Cara Mempromosikan Produk Ke Millenial

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Cara mempromosikan produk ke millenial butuh trik khusus. Kalangan millenial yang disebut juga dengan Generasi Y adalah anak muda yang usianya antara 15-34 tahun. Dengan kemajuan perkembangan teknologi dan informasi, orang-orang yang lahir antara 1980-2000 punya selera sendiri dalam melihat suatu produk. Cara promosi yang unik dan menarik jadi hal wajib untuk mencuri perhatian mereka. Inilah 9 cara mempromosikan produk ke millenial yang sudah dirangkum oleh tim Penulis.ID.

 

Singkat dan menarik

Cara mempromosikan produk ke millenial yang pertama yaitu singkat dan menarik. Daya beli kaum milenial yang terus meningkat tiap tahunnya membuat mereka saat ini menjadi segmen pasar terbesar bagi berbagai brand-brand besar. Untuk mencuri perhatian generasi millenial, tim Penulis.ID menyarankan, produk yang Anda promosikan harus memiliki materi iklan yang informatif namun singkat dan jelas. Bila promosi menawarkan produk saja biasanya tidak akan dilirik.

Sebaiknya tunjukkanlah nilai lebih yang dimiliki produk Anda. Jangan menggunakan kata-kata yang normatif dan bertele-tele. Materi iklan harus padat, otentik tapi juga efektif untuk mereka yang kurang suka membaca. Anda dapat menyajikan artikel dengan informasi selengkap mungkin tentang produk namun tetap dikemas dengan kreatif. Ciptakan konten yang dapat memberikan solusi untuk mereka.

 

Lewat aktifitas positif

Cara mempromosikan produk ke millenial selanjutnya yaitu bangunlah citra produk lewat aktifitas positif yang saat ini sedang digemari anak-anak muda. Bila produk Anda adalah produk yang berhubungan dengan bidang olahraga, Anda dapat mengenalkan produk dengan menjadi sponsor di berbagai event fun run yang sekarang ini banyak menjamur. Anda bisa menjadi sponsor untuk konser musik dengan artis-artis yang difavoritkan generasi millenial.

Kaum millenial dikenal loyal pada merk yang sudah mereka sukai. Agar bisa selalu disukai oleh segmen anak muda yang jumlahnya besar, sangat penting untuk terus menyesuaikan diri dengan kegemaran dan kebiasaan mereka. Termasuk aktifitas apa yang sedang hits dikalangan anak muda. Untuk memikat perhatian generasi milenial, mengetahui preferensi mereka saat ini adalah hak yang sangat penting supaya promosi Anda tepat sasaran.

 

Buat iklan yang out of the box

Cara mempromosikan produk ke millenial tak cukup hanya dengan membuat iklan yang menarik saja. Banner dan pop up yang pernah hits sebagai strategi promosi secara online justru dianggap generasi millenial mengganggu saat mereka sedang membuka internet. Untuk itu, mencuri perhatian mereka sebaiknya carilah cara lain yang lebih kreatif dan out of the box.

Anda bisa membuat native ad yang saat ini merupakan format iklan yang cukup digemari kaum millenial. Penyajian iklannya dapat dikemas layaknya iklan yang bernarasi. Seperti web series atau film singkat yang saat ini menjadi favorit anak-anak muda. Aplikasi line, JD ID dan berbagai produk lainnya pernah menerapkan strategi marketing dengan cara seperti ini. Dan cara ini terbukti booming. Misalnya AADC the series dan web series Nic and Mar yang dibuat oleh aplikasi Line

 

Promo lewat media sosial

Cara mempromosikan produk ke millenial bisa menggunakan media sosial karena generasi milenial tak bisa lepas dari gadget dalam aktivitas sehari-harinya. Mereka kerap mencari berbagai informasi dengan smartphone yang mereka miliki. Lewat sosial media ataupun berbagai situs pencari. Pastikan bisnis Anda terintegrasi dan tehubung secara online. Anda bisa memanfaatkan berbagai sosial media yang ada seperti facebook, twitter, instagram dan line sebagai sarana promosi produk. Sesuaikan konten tentang produk dan jadikan promosi secara visual, sehingga terlihat lebih menarik dan artistik.

 

Promosi lewat email

Cara mempromosikan produk ke millenial lewat email? Kenapa tidak. Promosi lewat email secara konsisten juga sama efektifnya dengan menggunakan media sosial. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menulis dan mengirim email sendiri-sendiri. Mudahkan diri Anda dengan memanfaatkan fitur email otomatis yang sekarang banyak tersedia opsi. Kirimkan email tentang rilis produk terbaru kepada para calon customer juga bisa efektif dan dapat meningkatkan penjualan. Toko online juga bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak angka penjualan.

 

Diskon khusus follower

Cara mempromosikan produk ke millenial salah satunya adalah memberikan diskon khusus follower. Masukkan diskon ke dalam strategi promosi bisnis Anda dan gunakalah dengan bijak. Hal ini dapat menarik minat calon customer baru tanpa membutuhkan banyak nggaran biaya. Berikan kode diskon khusus untuk follower atau subscriber dan hal ini sekaligus dapat meningkatkan penjualan. Bisa juga membuat promosi beli satu gratis satu, khusus untuk follower.

Pelajarilah karakteristik kaum milenial agar dapat membuat strategi promosi yang lebih tepat sasaran. Perhatikan juga trend terbaru yang sedang hits saat ini dan buat prediksi sehingga Anda bisa mepersiapkannya dengan matang.

 

Buat kuis atau giveaway di sosmed

Cara mempromosikan produk ke millenial bisa juga dengan membuat kuis atau giveaway di berbagai platform. Bila ingin promosikan produk ke generasi millenial efektif pertimbangkan juga untuk membuat kontes berhadiah produk Anda di media sosial. Misalnya membuat challenge tertentu, video contest ataupun photo contest. Dan postingan follower yang paling kreatif akan mendapatkan poin. Poin tersebut bisa ditukar hadiah. Dari chalenge tersebut Anda bisa mengambil 4 atau 5 pemenang yang mendapatkan hadiah produk secara cuma-cuma.

 

Testimoni

Testimonial yang baik akan membantu brand Anda

Cara mempromosikan produk ke millenial selanjutnya adalah testimoni. Generasi yang populasinya terbesar di Indonesia ini biasanya tidak begitu saja pada informasi yang hanya satu arah. Mereka akan lebih menyukai dan mempertimbangkan testimoni yang diberikan orang-orang di internet. Dibandingkan dengan materi iklan yang dibuat oleh perusahaan besar.

Reviewer juga tak segan untuk membagikan pengalaman buruk ketika menggunakan suatu brand. Hal itu dapat menjatuhkan image suatu produk. Testimoni memang tampak seperti pisau bermata dua. Untuk itu Anda bisa bekerja sama dengan para influencer atau blogger yang punya banyak follower untuk memberikan review positif tentang produk Anda.

 

Optimalkan SEO

Strategi mempromosikan produk ke millenial adalah mengoptimalkan SEO. Mengapa? Karena generasi millenial tidak bisa lepas dari gadget dan mereka sering mencari informasi melalui berbagai situs pencari. Generasi muda menginginkan hal-hal yang sesuai dengan teknologi yang mereka miliki saat ini. Sebagian besar dari mereka memiliki smartphone (74%) dan laptop. Bahkan mereka juga menonton TV di laptopĀ  (75%).

Optimisasi mesin pencari (SEO) dengan tepat akan membuat produk Anda mudah dikenal oleh generasi muda. Selalu ingat untuk memilih kata kunci dan frasa yang relevan serta cocok dengan karakter produk Anda. Hal ini cukup efektif untuk megenalkan produk Anda kepada anak-anak muda.

 

Itu dia cara mempromosikan produk ke millennial yang telah disusun oleh tim Penulis.ID. Tertarik untuk mempromosikan produk agar makin dikenal ke generasi millenial?

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID