Apa yang Harus Dicari dalam Memilih Social Media Agency di Jakarta?

social-media-agency-di-Jakarta
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Banyak perusahaan, baik skala besar maupun kecil, menggunakan cara promosi dengan melibatkan media sosial. Media sosial sendiri sudah mengambil peran banyak hal dalam kehidupan manusia. Pertimbangan menggunakannya sebagai media promosi sudahlah tepat karena jumlah pengguna media sosial terus tumbuh secara global. Itu kenapa social media agency di Jakarta menjadi banyak dicari. Ada yang menawarkan kreativitas, influencer, hingga harga yang murah.

Apa yang harus dicari dalam memilih social media agency? Berikut adalah aspek-aspek penting yang sudah dihimpun tim Penulis.ID sebagai salah satu social media agency di Jakarta.

social-media-agency-di-Jakarta
Kini, social media wajib dimiliki oleh semua bisnis. Photo Credit: Needpix

Kredibilitas

Kredibilitas adalah sesuatu yang sudah menjadi standar pertama yang harus dipenuhi sebuah social media agency. Tujuannya adalah mampu menghasilkan produk sesuai dengan harapan klien. Kredibilitas meliputi segala aspek yang berada pada satu social media agency, di antaranya adalah tim yang mengerjakan proyek Anda, seperti penulis konten, desainer, dan pengembang situs website.

Kredibilitas dibangun dari pengalaman yang dimiliki oleh agency tersebut. Anda tak perlu khawatir lagi untuk menyampaikan konsep yang diinginkan. Membuat konsep adalah salah satu tugas agency yang Anda pilih.

 

Ketahui Latar Belakang Social Media Agency di Jakarta

Mengetahui latar belakang dari sebuah agency sangat penting, terutama jika Anda benar-benar menginginkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Pada umumnya, sebuah social media agency yang berpengalaman sudah memiliki banyak klien yang sudah ditangani. Seperti di Penulis.ID misalnya, adalah salah satu social media agency di Jakarta yang memiliki banyak klien dari berbagai industri. Tim kami telah menangani klien dari bank, finansial, FMCG, pariwisata, hingga startup teknologi.

Banyaknya klien yang pernah ditangani juga menunjukkan sebuah agency tersebut mempunyai reputasi yang baik. Pasalnya, untuk mendapatkan rekanan kelas kakap, social media agency  harus memiliki tim yang bagus. Selain itu, mereka harus bisa mendekatkan klien dengan audiensnya.

 

Tim yang Kompeten

Tim dalam social media agency merupakan hal terpenting yang harus Anda perhatikan. Di tangan mereka, proyek demi proyek dari klien dikerjakan sesempurna mungkin. Satu agency yang baik sudah tentu memiliki tim yang berkualitas. Tidak hanya tentang soliditas, tim yang memiliki kreativitas tinggi sangat mempengaruhi karya mereka.

Secara umum, agency harus memperkerjakan tim yang memiliki kualifikasi sesuai bidang masing-masing. Penulis konten adalah seseorang yang harus memiliki kemampuan dasar jurnalistik, sedangkan desainer adalah orang yang memiliki keahlian di bidang grafis. Kualifikasi mereka sangat penting untuk keberlangsungan proyek Anda.

Tidak hanya soal kreativitas, sebuah tim juga dituntut untuk memiliki ketrampilan dan pengetahuan di berbagai bidang agar bisa menerjemahkan permintaan klien ke dalam sebuah karya. Sebaiknya, Anda berkomunikasi dengan perwakilan agency terlebih dulu, untuk menyamakan perspektif dalam proyek yang akan dikerjakan.

 

Cari Tahu Metode yang Digunakan Social Media Agency di Jakarta

Anda bisa mencari tahu metode dan teknologi yang digunakan oleh sebuah agency. Ini menjadi sesuatu yang penting, karena berhubungan dengan brand yang Anda miliki. Tiap agency tentunya memiliki metode sendiri dalam memromosikan produk atau jasa rekanan. Setelahnya, Anda juga perlu tahu bagaimana efektivitas cara tersebut terhadap barang atau jasa yang Anda miliki.

