10 Ide Post Instagram Agar Tidak Membuat Bosan Followers

ide-post-instagram
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Dengan kekuatan sosial media berbasis visual, konten Instagram yang berkualitas dan menarik merupakan kunci kesuksesan dalam marketing. Namun, tidak semua perusahaan mampu menghasilkan konten marketing di instagram yang mampu menarik perhatian audiens. Banyak yang tidak memahami bagaiman menentukan post apa yang sesuai untuk feed instagramnya. Kehabisan tema dan ide untuk membuat post di instagram? Berikut ada 10 ide post Instagram agar lebih kreatif dan tidak membuat bosan followers yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID.

 

Posting keunggulan produk

Anda bisa menunjukkan gambar dan video terkait produk di Instagram. Buatlah konten yang menampilkan keunggulan produk Anda dan semua fitur yang dimiliki. Hal ini akan dapat membantu mendorong penjualan dan sekaligus mempromosikan bisnis Anda di Instagram.Postingan ini bisa fokus pada produk Anda sendiri atau menampilkannya sebagai bagian dari foto gaya hidup atau secara softselling. Ada banyak ruang yang bisa Anda eksplor untuk menjadi kreatif.

Namun, postingan tentang produk ini harus dilakukan dengan benar agar tidak dianggap sebagai spam. Postingan ini perlu menyajikan keterangan produk yang lengkap dan menarik, tidak hanya nama produk saja dan beberapa tagar. Sebaliknya, selalu pertimbangkan untuk menjadikan pos seperti peluang untuk mempromosikan produk, mendiskusikan fitur dan manfaat produk, memberikan informasi pada audiens tentang apa yang membuat produk ini istimewa.

 

Konversikan pelanggan dengan tag produk

Tag produk adalah format yang unik untuk postingan maupun instastory yang memungkinkan audiens melakukan pembelian langsung melalui Instagram. Misalnya, pengguna dapat mengklik pada tag produk, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang suatu produk, seperti nama produk dan harganya. Jika mereka mengeklik lagi, mereka akan diarahkan ke halaman tempat dimana mereka bisa melakukan pembelian.

Ide post Instagram berupa tag produk membuat pengguna lebih mudah dan lebih nyaman untuk membeli produk langsung secara seluler. Jadi, Anda dapat mempertimbangkan postingan Instagram untuk menggunakan tag produk untuk penjualan barang ataupun menawarkan diskon. Instagram baru-baru ini merilis stiker produk untuk Instagram Stories, yang memungkinkan pengguna mengklik stiker untuk melihat informasi produk dan kemudian memutuskan apakah mereka akan membeli. Cara kreatif ini, bisa Anda coba!

 

Konten di belakang layar

Follower cenderung menyukai konten yang ada di balik layar. Hal ini menciptakan transparansi yang memungkinkan follower merasa seperti mereka lebih mengenal perusahaan Anda atau Anda yang sebenarnya di belakang brand. Cara ini dapat membangun kepercayaan, dan merupakan langkah kreatif agar membuat follower tidak bosan. Konten dibalik layar konten tidak harus sama dengan beberapa gambar di postingan Anda yang lain. Karena itu, beberapa brand lebih memilih untuk membuat konten di belakang layar secara eksklusif untuk instastory sebagai ide post Instagram mereka.

 

Ide Post Instagram: Live video

Live video instagram adalah jenis postingan lain yang dapat membantu Anda membangun hubungan langsung dengan follower secara cepat. Karena fitur ini autentik, dan pengguna dapat berinteraksi dengan Anda secara langusng dan real time. Follower juga akan diberi tahu ketika Anda sedang melakukan siaran langsung. Anda dapat menjawab pertanyaan, menunjukkan konten di balik layar, atau menampilkan produk baru. Anda juga dapat memposting langsung ke instastory Anda setelahnya.

Untuk memperoleh hasil terbaik dalam live video instagram Anda, Anda sebaiknya membuat pengumuman sebelumnya agar para follower tahu dan menontonnya. Anda harus miliki plan dan rencana yang jelas, serta berlatih terlebih dahulu sebelum live. Berikan audiens setidaknya 30 detik untuk bergabung dengan melakukan sesi pembukaan sebelum Anda benar-benar mulai. Cobalah untuk berada di area dengan pencahayaan yang baik dan tidak ada kebisingan yang mengganggu.

 

Repost konten dari follower

Salah satu keunikan yang ditawarkan di instagram adalah banyak konten foto atau video dari follower yang dapat Anda gunakan. Hal ini dapat Anda gunakan untuk bahan postingan.Lakukan repost foto dari follower dan tunjukkan bahwa Anda terlibat langsung dengan para follower serta komunitas Anda. Ide post Instagram ini mampu mempromosikan brand dan produk Anda dengan cara yang halus atau soft selling namun hasilnya sangat efektif.

Anda bisa melakukan repost konten atau foto dari para follower dengan memanfaatkan aplikasi regrann, repost dan instarespost. Cara ini terbukti membuat para follower menyukainya. Beri tahu para follower dengan meminta mereka menggunakan hashtag tertentu yang dilampirkan ke gambar sehingga Anda bisa mudah menemukannya untuk di repost di Instagram perusahaan Anda. Cari hashtag tersebut dan mintalah izin untuk membagikan postingan yang relevan di feed Instagram Anda.

 

Umumkan pencapaian bisnis atau produk baru

Konsep yang sederhana namun efektif adalah mengumumkan produk baru atau pencapaian bisnis baru di akun Instagram Anda dengan visual yang menarik. Hal ini akan memberi Anda lebih banyak ide post Instagram dan juga mendorong pengguna untuk mengikuti Anda karena semua orang ingin tahu tentang perkembangan brand yang mereka sukai. Dengan memposting secara teratur tentang perkembangan dan seputar update produk bisnis, hal ini dapat membuat follower tetap mendapatkan informasi terbaru.

ide-post-instagram
Photo Credit: Hollywood

Jalankan giveaway atau kontes Instagram

Ingin mendapatkan banyak engagement dengan cepat dan sekaligus menyenangkan para follower Anda? Kontes dan giveaway adalah cara yang bisa Anda lakukan. Kontes akan membuat orang banyak membicarakan brand Anda. Untuk hasil terbaik, tawarkan giveaway yang paling relevan untuk audiens target Anda. Siapapun bisa berkomentar atau memberikan like pada postingan giveaway, tetapi lebih penting untuk mendapatkan keterlibatan dan entri dari follower yang benar-benar bisa menjadi pelanggan setia.

 

Buat momen yang sesuai dengan musim

Bila hari itu sedang musim liburan, hari raya ataupun hari besar nasional, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat postingan di instagram dengan tema serupa. Cara ini bisa membuat follower lebih bersemangat. Manfaatkan hal ini dengan membuat postingan musiman yang relevan dan tepat sesuai momen.

Ada satu hal yang harus selalu Anda perhatikan dengan postingan musiman ini yaitu: hashtag. Salah satu keuntungan terbesar dari postingan musiman adalah hashtags yang relevan dengan momen. Hal ini berarti akan ada lebih banyak user yang cenderung mencari hashtag ini. Isi deskripsi postingan Anda dengan banyak hashtags yang tepat pada waktu, baik itu musim liburan, hari raya, hari besar nasional atau musim lainnya untuk hasil terbaik. Misalnya,Anda dapat memanfaatkan hashtag seperti #nationalday #independenceday dan masih banyak lagi.

 

Dorong follower untuk menge-tag teman

Pendekatan tag-a-friend terkadang digunakan bersamaan dengan postingan kontes, tetapi bisa juga hal ini dilakukan saat tidak ada kontes. Ide post Instagram ini akan mendorong para follower untuk menandai temannya di kolom komentar yang mereka pikir akan benar-benar menyukai produk atau mungkin berhubungan dengan konten yang Anda.

 

Menginspirasi follower dengan quote

Kutipan inspirasional bisa jadi hal yang sangat disukai para follower. Quote merupakan salah satu ide post Instagram yang mampu menarik perhatian. Ada begitu banyak hal  positif dan memotivasi yang bisa Anda posting. Hal ini juga dapat menciptakan hubungan positif antara follower dan brand Anda. Ini adalah nilai tambah. Quote yang Anda posting bisa berisi tentang ungkapan dan kutipan motivasi.

Untuk membuat postingan ini, Anda bisa melakukannya dengan membuat quote dan desain yang menarik. Buatlah gambar secara visual yang menarik, gunakan warna dan tata letak yang dinamis. Anda dapat menggunakan alat bantu seperti Canva untuk membuat gambar quote dengan cepat dan mudah. Jangan lupa untuk mencantumkan kredit kutipan.

 

Itu dia 10 ide post Instagram agar lebih kreatif dan tidak membuat bosan followers yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID. Ide post Instagram di atas dapat Anda terapkan saat ini juga. Buat desain post instagram sekreatif mungkin sehingga feed Anda menjadi galeri yang terlihat profesional, menarik tentunya disukai oleh para follower.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID

Latest posts by Dior Asning Kosyu (see all)