Ketahui 7 Jenis Konten Youtube yang Ampuh Tingkatkan Engagement

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Kemajuan teknologi membuat platform berbasis digital laris manis. Salah satunya Youtube sangat diminati oleh generasi millenial karena menawarkan alternatif hiburan dengan medium yang berbeda. Youtube membuat masyarakat lebih leluasa memilih topik atau tontonan yang disukai bila dibandingkan dengan televisi yang jenis tayangannya terbatas dan tidak bisa dipilih sesuka hati.

Ingin membuat channel Youtube sendiri? Inilah 7 jenis konten Youtube yang ampuh tingkatkan engagement yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID.

 

Video hewan lucu

Salah satu jenis konten Youtube yang ampuh tingkatkan engagement yang pertama adalah video hewan lucu. Video yang menayangkan hewan-hewan lucu yang menggemaskan disukai banyak orang dari seluruh dunia. Misalnya tingkah laku kucing dan anjing yang ternyata dapat menarik banyak viewers. Video jenis ini sangat digemari karena tidak membutuhkan bahasa tertentu untuk dapat memahaminya. Orang-orang di berbagai belahan dunia sangat menyukai melihat hewan lucu, terutama ketika hewan tersebut melakukan sesuatu yang luar biasa atau di luar kebiasaan.

Bila Anda punya hewan peliharaan di rumah, jangan ragu untuk mulai merekam tingkah lucu mereka dan berbagai tingkah laku lainnya. Unggah video tersebut di channel Youtube Anda. YouTube juga punya banyak channel hewan lucu, seperti Simons Cat. Selain channel Youtube hewan-hewan peliharaan yang cenderung sederhana, banyak pula channel tentang hewan yang digarap dengan lebih serius. Seperti video National Geographic yang menampilkan David Attenborough yang terkenal. Channel tentang hewan dari National Geographic memiliki jutaan viewers dan subscriber dari seluruh dunia.

 

Video Tutorial dan How To

Video tutorial dan “How To” adalah video yang paling banyak dicari oleh netizen masa kini. Semua orang belajar dengan menggunakan kombinasi visual, mendengarkan dan kinestetik. Anda bisa membuat konten yang berisi tentang cara melakukan sesuatu, misalnya tutorial make up, bagaimana cara memperoleh tubuh ideal, tutorial masak memasak, tutorial hijab, dan video tutorial lainnya. Melalui media video, konten tutorial tersebut akan lebih mudah dipahami masyarakat bila dibantingkan dengan tutorial yang berbentuk tulisan. Video informatif seperti ini sangat digemari oleh masyarakat.

Meskipun mengajarkan sesuatu lewat sebuah video tidak mudah, Youtube adalah media yang sempurna bagi mereka yang menyukai pengalaman belajar visual dan auditori. Video yang terstruktur dengan baik dan konten yang berisi akan mendorong Anda lebih kreatif. Ada begitu banyak video tutorial di YouTube yang bisa Anda jadikan inspirasi.  Video-video tutorial memiliki keuntungan karena bersifat timeless dan tidak basi. Satu-satunya alasan video tutorial itu akan kadaluarsa adalah perubahan jaman.

 

Video ulasan produk

Di era digital saat ini ada kecenderungan bagi masyarakat untuk beralih ke internet sebelum mereka memutuskan untuk melakukan pembelian suatu produk. Mereka ingin mencari tahu dan menemukan bagaimana ulasan atau review dari orang lain yang sudah lebih dulu mencoba produk tersebut. YouTube secara umum tidak berbeda dari platform media sosial lainnya. Orang-orang akan melihat review dari orang-orang yang mereka percaya untuk melihat apa yang mereka pikirkan dan rasakan tentang berbagai produk yang telah mereka tinjau.

Konsumen saat ini lebih cenderung melakukan pembelian jika mereka melihat ulasan positif tentang produk tersebut. YouTube adalah media yang sempurna untuk menampilkan review banyak produk. Orang-orang akan lebih mudah untuk menghubungkan ulasan jika mereka mendapatkan review secara langsung dan melihat produk yang digunakan. Konten YouTube berupa review akan sangat berguna.

 

Vlog

Vlog adalah singkatan dari Video Blog. Sebuah video blog sama halnya seperti buku harian berbasis internet. Di Youtube Anda akan menemukan banyak orang dari seluruh dunia yang dengan senang hati membagikan berbagai kegiatan sehari- hari mereka, aktifitas atau sekadar daily life. Vlog bisa secara efektif menggantikan fungsi buku harian Anda. Tentu saja, mengupload vlog di YouTube membuat privasi Anda dilihat oleh publik bila dibandingkan dengan buku harian yang tersembunyi di bawah tempat tidur. Konten vlog biasanya lebih menarik, seperti buku harian vlog menggunakan dialog tanpa naskah dan umumnya hadir sebagai tampilan otentik bagi pembuat video.

Para vlogger sering fokus pada topik tertentu. Konten video jenis ini sesuai untuk Anda yang mahir berbicara ataupun suka melucu. Vlog seringkali setara dengan acara reality show televisi. Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk melihat berbagai sisi dalam kehidupan vlogger. Sama seperti acara reality show televisi realitas yang dapat menghasilkan jumlah penonton yang tinggi, beberapa channel vlog juga memiliki jumlah penonton yang banyak dan subscriber yang cukup banyak. Dengan membuat konten Vlog, selain bisa mengasah keterampilan berkomunikasi, Anda juga bisa terkenal!

 

Video komedi atau sketsa

Cukup banyak orang yang membuat video komedi dan membuat video sketsa untuk membuat audiens mereka terhibur. Tentu saja karena selera humor itu relatif berbeda, ada begitu banyak channel video komedi yang cocok dengan gaya Anda. Video komedi adalah salah satu konten yang paling banyak dibagikan di Youtube. Seringkali konten komedi ini juga berhasil bila diterapkan di media sosial lain seperti Facebook, Instagram dan lainnya.

Video komedi adalah salah satu tipe konten yang paling memungkinkan untuk menjadi viral. Beberapa channel komedi YouTube dapat menghasilkan lebih banyak penonton daripada acara komedi yang banyak ditanyangkan di televisi. Selain video komedi, video parodi juga cukup populer dan sukses menarik banyak penonton. Bahkan beberapa youtuber menjadikan kegiatan membuat video parodi menjadi pekerjaan profesional.

 

Video traveling

Sebagai pembuat konten, seringkali video yang kita unggah tidak mendapat respon sesuai harapan. Salah satu jenis konten Youtube yang ampuh tingkatkan engagement adalah video traveling. Bila Anda memiliki hobi travelling atau jalan-jalan, luangkan waktu untuk membuat video, merekam hal- hal menarik yang Anda alami selama perjalanan. Anda juga bisa membuat list dan rekomendasi tempat wisata yang menarik baik di dalam ataupun di luar negeri.

Kombinasikan dengan footage yang menarik. Anda juga bisa mereview harga makanan, biaya perjalanan, budget yang dibutuhkan dan akomodasi favorit di tempat yang Anda kunjungi. Dengan begitu video Anda dapat dijadikan panduan dan acuan oleh netizen untuk mengunjungi berbagai objek wisata dan tempat-tempat yang telah Anda kunjungi.

 

Pranks

Prank merupakan salah satu konten YouTube paling populer. Photo Credit: Wikimedia

Satu dekade yang lalu Johnny Knoxville membuat acara Jackass – yang merupakan pelopor untuk semua video prank YouTube. Salah satu jenis konten Youtube yang ampuh tingkatkan engagement adalah prank. Video prank menjadi konten video yang paling banyak dibagikan, tidak hanya di YouTube tetapi juga di Facebook dan platform media sosial lainnya. Video-video ini menampilkan lelucon singkat tentang teman, keluarga dan warga lain secara tidak disadari oleh mereka. Video pranks adalah salah satu cara untuk meningkatkan viewers dan viral. Ada beberapa seri video di Youtube dimana orang-orang bermain pranks satu sama lain dan membalas dendam mereka di video berikutnya. Bahkan ada serangkaian video iseng yang bisa sangat kontroversial.

 

Itu dia 7 jenis konten Youtube yang ampuh tingkatkan engagement yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda dalam membuat konten video yang menarik dan banyak ditonton. Kalau Anda tertarik untuk membuat konten Youtube, Anda bisa membuat video tutorial, sharing pengalaman, tips and trick, ataupun video unik lainnya. Bila ingin membuat konten yang berkualitas untuk channel Youtube Anda, Penulis.ID siap untuk membantu mewujudkan apa yang Anda inginkan.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID