Ini Cara Menambah Followers Instagram Untuk Bisnis Anda

cara-menambah-follower-instagram
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Di era digital seperti sekarang ini hanya dengan menambah followers Instagram, bisnis Anda lebih berpeluang untuk mendapatkan profit. Pasalnya, di Instagram ada lebih dari 500 juta pengguna aktif setiap hari, tentu saja platform media sosial ini dapat dengan cepat membangun jaringan bisnis melalui berbagai konten-konten menarik yang dibagikan. Namun demikian, menambah followers Instagram untuk bisnis tidaklah mudah.

Beberapa akun bisnis membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan tahunan untuk mendapatkan ratusan ribu followers Instagram. Apakah Anda termasuk salah satu pebisnis yang terjebak dan tidak tahu bagaimana cara menambah followers Instagram secara maksimal? Jangan khawatir, pada artikel ini Penulis.ID sudah merangkumkan satu per satu langkah efektif yang dapat Anda lakukan. Yuk simak!

 

Pastikan Anda sudah mengaktifkan akun untuk bisnis

Terdapat dua jenis pilihan mode akun yang dapat digunakan oleh seluruh pengguna Instagram, yaitu akun pribadi dan akun bisnis. Keduanya memiliki tampilan dan fitur yang berbeda. Pada akun khusus untuk bisnis, Anda dapat memilih jenis bisnis yang dijalankan, menambahkan nomor telepon, serta petunjuk arah tepat di lokasi perusahaan. Oleh karena itu, pastikan akun Instagram perusahaan Anda sudah berada pada mode akun untuk bisnis.

 

Pilih username yang mudah diingat

Nama username akun Instagram untuk bisnis tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Sama halnya ketika Anda menentukan alamat situs website untuk perusahaan, username Instagram harus dibuat sedemikian rupa agar mudah diingat dan dilafalkan oleh seluruh pengguna. Tidak perlu tergesa-gesa, lakukan riset sederhana untuk menghindari adanya kemungkinan bahwa username yang Anda inginkan sudah dipakai orang lain.

Sebisa mungkin gunakan nama perusahaan Anda pada username tersebut. Namun, jika nama perusahaan terlalu panjang maka Anda perlu menciptakan username yang lebih singkat, unik, dan tetap terbaca dengan mudah. Anda diperbolehkan menggunakan titik (.) atau garis bawah (_) apabila memang diperlukan, tapi sekali lagi tidak perlu terlalu panjang.

 

Gunakan foto profil profesional

Setelah menemukan username terbaik untuk akun Instagram bisnis Anda, gunakan foto profil profesional. Artinya, foto tersebut harus mampu mewakili citra perusahaan Anda di hadapan seluruh pengguna Instagram. Dalam hal ini logo perusahaan adalah pilihan yang tepat. Pastikan Anda menggunakan logo dengan resolusi gambar dan ukuran yang sesuai untuk tampilan foto profil di Instagram.

Gunakan foto profil dengan resolusi high definition (HD) agar gambar tidak menjadi blur. Disadari atau tidak, seseorang akan memutuskan untuk mengikuti sebuah akun Instagram bisnis berdasarkan kesan yang disampaikan melalui foto profil tersebut.

 

Lengkapi kolom “Bio”

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah followers Instagram, termasuk dengan melengkapi kolom “Bio” yang terletak tepat di bawah foto profil. Biarkan pengguna lain mengenal akun bisnis Anda melalui deskripsi singkat yang ditulis pada kolom “Bio”. Jangan ragu untuk menambahkan link website perusahaan untuk pengunjung yang tertarik mencari informasi lebih lanjut tentang perusahaan Anda.

 

Tentukan tema akun bisnis Anda

Setelah profil dibuat dengan identitas yang benar, cara menambah followers Instagram berikutnya terkait tentang konsistensi. Pengguna akan tertarik mengikuti akun Anda apabila tampilan feed memiliki tema yang sama. Misalnya, jika perusahaan Anda bergerak di bidang kosmetik maka sebisa mungkin ciptakan tema yang dekat dengan kaum wanita. Gunakan warna-warna pastel serta konten yang memberikan inspirasi kecantikan.

Dengan begitu akun Instagram untuk bisnis semakin terarah dan tidak terlihat compang camping. Tema ini nantinya juga sangat membantu dalam menentukan kampanye apa yang paling sesuai dengan kondisi target market bisnis Anda. Namun, tema akun dapat berubah sesuai kebutuhan selama masih dalam satu jalur yang sama.

 

Luangkan waktu untuk followers

cara-menambah-follower-instagram

(Photo Credit: Blue Diamond)

Ingat, followers Instagram bukanlah mesin yang akan secara otomatis memberi komentar dan menyukai postingan Anda. Untuk itu, sebisa mungkin ciptakan suasana menyenangkan di akun bisnis tersebut. Usahakan selalu meluangkan waktu untuk membalas komentar dari para followers atau jika perlu Anda juga bisa menyukai foto yang terkait dengan posting Anda.

