Tips Email Marketing: Cara Mendapatkan Subscriber Email

email marketing
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Ketika Anda sedang membangun bisnis baru, pasti Anda akan melihat beberapa cara promosi untuk mendatangkan pelanggan baru. Mulai dari promosi menggunakan media sosial, iklan di website, internet, koran sampai televisi. Dari banyaknya cara promosi tersebut, ada salah satu promosi melalui internet yang masih tetap digandrungi sampai sekarang, email marketing.

Email marketing adalah usaha memasarkan sesuatu melalui email yang biasanya dikirimkan secara masal kepada pelanggan yang telah mendaftarkan emailnya. Tujuannya untuk memberikan informasi, promosi atau melakukan komunikasi terhadap pelanggan. Kenapa tips email marketing ini banyak digunakan? Karena ketika Anda mendapatkan ratusan atau bahkan email yang terdaftar, itu berarti Anda mempunyai daftar pasti orang-orang yang tertarik dengan produk atau jasa Anda. Tips email marketing dirasa lebih bermanfaat dibandingkan iklan di internet lainnya.

Tetapi, ternyata tidak gampang untuk mendapatkan orang mendaftarkan emailnya ke website Anda. Anda harus membuat template website yang bagus, kata-kata call-to-action yang tepat dan me-maintain pengiriman email ke subscriber dengan benar. Anda mungkin tidak bisa langsung mendapatkan puluhan atau ratusan email dalam 1-2 bulan pertama, tetapi jika kamu sudah mengetahui tipsnya, maka Anda akan dengan mudah mendapatkan subscriber.

Di artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan subscriber email, walaupun website Anda masih baru sekalipun. Tips dan trik ini bisa Anda terapkan ketika website Anda baru saja launching atau dalam waktu dekat Anda ingin melakukan reframe website.

 

Beri Pelanggan Anda Konten Gratis

Sudah bukan rahasia lagi bahwa seluruh orang di dunia ini suka dengan hal-hal yang gratis, salah satunya adalah konten gratis. Konten di sini bisa bermacam-macam jenisnya, ada konten katalog khusus, konten berisi promosi ataupun konten berisi artikel yang bermanfaat. Misalnya bisnis Anda adalah toko cuci sepatu, Anda bisa memberikan konten berisi cara membersihkan sepatu sendiri di rumah atau cara merawat sepatu.

Syarat untuk mendapatkan konten gratis ini bisa ditukar dengan nama, alamat, sampai email. Jangan lupa untuk memberikan keterangan, bahwa dengan bersedia mendapatkan konten gratis ini, para pelanggan Anda setuju untuk menjadi subscriber Anda. Semakin menarik konten gratis yang Anda buat, akan semakin banyak pula subscriber Anda nantinya.

 

Mendaftar = Subscriber Email

Jika website Anda sudah launching, maka usahakan Anda membuat fitur pendaftaran. Apapun jenis bisnis Anda, pendaftaran wajib ada. Manfaatnya antara lain Anda bisa mengetahui seberapa besar antusias para pelanggan untuk melakukan transaksi melalui website, selain itu ketika ada sistem pendaftaran itu berarti website Anda bisa menerima transaksi 24 jam non-stop dan manfaat terakhir adalah Anda bisa mendapatkan subscriber email.

Jadi yang perlu Anda perhatikan adalah meletakkan tulisan “SIGN UP” atau “MENDAFTAR” di posisi yang strategis. Misalnya di sidebar kanan bagian atas website Anda atau di tengah website Anda. Kalaupun website Anda ternyata tidak membutuhkan pendaftaran, Anda bisa meletakkan tulisan “SUBSCRIBE” di bagian sama seperti yang dijelaskan di atas. Jika selama 1-2 bulan website Anda mempunyai traffic yang bagus tetapi tidak ada yang mendaftar, Anda bisa mengubah letaknya kembali.

 

Boleh Menggunakan Pop Up Email Sign Up?

Mungkin Anda pernah masuk ke dalam sebuah website yang tiba-tiba mengeluarkan sebuah pop-up yang isinya tentang pendaftaran email. Apakah hal tersebut diperbolehkan? Jawabannya sangat boleh, malah disarankan untuk bisa melakukan hal ini di dalam website Anda. Yang tidak diperbolehkan adalah Anda mengeluarkan pop up berkali-kali. Ini akan malah akan membuat pengunjung website Anda kesal dan mungkin tidak akan kembali ke dalam website Anda.

Jadi, untuk membuat pop up email sign up, Anda bisa membuat semenarik mungkin dan usahakan agar muncul tidak terlalu sering. Ini akan mencegah pengunjung baru yang tidak ingin mendaftar email tidak frustrasi melihat pop up yang selalu keluar di website Anda.

 

Membuat Bundle Promosi dengan Rekan Bisnis

Cara ini ternyata banyak digunakan oleh para pebisnis baru yang ingin mendapatkan subscriber email yang cukup banyak. Misalnya bisnis Anda bergerak di bidang cuci sepatu, Anda bisa bekerja sama dengan rekan bisnis Anda yang berada di bidang yang sama, misalnya jual sepatu. Di sini Anda bisa bekerja sama untuk melakukan bundling promosi. Jika mendaftar sekarang di website Anda, para subscriber akan langsung mendapatkan katalog sepatu atau bahkan diskon untuk membeli sepatu.

Dengan cara ini, diharapkan Anda akan mendapatkan lebih banyak subscriber karena pelanggan Anda akan melihat daftar di satu tempat sudah mendapatkan 2 keuntungan. Tetapi ingat ya, pilih rekan bisnis yang sudah mempunyai nama atau minimal mempunyai produk yang bagus. Ini adalah win-win solution yang sangat bagus untuk bisnis Anda yang masih baru.

 

Buat Promosi di Toko Offline Anda

Cara selanjutnya adalah dengan cara membuat promosi di dalam toko offline Anda. Misalnya sebelum membuat website dan memasarkan secara online, ternyata Anda sudah mempunyai pelanggan toko offline yang lumayan banyak. Untuk menggiring mereka berbelanja juga melalui website, Anda harus membuat promosi yang menarik, misalnya yang dilakukan oleh H&M. Di setiap toko offline H&M pasti akan diberikan promosi bahwa jika pelanggan mendaftarkan email mereka di kasir, maka mereka akan berhak mendapatkan diskon sebesar 15%.

Syarat cara ini berhasil adalah Anda harus mempunyai toko offline terlebih dulu yang sudah mempunyai banyak pengunjung. Selain itu pastikan bahwa pengunjung toko offline Anda ini sudah melek dengan internet ya, karena tentu Anda tidak mau bahwa subscriber email Anda sia-sia.

 

Gunakan Facebook atau Twitter Ads

Selanjutnya adalah Anda bisa memanfaatkan Facebook atau Twitter Ads. Beberapa brand besar dunia sampai sekarang masih memanfaatkan Facebook Ads ataupun Twitter Ads untuk mempromosikan email subscriber mereka. Salah satunya adalah Bayern Munchen, Adidas, dan beberapa brand besar lain. Memang, jika melihat brand besar tersebut, mereka sudah mempunyai basis penggemar yang cukup.

Sebagai tips untuk Anda yang ingin mempromosikan email subscriber melalui Facebook ataupun Twitter Ads, Anda bisa melihat terlebih dahulu jenis market Anda. Apakah pembeli ini lebih banyak datang dari media sosial atau tidak? Jika memang calon pembeli Anda ini tidak datang dari media sosial, tidak usah terlalu memaksakan menggunakan Facebook Ads ataupun Twitter Ads.

 

Membuat Acara Offline

Cara selanjutnya adalah dengan membuat acara offline. Ini sebenarnya caranya hampir sama dengan memanfaatkan toko offline, tapi perbedaannya dengan membuat acara offline ini Anda akan sedikit “memaksa” untuk para pelanggan mendaftarkan email mereka. Misalnya Anda mempunyai acara dengan tema yang cukup menarik, salah satu syarat untuk melakukan pendaftaran adalah menyetor nama dan email. Dengan begitu, Anda sudah mendapatkan subscriber email dengan mudah.

Selain membuat acara sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan acara-acara yang ada di sekitar Anda. Misalnya Anda bisa berkontribusi melakukan promosi atau Anda menawarkan diskon menarik untuk para pengunjung yang datang acara tersebut. Dengan syarat semuanya harus mendaftarkan melalui email atau menyerahkan email. Cara ini lebih sederhana dan tidak membutuhkan effort lebih daripada membuat acara sendiri.

 

Cara Me-Maintain Subscriber Email Anda

Setelah Anda melakukan cara di atas, ada baiknya Anda juga harus mengetahui bagaimana cara me-maintain subscriber email Anda. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meletakkan alamat perusahaan secara lengkap dan jangan lupa untuk meletakkan tulisan “UNSUBSCRIBE” di dalam email. Ini merupakan hak pelanggan untuk menghentikan berlangganan email, jadi Anda harus menghargai hak pelanggan tersebut.

Setelah itu, Anda bisa mengirimkan email blast kepada subscriber email Anda maksimal 1 hari sekali. Untuk perusahaan yang masih baru, Anda cukup mengirimkan email blast kepada subscriber Anda 2 kali seminggu atau bahkan seminggu sekali. Hal yang terpenting adalah Anda harus terus melakukan email blast minimal 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Ini dilakukan agar pelanggan tahu tentang promosi dan produk yang Anda jual.

Untuk Anda yang awam dengan email blast, Anda beberapa tools yang sangat berguna untuk melakukan email blast. Antara lain menggunakan GetResponse, AWeber, atau MailChimp. Ketiga tools di atas ini mempunyai kemampuan yang maksimal dan ditunjang dengan harga yang tidak terlalu mahal. Tergantung database email subscriber Anda, rata-rata harga tools di atas mulai dari 200 ribu rupiah per bulan.

Itulah beberapa tips email marketing dan cara mendapatkan subscriber email yang bisa Anda lakukan. Terus lakukan maintenance dan evaluasi, sampai pada akhirnya Anda menemukan cara yang pas bagaimana mendapatkan email subscriber dengan benar. Karena jenis atau tipe pelanggan ini berbeda-beda, mungkin cara A berhasil dilakukan di perusahaan B, tetapi cara tersebut ternyata tidak berhasil Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga beruntung.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith