Memaksimalkan Penggunaan Hashtag di Media Sosial

strategi-hashtag-instagram
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Hashtag merupakan suatu fitur yang awalnya berasal dari Twitter. Fungsinya untuk membantu user untuk menemukan konten yang spesifik, khusus dan tepat sasaran.Cara penggunaan hashtag dinilai simpel serta efektif sehingga banyak diminati oleh para pengguna media sosial. Popularitas hashtag membuat media sosial lainnya seperti Instagram dan Facebook juga menggunakan fitur ini. Ada banyak cara untuk memaksimalkan penggunaan hashtag. Apa saja? Inilah cara memaksimalkan penggunaan hashtag di media sosial yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID!

 

Hashtag untuk bisnis

Memaksimalkan penggunaan hashtag di media sosial bisa diterapkan untuk bidang bisnis. Banyak orang tertarik untuk membangun usaha secara online dengan memanfaatkan media sosial instagram. Para pebisnis akan diuntungkan dengan fitur hashtag karena kemampuannya dalam membidik target market yang tepat sangat luar biasa.

Hashtag juga memiliki potensi yang besar untuk membangun suatu brand bisnis. Penggunaan fitur hashtag di bidang bisnis bisa Anda lihat contohnya pada Instagram. Di instagram yang berbasis foto, video dan gambar, hashtag banyak diandalkan perusahaan dan pebisnis sebagai media untuk promosi.

Dengan penggunaan hashtag yang baik, perusahaan dapat mengembangkan strategi marketing untuk memperoleh pelanggan dan target konsumen dengan lebih tepat dan akurat. Hashtag pada bisnis biasa dipakai untuk menghubungkan brand bisnis Anda dengan konsumen lewat hashtag yang sama.

Penggunaan hashtag yang tepat akan dapat mendatangkan banyak pengunjung. Memaksimalkan penggunaan hashtag untuk bisnis akan lebih efektif karena mampu memberikan informasi yang relevan antara produsen dan konsumen. Anda bisa memulai bisnis sendiri dengan memanfaatkan media sosial yang satu ini.

 

Bangun brand dengan hashtag

Anda bisa memaksimalkan penggunaan hashtag di media sosial untuk membangun brand bisnis. Hal ini adalah komponen yang diperhatikan para pebisnis untuk memaksimalkan brand yang dia miliki secara online dan menjangkau banyak orang. Agar lebih maksimal membangun sebuah brand dengan hashtag, cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat hashtag yang berbeda dan yang belum pernah dipakai sebelumnya. Penggunaan hashtag yang unik dan berbeda akan menghindarkan Anda dari ketatnya persaingan hashtag yang ada saat ini.

Hashtag yang unik akan membuat promosi Anda mudah dikenali dan cepat di respon oleh konsumen maupun pelanggan. Bila masih bingung bagaimana caranya menentukan hashtag yang berbeda dan unik, Anda bisa menggunakan situs online yang gratis misalnya hashtag.org dan twubs.com. Manfaatkan keduanya untuk memperoleh kata kunci hashtag yang unik, tidak pasaran dan dapat menarik perhatian user. Saat ini pengguna instagram sudah tercatat lebih dari 400 juta. Angka ini sangat fantastis untuk media sosial yang masih terbilang baru.

 

Penggunaan Hashtag untuk personal branding

Di zaman yang serba canggih dan digital ini apapun bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Berkomunikasi lewat media sosial saat ini menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari generasi milenial. Selain untuk kegiatan bisnis, hashtag juga bisa Anda maksimalkan untuk membentuk personal branding. Anda tentunya harus mempunyai akun yang siap digunakan untuk membangun personal branding ini. Lakukan teknik promosi yang tepat dengan fitur hashtag di media sosial. Memaksimalkan hashtag untuk personal branding, hindarilah penggunaan hashtag dengan berlebihan.

Sebaiknya jangan lebih dari tiga hashtag karena bila dalam satu postingan ada lebih dari tiga hashtag yang muncul, maka akan dianggap sebagai spam. Bila hal ini terjadi, langkah personal branding yang Anda lakukan dimungkinkan mengalami kegagalan. Hal ini karena hashtag yang Anda gunakan terkesan negatif sebagai akibat dari spam. Gunakanlah hashtag pada situs yang mempunyai fitur hyperlink otomatis untuk membangun personal branding di media sosial.

 

Untuk meningkatkan penjualan

Penggunaan Hashtag di media sosial adalah alat pemasaran yang efektif. Namun banyak perusahaan yang belum mengerti bagaimana cara menggunakan hashtag dengan benar. Sebagian diantaranya bahkan tidak menggunakan hashtag sama sekali. Anda dapat maksimalkan penggunaan hashtag di di media sosial untuk meningkatkan penjualan online.

Sukses meningkatkan penjualan secara online dapat dimulai dengan menggunakan caption dan hashtag yang menarik. Hashtag yang unik juga dapat mempromosikan barang yang Anda jual. Konsumen atau pelanggan akan mudah menemukan barang yang Anda tawarkan di media sosial.

Mereka akan menemukannya lewat hashtag yang Anda gunakan dalam caption pada postingan foto di Instagram. Cantumkan jenis produk pada hashtag.Ini merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli saat mereka mencari yang diinginkan di Instagram. Dengan menuliskan jenis produk pada hashtag, maka para pengguna instagram akan mudah menemukan barang Anda.

Misalnya #hoodie #makeup #cake #ransel #smartphone dan lain sebagainya. Penggunaan hashtag yang mengungkapkan keunggulan produk atau bernada promosi bisa mempengaruhi dan menghipnotis pengguna Instagram. Misalnya #lipstikkoreaori #hoodiemurahjakarta #ranselmurahberkualitas #makeupori #sepatumurah dan lainnya

 

Hashtag untuk berinteraksi

strategi-hashtag-instagram

Bila Anda tidak memaksimalkan penggunaan hashtag di media sosial, hal ini berarti secara tidak langsung membatasi jangkauan pada pelanggan. Memaksimalkan penggunaan hashtag di media sosial juga bisa dilakukan untuk berinteraksi dengan pelanggan ataupun konsumen.

Untuk mendapatkan pelanggan baru, optimalkan hashtag karena hashtag terbukti ampuh untuk membangun interaksi dan meningkatkan tampilan di media sosial. Hashtag semakin populer dan banyak digunakan para pengguna Instagram untuk mencari topik tertentu, berinteraksi dan mengikuti percakapan.

Fungsi hashtag saat ini bahkan hampir sama seperti keyword (kata kunci) di situs web. Agar penggunaan hashtag dapat membuat interaksi dan bisnis Anda semakin cemerlang, gunakan hashtag tertentu untuk membangun awareness dan kemudian membuat percakapan. Anda bisa memanfatkan situs Hashtagify.me secara gratis untuk melihat hashtag yang terkait.

Pastikan pula Anda memahami maksud dari hashtag tersebut dan penggunaannya. Hal ini penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kontroversi dan tindakan ofensif.

 

Penggunaan Hashtag untuk promosi

Perkembangan teknologi semakin menguntungkan pelaku bisnis saat ini. Berbagai perusahan dapat dengan mudah mempromosikan produknya lewat media sosial, Anda pun bisa menggunakan hashtag sebagai strategi promosi di Instagram. Anda memberikan diskon atau membuat giveaway untuk para followers. Misalnya minta mereka untuk memposting foto dengan produk Anda disertai hashtag tertentu. Cara itu akan mengundang rasa penasaran dari pengguna instagaram yang belum mengetahui tentang produk dan bisnis Anda.

Setiap kali memposting foto pada akun Instagram jangan lupa untuk mencantumkan hashtag untuk memancing rasa ingin tahu para followers. Cara ini akan membuat foto produk Anda lebih mudah ditemukan. Cobalah untuk membuat hashtag yang menjadi trending di instagram tapi juga tetap relevan.

Anda bisa menggunakan beberapa tools secara online untuk mencari hashtag yang saat ini sedang populer. Sehingga foto yang Anda posting akan muncul dengan lebih sering dan dapat diakses oleh banyak pengguna instagram. Gunakanlah hahstag yang unik dan perbanyaklah agar postingan Anda dapat menjadi trending topik.

 

Itu dia langkah-langkah untuk memaksimalkan penggunaan hashtag di media sosial yang telah dirangkum tim Penulis.ID. Dengan menambahkan hashtag sebagai kata kunci, kombinasi itu akan berubah menjadi suatu hyperlink yang otomatis menampilkan semua berita dan informasi yang terkait dengan keyword yang ada di situs media sosial itu.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID