Tips Instagram Stories Untuk Meningkatkan Penjualan Anda

tips-instagram-stories
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Instagram harus berterima kasih kepada Instagram Stories, karena ketika pertama kali keluar pada bulan Agustus 2016 kemarin, tepat 2 tahun kemudian akhirnya Instagram memiliki 1 miliar pengguna. Instagram sekarang menjadi media sosial nomor 2 dengan pengguna tertinggi setelah Facebook. Anda bisa bayangkan bagaimana potensi untuk mendapatkan pelanggan baru atau sekadar untuk meningkatkan brand awareness pada bisnis Anda setelah mempelajari tips Instagram stories ini.

Di dalam media sosial, ada beberapa jenis atau kriteria yang bisa Anda pilih sebelum menggunakan media sosial. Misalnya jika brand Anda merupakan produk jasa, salah satu media sosial yang tepat adalah Instagram karena Anda bisa menonjolkan seni fotografi yang bagus. Sama halnya dengan bisnis kuliner, Anda bisa menggunakan foto makanan untuk memancing para followers Anda. Kemudian jika bisnis Anda ini lebih ke media, Anda bisa menggunakan Facebook dan Twitter agar bisa melakukan diskusi bersama followers Anda.

Nah lalu langkah selanjutnya ketika Anda sudah menggunakan Instagram dalam membangun brand awareness? Ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan, yaitu membuat Instagram Stories. Fitur dari Instagram ini benar-benar berfungsi sangat sempurna. Banyak sekali pengguna Instagram yang sengaja membuka Instagram bukan untuk post photo, tetapi melihat Instagram Stories. Jadi sekarang Anda mengetahui kan alasan mengapa tips Instagram Stories merupakan sesuatu yang wajib dipelajari.

Tim Penulis.ID telah menyiapkan berbagai tips Instagram Stories. Mulai dari membuat Instagram Stories agar dibaca oleh banyak orang, sampai bagaimana caranya melakukan iklan di Instagram Stories. Simak beberapa caranya di bawah ini.

 

Buat sebuah cerita

Salah satu cara agar Anda mendapatkan reach dan impression yang tinggi adalah dengan cara membiarkan viewers berlama-lama melihat Instagram Stories Anda. Misalnya Anda bisa membuat sebuah cerita yang dibagi menjadi beberapa Stories. Kami akan memberikan contoh dengan bisnis Anda yaitu laundry sepatu. Ada banyak sekali laundry sepatu yang muncul di Indonesia, terutama dengan booming sepatu sneaker.

Jika Anda mungkin melihat beberapa akun Instagram laundry sepatu di dalam stories-nya hanya memberikan promosi saja. Padahal ada beberapa hal yang bisa Anda gali lagi di lewat Instagram Stories. Misalnya Anda bisa menggunakan konsep seperti behind the scene ataupun permainan sinematografi. Di stories pertama Anda membuat bagaimana karyawan ini mempersiapkan alat pembersihan sepatu. Kemudian di stories kedua baru Anda memperlihatkan secara dekat bagaimana karyawan membersihkan setiap sepatu.

Minimal Anda bisa membuat 2-3 stories yang berisi cerita, kemudian di stories terakhir Anda bisa membuat promosi. Cara seperti ini akan sangat ampuh digunakan karena para followers Anda akan lebih suka berlama-lama di Instagram Anda.

 

Tips Instagram Stories: Gunakan fitur di dalam Instagram

Setelah Instagram Stories diluncurkan pada bulan Agustus 2016 kemarin, setidaknya setiap 6 bulan sekali Instagram selalu memberikan fitur terbaru untuk Stories-nya tersebut. Jika Anda lihat sekarang, setidaknya ada beberapa fitur yang sebenarnya bisa Anda gunakan untuk memancing awareness dari followers. Sekarang simak dulu beberapa fitur dari Instagram Stories.

  • Type

Di sini Anda bisa menuliskan kata-kata tanpa ada background gambar di belakangnya. Fitur ini bisa Anda gunakan ketika ingin memberikan pengumuman penting atau sekadar kata-kata mutiara untuk memancing engagement.

  • Live

Selanjutnya adalah fitur Live, yaitu Anda bisa melakukan streaming secara live layaknya video call. Keunggulan fitur live nanti akan dibahas di poin selanjutnya

  • Boomerang

Ini adalah fitur yang sering digunakan oleh para pengguna Instagram, yaitu Anda bisa melakukan video looping selama 1 detik. Tips Instagram stories tambahan dari kami: Jangan paksakan kalau memang bisnis Anda kurang cocok menggunakan fitur ini.

  • Focus

Ini adalah fitur yang hanya ada pada iOS, yaitu fitur yang bisa mengambil foto dengan fokus objek tertentu dan background lainnya akan blur

  • Superzoom

Ini adalah efek zoom yang dramatis, mirip dengan tayangan sinetron Indonesia

  • Rewind

Ini adalah fitur video yang akan memainkan video secara playback

  • Hands-free

Ini akan membantu Anda dalam merekam video tanpa memegang record-button.

Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur di atas untuk menambah kesegaran dari Instagram Stories Anda. Gunakan beberapa variasi fitur setiap harinya, agar orang yang melihat tidak bosan dengan Stories Anda.

 

Kreatif, gunakan humor untuk memancing para followers

Selanjutnya adalah Anda bisa berpikir kreatif, bagaimana caranya followers Anda ini tidak bosan dengan Instagram Stories Anda. Tips Instagram stories berikutnya adalah menyentuh audiens dengan humor. Seperti dijelaskan pada poin sebelumnya, fitur-fitur di Instagram ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memberikan humor segar. Misalnya fitur Boomerang, gunakan saat karyawan Anda sedang dalam pose yang lucu.

Anda juga bisa menggunakan fitur Superzoom, Anda bisa menggunakannya saat ada pelanggan yang sedang serius ketika mengunjungi toko Anda. Keluarkan semua selera humor Anda di dalam Instagram Stories, dengan begini Anda akan mendapatkan sesuatu hal yang berbeda.

 

Share posting orang lain

Selanjutnya adalah Anda bisa memancing followers dengan cara men-share posting orang lain di Instagram Stories Anda. Dengan cara ini, dapat membangun kepercayaan followers karena Anda memperhatikan mereka. Gunakan fitur share posting ini maksimal 1 minggu satu kali, dengan begini para followers Anda akan menanti setiap Instagram Stories.

tips-instagram-stories

 

Buat plan bulanan

Ini adalah salah satu tips Instagram stories yang sering diremehkan atau bahkan sangat jarang dilakukan oleh para pemilik brand. Padahal membuat sebuah plan untuk konten dari Instagram Stories ini sangat penting. Pertama Anda bisa mempersiapkan segala kebutuhan untuk konten Instagram Stories. Misalnya Anda ingin melakukan shot di malam hari, tentu Anda membutuhkan kamera, lighting, dan peralatan lain. Bahkan jika Anda ingin menggunakan model, tentu Anda harus mempersiapkan jauh-jauh hari.

Selanjutnya adalah plan akan membuat Anda memiliki konsep yang jelas. Misalnya di bulan Agustus kemarin, Anda bisa menggunakan konsep “17 Agustus”. Dengan begitu setiap kali Anda melakukan posting Instagram Stories, tidak akan melenceng dari konsep. Buatlah plan bulanan ini bersama tim Anda, semua orang bisa ikut dalam membangun konsep, karena ide dari banyak orang tentu lebih baik.

 

Tentukan target

Ketika Anda membuat sebuah plan, Anda harus memiliki target. Apakah target ini mempengaruhi Instagram Stories Anda? Jawabannya iya. Karena target ini akan mempengaruhi berapa budget yang harus Anda keluarkan untuk membuat Instagram Stories atau dalam beriklan. Selain itu dengan mempunyai target, Anda akan mengetahui apakah hal-hal yang Anda lakukan lewat Instagram Stories ini berhasil atau tidak.

Sekadar tips Instagram stories tambahan dari kami, jika followers Anda kurang dari 10 ribu, kami sarankan untuk memberikan target selama 6 bulan ke depan akun Instagram Anda harus menembus 10 ribu followers. Kenapa demikian? Karena ketika followers Anda 10 ribu, Anda bisa mengaktifkan fitur “Swipe Up”, ini sangat penting karena bisa membuat conversion rate lewat Instagram Stories tinggi.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan Instagram Stories bisnis Anda. Semoga Anda berhasil dengan cara-cara dari Penulis.ID di atas ya.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID