Tips IGTV untuk Keperluan Digital Marketing

tips-igtv
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Dalam beberapa tahun terakhir, kekuatan video di internet di berbagai platform sangat besar. Misalnya Facebook yang mendapat delapan miliar untuk rata-rata tampilan harian. Platform video YouTube telah memungkinkan banyak orang untuk menjadi terkenal dan menjadi bintang. Tertarik untuk menggunakan aplikasi IGTV untuk bisnis? Tim Penulis.ID telah mengumpulkan semua kiat dan informasi yang Anda butuhkan untuk memulai IGTV. Inilah tips IGTV untuk keperluan digital marketing.

 

Apakah IGTV itu?

Banyak platform untuk konten video berdurasi panjang, seperti YouTube, atau Facebook Live. Saat ini, ada opsi lain yaitu IGTV yang dirilis pada Juni 2018. IGTV adalah aplikasi baru dari Instagram yang memungkinkan para creator membuat konten video vertikal berdurasi panjang. Tidak seperti Instagram Stories, video IGTV bisa berdurasi hingga 10 menit untuk semua pengguna, dan berdurasi hingga 60 menit untuk pengguna yang populer atau terverifikasi.

Video tersebut dimaksudkan untuk ditonton pada perangkat seluler. Keunggulan IGTV dibandingkan platform video lain seperti YouTube yaitu, IGTV tidak memiliki iklan atau tepatnya belum memiliki iklan. CEO Instagram Kevin Systrom mengatakan bahwa pihaknya fokus untuk membangun engagements. Tidak heran jika orang-orang seringkali lebih memilih video daripada jenis konten online lainnya. Bahkan, Cisco memprediksi traffic video internet akan menyumbang 80% dari total traffic Internet pada tahun 2019. 

 

Tips IGTV: perhatikan panjang video

Bila Instagram Stories hanya memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan klip pendek berdurasi 30 detik, IGTV memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan video vertikal berdurasi panjang, baik di dalam aplikasi Instagram atau di aplikasi IGTV baru. Siapa pun yang memiliki akun Instagram dapat mengunggah video IGTV dengan durasi video antara 15 detik dan 10 menit.

Akun yang populer dan akun yang terverifikasi dapat mengunggah video yang panjangnya hingga satu jam. Jika Anda mempublikasikan video berdurasi satu jam, Anda harus mengunggahnya ke IGTV dari komputer.

 

Memanfaatkan IGTV untuk brand Anda

Bagaimana membuat konten video sesuai dengan strategi marketing di Instagram? Ada beberapa tips IGTV untuk brand Anda, karena IGTV akan bekerja secara maksimal bila Anda memiliki strategi dan tujuan yang jelas.

– Brand Awareness: IGTV dapat meningkatkan brand awareness karena menawarkan pengalaman konten yang mendalam bagi audiens dan menyediakan peluang bagi brand untuk menyampaikan pesan brand yang kuat kepada audiens target.

-Upgraded stories: IGTV adalah peningkatan dari Instagram Stories yang bisa dimanfaatkan oleh brand. Dengan IGTV, brand dapat menambahkan testimoni, wawancara, tutorial, diskusi dan pembuat konten dapat mulai menerbitkan beberapa konten visual yang panjang

-Promosi Silang: IGTV memberi kesempatan untuk lintas promosi video. Misalnya, jika Anda bisa mempromosikan video vertikal di IGTV dengan mengunggahnya di feed Instagram, YouTube atau halaman Facebook Anda.

-Fokus: Bila memanfaatkan IGTV untuk bisnis, Anda harus sangat fokus. Tips IGTV untuk pemula, dengan konten video berformat panjang, pilihlah 1 – 3 topik, karena akan lebih mudah untuk dibahas lebih dalam daripada memilih banyak topik. Buat konten yang menarik namun tetap fokus dan berkualitas agar pemirsa tetap terlibat dan membuat mereka lebih lapar.

-Konsisten pada jadwal: Seperti semua media sosial, memulainya adalah hal yang mudah, tetapi konsistensi adalah hal yang penting. Rencanakan dengan baik konten IGTV Anda. Anda bisa membuat banyak konten, tetapi jangan langsung mengunggah semuanya sekaligus. Buat pemirsa penasaran dengan menjaga konten tetap menarik dan selalu baru. Memposting IGTV tidak jauh berbeda dengan postingan Instagram, jadi tetaplah sesuai pada jadwal dan berkomitmen untuk menepatinya.

– Optimalkan: Hanya karena IGTV menawarkan video berdurasi 15 menit, tidak berarti bahwa Anda harus menggunakan semua waktu itu. Mulailah dengan konten 2 – 3 menit, kemudian tingkatkan durasi sedikit demi sedikit. Seperti halnya Sorotan Cerita Instagram, IGTV memberi Anda kesempatan untuk memilih gambar sampul. Ini adalah peluang bagi brand untuk membuat gambar default khusus.

– CTA: Seperti konten digital lainnya, ajakan bertindak atau call to action (CTA) adalah salah satu tips IGTV yang sangat penting. IGTV memungkinkan pemirsa untuk mengklik tautan atau membaca deskripsi.

 

Analytics IGTV

IGTV terutama ditujukan untuk smartphone dan bersifat vertikal sehingga pengguna tidak perlu memutar ponsel mereka untuk menonton. Video vertikal juga lebih mudah direkam dan diunggah langsung dari ponsel, tetapi mengedit video profesional bisa lebih sulit. Setelah mempublikasikan video ke IGTV, mudah untuk menemukan analytics di video Anda. IGTV memberikan wawasan dalam aplikasi termasuk berapa banyak tampilan, suka, dan komentar yang telah diterima, retensi penonton, dan di mana saat video kebanyakan berhenti ditonton.

 

Tips IGTV: menemukan video dan channel

Saat Anda membuka aplikasi IGTV, Anda dapat menggunakan pencarian untuk menemukan video atau channel. Jika berada di aplikasi Instagram, Anda dapat menemukan konten IGTV seseorang di halaman jika mereka telah mengunggah video ke IGTV. Lihat di samping Sorotan Cerita pengguna Instagram, dan Anda akan melihat lingkaran IGTV. Jika mengeklik lingkaran, itu akan membawa Anda ke saluran IGTV milik orang atau brand tersebut.Segera setelah membuka aplikasi IGTV, video akan segera mulai diputar. Cukup mengklik untuk menonton video.

Jika tidak tertarik untuk menontonnya lagi, Anda dapat melihat opsi lain. Ada empat kategori video, yaitu: “For You” “Following” “Popular” dan “Continue Watching“.Di bawah setiap kategori, ada carousel video. Gulir ke kiri dan kanan untuk melihat opsi, dan klik yang ingin Anda tonton.

Ada juga opsi penelusuran, jika Anda tertarik menonton saluran tertentu. Selain itu, jika berada di aplikasi Instagram dan melihat halaman seseorang, Anda mungkin melihat lingkaran IGTV di samping Sorotan Story mereka. Jika mengklik pada lingkaran IGTV, Anda akan diarahkan ke halaman IGTV pengguna tersebut.

 

Channel dan Brand IGTV terbaik untuk referensi

tips-igtv
Brand-brand ini telah memanfaatkan IGTV dengan baik. Photo Credit: Salman

Ada beberapa brand dan saluran yang menciptakan konten yang sangat menarik dan unik di IGTV. Jika bisnis Anda mulai dari awal di IGTV, berikut beberapa saluran dan brand yang bisa Anda tambahkan ke daftar must-watch untuk mendapatkan inspirasi, yaitu Netflix, Spotify, Vistaprint, Airbnb, Tastemade, Buzzfeed, National geographic, BBC news,The Daily Show,Nike Football, CBSThisMorning, MTV, Food Network.

 

Influencer di IGTV

IGTV tidak memiliki jangkauan audiens yang hampir sama dengan Instagram atau YouTube, dan dapat menawarkan keuntungan bagi para influencer. IGTV memungkinkan influencer untuk membuat konten berdurasi panjang bila dibandingkan dengan Instagram Stories. Selain itu, tips IGTV untuk anda, IG melayani demografis yang lebih muda yang tertarik menonton video yang tidak diedit dan video yang lebih banyak lagi di smartphone mereka.

Beberapa influencer khususnya menggunakan IGTV sebagai platform untuk membuat konten yang menarik bagi audiens yang spesifik. Jika Anda mencari inspirasi IGTV influencer, Anda bisa melihat video dari para pembuat konten ini:Lele Pons, Zoella Beauty, Chiara Ferragni, Hannah Stocking, Anwar Jibawi, Huda Kattan, King Bach, Murad Osmann, Nash Grier, Raja Keraun.

 

Cara membagikan video IGTV

Pilih video, dan geser ke bawah pada gambar pratinjau video. Jika ingin berbagi di Instagram, klik ikon pesawat kertas di bagian bawah video. Ketik nama (atau buat grup) ke dalam kotak pencarian, klik nama pengguna, dan tekan “Kirim”. Anda juga dapat menambahkan pesan Anda sendiri sebelum mengirim video.Jika Anda ingin berbagi video IGTV di luar Instagram, tekan ikon tiga titik di bagian bawah video. Kemudian, pilih “Salin Tautan”dan Anda dapat menempel tautan di dalam teks atau email untuk dikirimkan ke teman.

 

Itu dia tips IGTV untuk keperluan digital marketing yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID. Pada akhirnya, terserah Anda untuk memutuskan apakah ingin memanfaatkan IGTV untuk bisnis. Sangat penting untuk mempertimbangkan preferensi audiens, apakah mereka lebih suka melihat brand Anda di IGTV, atau lebih suka melihat konten brand Anda di platform lain. Semoga tips IGTV ini bisa langsung Anda praktekkan!

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID