Strategi Personal Branding Untuk Youtuber

personal-branding-youtube
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Media sosial yang kini telah menjelma menjadi media baru yang banyak digemari masyarakat adalah Youtube. Bila Anda menjadi seorang youtuber tentunya wajib memiliki keahlian dan ciri khas. Anda harus punya keunikan tersendiri supaya terdapat faktor pembeda dengan youtuber lainnya yang sudah ada. Keahlian yang Anda miliki dapat membantu membangun personal branding yang menarik dalam platform seperti Youtube. Inilah strategi personal branding untuk youtuber yang sudah dirangkum oleh tim Penulis.ID.

 

Buat konten yang menunjukkan spesialisasi

Kunci utama yang sangat penting dalam menunjang kesuksesan karir seorang youtuber yaitu dengan membangun personal branding. Untuk membangun personal branding di YouTube, Anda harus memutuskan bagaimana Anda ingin memposisikan diri dan bagaimana Anda ingin dikenal. Jeff Bezos, CEO retail Amazon pernah mengatakan bahwa personal branding adalah tentang apa yang orang lain katakan pada saat Anda tidak berada di ruangan. Tim Penulis.ID melihat bahwa platform youtube banyak dimanfaatkan dalam bidang pemasaran serta juga bisa menjadi lahan bisnis.

Strategi pertama untuk membangun personal branding di Youtube, Anda perlu membuat konten yang terkait dengan bidang yang Anda kuasai untuk memperlihatkan spesialisasi. Jika sudah memiliki ciri khas seperti ahli keuangan atau traveler buat saluran YouTube konsisten dengantema tersebut. Pemilihan nama channel juga sangat penting untuk karena Anda tidak dapat mengubah nama chanel Anda di kemudian hari. Channel yang memiliki harus diberi tag atau keywords di bawah topik. Buatlah konten yang berdasarkan data-data atau fakta-fakta yang ada. Bahkan bila Anda ingin membuat opini sekalipun perlu didukung oleh data-data dan fakta agar opini menjadi kuat.

 

Tunjukkan hal-hal positif

Strategi selanjutnya sebagai youtuber, tunjukkan hal-hal positif dari diri Anda karena personal branding juga bisa meningkatkan authority. Hal ini menjadikan Anda bisa mempengaruhi orang lain dengan mudah. Umumnya youtuber juga sebagai seorang influencer yang kata-katanya didengar oleh para audiens. Saran-saran dan penawaran akan selalu diikuti oleh para followers. Untuk itu buatlah konten yang mengandung muatan positif dan bermanfaat, bukan konten negatif.

Menurut penelitian Weber Shandwick, para eksekutif global mengaitkan 45% reputasi perusahaan dengan reputasi CEO perusahaan mereka. Reputasi CEO diperkirakan sebesar 77% berperan penting untuk mempengaruhi karyawan baru berkontribusi ke perusahaan, juga diyakini sebanyak 70% mempengaruhi motivasi karyawan untuk selalu loyal pada perusahaan.

 

Optimalkan SEO

Strategi ketiga membangun personal branding untuk youtuber adalah mengoptimalkan SEO.Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah esensi dari pembuatan konten youtube. Bahkan jika Anda membuat video YouTube yang paling menarik, hal itu tidak akan mendongkrak viewers kecuali Anda mengoptimalkan SEO dengan tepat. Kata kunci memainkan peran penting dalam SEO. Kuncinya Anda harus memasukkan SEO yang tepat dalam judul. Deskripsi video dan tag keyword (kata kunci) adalah langkah selanjutnya dalam hal tersebut. Selalu ingat untuk memilih kata kunci dan frasa yang relevan serta cocok dengan konteks video Anda.

Selain SEO, konten adalah segalanya di YouTube. Salah satu cara yang benar untuk menjadi youtuber sukses adalah memiliki konten yang layak untuk disebarluaskan. Berarti konten tersebut harus benar-benar unik atau sangat menarik. Meskipun mungkin video Anda tidak mendapatkan 100.000 penayangan,hal yang terpenting adalah Anda dapat memanfaatkan konten video tersebut dan membagikannya ke  khalayak umum. Channel YouTube dapat menjadi aset berharga yang sangat penting karena merepresentasikan diri Anda dan hal itu tidak dapat dilakukan oleh siapa pun.

 

Thumbnail yang menarik

personal-branding-youtube

Strategi selanjutnya bila Anda sudah mengoptimalkan SEO video dengan benar, Anda bisa berada diantara pilihan teratas dalam pencarian YouTube. Namun, hal ini bukan menjadi jaminan bahwa pengguna akan mengklik tautan Anda. Untuk membantu audiens menemukan dengan lebih mudah, Anda harus menggunakan thumbnail yang menarik. Pilihlah gambar yang jelas dan usahakan gambar tersebut mewakili isi konten video Anda. Thumbnail dapat memiliki kekuatan untuk menampilkan kesan pada pandangan pertama.

Dengan thumbnail yang bagus dan menarik, Anda dapat meningkatkan peluang viewers akan lebih memilih mengklik video Anda sebelum video orang lain. Selain thumbnail menarik Anda juga harus membuat playlist. Playlist yang tidak seragam juga membuat video Anda kurang tertata dengan baik. Itulah mengapa Anda harus membuat playlist (daftar putar) dan mengurutkan konten video berdasarkan tanggal, tema, isi, dan lainnyal. Hal ini akan memberikan audiens gambaran konten yang lebih baik dan juga akan sesuai dengan segmentasi audiens Anda

 

Deskripsikan nilai yang Anda tawarkan

Apakah semua youtuber perlu personal branding? Tentu saja! Personal branding secara tidak langsung memberitahukan pada viewers youtube mengapa mereka harus mensubscribe atau menonton chanel Anda, bukan yang lain. Membangun personal branding untuk youtuber merupakan hal yang sangat penting.

Melalui personal branding Anda seolah-olah mendeskripsikan atau mengatakan “Ini konten saya dan inilah saya” Gunakanlah kata-kata terbaik untuk mendeskripsikan nilai yang Anda tawarkan.Hanya Anda sendiri yang tahu apa nilai-nilai yang Anda punya. Sebagai gambaran, Anda bisa menggunakan kata-kata yang menarik dan singkat. Tujuannya adalah untuk memperkuat personal branding sekaligus bisa menjadi slogan untuk konten youtube Anda.

 

Promosi lintas platform

Strategi membangun personal branding untuk youtuber lainnya adalah dengan melakukan promosi.Promosi yang dilakukan adalah lintas platform diberbagai akun sosial media dan website Anda secara berkala dan bergantian. Cara ini terbukti ampuh untuk membangun personal branding Youtuber. Misalnya bila Anda memiliki akun di Twitter, Facebook dan Instagram, Anda bisa membuat status di Twitter dan Facebook isinya mengarahkan orang untuk subscribe channel Youtube Anda sekaligus follow akun Instagram yang Anda punya.

Besoknya di channel Youtube, Anda bisa mempromosikan akun Twitter dan Facebook. Lusa juga lakukan demikian dan begitu seterusnya secara bergantian. Youtuber dengan personal branding yang bagus dapat menjadi magnet sehingga orang-orang di media sosial berlomba-lomba untuk menjadi follower atau subscriber. Semakin baik personal branding dan promosi, maka akan semakin meningkat pula kepercayaan orang terhadap channel youtube Anda dan semakin banyak pula orang yang menonton sekaligus subscribe.

 

Bangun koneksi untuk tingkatkan personal branding

Strategi terakhir membangun personal branding untuk youtuber adalah koneksi. Personal branding youtube dapat menciptakan koneksi. Untuk membangun koneksi yang baik dan berkelanjutan, tingkatkanlah interaksi sosial secara online dengan para viewers atau audiens. Sapa mereka dan berikan apresiasi kepada orang-orang yang menjadi target viewers Anda. Aktiflah memberikan komentar atau membalas komentar yang diberikan oleh para viewers. Anda juga bisa memancing diskusi lebih lanjut di setiap postingan youtube yang sudah Anda bagikan.

Hal ini akan menunjukkan bagaimana Anda sebagai youtuber bisa berinteraksi dengan baik dengan publik dan penonton setia Anda. Hasil dari proses ini juga akan membentuk koneksi yang kuat antara youtuber dengan orang-orang yang mencarinya. Setelah itu tercapai,secara otomatis kepercayaan dapat ditumbuhkan. Miliki banyak akun sosial media dan kelola semuanya secara rutin untuk memperkuat koneksi.

 

Untuk membangun personal branding di Youtube, Anda harus dapat menentukan bagaimana Anda ingin memposisikan diri dan bagaimana Anda ingin dikenal oleh masyarakat. Tertarik untuk membangun personal branding yang baik di Youtube dengan bantuan Penulis.ID?

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID

Latest posts by Dior Asning Kosyu (see all)