Selain itu, agency juga harus memiliki strategi pemasaran yang efektif. Setiap post yang diciptakan harus benar-benar maksimal sebelum diluncurkan. Untuk memenuhi aspek-aspek tersebut, lagi-lagi kreativitas tim yang dibutuhkan.

 

Keseriusan dalam Berkomunikasi dengan Klien

Selain memerhatikan tim yang bekerja di dalamnya, Anda juga perlu memerhatikan bagaimana sebuah social media agency di Jakarta menjalin hubungan yang baik dengan kliennya. Komunikasi antara klien dengan pihak agency merupakan hal yang penting demi mencapai satu kesepahaman ide dalam menjalankan proyek.

Contohnya di Penulis.ID, ada seorang Customer Success yang mendengar masukan dari klien serta memahami apa ekspektasi yang klien harapkan. Posisi Customer Success ini berperan seperti konsultan yang akan membantu klien mencapai targetnya. Konsultan dari social media agency di Jakarta yang responsif menunjukkan bahwa klien sangat penting bagi mereka.

 

Cari Testimoni Klien Lain

Jika Anda sudah memiliki daftar beberapa agency, tak ada salahnya mencari testimoni dari klien-klien sebelumnya, terutama klien yang sudah menjalin kerja sama dengan agency tersebut. Feedback dari pihak lain bisa menjadi gambaran Anda tentang sebuah agency.

Anda bisa pertimbangkan, apakah kebanyakan klien puas dengan kinerja agency atau justru sebaliknya. Klien yang puas terhadap layanan agency tentunya akan memberi ulasan positif. Reputasi agency sangat penting untuk menjamin kelancaran proyek Anda.

 

Perhatikan Layanan dan Biaya

Bisnis tetaplah bisnis. Hadirnya agency yang menjamur tentu memberikan Anda pilihan untuk menentukan agency mana yang akan ada ambil. Untuk menggunakan jasanya, Anda perlu mengetahui paket layanan dan biaya yang mereka patok. Bagi sebagian orang, mungkin ini adalah sesuatu yang sepele. Tapi, paket layanan dan biaya yang ditetapkan agency sangat mempengaruhi apa saja yang akan Anda dapat.

Anda bisa memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Sesuaikan juga biayanya agar cocok dengan budget Anda. Semakin banyak kebutuhan Anda, semakin tinggi pula biaya yang perlu dikeluarkan. Biasanya, social media agency di Jakarta akan memberikan potongan harga untuk klien yang baru pertama kali menjalin kerja sama. Namun, jika tidak ada paket yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa membicarakannya dengan agency.

 

Negosiasikan Kontrak Kerja Sama

Bekerja dengan pihak yang berbeda tidak bisa lepas dari kontrak sebab negosiasi yang baik sangat diperlukan demi terciptanya kerja sama yang lancar. Dalam hal ini, pastikan semua menjadi jelas di awal, sehingga tidak ada sesuatu yang bisa merugikan satu sama lain. Menurut banyak ahli, negosiasi yang baik adalah dengan prinsip fleksibilitas, tapi tetap dengan batasan-batasan yang disepakati dua belah pihak.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam negosiasi kontrak adalah sejauh apa keterlibatan social media agency di Jakarta dalam memenuhi kebutuhan perusahaan Anda. Anda bisa membicarakan dengan perwakilan yang dikerjakan bersama, atau melimpahkan semuanya ke agency. Anda juga bisa membuat persetujuan bersama tentang standar hasil kerja. Manfaatkan kehadiran seorang konsultan yang disediakan agency, sehingga Anda benar-benar merasa kebutuhan Anda terpenuhi.

 

Itulah tadi beberapa hal yang harus dicari dalam memilih social media agency di Jakarta. Semoga tips dari Penulis.ID bisa membantu Anda memilih agency yang tepat.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Adhika Dwi Pramudita

Hey there. My name is Adhika Dwi and I’m currently living in Jakarta. Now I work as Business Development Director at Penulis.ID, digital content agency.