12 Instagram Tools Gratis yang Bisa Anda Gunakan

instagram-tools-gratis-hootsuite
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Instagram saat ini menjadi salah satu platform yang sangat powerful untuk strategi digital marketing. Tapi, banyak pebisnis yang hanya sekadar menggunakan Instagram tanpa mengetahui report data dan juga hasil yang seharusnya dapat menjadi acuan untuk strategi marketing yang berikutnya.

Ingin tahu bagaimana cara yang tepat untuk melakukan analisis usaha di Instagram Anda? Beberapa Instagram tools gratis bisa Anda manfaatkan untuk membantu menganalisis usaha Anda lewat Instagram. Berikut 12 Instagram tools gratis yang telah tim Penulis.ID rangkum untuk Anda.

 

Instagram Insight

Jika memiliki akun bisnis di Instagram, Anda secara otomatis memiliki akses ke Instagram tools gratis ini. Tools ini dapat menunjukkan kapan audiens Anda online di Instagram, mana postingan Anda yang paling populer, tayangan serta jangkauan akun Anda. Selain itu, Anda dapat membandingkan postingan asli dengan versi postingan yang dipromosikan untuk mencari tahu apakah upaya berbayar Anda berfungsi.

Sayangnya, Anda hanya dapat menggunakan tools ini dalam aplikasi (tidak ada versi desktop), dan itu bukan yang paling mudah digunakan. Tetapi Instagram tools gratis ini menyediakan gambaran dasar yang baik dari analytics Instagram untuk postingan individu dan akun Anda secara keseluruhan.

 

Squarelovin

Instagram tools gratis Squarelovin menyediakan sebagian besar informasi yang diperlukan untuk melakukan analisis atas kemajuan akun Anda sepanjang tahun. Misalnya, Anda dapat memperoleh analisis bulanan pada postingan atau riwayat posting Anda dipilah berdasarkan bulan, hari, atau bahkan jam.

Selain itu, alat ini menawarkan wawasan tentang minat pengikut Anda, dan bagaimana cara mendorong keterlibatan lebih jauh ke postingan Anda. Anda bahkan juga dapat mengetahui kapan waktu terbaik untuk memposting, tergantung kapan pengikut Anda kemungkinan besar ada di aplikasi.

Sangat penting memanfaatkan Instagram untuk keperluan bisnis. Tanpa metrik yang tepat, Anda tidak akan pernah tahu apakah Anda bisa melakukan lebih banyak untuk melibatkan audiens atau meningkatkan jumlah follower.

 

Pixlie

Penggunaan Instagram untuk tujuan pemasaran saat ini berkembang pesat dan begitu populer. Lebih dari 70% perusahaan menggunakan platform ini pada tahun 2017, dan kurang dari 50% pada tahun 2016. Pixlie adalah Instagram tools gratis yang digunakan oleh Kenneth Cole, Sonos, dan masih banyak lagi brand besar lainnya.

Pixlie menawarkan tool gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat laporan yang dapat dibagikan ke seluruh tim pemasaran Anda, dan menganalisis metrik untuk mencari tahu cara mendorong lebih banyak keterlibatan dan menarik pengikut baru. Selain itu, alat ini membantu Anda menemukan pemberi pengaruh atau pendukung merek yang mempromosikan produk Anda, sehingga Anda dapat membuat kampanye influencer yang lebih efektif.

 

Union Metrics

Meskipun Instagram tools gratis ini tidak menyediakan Analyticsnya secara gratis, Union Metrics tidak menawarkan pemeriksaan Instagram bulanan secara gratis. Pemeriksaan ini memberikan informasi mengenai hashtag mana yang akan meningkatkan engagement, pos mana yang paling sesuai dengan follower Anda, dan kapan follower Anda menggunakan instagram.

Meskipun tools ini tidak dapat memberi Anda analytics lebih dari 30 hari, ini adalah opsi yang bagus untuk melihat tema dan pola instagram marketing dalam jangka pendek, dan belajar bagaimana Anda dapat meningkatkan metrik dengan cepat.

 

Socialbakers

Instagram tools gratis ini memang bukanlah tool analisis yang paling menarik secara visual. Namun Socialbakers menawarkan informasi penting, termasuk mana postingan yang paling disukai, postingan yang paling banyak dikomentari, dan filter dengan performa terbaik untuk Anda.

Selain itu, Socialbakers menawarkan Instagra’s report, yang membandingkan akun Instagram Anda sendiri dengan pesaing Anda. Hal ini untuk melihat di sisi mana Anda kurang dalam instagram marketing dan apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkannya.

 

Iconosquare

Iconosquare merupakan tools yang memiliki statistik cukup lengkap untuk akun Instaagram. Semua informasi mengenai tingkat comment dan like per gambar, dan tingkat engagement followers tersedia. Fitur lainnya yang bisa membantu Anda yaitu tab promosi. Tab ini memberi saran tentang bagaimana cara menaikkan jangkauan dari akun Instagram Anda.

Iconosquare merupakan aplikasi analisis all-in-one yang sangat berguna untuk bisnis skala kecil. Iconosquare memungkinkan Anda untuk membuat pencarian user dan hashtag. Selain itu menanggapi komentar user dan juga menganalisis akun Instagram Anda.

 

PicDeck

PicDeck merupakan tools yang mirip dengan TweetDeck di Twitter. Tapi bedanya, PickDeck digunakan untuk Instagram. Dalam satu dashboard, Anda bisa menambah beberapa akun sekaligus. Tools ini tidak menyajikan analisis yang cukup lengkap, tetapi PicDeck menjadi pilihan terbaik karena tata letak tidak rumit dan jelas. Terutama bila Anda hanya ingin memantau stream foto berbeda yang ada di satu tempat.Anda juga dapat menambah kolom untuk feed yang Anda ikuti. Hal ini bertujuan untuk memfollow user dan hashtag tertentu agar dapat memudahkan Anda melakukan monitoring.

 

Latergramme

Latergramme merupakan tools yang berguna untuk membuat jadwal post di Instagram. Instagram tools gratis ini bisa bekerja cukup baik di aplikasi mobile ataupun browser. Meski Anda bisa mengunggah post secara langsung dari aplikasi ini, tapi latergramme menyediakan tools pengingat yang akan membantu Anda menjadwalkan post sehingga dapat memudahkan Anda mengelola frekuensi dari post. Latergramme juga menyajikan beberapa data analisis dasar yang bisa Anda lihat seperti comment, like, dan memberi informasi tentang foto-foto mana yang menarik untuk audiens Anda.

 

Ink361

Ink361 merupakan tools yang memilki banyak fungsi dan menyediakan statistik dasar untuk menilai hasil Instagram marketing Anda. Terdapat beberapa tab, dashboard untuk melihat feed foto, melihat unggahan teratas dan banyak statistik feed yang lain misalnya tingkat engagement, distribusi post dan post history. Instagram tools gratis ini sangat komprehensif dan menyajikan banyak data yang berbeda. Informasi ini dapat membantu Anda untuk memilih konten yang membuat banyak engagement dengan follower Anda.

Anda bisa tahu lebih jauh mengenai follower, kapan mereka menggunakan Instagram, dan postingan apa yang teratas.

 

Twtrland

Twtrland tidak hanya tools untuk analisis Instagram saja, tapi bisa digunakan untuk analisis Facebook dan juga Twitter. Anda bisa memperoleh tampilan yang singkat bagaimana kerja tiap akun Instagram, tidak hanya akun milik Anda. Hal itu membuat Twtrland cukup baik untuk mendapatkan perbandingan mengenai kinerja instagram marketing Anda dengan kompetitor. Twtrland juga memberikan penilaian tentang setiap aktivitas di akun Instagram. Selain itu juga responsif dan popularitas sehingga Anda akan memperoleh gambaran tentang bagaimana menilai kinerja Anda terhadap standar dari industri.

 

Instagram Tools Gratis Paling Terkenal: Hootsuite

instagram-tools-gratis-hootsuite
Hootsuite adalah salah satu Instagram tools gratis

Hootsuite merupakan dashboard yang bisa dimanfaatkan untuk banyak platform seperti instagram dan media sosial lainnya. Hootsuite menyajikan banyak fitur untuk akun instagram Anda. Seperti penjadwalan untuk memposting sebuah konten, analisis konten dan memberikan rekomendasi untuk konten instagram Anda.

Instagram tools gratis ini mempunyai versi gratis yang dapat Anda gunakan untuk tiga akun sekaligus pada dashboard. Selain memberikan analisis dan menjadwalkan posting, hootsuite juga dilengkapi banyak fitur menarik lainnya untuk analisis.

 

Crowdfire

Crowdfire adalah tools sederhana yang efektif dan sangat membantu Anda untuk mengelola akun.Instagram tools gratis bisa membuat Anda tahu siapa saja yang memfollow dan tidak memfollow akun Anda. Aplikasi Crowdfire ini juga akan memberikan saran pada Anda untuk memfollow follower Anda, postingan mana yang ditampilkan sehingga dapat memunculkan beberapa komunitas untuk produk yang Anda miliki.

 

Itu dia 12 Instagram tools gratis yang bisa Anda gunakan. Tertarik untuk mencoba? Instagram tools gratis untuk analisis bisa menyajikan data ataupun statistik untuk memberikan informasi penjadwalan konten strategi sosial media Anda. Bila Anda tertarik untuk membangun konten instagram menarik dan analisisnya untuk kebutuhan bisnis ataupun pemasaran, tim Penulis.ID siap membantu Anda.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Nisrina Darnila

Junior Writer Penulis.ID