11 Cara Mudah Menaikkan Facebook Engagement

bertanya
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Facebook engagement bisa dibilang tindakan apapun yang dilakukan audiens di halaman Facebook. Seperti misalnya memberikan like pada sebuah posting, memberi komentar, share sebuah postingan, mengklik tautan, melihat video, dll. Engagement (engagements) merupakan bagian yang penting dalam strategi pemasaran di Facebook karena hal ini akan membuat jangkauan organik yang baik dan membantu meningkatkan penjualan bisnis dan mengarahkan traffic ke situs web milik Anda. Inilah 11 cara mudah menaikkan facebook engagement yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID.

 

Pilih frekuensi dan waktu postingan terbaik

Agar audiens berinteraksi dengan konten Anda, Anda harus mempostingnya pada saat mereka sedang menggunakan platform. Sempurnakan waktu posting media sosial Anda dapat memiliki dampak positif pada engagement.Algoritme Feed Facebook yang rumit bisa menyulitkan untuk mendapatkan waktu yang tepat. Waktu terbaik untuk memposting di Facebook adalah antara jam 12 malam dan jam 3 sore Senin, Rabu, Kamis, dan Jumat.Dan pada hari Sabtu dan Minggu antara jam 12 malam dan jam 1 siang.

Postingan pada waktu yang tepat akan dapat menghasilkan banyak like, komentar, share, dan klik tayang ke situs web Anda. Waktu yang terbaik untuk memposting bisa jadi berbeda untuk setiap brand. Untuk menentukan waktu mana yang terbaik untuk Anda, selalu Facebook’s Page Insight untuk menganalisis data engagements.

 

Share konten yang bermanfaat untuk audiens

Cara mudah menaikkan facebook engagement lainnya yaitu bagikan konten yang bermanfaat di halaman Facebook Anda. Buatlah konten yang bermanfaat untuk audiens dan memberikan solusi untuk memecahkan masalah yang mereka miliki. Anda bisa menggunakan metode softselling dan memberikan informasi produk Anda sebagai saran. Untuk membuat audiens puas, bagikan konten yang memberi langkah pasti untuk membantu audiens memecahkan masalah yang mereka punya.

 

Belajar dari keberhasilan dan kegagalan

Cara mudah berikutnya untuk menaikkan facebook engagement yaitu belajarlah dari keberhasilan dan juga kegagalan. Cari tahu strategi apa saja yang telah berhasil, dan lakukan lagi dengan improvisasi. Lihat strategi apa yang gagal lalu lakukan evaluasi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kinerja Facebook engagement Anda bisa menggunakan Facebook Analytics.

 

Menaikkan Facebook Engagement dengan konten visual

Elemen visual dapat memperkaya konten Facebook Anda dan membuatnya terlihat pada feed Facebook News. Gunakanlah gambar, foto, grafis, dan lainnya karena audiens Anda adalah makhluk visual. Menurut penelitian yang dilakukan BuzzSumo, pembaruan feed dengan gambar menghasilkan 2.3 kali lebih banyak engagement daripada yang tidak.

Hanya dengan menyertakan gambar atau foto di postingan, Anda dapat memperoleh setidaknya dua kali lipat rasio engagement. Hal itu berarti akan melipatgandakan jumlah komentar, like, dan share. Menambahkan gambar atau foto ke konten merupakan cara yang cepat untuk mendapatkan lebih banyak engagement.

 

Beri audiens pertanyaan

bertanya
Berilah pertanyaan pada audience. Photo Credit: Hassan

Salah satu bentuk engagement yang utama yaitu komentar-komentar yang diberikan audiens. Ini merupakan salah satu cara mudah untuk menaikkan facebook engagement karena Anda mengajukan pertanyaan dan mendorong audiens untuk memberikan tanggapan. Facebook menyarankan Anda memberi pertanyaan pada audiens dalam postingan yang bisa ditindaklanjuti untuk menaikkan facebook engagement.

 

Perhatikan panjang postingan

Panjang postingan Anda dapat mempengaruhi tingkat engagement. Batas pembaruan status Facebook untuk pembaruan lebih dari 60.000 karakter. Sebaiknya hindari memposting sepanjang itu. Postinglah secukupnya, perhatikan berapa panjang postingan yang optimal untuk audiens Anda dan lihatlah selalu data. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Express Writers menyimpulkan bahwa postingan dengan panjang hanya 40 karakter akan mendapatkan engagement 86% lebih banyak bila dibandingkan dengan postingan yang panjang.

Riset yang sama menetapkan bahwa panjang postingan berkinerja terbaik yang kedua di Facebook adalah sebanyak 80 karakter atau kurang dari itu. Hal ini membuat engagement 66 persen lebih besar bila dibandingkan postingan Facebook yang lebih panjang.

 

Eksplor berbagai format video

Konten video merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan Facebook Engagement yang lebih baik. Berikan audiens berbagai jenis video untuk mendorong share yang lebih tinggi. Penting untuk menunjukkan kepada audiens berbagai format video. Misalnya video inspiratif dengan quote yang diberi musik, video Facebook Live yang dapat menyiarkan video tersebut ke audiens secara langsung, video edukasi yang memberikan tutorial bagaimana cara melakukan sesuatu, serta video di balik layar yang memberi audiens Anda pandangan yang berbeda pada brand merek Anda.

 

Dorong traffic dari platform lain ke halaman Facebook

Arahkan audiens di media sosial lainnya yang berinteraksi dengan Anda ke halaman Facebook. Cukup memasukkan tautan halaman Facebook pada tweet atau bisa juga memasukkannya dalam bio Instagram Anda. Tampilkan halaman Facebook di blog, bisa dengan berbagai plugin WordPress yang memungkinkan Anda menampilkan halaman Facebook dan beberapa postingan di blog Anda. Hal ini akan membuat pembaca blog yang bersemangat dan menikmati konten Anda akan menjadi penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang halaman Facebook Anda. Sertakan call to action untuk menaikkan tingkat konversi dari audiens yang mengklik halaman Facebook Anda.

 

Bergabung di Facebook group

Cara mudah menaikkan facebook engagement yang lainnya adalah bergabung dengan Facebook Group. Cara ini akan dapat menaikkan engagement saat konten Facebook Anda berada di antara audiens yang relevan. Bisa jadi konten Anda cocok dengan audiens yang sedang mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi. Bila Anda bergabung di Facebook Group yang tepat, Anda kemungkinan akan terhubung dengan audiens yang relevan.

Grup Facebook adalah wadah bagi orang-orang yang memiliki minat yang sama untuk berkomunikasi dan mengekspresikan pendapat mereka. Grup Facebook memungkinkan audiens berkumpul, menetapkan tujuan, mendiskusikan suatu masalah, memposting foto, dan membagikan konten yang sesuai dengan minat. Partisipasi dalam grup yang sesuai akan dapat mendorong traffic dan engagement pada halaman Facebook yang Anda miliki.

 

Libatkan brand dengan dan halaman yang relevan

Melibatkan brand dengan halaman yang relevan bukan berarti mempromosikan brand Anda di halaman lain. Namun sebaliknya, Anda bisa memposting konten atau memberikan komentar yang sesuai di halaman lain yang relevan dan membagikan konten brand lain yang dengan audiens Anda. Pendekatan ini cukup efektif untuk menaikkan facebook engagement. Bila Anda membangun relasi yang cukup baik dengan brand lain, Anda dapat memiliki kesepakatan untuk berbagi konten dan bisa saling menguntungkan. Hal ini akan membuat kedua belah pihak mendapatkan jangkauan yang lebih besar dan memperoleh lebih banyak engagement dengan audiens.

 

Sertakan call to action

Jangan pandang sebelah mata call to action (CTA) di Facebook. Sebuah studi menyebutkan bahwa penggunaan CTA pada postingan di halaman Facebook dapat membantu menaikkan facebook engagement. Penggunaan istilah ajakan bertindak atau CTA berkorelasi dengan efektivitas engagement di seluruh platform media sosial. Menurut TrackMaven report, tingkat engagement dengan postingan CTA lebih besar bila dibandingkan dengan postingan yang tidak menggunakan CTA. Facebook menyediakan CTA di halaman sehingga dapat mendorong audiens untuk mengambil tindakan dalam keperluan bisnis.

 

Itu dia 11 cara mudah menaikkan facebook engagement yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda untuk menaikan engagement di halaman Facebook. Dengan menerapkan 11 trik ini, Anda berpeluang untuk meningkatkan engagement di halaman Facebook Anda secara signifikan.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Inas Twinda

Inas adalah penulis senior di Penulis.ID. Dia telah membantu berbagai perusahaan seperti Traveloka dan Bukalapak untuk memproduksi artikel demi keperluan konten marketingnya.