Meningkatkan Follower Instagram untuk Bisnis Baru Dengan Aman

repost pelanggan
Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Adakah cara untuk meningkatkan follower Instagram bisnis tanpa harus membeli follower palsu? Tentu saja ada! Terlebih lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal seperti jika Anda membeli akun robot untuk memenuhi daftar followers Instagram bisnis Anda. 

Jumlah followers di Instagram memang bukan penentu kesuksesan bisnis, tetapi centang biru di samping username Instagram tentu saja akan membuat bisnis Anda terlihat lebih prestisius. Berikut ini ada 9 cara untuk meningkatkan follower Instagram bisnis secara organik yang layak Anda coba. 

 

Buat Instagram Anda Jadi Lebih Profesional

Jika profil Instagram Anda belum diubah menjadi Instagram for Business, inilah langkah pertama yang harus dilakukan. Caranya sangat mudah, tinggal tekan Settings > Account > Switch to Professional Account dan ikuti panduannya. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa dirasakan ketika Anda berpindah ke Instagram for Business, beberapa di antaranya adalah akses untuk melihat insights dari Instagram secara real time, kemudahan untuk langsung berjualan di Instagram, dan tentunya membuat profil bisnis Anda terlihat lebih profesional. 

Selanjutnya, mari percantik profil Instagram Anda, analoginya seperti sedang mendekorasi toko sebelum momen grand opening. Buat username yang mudah diingat dan mudah dicari. Lalu, jangan lupa juga untuk mencantumkan nama lengkap bisnis Anda, bio yang mendeskripsikan esensi dari bisnis Anda, dan pilih profile picture seperti logo brand Anda. Buatlah linktree untuk dimasukkan ke bio Anda, supaya mempermudah audiens untuk mengakses berbagai link sekaligus, seperti misalnya link website, link kontak WhatsApp, dan link ke profil e-commerce. 

 

Jangan Malu untuk Pakai Hashtag

Banyak sekali pengguna Instagram yang malu-malu untuk menggunakan hashtag. Sebagian besar beranggapan bahwa memakai terlalu banyak hashtag terkesan seperti “mengemis perhatian,” padahal ini tidak benar sama sekali. Coba posisikan diri Anda sebagai pembeli, pasti akan mencari produk baru dengan mengetikkan hashtag di Instagram, bukan?

Hashtag seperti #beautiful, #summer, dan #nature digunakan oleh jutaan orang, tetapi hashtags seperti ini tidak berarti sama sekali untuk bisnis Anda. Triknya, Anda harus menemukan hashtag yang relevan untuk bisnis Anda. Gunakan tools seperti IconoSquare untuk membantu Anda mencari hashtag yang tepat, serta melihat seberapa sering hashtag itu digunakan di Instagram. 

Untuk hasil yang maksimal, gunakan maksimal 30 hashtag dalam sekali postingan, di mana 15 hashtag merupakan low ranking hashtag dan 15 hashtag lainnya termasuk high ranking hashtag. Supaya kolom caption Anda tidak terlihat berantakan, pilih 1-4 hashtag untuk dimasukkan dalam caption, lalu sisanya Anda cantumkan di kolom komentar. 

 

Repost Foto Pelanggan Anda

repost pelanggan

Image Source: Maxpixel

Bagi bisnis baru, produksi konten yang terlihat profesional dan estetik bisa menghabiskan budget yang cukup tinggi. Anda mungkin harus menyewa social media admin, designer, dan photographer untuk upload konten Instagram yang menarik setiap hari. Pada dasarnya, audiens suka melihat foto atau video yang terlihat natural, yakni konten yang di dalamnya ada manusia. 

Karena itu, salah satu cara menambah followers IG adalah dengan reposting foto pelanggan Anda. Strategi ini sudah banyak diterapkan oleh brand kecil sampai brand besar. Ini seperti win win solution, Anda bisa mengambil konten orang lain sementara orang tersebut merasa bangga karena kontennya dipilih brand kesayangannya. Syaratnya hanya satu, konten tersebut harus menampilkan produk dari bisnis Anda. 

 

“Berteman” dengan Pelanggan Kompetitor

Ke mana lagi Anda bisa mencari followers baru? Jawabannya ternyata ada di daftar followers brand kompetitor Anda. Sama seperti di kehidupan nyata, manusia memang cenderung akan memberikan respons positif pada siapa saja yang terkesan ramah dan baik. Trik ini pun bisa Anda kembangkan untuk menambah jumlah followers Anda.

Rumusnya adalah Follow + Like + Comment = Follower Baru. Data beberapa brand kompetitor Anda, bisa dari yang paling populer sampai yang lokasinya dekat dengan Anda. Kemudian, klik bagian “Followers” di profil Instagram mereka. Lakukan ini dalam beberapa batch. Misalnya, di minggu pertama, Anda mulai dengan follow 30 akun baru. Setelah itu, like beberapa foto mereka dan tinggalkan komen seperti emoji hati, intinya tidak boleh terlihat seperti berjualan. Jika Anda melakukan rumus ini, sebanyak 34% orang akan follow back akun Instagram Anda. 

 

Lakukan Giveaway Untuk Meningkatkan Follower Instagram

Ada cara cepat untuk menambah followers di Instagram, yaitu dengan mengadakan giveaway. Syarat-syarat umum dalam giveaway biasanya meliputi follow akun Instagram, like salah satu foto, meninggalkan comment, dan tag beberapa teman. Banyaknya komentar serta tag akan meningkatkan tingkat engagement profil Instagram Anda dan inilah yang memberikan dampak positif dari segi algoritma Instagram. 

Pikirkan juga soal hadiah giveaway yang akan diberikan pada pemenang. Hadiahnya bisa berupa produk brand Anda, voucher belanja, atau hadiah lainnya yang tidak berhubungan langsung dengan bisnis Anda. Jadi, hitung dulu modal untuk program giveaway ini, ya. 

 

Ikuti Tren Konten Terbaru

Ikuti trend konten

Image Source: Maxpixel

Tidak ada salahnya untuk mengikuti yang tren ada, asalkan masih sejalan dengan tema konten di Instagram Anda. Kembali lagi, orang-orang akan lebih tertarik untuk follow akun Instagram dengan feeds yang tersusun rapi dan enak dilihat. Lihat juga target pasar Anda, jika memang bisnis Anda lebih menargetkan pasar menengah ke atas, maka bisa mengikuti trending topic yang ada. 

Misalnya seperti Bose Indonesia yang aktif upload konten seputar work from home selama pandemi ini untuk memasarkan headphone Active Noise Cancelling mereka. Beberapa brand yang menyasar generasi muda juga melihat tingkat engagement yang meningkat ketika membuat konten meme. Dengan konten Instagram yang menarik seperti ini, audiens pun akan tag teman mereka ketika melihat konten yang lucu atau menarik. 

 

Posting Konten dengan Geotags

Tidak banyak yang suka upload foto atau video ke Instagram dengan mencantumkan lokasi. Padahal, fitur geotags di Instagram sangat berguna untuk memperbanyak followers di Instagram. Geotags bisa dimasukkan dalam Instagram posts atau Instagram Stories. Silahkan masukkan lokasi toko atau lokasi tempat konten tersebut diproduksi. 

Dengan begitu, bisnis Anda akan semakin terlihat oleh calon-calon pembeli yang kebetulan tinggal atau bekerja di daerah sekitar bisnis Anda. Terutama jika bisnis Anda bergerak di bidang kuliner, cara ini akan membuat audiens tahu kalau Anda sudah membuka cabang di dekat lokasi mereka. 

 

Minta Pembeli untuk Follow Instagram Anda

Bila bisnis Anda punya toko-toko cabang yang langsung melayani pelanggan, Anda bisa mengarahkan tim di lokasi untuk meminta para pembeli follow akun Instagram bisnis Anda. Tidak perlu takut pembeli akan merasa jengkel. Anda pun bisa memberikan reward seperti diskon atau voucher pembelian jika mereka telah follow akun Instagram bisnis Anda. Walau mungkin beberapa dari mereka akan langsung unfollow, tetapi setidaknya akan ada beberapa orang yang lupa atau bahkan tertarik dengan konten yang Anda upload di Instagram. 

 

Konsisten Posting di Jam yang Tepat Untuk Meningkatkan Follower Instagram

Menurut data dari Sprout Social, pengguna Instagram paling aktif di jam 11 siang, tepatnya di hari kerja. Artinya, semakin banyak orang yang scrolling, mencari akun Instagram baru, like foto, meninggalkan komentar, dan menonton Instagram Stories di jam tersebut. Data seperti ini sangat berguna bagi bisnis yang mencari cara menambah followers IG. 

Namun, jangan jadikan data ini sebagai satu-satunya patokan Anda. Coba lihat insights profil Instagram bisnis Anda untuk benar-benar melihat tren dan rutinitas dari para followers. Terakhir, selalu konsisten upload konten baru di waktu yang sama. Menurut audiens baru, 12 postingan pertama di feeds Instagram adalah jati diri bisnis Anda. Sementara bagi followers lama, mereka akan lupa dengan brand Anda, lalu akhirnya menekan tombol “Unfollow” yang sangat kita takutkan itu. 

 

Meningkatkan follower Instagram itu tidak harus dengan cara yang berbayar. Buktinya, bisnis Anda tetap bisa memiliki ribuan followers dengan menerapkan 9 cara di atas. Bagi bisnis pemula atau bisnis yang baru melebarkan sayapnya di kancah media sosial, awalnya akan kewalahan dengan luasnya fitur-fitur Instagram. Di sinilah Penulis.ID bisa membantu bisnis Anda. Biarkan kami yang mencari dan menerapkan strategi untuk meningkatkan follower Instagram secara organik.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Adhika Dwi Pramudita

Hey there. My name is Adhika and I’m currently living in Jakarta. I'm one of the Penulis.ID shareholders.