6 Cara Agar Bisa Terkenal di Instagram

Terkenal-di-instagram
Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Instagram adalah media sosial yang saat ini banyak digemari dan sangat populer. Platform ini berguna untuk berbagi momen berharga melalui foto dan video. Sekarang ini ternyata Instagram menjelma menjadi platform yang kuat untuk bisnis dan mendulang uang. Namun untuk bisa menjadi terkenal, tentunya hal ini tidak mudah. Jumlah like dan follower pada video dan foto yang diunggah, jadi tolak ukur untuk menilai seseorang terkenal atau tidak di Instagram. Ingin bisa menjadi terkenal di Instagram? Terdapat 6 cara untuk mewujudkannya yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID dibawah ini!

Pastikan konten Anda asli dan otentik.

Kekuatan instagram untuk keperluan bisnis sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, estimasi pendapatan iklan seluler di Instagram diperkirakan mencapai 6,8 miliar dolar AS pada 2018, jauh lebih meningkat dibandingkan 2 tahun lalu yang hanya 1,8 miliar. Tidak mengherankan jika banyak orang ingin terkenal dan menjadi influencer Instagram. Agar bisa terkenal di instagram, Anda harus lebih fokus pada kualitas konten daripada kuantitas. Perhatikan kualitas video dan foto yang Anda upload karena aplikasi ini mengkhususkan penggunanya untuk update dalam bentuk foto dan video.

Agar orang-orang tertarik menjadi followers dan mendapat banyak like, kualitas foto yang diupload harus menarik, enak dilihat, dan berkualitas. Setidaknya milikilah pengetahuan dasar fotografi agar dapat membuat foto dan video yang mampu menarik perhatian user. Lebih baik untuk memposting gambar yang bagus tapi sedikit dibandingkan dengan memposting banyak gambar namun kurang berkualitas. Hal yang sama berlaku untuk semua jenis konten di platform manapun. Audiens lebih suka membaca satu status Facebook berkualitas tinggi daripada seratus status yang kurang menarik. Pastikan konten yang Anda bagikan otentik dan tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain.

Sempurnakan keterampilan fotografi

Banyak orang yang sering kali merasa foto yang diambil dengan iPhone dan diedit dengan filter Instagram saja sudah cukup. Tetapi untuk menjadikan diri Anda terkenal sebagai influencer instagram, konten Anda harus jauh lebih menarik dibandingkan pengguna Instagram biasa lainnya. Ada baiknya untuk berinvestasi lewat kamera yang baik, peralatan fotografi dan tool pengeditan yang lebih baik. Kamera profesional dan lensa yang bagus dapat membuat perbedaan besar antara foto biasa dan foto yang luar biasa. Foto luar biasa memiliki potensi lebih besar untuk di repost ulang oleh akun lain, sehingga akan meningkatkan jumlah like dan follower.

Jadi, pertimbangkan untuk bekerja lebih, investasikan kamaera, peralatan atau kursus fotografi untuk meningkatkan keterampilan fotografi Anda. Belajarlah lewat situs seperti Skillshare, kursus online atau investasikan waktu untuk menonton tutorial YouTube tentang fotografi dan dasar-dasar pengeditan. Setelah merasa nyaman dan dapat mengambil foto yang bagus, beralihlah ke kamera dan lensa yang kualitasnya lebih tinggi.

Bangun profil yang menarik

Terkenal-di-instagram
Buatlah profil yang menarik. Photo Credit: Pixabay

Populer dan influence sebenarnya adalah dua ukuran keberhasilan yang sangat berbeda. Popularitas diukur dengan angka atau jumlah tertentu, sementara influence (pengaruh) diukur oleh sesuatu yang kualitatif, bukan kuantitatif. Agar bisa terkenal di instagram dan menjadi selebgram, selain memposting foto dan video yang berkualitas, Anda juga wajib membuat profil akun yang menarik sehingga orang-orang ingin menjadi follower Instagram Anda.Tuliskan bio yang menarik dan atur foto dan video yang diupload agar menarik dan terlihat rapi ketika user membuka profil instagram Anda.

Pilih nama akun yang mudah dikenali dan menarik serta menggambarkan konten Anda di Instagram. Pasang foto untuk profil yang memperlihatkan wajah dengan jelas dan pilihlah tema yang berkaitan dengan minat dan hobi. Misalnya untuk pecinta kuliner, Anda bisa mencoba fokus memposting foto-foto seputar makanan. Bila pecinta fashion, fokuslah seputar warna, tren dan gaya berpakaian. Maka akun Instagram Anda akan terlihat lebih menarik, mudah dikenali sehingga membuat Anda semakin terkenal di instagram.

Beri kesan yang positif

Uang akan mudah didapatkan lewat popularitas di Instagram. Untuk bisa menjadi terkenal di Instagram, berikan kesan positif untuk para followers dan hindari populer sebagai selebgram dari sisi yang negatif. Jadilah influencer yang terkenal dengan cara yang positif. Berikan respon positif untuk komentar dari para followers sehingga mereka akan menjadi fans Anda yang setia. Salah satu cara efektif meningkatkan follower dan engagement positif bisa menggunakan software yang cara kerjanya mudah dan otomatis.

Bila Anda memberi respon yang positif pada followers, maka mereka akan menceritakan sikap positif Anda pada orang lain. Hal ini akan menguntungkan karena Anda akan dikenal sebagai selebgram yang memberikan pengaruh positif. Sebaiknya hindari fokus dalam jumlah like atau followers, sebagai gantinya, fokuslah pada isi dan kualitas konten yang Anda bagikan. Menjadi terkenal di instagram dan menjadi seorang influencer tidaklah mudah. Luangkan banyak waktu dan buat konten dibidang yang Anda minati.

Deskripsikan foto dengan menarik

Untuk bisa menjadi terkenal di Instagram, selain mengupload foto yang berkualitas, Anda juga wajib menuliskan caption dan deskripsi foto dengan kalimat yang menarik. Tulis caption yang menggambarkan maksud dari foto.Buatlah caption yang jelas, singkat, padat namun menarik. Kebanyakan followers tertarik untuk like karena melihat caption atau deskripsi yang Anda buat. Perhatikan hashtag yang Anda gunakan dan pastikan hashtag tersebut sesuai dengan foto yang Anda posting.

Hindari menggunakan terlalu banyaknya hashtag sehingga membuat user merasa malas dan enggan melihat postingan foto Anda. Bila user enggan melihat foto Anda maka secara otomatis mereka juga malas untuk klik follow di profil Instagram milik Anda.Jadi, Anda dilarang untuk melakukan spam hashtag berlebihan. Cukup dua atau tiga hashtag yang bisa menggambarkan atau mendeskripsikan foto dan juga diri Anda sendiri. Cantumkan juga kontak Anda untuk endorsement.

Tekun

Seperti halnya profesi apa pun, salah satu komponen terpenting untuk menjadi sukses dan terkenal di Instagram adalah ketekunan. Untuk bisa menjadi terkenal di Instagram, jangan menyerah dan teruslah memposting secara konsisten dan yakinlah bahwa akun instagram Anda akan berkembang pada waktunya. Untuk membuat konten yang menarik, Anda juga bisa memberikan filter untuk mengedit foto misalnya Aviary, VSCO Cam, Snapseed dan Prisma. Berkreasilah dengan aplikasi tersebut dan lakukan eksperimen dengan foto. Berbagai angle dan kombinasi warna baru bisa Anda coba.

Jangan tergoda untuk membuat postingan lain di luar minat Anda, tetaplah otentik dan selalu menjadi diri sendiri. Akan lebih baik bila Anda punya banyak media sosial lainnya seperti Facebook, YouTube, Twitter, LinkedIn, dan lainnya. Karena instagram mudah terhubung dengan aplikasi media sosial lain seperti FB, Twitter, LinkedIn dan lainnya. Hal akan menguntungkan Anda karena terbukti ampuh menambah follower dan likers sehingga Anda bisa semakin terkenal di instagram.

Itu dia cara agar bisa terkenal di instagram yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID. Saat ini penggunaan Instagram banyak dimanfaatkan untuk bidang lain secara luas termasuk untuk kebutuhan bisnis dan endorsement. Maka dari itu, sangat penting untuk menggunakan strategi yang tepat dalam membuat konten di social media. Penulis.ID bisa membantu Anda dalam hal tersebut! Anda bisa langsung hubungi kami dan berkonsultasi dengan tim profesional terkait strategi social media marketing.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Inas Twinda

Inas adalah penulis senior di Penulis.ID. Dia telah membantu berbagai perusahaan seperti Traveloka dan Bukalapak untuk memproduksi artikel demi keperluan konten marketingnya.