Ingin Sukses Jadi Content Creator? 7 Kebiasaan Ini Perlu Anda Lakukan

menjadi-content-creator
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Saat ini perkembangan era digital dan juga diikuti dengan kemajuan teknologi, kebutuhan akan informasi berbasis digital makin meningkat. Konten visual dan teks menjadi item terdepan untuk penyampaikan informasi dan pesan. Apalagi internet sekarang ini sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sembilan puluh persen perusahaan telah menggunakan content marketing sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. Namun, bukan berarti semua konten yang dibuat oleh perusahaan cukup menarik perhatian para generasi milenial.

Ingin sukses jadi content creator? Inilah 7 kebiasaan yang perlu Anda lakukan yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID.

 

Membaca berita harian terkait industri

Menghasilkan konten yang baik, tidak akan terjadi secara instan. Membuat konten berkualitas yang benar-benar sesuai dengan target pasar mengharuskan Anda untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di industri yang Anda geluti saat ini. Pembuat konten yang baik bukan hanya sekadar membaca, tetapi menganalisis tren industri dan berita yang terkait. Kebiasaan ini sangat baik agar Anda memahami apa yang terjadi dalam industri secara keseluruhan dan bagaimana hal tersebut akan membentuk mindset target audiens.

Bila Anda ingin menjadi content creator yang sukses, biasakan membaca sebanyak-banyaknya berita tentang industri yang relevan. Juga tanyakan kepada beberapa rekan Anda berita apa yang mereka baca hari ini. Semakin cepat Anda mulai melatih kebiasaan ini ke dalam rutinitas, maka semakin cepat Anda akan menjadi pembuat konten berkualitas tinggi.

 

Biasakan menulis setiap hari

Apa yang dibutuhkan untuk menjadi content creator yang sukses? Pembuat konten yang sukses memahami pentingnya terus membuat tulisan dan melatih keterampilan menulis. Kebiasaan ini akan membantu menuangkan ide-ide yang mungkin masih campur aduk di kepala dan mengidentifikasi ide-ide apa yang nantinya bisa terealisasi sepenuhnya. Pembuat konten yang sukses selalu tahu sesuatu yang menginspirasi bisa jadi berasal dari tulisan mereka. Content creator yang sukses dimulai dengan membentuk kebiasaan. Kebiasaan ini akan membentuk Anda untuk menghasilkan konten yang berkualitas.

Biasakan menulis dengan setiap hari. Tidak harus menulis esai, cukup 1500 kata setiap hari tentang topik yang relevan dengan industri. Sisihkan setidaknya 10 atau 15 menit untuk menuliskan beberapa pemikiran dan ide yang Anda punya. Bebaskan pikiran untuk mengambil inspirasi dari mana saja. Hal yang paling penting dalam membuat konten yaitu bermanfaat dan dibutuhkan banyak orang. Konten yang Anda buat harus memiliki nilai untuk orang lain.

 

Kurasi konten

Saat ini siapapun di internet dapat mengambil konten milik orang lain lalu menyebarkannya. Mulai me-retweet, membagikannya di Facebook, repost dan lainnya. Content creator yang sukses tahu bahwa menggunakan cara itu tidak akan pernah cukup untuk membuat konten yang berkualitas untuk dibagikan kepada follower. Guy Kawasaki, best selling author di New York Times menyebutkan bahwa berbagi konten saja tidak akan cukup. Anda juga harus memposisikan diri sebagai seorang ahli dan benar-benar berinteraksi dengan komunitas.

Terlibat dengan konten yang Anda bagikan akan membuat nilai plus untuk Anda. Setelah membaca dan mempelajari berita industri secara rutin, pengetahuan Anda akan semakin berkembang. Berikan audiens informasi tambahan yang berguna, ataupun pemikiran atau pendapat.

 

Selalu Up to Date

Bagi generasi milenial, internet jadi media yang berpengaruh untuk mencari informasi yang up to date. Dalam era digital yang terus berubah, konten yang Anda buat pada akhirnya akan usang. Content creator yang sukses tahu bagaimana menjaga konten dan tulisan mereka tetap update. Konten yang selalau update memiliki keunggulan kompetitif untuk menarik audiens. Perbaruilah informasi lama untuk meningkatkan jumlah viewers dan meningkatkan traffic.Mesin pencari menyukai konten yang baru, conten creator harus mengaupdate situs dan website. Content creator yang sukses juga menemukan cara untuk memposting konten dalam medium yang menarik dan update.

Semakin banyak memposting konten baru, semakin besar potensi konsumen untuk menemukan situs web Anda. Konten yang up to date dan konstan akan membangun viewers ataupun follower yang konsisten .Pengaturan waktu posting dapat memastikan viewers mendapatkan informasi penting dan bermanfaat.

Yang tak kalah penting, konten yang Anda buat harus akurat, buat konten hoax. Jangan sekadar mencari viralitas dengan mengandalkan judul bombastis. Hal ini mungkin bisa menaikan pamor sementara. Tapi hati-hati, pelanggar terhadap UU ITE untuk pembuat konten hoax akan diberi hukuman.

 

Memanfaatkan jaringan

Content creator yang sukses tahu keberhasilan karena kerja sendiri tetapi juga berkat jasa orang-orang yang telah mengajari, mengilhami, membagikan pengalaman dan orang-orang mendorong Anda untuk berpikir dengan cara yang berbeda. Content creator yang sukses menerima fakta bahwa ada banyak hal yang dapat dipelajari daripada yang sudah mereka ketahui dan mereka terbuka untuk cara berpikir yang baru.

Konten dan pemasaran (marketing) adalah hal yang tak terpisahkan. Untuk memaksimalkan keduanya, jaringan (network) bisa Anda manfaatkan. Misalnya mendengarkan gagasan orang lain dan mempertimbangkannya. Biasakan untuk memanfaatkan jejaring yang ada dan raihlah peluang yang tak terhitung jumlahnya. Luangkan waktu di media sosial seperti Twitter, Facebook, dan LinkedIn untuk melihat siapa pemimpin dan tokoh di industri saat ini lalu follow mereka.

 

Rasa ingin tahu yang tinggi

menjadi-content-creator
Memiliki keingintahuan yang tinggi sangat penting bagi content creator. Photo Credit: Adi

Content creator yang selalu sangat ingin tahu tentang segala hal. Mereka belajar untuk memperdalam ilmu yang sudah mereka miliki dan mempelajari hal-hal lain yang belum mereka kuasai. Wawasan dan rasa ingin tahu yang tinggi akan dapat menghasilkan membuat konten hebat. Lorraine Twohill, kepala pemasaran Google mengatakan bahwa rasa penasaran akan membantu mengidentifikasi masalah yang layak untuk dipecahkan dan kemudian akan muncul solusi baru. Biasakan untuk mencari tahu tentang segala hal dan mempertanyakan hal yang belum Anda mengerti.

Mengambil pandangan kontra dari suatu konten akan sulit pada awalnya, tetapi jika Anda mulai mempertanyakan mengapa penulis konten berpikir seperti itu dan apa hal yang terjadi di industri yang memicu sudut pandang ini, Anda akan mulai berpikir lebih kritis tentang konten yang sedang Anda baca.Pemikir kritis adalah pembuat konten yang hebat.Ada banyak tekanan pada pemasar saat ini untuk menghasilkan konten hebat sebagai bagian dari strategi pemasaran. Sehingga mengembangkan konten berkualitas adalah prioritas utama tahun ini.

 

Memahami Audiens

Content creator yang sukses tidak hanya membuat konten berdasarkan pada data dan analisis saja, tetapi juga mencari tahu sebanyak mungkin tentang konsumen dan memahami mereka. Serap sebanyak mungkin informasi tentang konsumen seperti masalah yang mereka hadapi, tantangan mereka dan apa yang mereka inginkan.Informasi tersebut bisa membantu Anda menciptakan konten yang berfungsi sebagai solusi untuk masalah mereka.

Sajikan konten dengan format yang menarik bagi audiens.Buat konten yang bertujuan untuk membantu pembaca, tidak hanya menginformasikan betapa bergunanya produk Anda. Tapi juga bangunlah kepercayaan konsumen.

Content creator yang sukses juga menganalisis secara berkala efektifitas kinerja konten tertentu. Dengan mengukur kinerja artikel blog dan konten lainnya, hal ini dapat digunakan untuk bahan pembuatan konten berikutnya. Analisis ini juga dapat digunakan untuk menentukan konten mana yang mendapat banyak traffic. Dengan mengetahui traffic, maka dapat ditentukan area mana yang mungkin perlu dievaluasi kembali atau fokus bidang yang perlu dikembangkan.

 

Itu dia 7 kebiasaan yang perlu Anda lakukan kalau ingin menjadi content creator ynag sukses. Kalau Anda tertarik untuk membuat konten Anda bisa membagikan hal-hal yang positif. Misalnya tutorial, tips, ataupun konten yang bersifat news timeless. Semoga artikel yang disusun tim Penulis.ID ini bisa menginspirasi Anda untuk membuat kontent ataupun menyusun strategi marketing yang baru untuk bisnis yang Anda punya.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID