Masihkah Jasa SEO Relevan untuk Bisnis?

jasa-seo-penting
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Pada tahun 90an, ada beberapa search engine yang muncul. Ada Architext yang dibuat oleh 6 mahasiswa Stanford diluncurkan pada tahun 1993. Kemudian masih di tahun yang sama, Matthew Gray kali ini dari Massachusetts Institute of Technology membuat search engine dengan nama World Wide Web Wanderer yang kemudian terkenal dengan nama Wandex.

Pada tahun 1994 Alta Vista lahir yang kemudian berkembang menjadi Yahoo. Larry Page dan Sergey Bin sebelum membuat Google membuat search engine sendiri yaitu BackRub di tahun 1996. Pada September 1997, Larry Page dan Sergey Bin mendaftarkan domain dengan nama Google.com. Dari sini sejarah Search Engine Optimization (SEO).

Bayangkan saat tahun 90an, ada banyak sekali kontan di internet dan setiap search engine harus memilihnya satu per satu. Bagaimana prosedurnya? Dan bagaimana caranya?

Di dalam artikel kali ini tim Penulis.ID akan membahas bagaimana sejarah perkembangan dari SEO. Lalu bagaimana efek dari jasa SEO untuk bisnis. Tidak hanya itu, ternyata perkembangan SEO zaman dahulu dan sekarang ini sangat berbeda. Pendekatannya juga sangat berbeda dengan zaman sekarang. Sekarang simak, dengan perkembangan SEO yang sangat besar ini, apakah SEO ini masih relevan untuk bisnis?

 

Perkembangan SEO dari waktu ke waktu

Ketika pertama kali muncul, Sergey Bin dan Larry Page membuat sebuah algoritme yaitu halaman apa saja yang mempunyai jumlah keyword paling banyak, dia akan mendapatkan ranking yang lebih baik. Hasilnya banyak halaman yang penuh dengan keyword yang tidak penting, dan akhirnya muncul istilah spam. Algoritme dari Google ini sempat bertahan beberapa tahun lho.

Untuk mencegah halaman website yang spammy ini, Sergey Bin dan Larry Page kemudian membuat sebuah algoritme baru dengan nama PageRank. Jadi setiap domain website akan mempunyai PageRank, semakin tinggi PageRank sebuah website maka akan semakin tinggi kemungkinan muncul di halaman pertama Google. PageRank ini akan di-update secara random, terkadang 1 bulan sekali, 2 bulan sekali, atau bahkan 6 bulan sekali.

KinderStart.com, pernah menuntut Google karena PageRank-nya menurun dan mengakibatkan bisnisnya merugi jutaan dolar. Tentu Google tidak tahu apa-apa, karena untuk menentukan PageRank ini dilakukan oleh komputer, sehingga tuntutan yang dilakukan oleh KinderStart.com tidak bisa dilanjutkan. Tetapi dari sini menunjukkan bahwa SEO di Google menjadi sangat krusial bagi setiap bisnis.

Tahun 2011 menjadi tahun puncak perkembangan jasa SEO, khususnya di Google. Ketika Bing pertama kali muncul di tahun 2009, Google seakan mendapatkan banyak tekanan. Dari situ, Google langsung meluncurkan beberapa algoritme terbaru. Google mengeluarkan algoritme Panda, sebuah algoritme baru dari Google yang bisa membersihkan semua halaman yang sengaja dibuat untuk berada di halaman pertama Google. Kriteria dari Google yang terbaru adalah situs dengan lebih banyak update akan lebih perform dibandingkan dengan website yang jarang update.

jasa-seo-penting

Masihkah jasa SEO penting? Photo Credit: Pexels

 

Content Marketing vs jasa SEO

Salah satu kesalahan dalam sebuah bisnis adalah Anda terlalu fokus kepada SEO. Sebagai informasi, Google selalu meng-update search engine dalam jangka waktu yang tidak terduga, kadang 2 bulan sekali, bahkan sampai setahun sekali. Sekali update, hampir seluruh search engine akan berubah, walaupun tidak terlalu signifikan. Untuk mengatasi hal tersebut, daripada Anda terus beradaptasi dengan berubahnya SEO setiap waktu, Anda bisa sedikit beralih fokus kepada content marketing.

Content marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan secara menarik, relevan, dan konsisten agar informasi yang disampaikan kepada calon pelanggan tersampaikan. Ada banyak sekali jenis content marketing, di antaranya adalah:

  • Social Media Marketing

Fokus untuk membuat media sosial bisa dimanfaatkan dengan baik untuk berjualan atau sekadar menyampaikan informasi

  • Search Engine Optimization

Pemanfaatan jasa SEO untuk membuat sebuah konten yang berkualitas

  • Inbound Marketing

Bagaimana membuat sebuah campaign yang berusaha mendatangkan pelanggan dengan sendirinya, mulai dari blog, iklan, sampai melalui media sosial.

