Mengatur Feed Instagram Agar Terlihat Lebih Profesional

mengatur-feed-instagram
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Media sosial saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari generasi milenial. Salah satunya yang paling populer adalah Instagram. Media sosial yang satu ini sangat digemari anak muda bahkan juga dimanfaatkan berbagai perusahaan untuk membangun brand dan marketing. Para penggunanya bisa mendapat informasi terbaru, gosip up to date, melihat berbagai video tutorial hingga belanja lewat instagram.

Bila Anda hobi mengunggah foto ke instagram, feed perlu diatur agar terlihat menarik. Bagaimana caranya? Inilah cara mengatur feed instagram agar terlihat lebih professional yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID.

 

Tentukan tema

Instagram adalah media sosial yang sangat hits diberbagai kalangan dan paling banyak digunakan. Tak hanya akun perorangan, berbagai online shop juga memamerkan barang yang dia jual lewat Instagram. Banyak juga netizen yang menghabiskan waktunya untuk sekadar scroll timeline.

Agar terlihat lebih professional dan mempunyai ciri khas tersendiri dari akun lainnya, Anda wajib menentukan tema. Pilih tema khusus untuk feed instagram Anda. Bisa bertema fotografi, traveling, komedi, street photography, kuliner ataupun make up artist. Akan lebih mudah bila Anda memilih tema feed sesuai dengan hobi yang Anda sukai.

Mengatur feed Instagram dengan memiliki tema tersendiri akan membuat akun Instagram Anda jadi lebih unik bila dibandingkan dengan akun Instagram lain. Misalnya bila memilih tema traveling, sebagian besar isi feed juga berisi tentang traveling. Foto yang diunggah harus rapi dan tidak boleh tampak acak acakan. Sesuakan dengan layout galeri instagram. Pisahkan foto yang mirip agar tidak terlihat membosankan.Semakin expert Anda mengatur post yang berkaitan dengan tema traveling maka feed instagram Anda akan terlihat lebih professional.

 

Samakan filter

Setelah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah upload foto dengan warna filter yang cenderung senada. Untuk mendapatkan tampilan yang sama, Anda bisa memanfaatkan filter bawaan yang tersedia di Instagram. Namun bila kurang puas dengan preset yang ditawarkan instagram, Anda bisa mengatur warna dan filter sendiri dengan bantuan aplikasi pengolah foto. Yang penting, Anda harus punya satu filter khas.

Sangat penting untuk menentukan filter dan warna dominan yang akan Anda gunakan untuk mengatur feed Instagram. Pilihlah satu tone warna yang akan dapat merapikan feed.Misalnya bila Anda hobi traveling ke laut, pantai, pulau, gunung, akan lebih baik bila Anda memilih tone warna biru.

Bila Anda menyukai foto-foto monokrom, gunakan warna putih, hitam dan abu-abu untuk feed Anda. Namun bila ingin feed dominan berwarna pastel Anda harus konsisten dalam memilih foto dan post foto yang bernuansa pastel.Pakai clean theme? Boleh juga. Clean theme akan memberi kesan cerah dan nuansa putih. Gunakan filter yang sama di setiap foto yang Anda posting di Instagram. Ubahlah ketajaman, kontras dan pencahayaan sesuai tema dengan filter serupa.Tidak berarti harus selalu satu warna itu saja. Warna dan filter yang konsisten akan membuat Instagram Anda lebih rapi dan profesional.

 

Gunakan berbagai angle untuk mengatur feed Instagram

Agar feed Instagram terlihat rapi dan eye–catching, Anda bisa mengupload foto dengan objek yang sama namun dari angle berbeda. Hal tersebut akan membuat tampilan feed Instagram Anda terlihat lebih menarik.Penyusunan foto sangat penting agar instagram Anda terlihat rapi dan memiliki keunikan tersendiri. Misalnya terapkan gaya feed Instagram 3×1 yaitu upload 3 photo dalam sebaris atau 6×1 atau 6 photo dalam 2 baris.

Dengan mengupload tiga atau enam foto dengan lokasi, tema dan objek yang sama feed Anda akan terlihat keren. Upload 3 atau 6 foto bertema serupa juga sudah banyak digunakan para instagram user dan berbagai perusahaan.

 

Komposisi menarik

mengatur-feed-instagram
Komposisi menarik seperti Instagram Rolls Royce ini bisa dijadikan inspirasi. Photo Credit: Cchana

Banyak pengguna yang masih belum memahami bagaimana cara mengelola foto di Instagram agar terlihat profesional. Penyuka keindahan pasti ingin mengatur feed Instagram yang terlihat rapi, tidak acak-acakan dan memanjakan mata. Selain warna pada foto yang harus terlihat konsisten, komposisi juga harus menarik. Agar feed Instagram terlihat lebih profesional, Anda harus memastikan letak objek simetris atau tepat berada di tengah-tengah.Backgroud berwarna, polos atau bergambar bisa Anda kreasikan.

Anda bisa menggunakan foto dengan aneka grid yang menarik untuk membuat tampilan feed Anda lebih indah dan artistik. Sesuaikan objek dengan background namun fokus pada objek harus lebih Anda utamakan. Untuk mengatur grid, Anda bisa juga menggunakan aplikasi Photogrid. Bila kurang puas dengan hasilnya, Anda bisa menggunakan aplikasi photoshop untuk mendapatkan foto yang lebih indah dan komposisi yang menarik.

 

Editing foto

Mengedit foto adalah hal penting untuk mengatur feed Instagram Anda agar lebih menarik dan unik. Perhatikan banyak aspek dalam editing foto. Contohnya foto pemandangan alam jangan diedit dengan saturasi terlalu tinggi karena akan kurang nyaman bila dilihat. Edit foto seminimal mungkin dan seperlunya agar tetap terkesan natural.

Background polos, bisa diramaikan dengan mengkreasikan motif-motif yang menarik yang ditawarkan oleh berbagai aplikasi editor photo. Aplikasi filter foto lainnya misalnya Snapseed, Vsco, Afterlight bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik foto

Penambahan frame atau border bisa jadi salah satu cara untuk membuat feed instagram yang profesional. Pastikan warna border dan ukuran frame antara satu foto dengan foto yang lainnya harus sama. Untuk upload foto tiga baris di Instagram kamu penggunaan frame akan membuat feed jadi lebih tertata dan rapi. Tapi tidak semua foto yang di posting harus menggunakan border. Frame akan menghasilkan kesan rapi, apalagi bila didukung dengan warna dan tema serupa. Pastikan upload foto tiga baris terlihat senada.

 

Unggah objek berbeda

Untuk mengatur feed instagram agar terlihat lebih professional kurangilah upload foto selfie atau yang juga dikenal dengan swafoto. Karena bisa jadi follower Anda kurang menyukai feed instagram yang terlalu banyak konten swafoto. Apalagi bila angle atau pengambilan gambar kurang menarik. Foto dengan background yang menarik masih bagus untuk dilhat. Namun bila terlalu banyak foto selfie feed akan terasa membosankan.

Sebagai gantinya perbanyak gambar panorama atau gambar pemandangan yang artsy. Tidak hanya foto pribadi yang harus diunggah, foto objek lain yang menarik di sekeliling Anda juga bisa membuat feed terasa tidak monoton. Gambar-gambar yang indah akan membuat tampilan instagram Anda jadi lebih professional dan menarik untuk dilihat.

 

Perhatikan caption

Caption adalah salah satu alternatif untuk membuat feed terlihat profesional dan menarik. Caption yang tepat dapat meraih view dan like yang tinggi serta komen di Instagram. Bila konten fotonya sudah bagus namun caption tidak menarik maka follower akan malas untuk mengikuti akun Instagram Anda. Hindari caption yang hoax, galau, ataupun caption lainnya yang tidak menarik. Caption yang buruk akan membuat image akun Anda menjadi buruk pula dimata para followers. Anda bisa menggunakan beberapa quotes untuk caption.

Referensi quotes dari google, ataupun kata-kata memotivasi juga bisa Anda manfaatkan untuk mengisi caption. Yang pasti antara foto dan caption yang Anda posting harus sesuai. Jangan lupa untuk mengatur waktu posting. Karena bila terlalu kerap posting foto dalam satu hari dan tidak diatur, feed akan jadi berantakan. Setidaknya Anda bisa upload 3-6 foto dalam sehari. Ketahui pula kapan waktu followers biasa aktif agar Anda dapat mencapai rich yang tinggi, baik like, view atau comment.

 

Itu dia cara mengatur feed instagram agar terlihat lebih professional yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID. Semoga bisa membantu Anda!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID