4 Case Study Brand yang Sukses dengan Content Marketing di Indonesia

content marketing di Indonesia
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Online marketing di Indonesia nyatanya cukup memberikan hasil yang menjanjikan. Sebagai seorang pengusaha, tak ada salahnya Anda juga harus mencoba metode marketing yang satu ini. online marketing merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan cara memanfaatkan platform-platform online yang  ada, baik itu berupa situs, email, media sosial, dan sejenisnya. Online marketing ini semakin berkembang didukung dengan majunya teknologi yang menyebabkan hampir setiap orang bisa mengakses internet dengan mudah, tak terkecuali di Indonesia.

Kemajuan teknologi telah perlahan menggeser pola marketing tradisional ke arah yang lebih digital. Semakin banyak pelaku usaha yang melancarkan kegiatan pemasaran mereka secara gencar di dunia online. Metodenya pun ada bermacam-macam tergantung pada platform mana yang akan digunakan. Salah satu metode online marketing yang cukup banyak dipakai adalah content marketing. Seperti namanya, content marketing di Indonesia ini mengandalkan isi artikel untuk menarik perhatian dari para calon pembelinya.

Content marketing di Indonesia dilakukan dengan cara membuat tulisan yang kemudian di-post di masing-masing situs. Penulisan konten sendiri ini juga ada triknya. Hal ini bertujuan agar konten yang dibuat dapat menduduki peringkat teratas dalam mesin pencarian sehingga bisa meningkatkan click rate. Semakin sering suatu konten muncul di mesin pencarian, maka semakin besar website tempat konten tersebut dikunjungi oleh para audience.

Cara agar konten dapat menduduki peringkat teratas mesin pencarian adalah dengan memanfaatkan yang namanya SEO atau Search Optimization Engine.  Hal ini dilakukan dengan memasukkan kata kunci-kata kunci tertentu dalam artikel yang Anda buat. Semakin banyak Anda menggunakan kata kunci yang sering digunakan orang ketika mencari sesuatu di mesin pencarian, maka semakin baik untuk artikel Anda. namun hal ini sebaiknya tidak mengorbankan kualitas artikel itu sendiri karena tidak sedikit para pembuat konten yang memasukkan kata kunci namun sifatnya memaksa atau kurang relevan dengan yang dibahasnya.

Strategi pemasaran online dengan menggunakan konten ini juga telah banyak dipakai oleh brand-brand besar di Indonesia, baik itu mereka yang masih startup ataupun yang sudah memiliki nama. Online marketing melalui konten terbukti ampuh menjaring lebih banyak audiensi yang kemudian akan diarahkan menjadi buyer. Berikut beberapa case study content marketing di Indonesia yang telah berhasil menjaring lebih banyak konsumen.

Zenrooms

content marketing di indonesia
Photo credit: commons.wikimedia.org

Di kalangan para traveler, mungkin nama Zenrooms ini sudah akrab didengar. Zenrooms merupakan sebuah situs yang memungkinkan orang-orang untuk memesan kamar dengan harga murah. dibanding dengan harga normal, Zenrooms yang telah bekerja sama dengan agen hotel-hotel tertentu menawarkan harga menginap per malam yang lebih terjangkau. Zenrooms saat ini berfokus untuk menyediakan layanan kamar di Asia Tenggara, terutama di wilayah Singapura yang notabene adalah destinasi wisata yang menarik dan murah di Asia Tenggara.

Bekerja sama dengan Penulis.ID, Zenrooms membuat artikel dengan konten yang tak lupa menyertakan SEO di dalamnya. Alhasil, ketika seseorang mengetikkan kata kunci yang sering dicari di Google, sebut saja “hotel murah di Geylang Singapura” maka mesin pencari akan menampilkan Zenrooms sebagai salah satu opsi di kotak hasil pencarian paling atas. dari sini, pembaca pun akan diarahkan ke situs tersebut untuk memilih hotel lebih lanjut.

Tak hanya berisi mengenai informasi hotel dan penginapan murah serta apa saja fasilitasnya, Zenrooms juga menulis beberapa artikel yang berisi informasi berupa tips untuk para traveler maupun artikel lain yang berbau lifestyle. Website yang memiliki konten menarik seperti ini akan membuat para audiensi kembali berkunjung ke situ lagi jiak mereka ingin membaca kembali tips dan informasi yang ada di dalamnya.

Traveloka

content marketing di indonesia
Photo credit: Tookapic (pexels.com)

Siapa yang tak kenal Traveloka? Situs yang satu ini merupakan salah satu platform terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai macam akomodasi bagi mereka yang akan berlibur atau bepergian. Muali dari tiket kereta api, tiket pesawat, hingga informasi hotel semua bisa dilihat di website Traveloka. Semisal ingin melakukan penerbangan, di situs ini orang bisa melihat dan membandingkan mana saja maskapai yang murah. untuk mewujudkan hal ini, Traveloka juga telah bekerja sama dengan berbagai maskapai penerbangan terkait. Begitu pun dengan tiket kereta dan hotel.

Tak cukup sampai di situ, Traveloka juga memungkinkan orang-orang untuk memesan tiket secara gratis melalui aplikasi di smartphone mereka. Tentu saja hal ini membuat semuanya lebih praktis, bukan? Tak heran jika semakin banyak orang memakai jasa brand ini. Perlu Anda ketahui, banyaknya orang yang mengakses situs tersebut juga tak lepas dari peran content marketing. selain memberikan informasi mengenai tiket penerbangan berbagai rute dan penginapan, Traveloka juga memiliki blog. Blog ini berisi informasi yang bermacam-macam.

Ada informasi mengenai maskapai penerbangan tertentu, panduan bagi mereka yang baru pertama kali melakukan penerbangan, serta tips-tips lainnya. Artikel yang berisi konten semacam itu ternyata cukup mampu membuat orang menyukai situs yang satu ini karena artikel tersebut dianggap bermanfaat dan bisa membantu. Untuk content marketing-nya, Traveloka juga tak lupa menyisipkan kata kunci tertentu untuk bisa “terpancing” dalam hasil mesin pencarian.

Tokopedia

Satu lagi platform online terbesar di Indonesia yang sangat populer, Tokopedia. Bagi Anda yang gemar berbelanja di Tokopedia, pasti sudah tahu betapa besarnya situs ini dengan menyediakan barang-barang keperluan mulai dari rumah tangga hingga teknologi. Semakin beragamnya barang yang ditawarkan, hal ini membuat Tokopedia ramai dikunjungi oleh orang-orang dari berbagai kalangan dengan kebutuhan yang juga beragam.

Di situs ini pun Anda bisa membandingkan harga antara satu penjual dan penjual lainnya. selain itu, untuk memberikan pengalaman yang maksimal bagi para user-nya, Tokopedia juga memberikan informasi terkait penjualnya sehingga calon pembeli tak perlu merasa khawatir dengan kualitas barang yang mereka beli. Menariknya, Tokopedia tak hanya berfokus sebagai portal jual beli Online, tapi juga memiliki blog. Di blog milik Tokopedia, Anda bisa menemukan berbagai macam informasi dan berita terkini yang bermanfaat.

Di blog-nya pun Tokopedia juga menge-post press release sehingga orang-orang tahu hal-hal terbaru apa yang dilakukan oleh Tokopedia. Hal ini tentu saja membuat orang yang biasa belanja di Tokopedia selalu menantikan update-an terbaru dari website ini. Tak cukup sampai di situ, Tokopedia juga ada kalanya mengangkat kisah seputar penjualnya yang sukses. Hal ini pun bisa memotivasi para pembacanya. Jadi, tak hanya jual-beli, Tokopedia juga melakukan online marketing dengan memberikan konten-konten yang menarik dan bermanfaat untuk para pembacanya.

Modalku

Case study content marketing di Indonesia selanjutnya yakni brand Modalku. Mungkin brand yang satu ini belum seberapa akrab di telinga Anda. Perlu diketahui, Modalku adalah salah startup FinTech di Indonesia yang juga cukup ramai. Saat ini, FinTech semakin populer di Indonesia. FinTEch memudahkan orang untuk melakukan transaksi keuangan secara Online, termasuk salah satunya untuk proses pinjam meminjam.

Melihat pertumbuhan FinTEch yang sepertinya kain subur di Indonesia, Modalku ikut terjun dalam dunia ini. Sebagai pola marketing-nya, bekerjasama dengan Penulis.ID, Modalku membuat konten artikel yang berisi mengani tips-tips yang ditujukan pada pengusaha pemula. Tips-tips tersebut termasuk bagaimana cara mendapatkan pinjaman yang mudah dan bagaimana mengelola suatu bisnis. Artikel semacam ini tentu saja membuat situs tersebut banyak dikunjungi, terutama oleh mereka yang tertarik dengan dunia bisnis.

Hasilnya, mereka yang telah membacanya akan termotivasi untuk mendirikan bisnis dan bahkan tidak menutup kemungkinan akan mengubah stereotip masyarakat selama ini bahwa mendirikan bisnis hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki modal dan seandainya meminjam bank pun pencairannya cukup memakan waktu. Nyatanya, siapa pun bisa mendirikan bisnis dengan cara meminjam dana yang serba praktis dan mudah melalui peer to peer lending.  Audiensi pun akan tergerak untuk mencoba layanan FinTech yang ditawarkan oleh Modalku tersebut.

Seperti yang telah kita ketahui, masalah umum yang dialami oleh para startup atau pelaku bisnis UKM adalah modal. Tujuan Modalku adalah untuk membantu para pelaku bisnis ini untuk mendapatkan modal dengan mudah. Metode peminjaman yang ditawarkan adalah peer to peer lending dengan prosedur yang lebih mudah dan praktis dibanding peminjaman secara konvensional di bank. Modalku juga tak lupa mengenalkan apa itu metode ini kepada para pembacanya, karena memang pada dasarnya metode p2p lending masih belum populer di Indonesia.

Content marketing di Indonesia tak selalu harus menawarkan produk yang Anda jual. Memang pada daranya itu adalah tujuan utama. Namun jika Anda menge-post artikel dengan konten yang selalu mengarah ke produk maka justru bisa membuat pembaca bosan, apa lagi jika isinya terlalu dipaksakan. Contohnya dapat Anda lihat pada Tokopedia dan Traveloka. Kedua portal terbesar di Indonesia ini meng-update website mereka dengan menge-post artikel-artikel yang beragam namun tetap berkaitan dengan tema utama website tersebut.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba metode online marketing yang satu ini? Untuk membuat konten yang menarik dan juga mampu menjaring lebih banyak audiensi, Anda mungkin akan membutuhkan jasa dari agensi penulisan. Mereka yang ada di sini adalah orang yang terlatih untuk membuat konten yang berkualitas. Namun, jika Anda berpikir Anda bisa membuatnya sendiri secara autodidak, hal itu justru lebh baik karena bisa menghemat budget Anda. namun ingat, membuat konten juga tidak semudah menulis karangan biasa, karena tidak semua orang bisa “menulis”. Selamat mencoba!

Featured image credit: maxpixel.freegreatpicture.com

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.