Setelah melihat penjelasan dari apa itu content marketing, sekarang Anda akan mengerti bahwa sebenarnya content marketing ini sangat erat hubungannya dengan SEO. Secara kasarnya adalah jika Anda melakukan content marketing dengan baik, Anda akan mendapatkan SEO juga.

Dari penjelasan di atas, Anda akan mengetahui bahwa sebenarnya antara content marketing dan juga jasa SEO ini sangat erat hubungannya. Bahkan bisa dibilang, jika Anda bisa melakukan content marketing dengan tepat, Anda bisa mendapatkan SEO secara maksimal. Berikut adalah contoh bagaimana content marketing dan SEO bisa berjalan berkesinambungan.

  • SEO tidak bisa bekerja tanpa konten

Sepintar apapun pengetahuan Anda soal SEO, Anda wajib mempunyai konten yang baik. Mulai dari judul, kalimat pembuka, paragraf, sampai bagaimana sebuah artikel dibuat. Itu semua sangat berhubungan dengan konten. Sekarang coba bayangkan Anda tidak mempunyai kemampuan konten yang baik, tentu SEO yang sudah Anda rancang lama tidak akan berhasil

  • SEO membutuhkan keyword

Keyword atau kata kunci ini tidak sembarangan ditulis. Seperti dijelaskan di awal bagaimana sejarah SEO muncul, kata kunci semakin lama semakin penting alias berkualitas. Jika dulu jumlah kata kunci sangat berpengaruh dari hasil di halaman Google, maka sekarang kualitas kata kunci ini yang menjadi hal utama dalam SEO. Bagaimana kata kunci tidak dipaksakan muncul di awal, ataupun di akhir artiel saja. Jadi content marketing bakal sangat berpengaruh di sini.

  • SEO membutuhkan backlink

Yup, salah satu jasa SEO old school yang masih bertahan sampai sekarang adalah backlink. Google sangat mengapresiasi sebuah halaman yang mendapatkan link masuk dalam jumlah yang banyak. Ini menandakan bahwa sebuah halaman tersebut mempunyai kualitas tinggi. Walaupun Google terus memperbarui algoritmenya untuk mengetahui mana link yang spam dan mana yang tidak, tapi sampai sekarang backlink menjadi titik kunci sebuah halaman.

 

Jadi, apa yang harus Anda lakukan?

Pertanyaan terakhir dalam artikel kali ini adalah lalu apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan SEO berkualitas? Apakah bisnis Anda masih mempertimbangkan jasa SEO? Jawabannya adalah content marketing. Untuk mendapatkan website dan artikel yang berkualitas, content marketing bakal jadi solusi yang sempurna. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini.

  • Tentukan target keyword selama satu tahun ke depan

Content marketing tidak bisa dilakukan hanya dalam 1-2 bulan, Anda harus fokus dalam melakukan content marketing minimal 6 bulan dan paling bagus 1 tahun. Pilih beberapa keyword yang harus Anda sasar, cari melalui Google Analytics, Google Trend, ataupun Google Keyword Tools. Sortir sampai 50 keyword lengkap dengan traffic per bulannya.

  • Fokus pada longtail keyword

Longtail keyword adalah keyword dalam versi yang lebih panjang. Ini penting karena Anda akan kesulitan untuk bertarung melawan website besar, oleh karena itu longtail keyword ini bisa jadi solusi yang menarik.

  • Gabungkan campaign website, media sosial, dan offline

Hal penting lainnya adalah jangan sampai antara website (SEO), media sosial, dan iklan di offline ini mempunyai perbedaan. Misalnya di website Anda fokus “cara membersihkan sepatu”, itu berarti di sosial media dan juga promosi offline harus fokus ke-campaign tersebut. ingat, semakin banyak link yang masuk dan traffic yang datang dari banyak arah akan menjadi SEO yang berkualitas

  • Iklan

Jika Anda punya sedikit budget untuk beriklan di internet, gunakan di Google Adwords ataupun iklan di media sosial. Samakan dengan campaign yang Anda lakukan di semua platform Anda, manfaatkan iklan untuk meraup traffic sebanyak-banyaknya

  • Buat tim content marketing

Terakhir adalah jangan ragu untuk membangun tim content marketing. Fokuskan mereka dalam membuat dan merancang campaign. Dengan begini Anda mempunyai sebuah tim yang fokus dalam merancang dan melaporkan bagaimana progress campaign setiap bulannya.

Itulah jawaban apakah jasa SEO masih relevan untuk bisnis menurut tim Penulis.ID. Jika mindset Anda sekarang masih fokus ke dalam old school SEO, Anda harus segera mengubah hal tersebut.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID