8 Trik Menjadi Influencer Instagram yang Paling Dicari

menjadi-influencer-instagram
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Ingin punya penghasilan tambahan dengan memanfaatkan platform Instagram? Menjadi influencer Instagram bisa Anda jadikan pilihan. Namun, menjadi influencer ataupun selebgram bukan perkara mudah.Mempromosikan produk atau brand lewat Instagram selain mendapatkan uang dan produk secara gratis, Anda juga bisa populer. Sebuah brand tidak asal pilih untuk menentukan influencer mana yang diajak bekerja sama. Biasanya semakin besar jumlah followers Instagram maka akan semakin berpengaruh influencer tersebut.

Bagaimana cara menjadi influencer Instagram yang paling dicari dan menarik banyak brand besar? Simak 8 trik yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID di bawah ini.

 

Bangun personal branding

Bila Anda ingin menjadi influencer Instagram yang berpengaruh, bangunlah personal branding. Tentukan profil dengan baik dan tentukan influencer seperti apa Anda. Hal pertama adalah know who you are. Foto atau video apa yang akan sering Anda share di akun Instagram? Apakah cover lagu, bermain alat musik, kuliner, fashion, makeup dan lainnya. Talenta dan kemampuan jadi kekuatan utama para influencer banyak dicari dan mendapatkan rupiah dari konten yang mereka posting ke Instagram.

Ketahui apa kemampuanmu Anda, tekuni bidang yang Anda sukai hingga benar-benar expert. Bentuk identitas sebagai influencer dan tentukan profil Anda sesuai dengan target followers. Misalnya bila Anda sering mencoba produk makeup baru dan membagikan reviewnya di Instagram maka secara otomatis akun Anda akan lebih menarik follower perempuan dibandingkan dengan followers laki-laki. Yang terpenting jadilah diri sendiri dan miliki ciri khas.

 

Konten yang menarik

Agar menjadi influencer Instagram yang paling dicari dan menarik banyak brand pastikan untuk membuat konten menarik disetiap postingan yang Anda bagikan. Setiap foto dan video yang diposting harus layak tayang dan Instagrammable. Foto yang Anda upload harus jelas, jernih, dan tidak ada backlight. Carilah angle yang terbaik sehingga foto dapat terlihat proporsional dan juga artistik. Tidak harus menggunakan kamera DSLR, Anda bisa memotret dengan ponsel standar dengan resolusi minimal sebesar 12MP.

Pastikan pencahayaan baik, natural dan tanpa flash. Anda bisa melakukan pemotretan objek di pukul 7-9 pagi atau pukul 4-5 sore dimana sinar matahari tidak begitu dominan. Perhatikan juga background dan angle. Untuk unggahan video, sebaiknya tampilkan straight to the point dan tidak berdurasi lama karena Instagram berbeda dengan YouTube. Langsung saja ke inti dari video, buat video informatif dengan durasi maksimal 1 menit. Pastikan video yang Anda posting tidak gelap dan jelas.

 

Manfaatkan Webstagram

Cara menjadi influencer Instagram yang paling dicari berikutnya adalah gunakan webstagram. Untuk mencari trending hashtag, Anda bisa memanfaatkan webstagram. Ini penting agar fotomu yang Anda unggah banyak dicari dan viral. Sertakan hashtag yang terpopuler dan sesuai dengan foto. Di situs Webstagram Anda bisa menganalisis seberapa banyak hashtag yang digunakan oleh Instagram user. Pastikan Anda menggunakan hashtag yang sering digunakan tapi tetap sesuaikan dengan postingan.

Hashtag yang cocok dengan konten foto dan video yang menarik, maka akan banyak Instagram user yang akan memberikan like pada postingan Anda. Dan bisa jadi Anda akan mendapatkan followers baru. Sebagian orang ada yang tidak suka menambahkan captionnya dengan deretan hashtag tertentu. Padahal hashtag sangat berguna untuk masuk ke dalam komunitas dan meningkatkan jumlah follower.

 

Gunakan tools yang tepat

Cara menjadi influencer Instagram yang paling dicari yang keempat adalah gunakan tools yang tepat. Untuk bisa menambah jumlah followers, selain memposting konten yang menarik dengan menyertakan hashtag yang tepat, Anda juga harus aktif berinteraksi di Instagram. Misalnya follow, memberi like dan komentar di postingan orang lain. Aktif di Instagram dengan tag, like post dan mention adalah bagian dari memasukkan diri Anda ke dalam komunitas. Supaya lebih simple, Anda bisa memanfaatkan tools yang Instagress dan Celebgramm.

Keduanya adalah tools otomasi follow (auto follow), like, dan komen di postingan Instagram user. Instagress dan Celebgram pada dasarnya sama, namun petunjuk Celebgram lebih jelas. Anda bisa trial di Instagress selama 3 hari dan bila ingin berlangganan, kedua platform tidak terlalu mahal hanya Rp 195 ribuan. Dengan platform ini, Anda hanya perlu menyediakan konten menarik di Instagram dan followers akan bertambah secara otomatis.

 

Jangan membeli followers

Agar menjadi influencer Instagram yang paling dicari, hindari membeli followers. Jangan pernah tergiur meski ditawari pihak tertentu. Anda tidak akan mendapatkan feedback dan tidak bisa melakukan evaluasi apakah konten yang sudah dibuat benar-benar menarik dan efektif atau tidak. Brand-brand besar pun tahu mana akun dengan followers yang beli dan mana akun instagram dengan follower yang organik. Jangan sampai punya followers sampai 100k tapi setiap posting hanya 10 orang yang like.

Menurut Georgie Cavanagh dari TRIBE (perusahaan penghubung influencer dan pasar), seorang influencer setidaknya harus mempunyai 3.000 followers di media sosial. baik di Instagram, Twitter ataupun Facebook. Brand-brand tertentu ada pula yang tidak hanya melihat dari jumlah followers Anda punya, tapi juga engagement dan interaksi. Hal tersebut sangat penting bagi seorang influencer.

 

Aktif networking

Agar menjadi influencer Instagram yang paling dicari, seringlah datang ke suatu event untuk networking. Saat akun Instagram Anda sudah dikelola dengan baik, datangi berbagai event yang berhubungan dengan konten Instagram. Lakukan networking dengan perwakilan brand dan cobalah untuk lebih dekat dengan brand. Tanyakan update produk brand tersebut dan tanyakan pula apakah mereka berminat untuk menjadikan Anda endorser produk atau influencer untuk brand mereka. Sebaiknya tawarkan harga yang wajar dan sesuai dengan jumlah followers yang Anda miliki.

Sesuaikan pula dengan interaksi followers dan kualitas konten Instagram yang telah Anda buat. Jumlah followers biasanya akan mempengaruhi berapa besar tarif yang ditetapkan per postingan. Misalnya, influencer Instagram yang memiliki jumlah followers di atas 100.000, influencer tersebut tergolong dalam tier 1. Bayaran mereka lebih besar dari influencer yang mempunyai jumlah followers kurang dari 100 ribu. Hal yang sama juga berlaku bagi para influencer Instagram internasional

 

Buat blog

Cara menjadi influencer Instagram yang paling dicari yang ketujuh adalah buatlah blog. Memberikan review produk di akun Instagram akan lebih maksimal bila Anda melengkapinya dengan platform blog. Kekuatan Instagram ada di visual dan audio. Sementara untuk editorial, blog lebih unggul. Anda dapat menyajikan konten artikel melalui blog untuk para follower. Misalnya bila Anda ingin membuat perbandingan cara diet sehat atau perbandingan latihan untuk membentuk otot blog akan berperan penting.

Di Instagram, Anda hanya perlu memposting foto makanan sehat atau foto saat Anda sedang melatih. Dalam caption, Anda bisa mengajak para followers untuk membaca blog untuk ulasan lebih lanjut. Buatlah artikel dalam blog yang SEO friendly agar tulisan yang Anda buat mudah ditemukan di mesin pencari. Gunakan juga keyword yang spesifik.

 

Out of the box

menjadi-influencer-instagram
Menjadi kreatif sangat penting bagi influencer. Photo Credit: Kaboom

Menjadi seorang instgram influencer memang tidak mudah. Untuk itu Anda bisa mencoba sesuatu yang out of the box untuk menarik follower. Misalnya di balik postingan foto yang bagus, dibalinya ada usaha ekstra yang dilakukan. Nah, Show it to your followers! Dari foto yang Anda posting, bagikan sedikit momen behind the scene, kemudian unggah di Insta Story. Pasti akan lebih menarik dan seru bila para follower tahu usaha dan apa yang terjadi di balik pembuatan foto yang Instagramable dan sempurna.

Anda juga bisa menambahkan caption yang lucu. Siapapun pasti suka dengan sentuhan humor, caption yang mampu mengundang tawa selalu terlihat lebih menarik bukan?

 

Itu dia 8 trik menjadi influencer Instagram yang paling dicari yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID. Sama halnya seperti membangun karir, perjalanan menjadi influencer di Instagram membutuhkan perjuangan yang keras. Untuk mendapatkan banyak followers, tidak ada jalan yang instan. Tapi peluang untuk menjadi Instagram influencer yang paling banyak dicari akan selalu terbuka bila Anda berusaha keras dan punya semangat yang tinggi.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID