Social Media Agency dan Klien, Cara Menciptakan Hubungan Baik

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Merintis sebuah usaha dalam bidang social media agency di Jakarta tidaklah selalu mudah. Ada banyak hal yang sebaiknya Anda perhatikan. Terutama bila masih dalam tahap rintisan. Salah satunya adalah menjaga hubungan baik dengan klien. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan social media agency dan klien lakukan agar hubungan kerja terjalin seperti apa yang diharapkan? Berikut adalah beberapa tips dan poin yang telah dilakukan oleh Penulis.ID terhadap klien kami.

 

Selalu Menjaga Komunikasi

Komunikasi sangatlah penting ketika Anda menjalin kerjasama dalam sebuah proyek dengan klien. Adanya koordinasi yang baik dibutuhkan untuk mencegah adanya kesalahpahaman. Di sinilah untuk menjaga hubungan baik dengan klien sebisa mungkin optimalkan komunikasi yang ada baik itu melalui pertemuan langsung maupun secara online.

Dengan menjaga komunikasi dan memberikan update, klien akan menjadi tahu mengenai progres yang ada. Anda sebagai pemilik ataupun sebagai seorang project manager di social media agency juga perlu membahas kendala apa saja yang dihadapi. Ini tentu membuat klien lebih mengerti dan memahami kesulitan yang ada. Justru dengan cara ini Anda akan diapresiasi oleh klien, bahkan bukan tidak mungkin klien juga berupaya membantu Anda mencari jalan terhadap masalah dari proyek yang sedang dikerjakan.

 

Mempertahankan Kualitas Kinerja

Ketika klien memilih perusahaan social media agency milik Anda, ini berarti klien tersebut memiliki kepercayaan kepada Anda untuk menyelesaikan sebuah proyek tertentu. Jika klien sudah memberikan kepercayaan, maka selanjutnya tugas Anda adalah memberikan hasil terbaik sesuai dengan kontrak yang sudah disepakati. Hasil terbaik disini bisa dilihat dari kinerja dan kepuasan klien.

Bila kinerja sudah dinilai baik, maka Anda tentu perlu untuk mempertahankannya. Mempertahankan kualitas ini memang bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, penting bagi Anda dan tim dalam social media agency untuk melakukan upgrading. Bicarakan hal apa saja bersama tim Anda mengenai kendala-kendala yang dihadapi. Selain itu dalam mempertahankan kualitas kinerja dibutuhkan pula kekompakan tim dalam mencapai sebuah target  kinerja yang telah ditentukan.

 

Selalu Mengirim Tepat Waktu

Cara lain agar social media agency milik Anda disegani dan semakin mendapatkan respon positif dari klien ialah usahakan mengirim deadline pekerjaan tepat waktu. Alangkah baiknya lagi jika hal tersebut dilakukan sebelum tenggat waktu yang sudah ditentukan. Hal ini dilakukan karena apabila terdapat perbaikan atau revisi, Anda masih memiliki waktu untuk mengerjakannya dengan tenang dan tidak terburu-buru yang pada akhirnya berpengaruh pada kualitas konten yang dibuat.

Meski Anda mengirimnya tepat waktu, bukan berarti tidak memperhatikan isi dari konten yang ada. Sebab kualitas tetaplah menjadi nomor satu. Jangan sampai Anda lebih mengedepankan pada ketepatan waktu namun lalai dalam memperhatikan konten. Jika terjadi keterlambatan pengiriman karena hal teknis atau terpaksa memang harus diundur, maka sebaiknya Anda perlu berkomunikasi yang baik kepada klien dan jangan lupa sampaikan permohonan maaf.

 

Social Media Agency yang Baik: Mendengarkan Pendapat Klien

Dalam dunia social media agency di Jakarta dan di manapun, Anda tentu akan menemui berbagai macam karakter klien. Pasti ada salah satu atau beberapa klien yang mungkin dirasa ‘banyak maunya’. Ini tentu sangat wajar, sebab mereka telah membayar lebih dan mereka menginginkan kepuasan dari hasil yang sudah dikerjakan.

Oleh karena itulah Anda wajib memberikan pelayanan terbaik. Dengarkan apa yang menjadi keluhan maupun masukan dari klien. Jika memang Anda tidak setuju, cobalah untuk bicarakan dengan baik dan tidak menyinggung perasaan baik secara lisan maupun perbuatan. Ingat, yang paling penting adalah selain mendengarkan Anda juga perlu untuk menghargai pendapat klien. Jangan sampai, karena Anda terbawa emosi sesaat lantas terbawa dalam berkomunikasi dengan klien. Jelas, ini adalah kesalahan fatal yang bisa mempengaruhi kepercayaan klien sekaligus bisa menurunkan citra perusahaan Anda.

