Strategi Guest Blogging Untuk Menaikkan Brand Awareness Anda

guest-blogging1
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Sebagai seorang pebisnis, tentu Anda ingin brand Anda dikenal banyak orang. Beragam strategi pun digunakan untuk menaikkan brand awareness. Salah satu strategi yang mungkin belum pernah Anda coba adalah guest blogging.

Awal tahun 2016 ini, guest blogging menjadi salah satu tren digital marketing yang diterapkan banyak marketer dan pebisnis dunia. Penerapan guest blogging ditengarai untuk menaikkan brand awareness pada bisnis mereka. Tak ayal, guest blogging mampu mengangkat nama sebuah brand sehingga pasar lebih aware dengan produk mereka.

Sebagai contoh, Intel sempat melakukan guest blogging untuk meningkatkan brand awareness mereka. Kala itu, Intel mempekerjakan Ekaterina Walter, seorang guest blogger yang berkontribusi dengan Mashable, The Next Web, Fast Company, dan banyak media blog besar lainnya. Apa yang dikerjakan Ekaterina adalah membangun personal brandnya sendiri, dimana dia juga memasukkan link ke blognya sendiri yang memperlihatkan bagaimana dirinya senang bekerja di Intel. Hasilnya, Intel membangun kredibilitas perusahaan dan Ekaterina jadi selebritis media sosial.

Lalu, apa itu guest blogging? Apa pula pentingnya guest blogging dalam sebuah bisnis? Bagaimana cara yang tepat untuk menerapkan guest blogging?

Definisi guest blogging

Sebelum membahas lebih jauh mengenai guest blogging, ada baiknya apabila Anda mengetahui apa sebenarnya guest blogging.

Secara garis besar, guest blogging adalah menulis konten blog untuk dipublikasikan ke blog lain yang bukan milik sang penulis secara cuma-cuma. Meski di blog yang bukan miliknya, penulis masih memiliki hak penuh terhadap konten tersebut. Nama penulis masih dituliskan dalam konten itu. Aturan utamanya, penulis boleh bebas memasukkan link dalam artikelnya, dan pemilik blog berhak menerima atau menolak kontribusi tersebut.

Secara garis besar:

1) Penulis menuliskan artikel dan menunjukkannnya ke pemilik blog;

2) Pemilik blog memutuskan apakah artikel tersebut cocok untuk blognya. Apabila cocok, maka pemilik blog akan langsung mempublikasikan di situsnya.

Biasanya, blog yang jadi “inang” adalah blog yang memiliki reputasi pengunjung yang cukup besar. Namun bisa juga dilakukan oleh dua blog yang sedang berkembang melakukan guest blogging silang, atau satu sama lain berkontribusi terhadap blog partner mereka.

Pentingnya guest blogging

guest-blogging

Blog inang tentu untung dengan guest blogging ini. Blog mereka mendapatkan konten gratis dan tentunya berkualitas. Lantas apa yang jadi keuntungan dari pihak penulis yang memberikan idenya secara cuma-cuma? Berikut ini adalah pentingnya guest blogging dari sisi sang penulis.

1) Guest blogging mampu meningkatkan reputasi

Ketika Anda menuliskan banyak konten marketing di blog Anda, mungkin memang benar bahwa pengetahuan Anda dalam topik tersebut memang tidak bisa dianggap remeh. Namun bila Anda hanya punya reputasi yang sedikit, artinya pengetahuan Anda sia-sia belaka.

Meletakkan karya Anda di blog lain akan membantu audiens potensial Anda untuk mencari nama Anda. Sedikit bantuan dari reputasi blog inang kan tertular ke reputasi Anda.

Semakin banyak pembaca yang menyimak tulisan Anda, maka semakin bagus reputasi Anda di mata publik. Memang prosesnya akan berlangsung secara kumulatif dan butuh waktu. Namun, Anda juga dapat mempercepatnya dengan banyak karya dalam kurun waktu yang pendek.

2) Guest blogging akan memberi audiens, bukan hanya traffic

Semua orang bisa saja membeli traffic dengan menggunakan pay-per-click atau model periklanan lainnya. Hal tersebut juga salah satu strategi yang bagus. Namun, apa yang Anda beli hanyalah traffic, tidak lebih.

Traffic yang hadir dari guest blogging, di sisi lain, merupakan juga audiens. Dengan kata lain, ada orang-orang yang tertarik dengan topik Anda dan yakin dengan kata-kata yang Anda tuliskan. Bukan tidak mungkin, orang-orang ini adalah orang-orang yang nantinya akan menyebarkan brand Anda.

3) Guest blogging membangun jaringan yang besar

Bagaimana sebuah blog menjadi besar? Tentu kuncinya adalah dengan membuat koneksi yang baik. Blog akan membangun jaringan blog yang sehat untuk saling membantu menyebarkan brand. Bila blog inang memiliki audiens yang cukup besar dan responsif, maka jaringan tersebut akan membantu nama brand Anda tersebar dengan cepat.

4) Guest blogging sangat cocok untuk mendapatkan SEO secara natural

Membangun link yang berkualitas adalah salah satu elemen paling menantang dalam membentuk SEO yang efektif. Guest blogging mampu membantu Anda untuk mendapatkan link yang natural dan relevan dengan keyword pilihan Anda pada situs mesin pencari yang bereputasi tinggi.

 

Cara guest blogging

writing-828911_1920

Untuk menerapkan guest blogging dalam brand awareness sebenarnya cukup mudah. Intinya adalah dengan meningkatkan traffic dan audiens sehingga brand Anda terlihat dan terdengar oleh banyak orang. Berikut ini adalah langkah-langkah guest blogging yang mudah dilakukan bahkan untuk pemula sekalipun.

1) Pilih blog inang

Katakanlah Anda ingin menjadikan satu blog dengan nama besar menjadi blog inang Anda. Untuk itu, Anda secara acak memilih blog inang dengan traffic yang paling tinggi. Ini kesalahan besar yang mungkin akan jadi penyesalan Anda di kemudian hari.

Kriterianya bukan dari tingginya traffic atau posisinya di page rank mesin pencari. Anda harus tahu bagaimana tipe artikel dalam blog inang sebelum mulai bergerak. Premisnya, Anda adalah pembaca setia blog X dan paham gaya artikel pada blog tersebut sehingga Anda dapat memasukkan artikel dengan jenis yang sama. Jadi, carilah blog yang memiliki topik yang sama dengan brand Anda, punya traffic yang bagus, dan (opsional) memiliki page rank dengan posisi yang strategis.

2) Tulis guest blog

Anda telah memilih blog. Yang harus Anda lakukan adalah menuliskan guest blog. Ungkapkan secara gamblang bahwa topik yang Anda tuliskan belum pernah dituliskan di blog tersebut. Buatlah konten yang baru dan unik. Jangan takut akan ditolak oleh pemilik blog. Walau artikel Anda ditolak, mungkin saja Anda dapat mengirimkannya ke blog lain. Biasanya, pemilik blog akan dengan baik hati memberikan feedback agar artikel Anda disesuaikan dan diperbaiki.

Anda juga dapat memasukkan backlink ke artikel sebelumnya dalam artikel guest post Anda. Hal ini akan membantu mengoptimalkan SEO di blog. Selain itu, pemilik blog akan melihat bahwa Anda memang kredibel. Jangan pernah gunakan link promosi yang langsung menjurus ke blog Anda sendiri. Pasalnya, ini merupakan strategi promosi blog yang sangat buruk.

3) Hubungi pemilik blog

Bila Anda mengenal dengan baik pemilik blog inang, maka mintalah izin untuk melakukan guest posting di blognya. Namun bila pemilik belum kenal Anda, maka Anda harus menuliskan email dengan blog post dalam bentuk Microsoft Word yang tercantum dalam email tersebut. Mintalah persetujuan pemilik blog untuk mempublikasikan guest blog Anda.

Jangan lupa untuk menuliskan alamat email dan akun media sosial Anda di bagian signature email. Pemilik blog mungkin akan mencari tahu tentang blog Anda atau mereka ingin menilik aktivitas media sosial Anda dan bagaimana Anda bersinggungan dengan aktivitas media sosial tersebut.

Sekedar tips, berikan juga link ke artikel terbaik Anda. Jangan lupa untuk mencantumkan judulnya. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan blog post Anda diterima.

4) Promosikan guest post Anda

Setelah dipublikasikan di blog inang, saatnya untuk mempromosikan di media sosial seperti Twitter dan Facebook. Jangan tunggu pemilik blog yang menyuruh Anda. Selain itu, Anda juga mempromosikan blog lain dari guest blog Anda. Hal ini akan meningkatkan reputasi Anda sebagai blogger.

5) Balas komentar-komentar yang mungkin muncul

Anda juga perlu merespon komentar yang ditulis di blog post Anda. Cobalah untuk membalas komentar dan menjelaskan istilah-istilah yang mungkin dipertanyakan oleh pembaca. Hal ini akan meningkatkan reputasi Anda di benak pembaca sehingga kepercayaan pembaca akan Anda raih dengan mudah.

 

Itulah definisi serta bagaimana menerapkan guest blogging untuk meningkatkan brand awareness. Patut dipertimbangkan juga, tidak ada batasan seberapa banyak Anda boleh melakukan guest blogging. Selama cocok dengan blog inang dan mendapatkan reaksi yang positif, Anda dapat melakukannya secara berulang-ulang. Selain itu, pastikan Anda memiliki konten yang bagus dan informatif sehingga pembaca akan merasa bahwa artikel tersebut bermanfaat bagi mereka.

Sulit untuk membuat artikel yang cocok? Tim Penulis ID dapat membantu Anda untuk hal ini. Cukup kirimkan email ke [email protected] dan kami akan carikan solusinya untuk Anda.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Ricza Try Wicaksono

Project Manager at Penulis.ID
Adventurer and Project Manager of Penulis ID

Latest posts by Ricza Try Wicaksono (see all)