Cara Menaikkan Engagement Twitter

twitter
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Sebelumnya, kami pernah membahas tentang bagaimana strategi digital marketing untuk B2C. Dalam artikel tersebut, ada pertanyaan penting: social media apakah yang paling efektif digunakan oleh para pebisnis B2C? Facebook menjadi nomor 1 dan Twitter menjadi nomor 2. Kenapa Twitter yang hanya mengizinkan kita menulis 140 karakter menjadi pilihan para pebisnis untuk digital marketing? Justru karena sangat sederhana, banyak sekali orang yang menggunakan Twitter. Hanya 140 karakter, tetapi orang yang menggunakannya bisa mendapatkan informasi yang akurat dan jelas.

Jika berbicara soal Twitter untuk digital marketing, pasti tidak bisa lepas dari yang namanya engagement atau aktivitas yang terjadi antara Anda dengan follower dalam setiap Tweet Anda. Jenis-jenis aktivitas tersebut antara lain adalah link klik, favorites (likes), retweets, replies, embedded media clicks, detail expands, shared via email, permalink clicks, user profile clicks dan follows.

Percuma saja ketika Anda sudah ngetweet 10 kali perhari, tetapi engagement Twitter sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Lalu bagaimana caranya menaikkan engagement Twitter? Simak tips yang juga sering digunakan Penulis.ID dalam menangani Twitter klien kami berikut ini.

Perkenalkan Twitter Analytics

twitter2

Pada akhir tahun 2014 lalu, Twitter meluncurkan Twitter Analytics yang menyimpan semua aktivitas atau engagement setiap Tweet Anda. Untuk mendapatkan statitsik yang ada di Twitter, Anda harus masuk dulu ke Twitter Analytics. Setelah Anda masuk, tampilan awalnya adalah total jumlah impression atau jumlah Tweet Anda dilihat dalam 1 bulan terakhir. Sekarang kami akan menjabarkan apa saja statistik yang bisa Anda lihat di Twitter Analytics.

  • Impressions

Jika Anda mendapatkan rata-rata impressions dibawah 500 kali per hari, berarti Anda harus memperbaiki lagi cara Anda dalam memakai Twitter untuk bisnis. Lalu berapa target impression yang harus Anda capai? Semua tergantung berapa follower Anda. Misalnya Anda mempunyai 1000 follower, setidaknya ada 1% sampai 2% follower Anda tersebut melihat setiap Tweet Anda. Jadi jika Anda ngetweet 10 kali sehari, berarti jumlah impression setiap Tweet harus 100 atau 200. Lalu pada akhirnya Anda bisa mendapatkan rata-rata 1000 sampai 2000 impression sehari.

  • Engagement

Engagement adalah aktivitas yang dilakukan di setiap Tweet Anda. Engagement yang dihitung pada setiap Tweet adalah link klik, favorites (likes), retweets, replies, embedded media clicks, detail expands, shared via email, permalink clicks, user profile clicks dan follows.

  • Engagement rate

Kami biasanya menyebut engagement rate dengan sebutan Twitter engagement rate (TER), angka berapa persen engagement yang terjadi pada setiap Tweet yang Anda lakukan. Misalnya Anda mempunyai 100 impressions dan 1 engagement, berarti Anda mempunyai 1% TER. Untuk idealnya, Anda bisa mendapatkan TER setiap Tweet sebesar 2%. Jika Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan TER mencapai 5%. Angka tersebut memang kecil, tetapi TER akan sangat berdampak pada jumlah followers dan engagement pada Tweet selanjutnya.

Bagaimana cara menaikkan TER?

Berdasarkan pengalaman tim social media Penulis.ID, kunci dari Twitter adalah meningkatkan TER. Tolak ukur apakah strategi marketing Anda lewat Twitter sukses atau tidak dapat dilihat dari TER. Semakin besar TER Anda, semakin sukses strategi marketing yang diterapkan. Lalu pertanyaan, bagaimana cara menaikkan TER?

  • Mengerti apa yang diinginkan market

Hal yang harus pertama Anda lakukan adalah mengerti apa yang diinginkan pasar. Misalnya Anda mempunyai bisnis yang bergerak di bidang bisnis travel. Berarti market Anda sudah jelas, anak muda atau keluarga yang menginginkan liburan unik dan murah. Jadi, Anda bisa memberikan info menarik soal tempat liburan yang jarang dikunjungi dan sebagainya.

Mengetahui market dapat membantu untuk meningkatkan angka TER. Jangan ragu untuk melihat apa yang dilakukan oleh kompetitor atau bisnis sejenis di luar sana. Ambil dan pelajari strategi yang dilakukan kompetitor tersebut.

  • Berikan gambar pada Tweet

Memberikan gambar pada Tweet akan membuat audience tertarik melihatnya. Semakin informatif info yang diberikan, semakin banyak orang yang akan melakukan engagement. Tetapi selalu ingat tentang memberikan kredit gambar jika Anda mengambil dari internet.

Anda juga bisa memberikan gambar GIF untuk Tweet. Gambar GIF atau gambar bergerak ini terbukti sangat ampuh jika dibandingkan dengan gambar biasa. Beberapa perusahaan dan media online luar negeri mulai mengganti gambar biasa menjadi gambar bergerak atau GIF.

  • Beda dan berbahaya

Anda tidak sendirian dalam dunia Twitter. Setidaknya ada lebih dari ratusan ribu orang yang akan menyebarkan informasi yang sama. Jadi, Anda harus mempunyai ciri khas dibandingkan orang lain. JIka bisnis Anda travel, coba terapkan terobosan baru seperti memberikan info yang dalam mengenai tempat wisata yang belum terjamah. Juga jangan terlalu serius. Sesekali Anda boleh memberikan hal-hal lucu seperti gambar, meretweet orang lain yang lucu dan sebagainya.

  • Coba terus berbagai strategi

Jangan ragu untuk bereksperimen dalam Twitter. Anda boleh ngetweet beberapa kali sehari untuk melihat seberapa besar interaksi yang terjadi. Biasanya, orang membuka Twitter siang hari pada saat makan siang dan malam hari pada pukul 8 malam.  Tetapi beberapa follower ada yang membuka Twitter pada sore hari dan pagi hari. Untuk mendapatkan pola yang jelas, coba beberapa strategi, pagi siang sore malam, dan temukan yang paling tepat untuk brand Anda.

Setelah mendapatkan pola yang pas, coba juga strategi lain, misalnya informasi apa yang cocok untuk market Anda, bahasa apa yang cocok untuk brand Anda, dan lain-lain.

Tentukan target Anda

Semakin tinggi TER Anda tentu semakin tinggi pula kesempatan orang akan mengunjungi website brand tersebut. Sekarang kami akan membahas bagaimana caranya menentukan target untuk TER. Pada bulan pertama, Anda bisa mengatur target Anda akan naik menjadi 0.5%. Anda bisa melakukan keempat hal yang telah kami sebutkan di atas secara teratur agar TER brand Anda naik secara perlahan.

twitter3

[Photo credit: Tentukan target Twitter Anda]

Hal yang perlu Anda ketahui lagi, semakin besar followers Anda, semakin kecil kemungkinan TER yang Anda dapat. Ketika followers Anda semakin banyak, seharusnya semakin besar pula market yang ada kejar. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, Anda bisa mengkombinasikan target TER Anda dengan target impression serta engagement.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda coba untuk menaikkan engagement yang ada di Twitter. Jika sebelumnya sangat sulit mengukur keberhasilan brand di Twitter, sekarang Anda bisa menggunakan Twitter Analytics sebagai indikator apakah brand Anda sudah berhasil atau tidak menggunakan Twitter.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith