Cara Mengatur Lighting Video Untuk Konten dalam Ruangan

cara-mengatur-lighting-video
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Membuat konten video di YouTube seperti vlog, tutorial, review atau video lainnya semakin digemari generasi millenial belakangan ini. Agar konten video menarik dan enak ditonton, Anda perlu memahami cara mengatur lighting video dengan baik. Apalagi untuk konten video dalam ruangan yang selalu membutuhkan lighting tambahan. Bagaimana cara mengatur lighting video dalam ruangan? Simak tips mengatur lighting untuk konten video dalam ruangan yang sudah dirangkum oleh tim Penulis.ID.

 

Persiapan Pengambilan Gambar

Tertarik untuk mengambil video yang bagus dalam ruangan seperti layaknya videografer profesional? Dalam membuat konten video YouTube, proses produksinya tentu membutuhkan setting, kamera, lighting dan audio. Untuk merekam video baik menggunakan DSLR atau mirrorless pastikan resolusi gambarnya tajam. Kualitas 720p sudah cukup baik untuk video YouTube. Anda bisa membuat video dalam ruangan menggunakan studio kecil di rumah sendiri. Pilihlah salah satu sudut dimana spot tersebut bagus untuk dijadikan background vlog Anda.

Rahasia membuat video yang bagus dan enak ditonton salah satunya adalah lighting. Gunakanlah pencahayaan yang tepat atau lighting agar konten video yang Anda buat bisa terlihat lebih baik. Tata spot yang Anda miliki hingga tempat tersebut mirip dengan studio professional yang lengkap dengan letak lighting yang benar. Bila belum memiliki lighting kit jangan khawatir. Anda bisa membeli lighting tambahan atau membuatnya sendiri. Mengatur kualitas pencahayaan dalam ruangan masih bisa memanfaatkan beberapa peralatan sederhana yang Anda miliki.

 

Cara Mengatur Lighting Video Dengan Pilih Tipe Pencahayaan

Bila Anda baru memulai, pencahayaan untuk video bisa jadi hal yang rumit. Ada perbedaan besar bagaimana mata melihat cahaya dan bagaiman lensa kamera merasakan cahaya. Kamera membutuhkan cahaya yang cukup untuk menghasilkan video yang berkualitas. Untuk mendapatkan pencahayaan yang sempurna siapkan serangkaian peralatan lighting yang memadai. Karena cahaya alami seperti matahari, sifatnya mudah berubah. Tempat pengambilan gambar terbaik adalah tempat Anda dapat mengontrol pencahayaan sebaik dan sebanyak mungkin.

Anda bisa menggunakan lampu LED atau ring light yang serbaguna dan dapat dipasang dalam berbagai cara. Namun tetap kontrol difusinya untuk menghindari pencahayaan yang terlalu tajam. Cahaya tanpa filter disebut juga sebagai harsh lighting. Difusi akan membantu menyebarkan cahaya secara merata, menciptakan cahaya yang lebih lembut, dan dapat diimprovisasi. Gunakan beberapa jenis bahan untuk difusi cahaya. Seperti   permukaan seperti dinding, langit-langit, ataupun reflektor untuk menciptakan cahaya lebih lembut. Pantulan difusi akan membuat video lebih menarik dan tidak menyilaukan mata.

 

Siapkan Pencahayaan 3 Titik (3-Point Lighting)

Cara mengatur lighting video berikutnya adalah Anda bisa menggunakan lampu studio dan tetap memanfaatkan natural lighting untuk filler. Pada umumnya, teknik penataan cahaya untuk studio video hampir sama dengan lighting dalam dunia fotografi yaitu main light, fill light dan background light. Hal ini disebut juga pencahayaan 3 titik (3-point lighting) yang terdiri dari lampu utama, cahaya pengisi, dan lampu latar.

Main light biasa berada 45 derajat pada subjek. Cahaya main light lebih terang bila dibandingkan dengan fill light karena main light berfungsi sebagai cahaya utama.Pada ruangan indoor yang kurang cahaya atau cenderung gelap, lampu utama akan menjadi sumber cahaya untuk menerangi subjek. Lampu utama bertindak sebagai center untuk mengganti cahaya matahari. Anda bisa menempatkan lampu utama sekitar 15 -45 derajat ke sisi subjek. Baik sisi kiri atau kanan sesuai selera.

Kemudian, cara mengatur lighting video yang penting juga adalah pastikan satu sisi subjrk diterangi dan sisi lain terbentuk bayangan. Ketiga lampu pencahayaan 3 titik (3-point lighting) bisa Anda atur posisi, jumlah dan kreasikan agar mendapatkan hasil lighting dan kesan yang berbeda.

