Apa yang Harus Dicari Dalam Memilih PR Agency di Jakarta?

PenulisID - Apa yang harus dicari dalam memilih PR agency di Jakarta
Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Public relation memiliki peran yang penting dalam menjalankan sebuah usaha. Oleh karena itu, memiliki sebuah public relation yang tepat dan cocok dengan visi dan misi dari usaha yang Anda miliki. Ada banyak sekali PR agency di Jakarta yang menawarkan beragam layanan public relation dengan kualitas yang baik juga.

Meskipun demikian, Anda harus bijaksana dalam memilih PR agency terbaik di Jakarta agar bisa mendapatkan keuntungan lebih, bukan malah mendapatkan kerugian. Maka dari itu, Anda harus mengetahui beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih public relation agency. Dalam artikel ini, Tim Penulis.ID telah menghimpun beberapa kunci penting dalam memilih PR agency terbaik di Jakarta. Simaklah di bawah ini!

PenulisID - Apa yang harus dicari dalam memilih PR agency di Jakarta
Apa yang harus dicari dalam memilih PR agency?

Ukuran PR Agency

Hal pertama yang perlu Anda tahu saat memilih PR agency terbaik di Jakarta adalah melihat ukuran dari agency tersebut. Saat Anda mencari sebuah agency, Anda harus ingat bahwa harus paham bahwa ukuran agency yang besar bukanlah hal yang penting. Ukuran agency yang besar tidak selalu membawa keuntungan yang besar. Ada juga agency kecil yang mampu memberikan keuntungan lebih besar.

Pada umumnya, sebuah PR agency  yang lebih besar biasanya juga meminta biaya yang lebih besar pula. Di sisi lain, saat Anda lebih memilih untuk mencari agency kecil, Anda harus memastikan bahwa agency tersebut memiliki staf yang berpengalaman di industri tersebut, sesuai dengan kebutuhan bisnis yang Anda miliki.

Pengalaman Panjang PR Agency di Jakarta

Selama ini, pengalaman sebuah PR agency dalam industri adalah kunci utama yang biasa didiskusikan saat pelaku usaha melakukan pertemuan sebelum bekerja sama dengan calon agency yang dipilih. Hal tersebut bisa Anda lakukan pada saat memilih PR agency berpengalaman di Jakarta. Seorang pelaku usaha perlu menelisik lebih lanjut informasi tentang agency yang harus dipilih.

Tidak hanya sekadar mengerti tentang bisnis mereka, tapi juga memahami visi dan misi dan bisnis yang dijalankan. Sangat penting bagi sebuah agency mana saja yang akan dipilih dalam menjalin keakraban dengan industri bisnis yang Anda operasikan. Selain itu, sebuah agency juga wajib mengetahui penggunaan teknologinya, hingga layanan serta jumlah organisasi yang penting diketahui pada bisnis yang Anda jalankan.

Seperti pengalaman tim Penulis.ID ketika dipilih menjadi PR agency sebuah brand, biasanya klien selalu menanyakan mengenai pengalaman yang dipunyai. Dengan tim yang berpengalaman memegang berbagai brand mulai dari brand nasional hingga startup, kami sering memenangi pitching PR agency hanya karena memiliki pengalaman lebih.

Mengenali Tim

Berikutnya, sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk mengenal lebih lanjut tentang tim yang akan bekerja sama dengan tim dari perusahaan Anda. Ketika memilih calon klien, beberapa agency mengirimkan satu perwakilan staf kunci untuk menjamin bisnis baru tersebut. Meskipun demikian, seorang perwakilan staf kunci tersebut tidak diharuskan benar-benar mampu dalam menangani critical task yang berhubungan dengan pengelolaan akun sehari- hari.

Pada umumnya, klien mempunyai kerja sama yang cukup erat dengan tim public relation yang mereka ajak kerja sama dalam masa kontrak. Oleh karena itu, Anda juga perlu melakukan pertemuan secara langsung dengan pihak-pihak yang akan menciptakan, menjalankan, hingga melakukan eksekusi kampanye komunikasi dari bisnis Anda sebelum memberikan keputusan dalam memilih PR agency terbaik di Jakarta.

Harga yang Ditawarkan PR Agency di Jakarta

Ada kualitas, ada harga. Jadi Anda harus melihat harga yang ditawarkan oleh agency. Meskipun begitu, hal tersebut tidak menjadi kewajiban satu-satunya saat memilih sebuah PR agency di Jakarta untuk diajak bekerja sama. Ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih saat berurusan dengan tagihan layanan. Pilihan-pilihan tersebut biasanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan anggaran.

Selanjutnya, sangat penting untuk ada perhatikan mengenai rincian biaya dan pembagian waktu bagi tim public relation saat mengakomodasi kebutuhan dalam bisnis yang Anda jalankan. Hal yang tak kalah pentingnya lagi dari harga yang ditawarkan adalah pemahaman akan target yang ingin bisnis Anda capai dalam harga yang telah Anda bayarkan tadi. Jadi, Anda membayar agency tersebut untuk mewujudkan target perusahaan Anda.

Anda harus memastikan bahwa PR agency yang Anda ingin ajak kerja sama mampu memberikan komitmen sepenuhnya dalam mengukur hasil serta kesuksesan promosi yang bisnis Anda jalankan. Pada akhirnya, kesuksesan dari program yang dijalankan tersebut dinilai dari performa secara keseluruhan, bukan dari biaya yang telah dibayarkan.

Penawaran yang Tersedia

Anda perlu melihat lagi dan menimbang-nimbang apakah layanan yang ditawarkan oleh PR agency di Jakarta tersebut cocok dengan yang Anda perlukan atau tidak. Pasalnya, jika Anda telah menandatangani kontrak kerja sama, bisa jadi Anda akan merasa terjebak dalam ikatan kontrak dan tidak mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pengajuan yang benar harusnya meliputi poin-poin yang terdiri dari beberapa program. Program-program tersebut termasuk activities, elements, serta deliverables and key performance indicators (KPI) yang digunakan untuk mengukur keberhasilan dari kedua belah pihak, baik dari tempat Anda maupun agency yang Anda pilih.

Sebuah program yang akan ditindaklanjuti, berkelanjutan, serta telah terukur dengan rapi sejak awal pembuatan akan lebih menentukan tujuan akhir. Selain itu, program yang telah terencana juga tidak boleh terlewatkan dalam pemilihan PR agency.

 

Bekerjasama dengan PR agency di Jakarta memang cara yang tepat bagi perusahaan Anda untuk meningkatkan promosi dan branding perusahaan yang Anda kelola. Terlebih lagi, ada banyak PR agency di Jakarta yang menawarkan beragam layanan dan harga yang bervariasi sehingga Anda memiliki banyak pilihan. Apabila ternyata bisnis Anda B2B, Anda juga bisa berkonsultasi mengenai strategi marketing yang cocok untuk bisnis Anda. Semoga tips dari Penulis.ID ini bermanfaat bagi Anda!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Adhika Dwi Pramudita

Hey there. My name is Adhika and I’m currently living in Jakarta. I'm one of the Penulis.ID shareholders.