 

Berikan Lebih dari Ekpektasi Klien

Kinerja Anda dan tim yang baik akan selalu mendapatkan apresiasi dari klien. Mereka pun akan sangat menghargai usaha Anda dan tim lakukan. Terlebih lagi bila Anda memberikan lebih dari ekspektasi yang diharapkan klien. Tentu hal ini akan meningkatkan citra perusahaan social media agency yang sedang Anda jalani. Terutama untuk perusahaan yang sedang dalam tahap merintis.

Tidak hanya itu saja, saat Anda memberikan lebih dari ekspektasi klien baik langsung maupun tidak langsung juga mempengaruhi pola pikir klien. Dengan pelayanan yang seperti ini tentu dapat membuat mereka berpikir untuk mempertahankan kerjasama dengan social media agency Anda. Bahkan bukan tidak mungkin akan merekomendasikan perusahaan Anda kepada orang lain dan hal ini selain membuat perusahaan dikenal luas juga berpotensi mendatangkan keuntungan lebih.

 

Terapkan Metode Kerja Keras dan Cerdas Pada Social Media Agency Anda

Tidak ada pekerjaan yang menuai hasil baik tanpa adanya kerja keras. Persepsi ini pun berlaku pada agency manapun, termsuk social media agency di Jakarta. Namun, kini kerja keras saja tidaklah cukup maka Anda pun perlu untuk menerapkan metode kerja cerdas.

Kerja cerdas di sini adalah Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik tanpa harus menambah jam kerja maupun jam lembur. Di samping itu, Anda dapat memanfaatkan teknologi yang ada dalam menunjang kinerja guna mendapatkan hasil terbaik. Semisalnya saja menggunakan tools terkini sebagai pengingat dan sebagainya. Atau kemudahan berkomunikasi dengan tim di internal maupun dengan klien.

 

Selalu Jaga Norma dan Kesopanan

Selain komunikasi, hal selanjutnya yang patut dijaga dengan baik ialah mengenai norma dan kesopanan. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan adagium yang menyebutkan bahwa ‘Anda Sopan Kami Segan’. Hal tersebut nampaknya berlaku dalam dunia agency, khususnya baik social media agency di Jakarta maupun di kota-kota lainnya.

Bagi klien, meskipun dalam hal ini mereka telah membayar untuk melakukan sebuah proyek bersama menjaga norma dan kesopanan sebaiknya tidak boleh ditinggalkan. Jika kedua belah pihak baik klien maupun social media agency sama-sama memperlakukan masing-masing dengan baik, maka Anda pun akan disegani. Hal ini bisa Anda mulai dari hal-hal yang mendasar. Semisalnya saja ketika membalas email, mengirimkan dokumen dan sebagainya. Nantinya, bila Anda selalu menanamkan nilai-nilai norma dan kesopanan dalam bekerja akan berdampak pada citra perusahaan.

 

Lakukan Evaluasi

Terakhir sebagai upaya menjaga hubungan baik antara social media agency dengan klien yakni dengan melakukan evaluasi. Evaluasi di sini bisa dilakukan oleh pihak social media agency maupun oleh klien. Pada dasarnya adalah klien akan mengevaluasi kinerja social media agency tersebut begitu pula sebaliknya. Beberapa hal yang patut dilakukan disini adalah mengenai kinerja dan keberhasilan sebuah proyek.

Evaluasi dapat dilakukan secara berkala setiap bulan sekali. Tujuannya adalah untuk menentukan apa saja yang menjadi kekurangan dan kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan. Diharapkan dengan adanya evaluasi tersebut masing-masing pihak akan bekerjasama lebih baik lagi ke depannya. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada klien terhadap kesuksesan dari kerjasama yang selama ini sudah dijalin dengan baik.

Cara menjaga hubungan baik dengan klien yang diterapkan pada social media agency di Jakarta dan hampir di seluruh Indonesia di atas memang terbukti efektif setidaknya hingga saat ini. Setidaknya di Penulis.ID, strategi ini berhasil untuk mempertahankan klien kami.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Adhika Dwi Pramudita

Hey there. My name is Adhika Dwi and I’m currently living in Jakarta. Now I work as Business Development Director at Penulis.ID, digital content agency.

Latest posts by Adhika Dwi Pramudita (see all)