 

Fill Light dan Background Light

cara-mengatur-lighting-video
photography, studio, Alexander Dummer

Fill light akan dapat membuat subjek lebih terlihat dan melembutkan cahaya dari lampu utama. Fill light umumnya harus diletakkan di sisi yang berlawanan dengan main light. Fill light biasanya ada di depan subyek, terletak di belakang kamera dengan posisi cenderung di atas. Menggunakan main light dan fill light akan dapat membuat wajah terlihat terang namun tetap clean dan natural. Main light akan menghasilkan bayangan pada wajah. Hal ini akan memberikan kesan tidak flat dan cahayanya diperlembut dengan sentuhan fill light agar tampak seimbang.

Cara mengatur lighting video dalam ruangan yang harus Anda perhatikan adalah background light juga dibutuhkan. Sesuai namanya, fungsi background light adalah untuk menerangi latar agar cahayanya tidak terlalu jauh atau terlalu kontras dengan subyek.Lampu background ditempatkan di belakang subjek untuk menerangi subjek dari belakang. Tujuan lainnya dari penggunaan lampu background adalah untuk melengkapi cahaya yang dipancarkan dari main light dan fill light. Background light dapat menciptakan garis terang di sekitar subjek dan memberi sorotan tajam untuk menghasilkan tampilan 3-dimensi.

 

Pengaturan Lighting

Main light atau lampu utama harus paling terang dari dua cahaya lainnya. Main light menyediakan sebagian besar cahaya untuk subjek. Cahaya pengisi atau fill light berfungsi menghilangkan bayangan yang disebabkan oleh lampu utama. Fill light harus lebih redup daripada main light sehingga dapat menghilangkan bayangan yang terbentuk. Background light atau lampu latar berfungsi memisahkan subjek dari latar belakang, menciptakan depth (kedalaman) dan juga mencegah gambar yang terlihat flat (datar). Background light dapat berupa harsh lighting yang tidak ada difusi karena cahaya latar tidak akan terlihat pada kamera di wajah subjek.

Set lampu studio yang dirancang khusus biasanya menggunakan lampu florescent besar dan dilengkapi difuser yang efektif. Kit dan stand yang lengkap akan lebih baik untuk mengatur pencahayaan secara tepat. Ada banyak fitur yang dapat memberikan output cahaya yang lebih tinggi. Peralatan untuk membuat set lampu studio diantaranya lampu LED, light stand, soft box, difuser, boom pole, background dan lainnya. Set lampu studio yang lengkap dapat memberi tingkat kontrol yang lebih besar terhadap total output cahaya.

 

Gunakan Reflektor

Cara Mengatur lighting video dalam ruangan berikutnya adalah jangan lupa untuk melengkapinya dengan reflektor atau papan pematul cahaya. Cara untuk mengurangi bayangan yang tampak terlalu kontras pada wajah, Anda bisa menggunakan tambahan reflektor. Anda juga bisa memanfaatkan softbox atau payung agar memberikan kesan lembut dan cahaya blur pada wajah. Reflektor berfungsi untuk memantulkan cahaya ke permukan dan kemudian diarahkan kembali kepada wajah. Anda bisa menggunakan reflektor berwarna putih saat ingin untuk menciptakan cahaya yang tampak lebih alami.

Anda juga bisa menggunakan reflektor berwarna emas atau silver untuk menciptakan tampilan cahaya yang lebih wah dengan warna yang sesuai dengan subjek. Anda bisa menambahkan lampu ekstra untuk memberi cahaya pada bagian rambut. Hal ini agar rambut tidak terlihat menyatu dengan background yang gelap.

Banyak pula vlogger yang suka menggunakan tambahan ring light.Biasanya vlogger perempuan dan makeup artist memanfaatkan ring light untuk memberikan cahaya pantulan bulat di mata. Ring light juga dapat membuat wajah terlihat lebih sempurna dan flawless. Ring light biasa ditempatkan di bagian belakang kamera dan menghadap ke subyek.

Itu dia tips cara mengatur lighting video dalam ruangan. Bagaimana? Cukup mudah kan untuk mengatur lighting dan membuat vlog sendiri? Anda juga bisa melihat banyak referensi konten video atau vlog yang tersedia di YouTube. Dari pengalaman tim Penulis.ID, apabila kualitas video bagus dan enak dilihat, maka Anda akan berpeluang besar untuk mendapatkan subscriber channel yang banyak.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Nisrina Darnila

Junior Writer Penulis.ID