Cara lain untuk menambah jumlah followers Instagram dengan cepat adalah dengan mencari konten dengan hastag yang paling populer. Anda dapat memanfaatkan kolom pencarian yang sudah tersedia. Oh ya, hastag tersebut secara tidak langsung akan menampilkan konten-konten yang serupa dengan bisnis Anda. Bukankah hal ini memudahkan Anda untuk menonjolkan keunggulan produk bisnis?

 

Mulai mengikuti pengguna lain

Jangan ragu untuk mulai mengikuti pengguna lain yang sekiranya akan menjadi calon konsumen Anda. Gunakan fitur “Cari Orang Untuk Ikuti” yang akan mengimpor teman dari Facebook dan kontak Anda untuk diikuti. Selain itu, Anda juga bisa membuka bagian “Jelajahi” dan mulai ikuti beberapa akun pengguna yang disarankan. Setidaknya sepertiga dari orang yang Anda ikuti, akan mengikuti Anda kembali.

Sebagai informasi tambahan, saat ini Instagram hanya mengizinkan Anda untuk mengikuti 7.500 pengguna lain dalam kurun waktu satu hari. Jika melebihi angka tersebut maka selama 2×24 jam Anda tidak diizinkan untuk mengirim permintaan mengikuti kepada pengguna lainnya.

 

Posting secara rutin

Selanjutnya, jangan biarkan akun bisnis Anda berdiam diri untuk waktu yang lama. Hal ini justru akan membuat followers Instagram pergi meninggalkan Anda. Sebaiknya, ciptakan konten menarik secara terus menerus sehingga Anda bisa memposting lebih rutin. Jika diperlukan Anda juga dapat membuat jadwal posting sesuai dengan kondisi target bisnis Anda. Pelajari waktu yang tepat untuk posting di Instagram demi memperoleh engagement secara maksimal.

 

Ciptakan konten berkualitas

Daya tarik visual adalah modal utama yang akan membantu Anda menambah followers Instagram untuk bisnis. Hindari untuk mengupload foto-foto yang sudah pernah atau bahkan diupload banyak pengguna lain. Selain akan bermasalah dengan persoalan hak cipta, konten tersebut juga akan menurunkan kredibilitas perusahaan Anda di mata konsumen. Produk bisnis Anda pun sulit menonjol di tengah persaingan sengit dengan produk-produk serupa dari brand lainnya.

Alih-alih mencari gambar atau video yang beredar di internet, Anda bisa menciptakan konten berkualitas itu sendiri. Saat memotret atau merekam video pastikan pencahayaan bagus dan backgroundnya menarik. Usahakan untuk menggunakan beberapa filter yang sama pada konten Anda untuk memberikan halaman Anda tampilan visual yang konsisten.

Tambahkan caption berupa detail produk secara singkat, padat, dan jelas. Mengajukan pertanyaan adalah langkah tepat untuk mendapatkan keterlibatan dan followers atau pengguna lain yang berkomentar. Semakin banyak orang tertarik dengan postingan Anda, maka semakin baik pula brand awareness terhadap produk bisnis Anda.

 

Perhatikan penggunaan hastag

Seperti yang sudah disinggung pada poin-poin sebelumnya, cara menambah followers Instagram dapat dilakukan dengan bantuan penggunaan hastag. Namun, ada dua ketentuan terkait tagar yang akan Anda gunakan. Pertama, gunakan hastag yang tepat dan sesuai dengan konten yang Anda bagikan. Cara ini efektif membantu konten Anda mudah ditemukan oleh pengguna yang melakukan pencarian melalui hastag tersebut.

Kedua, jangan gunakan hastag yang terlalu banyak sebab akan mengganggu kenyamanan followers Anda. Setidaknya Anda dapat menggunakan 7 – 11 hastag dalam satu konten yang diupload. Nah, meletakkan tagar ini juga perlu diperhatikan. Jika Anda hanya berencana menyelipkan satu atau dua tagar, letakkan pada keterangan foto saja. Sebaliknya, apabila akan menggunakan banyak hastag maka letakkan pada kolom komentar.

 

Sebagai pebisnis mau tidak mau Anda harus mengikuti peradaban teknologi yang ada di dunia demi mempertahankan bisnis tersebut. Hanya dengan cara menambah followers Instagram untuk bisnis, Anda memiliki peluang yang cukup besar untuk memperkenalkan produk tersebut kepada konsumen global. Berbekal konten foto dan video yang menarik, interaksi pengunjung akun Instagram Anda pun akan meningkat.

Semakin banyak orang membicarakan bisnis Anda, maka semakin besar keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Untuk itu, jangan sepelekan kualitas konten foto dan video yang akan diupload ke akun Instagram bisnis Anda. Lakukan proses kreatif penciptaan konten menarik dengan pihak-pihak yang memang terbukti ahli di bidang tersebut seperti Penulis.ID.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

inas

Inas adalah penulis senior di Penulis.ID. Dia telah membantu berbagai perusahaan seperti Traveloka dan Bukalapak untuk memproduksi artikel demi keperluan konten marketingnya.

Latest posts by inas (see all)