, mudah untuk menulis dengan baik dan menarik. Namun, untuk sebagian lagi, rasanya akan sangat menyulitkan dan merepotkan.

Salah satu cara untuk mengurangi kesulitan dan kerepotan dalam menulis sebuah artikel dalam blog adalah dengan menggunakan alat, baik itu alat otomatis ataupun alat manual.

Alat untuk menulis blog sangat diperlukan demi mendukung kerapian dan kesempurnaan konten dalam sebuah blog. Dengan demikian, seseorang yang membaca artikel di blog tersebut akan tertarik dengan produk Anda. Terlebih lagi, keinginan Anda dalam membuat artikel yang bagus akan tercipta nyata.

Berikut ini adalah beberapa alat yang cocok untuk menulis blog. Dalam daftar ini, alat-alat tersebut akan dibagi sesuai dengan kegunaan mereka dalam alur editorial. Mari kita simak baik-baik daftar alat untuk blogging berikut ini.

Penampung Ide

Apakah Anda sering mendapatkan ide di tengah jalan kemudian hilang entah kemana ketika sampai di tempat kerja? Satu yang Anda butuhkan, penampung ide. Berikut ini adalah alat penampung ide yang dapat Anda gunakan untuk menanggulangi hal tersebut.

Evernote

evernote

[Evernote]

Mungkin aplikasi ini terdengar sepele, hanya untuk mencatat dan mengingatkan Anda tentang apapun yang Anda pikirkan. Namun coba bayangkan, dengan aplikasi yang sesederhana ini, Anda dapat mensinkronkan semua gadget yang Anda miliki sehingga ide Anda tidak akan terbuang sia-sia.

Fitur Evernote juga dirancang untuk selalu melakukan save and sync secara konstan, sehingga Anda tidak akan mengalami yang namanya kehilangan ide begitu saja ketika mencatat sebuah ide baru.

 

Reminder di Smartphone Anda

picjumbo.com_IMG_6031

[Reminders di Smartphone]

Aplikasi Reminders atau Notes mungkin jadi aplikasi bawaan dari smartphone Anda, apapun jenisnya. Sayangnya, aplikasi tersebut sering kali diabaikan oleh kebanyakan orang. Sangat disayangkan memang, namun kenyataannya demikian.

Namun, sebagai penampung ide, aplikasi tersebut sangat cocok untuk Anda gunakan sehari-hari. Anda hanya perlu menuliskan poin-poin penting yang tercetus begitu saja dalam catatan Anda. Dengan demikian, Anda tinggal menyalin ide Anda langsung ke komputer Anda untuk segera ditulis dalam blog.

Salah satu writer kami menggunakan alat ini untuk menyimpan ide-idenya. Ketika sedang santai liburan, tiba-tiba dia terpikir suatu ide dan dengan segera dicatat di smartphone-nya. Karena tersinkronisasi dengan komputernya, saat masuk kerja, dia dengan mudah mengingat ide-idenya kembali hanya dengan membaca ulang catatan yang sudah dia buat sebelumnya.

Kertas dan bolpoin

picjumbo.com_HNCK4046

[Kertas dan bolpoin lebih ringkas dan cepat didapatkan]

Untuk Anda yang suka dengan gaya tradisional, mungkin kertas dan bolpoin jadi satu-satunya alternatif penampung ide yang efektif. Anda bahkan tidak perlu untuk mengisi ulang dayanya di malam hari. Yang paling penting, Anda bisa mendapatkan kedua hal tersebut dimana saja.

Sumber Gambar Artikel

Salah satu daya tarik utama dalam sebuah blog adalah gambar. Bayangkan apabila blog yang Anda tuliskan tidak memiliki gambar sama sekali? Akan sangat membosankan, bukan?

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan sebagai sumber gambar artikel dalam menulis blog.

Canva

canva

Aplikasi yang satu ini bisa dibilang sangat efektif untuk Anda gunakan. Webby, sebuah ajang penghargaan untuk aplikasi di Internet, bahkan mendaulat Canva sebagai program yang paling mudah untuk digunakan di dunia.

Canva menyediakan jutaan sumber gambar secara gratis dan menawarkan upgrade desain dan desain premium yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang cukup murah.

Banyak gambar populer dan sulit dicari tersedia di Canva ini. Canva bahkan memiliki ukuran tersendiri untuk tiap-tiap sosial media, mulai dari Twitter, Instagram, Facebook, dan berbagai media sosial lainnya. Anda bahkan dapat mengunggah gambar milik Anda sendiri untuk diatur ukurannya sesuai dengan yang Anda inginkan.

Death to Stock

dts

Sedikit berbeda dengan Canva, Death to Stock lebih memberikan gambar secara gratis melalui email sebulan sekali. Gambar yang Anda butuhkan kurang banyak? Tenang, Anda dapat memesan paket lain dengan harga yang cukup terjangkau.

Skitch

office-screenshot

Kadang Anda harus memberikan contoh untuk menguatkan maksud Anda. Skitch dapat melakukan hal tersebut. Anda dapat meng-capture gambar secara sederhana, kemudian Anda dapat menandai gambar tersebut dengan beberapa simbol.

Satu keunggulan lain, Skitch bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma.

Editing

Bagi kebanyakan orang, editing merupakan hal yang paling penting untuk menjamin kualitas sebuah artikel. Oleh karena itu, alat editing sangat penting untuk menanggulangi hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa alat editing yang dapat Anda gunakan untuk melakukan editing.

Headline Analyzer by CoSchedule

HA

Salah satu kesulitan dalam editing adalah membuat judul yang kuat dan menarik. Hal tersebut tak jarang membuat banyak orang frustasi dalam membuat judul dengan kriteria demikian.

Berkat adanya Headline Analyzer, Anda tidak perlu lagi untuk kesulitan dalam membuat judul yang menarik. Pasalnya, alat ini adalah alat yang dapat menilai kualitas dan rating judul yang Anda miliki serta kekuatan judul tersebut jika di-share di sosial media. Selain itu, Anda juga akan diberikan beberapa tips tentang bagaimana seharusnya judul tersebut dibuat.

Sayangnya, alat ini hanya bisa diaplikasikan apabila artikel yang Anda miliki berbahasa Inggris.

Teman Anda

355b160e

[Jangan kerjakan sendiri, gunakan teman Anda]

Tidak bermaksud untuk memperalat teman Anda, namun pada akhirnya Anda memang membutuhkan manusia untuk menilai tulisan Anda.

Hingga saat ini, tidak ada software atau alat apapun yang mampu meninjau sebuah tulisan sebaik otak manusia. Apapun tulisannya, baik itu berbahasa Indonesia maupun bahasa asing, pasti memerlukan otak manusia untuk dibuat, demikian juga pada saat editing.

Teman Anda-lah yang akhirnya satu-satunya yang dapat Anda jadikan “alat” proofreading. Mintalah kepada teman Anda untuk menjadi typo serta kesalahan tata kalimat yang mungkin Anda lewatkan.

Bila memang teman Anda benar-benar suka dengan Anda, mereka bahkan dapat memberikan saran tentang bagaimana seharusnya tulisan ini dibuat atau hanya berkomentar apabila tulisan Anda tidak masuk akal. Maka dari itu, jalinlah pertemanan yang baik dengan orang-orang di sekitar Anda.

Hal ini dilakukan oleh tim editor Penulis ID. Kami memiliki tim editor yang berpengalaman di bidangnya. Memang bukan mesin, namun kejeniusan mereka dalam mencari dan memilah kata-kata dan kalimat yang sekiranya tidak cocok, baik itu berbahasa Inggris atau bahasa Indonesia, patut diacungi jempol.

Tak jarang, suasana ruang editor sedikit memanas hanya karena pemilihan ulang kata atau kalimat kata yang cocok

Tim editor Penulis ID bahkan melakukan hingga 3 kali pengulangan editing hingga tidak ada kalimat atau kata yang typo dan kurang cocok. Tak jarang, suasana ruang editor sedikit memanas hanya karena pemilihan ulang kata atau kalimat kata yang cocok. Tujuannya, simple, kami hanya ingin memberikan yang terbaik untuk klien kami.

Kesimpulannya

Dalam menulis blog, Anda memang membutuhkan sejumlah alat untuk menjadikan blog yang Anda tulis semakin menarik. Alat-alat tersebut terbukti sangat efektif dalam membuat sebuah artikel yang sangat menarik.

Namun, alat-alat tersebut tidak bekerja dengan sendirinya untuk Anda. Apapun artikelnya, Anda tetap harus mulai menulisnya. Alat memang tidak tercipta untuk dapat menulis draft artikel Anda dengan sendirinya.

Tidak ada waktu untuk menulis? Tidak perlu khawatir. Penulis ID memiliki banyak anggota yang mumpuni di bidang blogging. Anda tidak perlu repot-repot membuat draft artikel. Kami yang akan mengerjakannya untuk Anda tanpa mengurangi detail kecil dari kualitas artikel yang Anda inginkan.

Alasannya sangat simple,

Because not everyone can write.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Ricza Try Wicaksono

Project Manager at Penulis.ID
Adventurer and Project Manager of Penulis ID

Latest posts by Ricza Try Wicaksono (see all)