7 Contoh Bio Twitter Kreatif untuk Inspirasi Anda

pexels-photo-218577
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Sebagai salah satu perangkat yang digunakan untuk melangsungkan digital marketing, Twitter sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Dengan lebih dari 310 juta pengguna aktif tiap bulannya, Twitter menjadi ladang emas bagi para digital marketer untuk menjangkau para target audiensnya. Bahkan melalui salah satu riset yang dilakukan Twitter, diketahui bahwa sebanyak 54% respondennya kerap melakukan aksi tertentu setelah melihat penyebutan brand pada suatu tweet, misalnya seperti mengunjungi situs resmi brand atau sesimpel me-retweet konten tersebut.

Tidak heran apabila brand mengerahkan usaha terbaik mereka untuk menciptakan konten-konten tweet yang mampu memancing interaksi dan meningkatkan engagement dengan target audiens. Namun, mayoritas dari mereka sepertinya lupa dengan salah satu fitur Twitter yang terdapat pada profil mereka, yakni bio. Padahal, umumnya bio merupakan hal pertama yang dilihat orang ketika mereka mengunjungi profil Anda. Dengan kata lain, Anda akan “dinilai” dari bio Anda tersebut!

Sama seperti tweets, penulisan bio juga dibatasi hingga jumlah karakter tertentu. Namun, apabila tweets hanya boleh ditulis dalam maksimal 140 karakter, maka Anda memiliki 160 karakter untuk menulis bio. Menulis bio yang benar-benar mampu menciptakan hook memang tidak semudah kelihatannya, tetapi Anda bisa belajar dari beberapa contoh bio Twitter kreatif berikut ini.

@Econsultancy (Econsultancy)

screen-shot-2016-12-01-at-3-57-25-pm

Apa hal-hal tertentu yang menjadi keahlian Anda atau kelebihan brand Anda? Cantumkan hal-hal tersebut dan manfaatkan sebagai targeted keywords pada bio Anda. Pasalnya, menurut Post Planner, keywords merupakan aspek yang sangat penting bagi orang-orang yang sedang meningkatkan followers di Twitter.

Nah, hal tersebut sudah berhasil dilakukan oleh @Econsultancy, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing. Mereka memberikan jasa berupa riset, training, dan event-event tertentu. Pada profil Twitter mereka, @Econsultancy mencantumkan beberapa targeted keywords yang juga menjadi keahlian mereka:

“Econsultancy publishes independent research, analysis and advice on digital marketing, social media, ecommerce, SEO, mobile and tech for business.”

 

@annakendrick47 (Anna Kendrick)

screen-shot-2016-12-01-at-4-00-20-pm

Jika cukup rajin mengikuti berita dari dunia hiburan internasional, Anda pasti sudah paham bahwa Anna Kendrick, salah satu aktris Hollywood, memiliki selera humor yang witty. Ia tidak takut “mencela” dirinya sendiri tanpa harus memberi kesan “rendah”, seperti ketika ia men-tweet sesuatu tentang status single-nya:

Cooking for one sucks because no matter how I portion it I seem to end up wasting food. Also loneliness.”

 Dalam beberapa wawancara dengan media atau ketika diundang di berbagai talkshow, Kendrick tidak malu untuk mengatakan bahwa dirinya merupakan orang yang awkward, dan hal tersebut ditegaskannya melalui bio Twitter:

Pale, awkward and very very small. Form an orderly queue, gents.”

 

@Charmin (Charmin)

screen-shot-2016-12-01-at-4-10-43-pm

Charmin merupakan brand tisu toilet di Amerika. Seperti yang Anda tahu, tidak seperti kita di Indonesia, orang-orang di Amerika mengandalkan tisu toilet untuk membersihkan area privat mereka setelah buang air kecil dan besar. Warga Amerika tahu bahwa aktivitas tersebut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi melalui bio Twitter-nya, Charmin menghilangkan rasa tidak nyaman tersebut dan memberi tahu bahwa, “Hei, tisu toilet juga bisa menjadi barang yang menyenangkan dan aktivitas di kamar mandi haruslah dinimakti serta ‘dirayakan’!”

“Enjoy the go.

 

@SarahKSilverman (Sarah Silverman)

screen-shot-2016-12-01-at-4-15-59-pm

Sarah Silverman adalah seorang aktris dan stand-up comedian asal Amerika. Jadi, tidak heran apabila Silverman dikenal sebagai sosok wanita yang humoris dan sassy. Anda bisa melihat hal tersebut dari bio Twitter-nya. Di sana, ia menuliskan:

We’re on a planet in outer space.

Kabarnya, bio tersebut masih berhubungan dengan speech yang ia berikan ketika memenangkan penghargaan kategori Outstanding Writing for A Variety Special pada ajang Emmy Awards 2014. Penghargaan tersebut didapatkan berkat acara spesialnya yang berjudul We Are Miracles. Pada speech-nya, Silverman mengatakan, “We’re all just molecules and we’re hurtling through space right now.

 

@richardbranson (Richard Branson)

screen-shot-2016-12-01-at-4-18-06-pm

Pernah mendengar kelompok perusahaan Virgin Group? Richard Branson inilah sosok yang mendirikannya. Siapa sangka bahwa ia ternyata juga cukup oke dalam menciptakan copywriting menarik untuk bio Twitter-nya? Melalui bio Twitter, Branson memberi tahu orang-orang tentang apa yang ia lakukan, bukan hanya tentang pekerjaannya. Misalnya, Anda membantu orang-orang untuk menggunakan waktu secara efektif. Daripada menulis tentang time management, Anda bisa mengatakan bahwa konten yang Anda buat mampu membantu orang hemat waktu hingga dua jam. Hal itulah yang dilakukan oleh Branson pada bio Twitter-nya.

Tie-loathing adventurer, philanthropist & troublemaker, who believe in turning ideas into reality. Otherwise known as Dr Yes at @virgin!

 

@leftshark (Left Shark)

screen-shot-2016-12-01-at-4-20-09-pm

Masih ingat dengan ajang Super Bowl 2015 lalu? Pada sesi halftime, di mana setiap tahunnya selalu ada penyanyi Hollywood papan atas yang mengisi acara, Katy Perry ditunjuk untuk menjadi guest star saat itu. Ia tidak sendiri saat tampil, melainkan ditemani oleh dua orang berkostum hiu di samping kanan dan kirinya. Kedua “hiu” tersebut dipanggil dengan sebutan Right Shark dan Left Shark.

Uniknya, perhatian penonton halftime show saat itu justru tidak terpaku pada Katy Perry, melainkan pada Left Shark yang menari dengan heboh sehingga mengundang tawa. Ia bahkan sempat menjadi headline di berbagai media sesaat setelah penampilannya! Tidak lama setelah itu, muncullah akun Twitter @leftshark. Entah siapa sosok yang mengelola akun tersebut, tetapi bio yang ditulisnya bisa dikatakan jenius dan relatable dengan situasi dirinya.

“I might be left shark, but I’m the right shark for you.

 

@tomhanks (Tom Hanks)

screen-shot-2016-12-01-at-4-22-10-pm

Beberapa bio Twitter terbaik memiliki unsur humor di dalamnya. Menciptakan humor yang mampu memancing tawa tidaklah mudah. Karenanya, bio Twitter yang lucu menunjukkan bahwa sang pemilik profil telah meluangkan waktu untuk menciptakan serangkaian kata yang proper. Salah satu yang berhasil melakukan hal tersebut adalah Tom Hanks. Ya, pemeran karakter Forrest Gump itu!

I’m that actor in some of the movies you liked and some you didn’t. Sometimes I’m in pretty good shape, other times I’m not. Hey, you gotta live, you know?

Entah memang diciptakan oleh Hanks atau timnya, tetapi yang jelas bio Twitter tersebut mampu menunjukkan bahwa Hanks hanyalah pria normal yang terkadang memiliki isu berat badan, sama seperti orang-orang lain di luar sana. Cukup relatable bagi para followers dan fans-nya, bukan?

 

Dari beberapa contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa formula yang diperlukan untuk menciptakan bio Twitter kreatif. Salah satuya adalah keywords tentang hal-hal yang Anda kuasai, seperti yang dilakukan oleh akun Twitter @econsultancy. Anda juga bisa mencontoh Richard Branson dengan mengatakan apa yang Anda lakukan pada pekerjaan Anda. Mengambil jalur humor seperti yang dilakukan Tom Hanks juga cukup efektif untuk menjaring followers.

Intinya, ingatlah bahwa bio Twitter memberikan cuplikan image kepribadian Anda di ranah online. Bio Twitter jugalah yang akan muncul di halaman pencarian Google ketika Anda mengetikkan nama tertentu. Jadi, coba luangkan waktu untuk menciptakan bio Twitter yang mampu membuat target audiens Anda menekan tombol follow. Semoga beberapa contoh di atas dapat membantu Anda.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Biru Cahya Imanda

Junior Writer at Penulis.ID

Latest posts by Biru Cahya Imanda (see all)