Ini Waktu yang Tepat Untuk Melakukan Posting di Instagram

instagram-app-logo-mobile-ss-1920
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Peran Instagram sangat penting untuk mendukung branding produk Anda. Dengan Instagram, brand yang sedang Anda bangun dapat dengan mudah dikenal oleh banyak orang. Caranya, cukup sederhana, hanya dengan memposting foto-foto menarik tentang brand Anda.

Pertanyaannya hanya satu, apa hanya sesederhana itu?

Ya, hanya se-simple itu. Tidak kurang dan tidak lebih.

Namun, bukan hanya asal posting gambar dan selesai begitu saja. Meskipun gambar yang Anda posting benar-benar mengagumkan bagi kebanyakan orang, namun bukan itu kunci meraih tujuan Anda dalam menggunakan Instagram.

Lalu, apa kunci lainnya dari kesuksesan sebuah postingan Instagram? Timing. Ya, timing adalah segalanya. Sebagus apapun gambar yang Anda posting, apabila tidak ada yang melihatnya pasti akan sama saja. Seperti halnya Twitter atau Facebook, pengguna Instagram juga beraktivitas dalam waktu-waktu tertentu.

Berikut ini akan dibahas tentang kapan sebaiknya timing yang tepat dalam melakukan posting di Instagram. Tidak hanya itu, di sini juga akan dibahas tentang bagaimana mencari timing yang tepat untuk posting menggunakan alat-alat tertentu.

Timing Terbaik Untuk Posting Di Instagram

Timing-is-everything

Sebelum membahas tentang waktu terbaik untuk posting, ada baiknya Anda mengetahui 2 kriteria aktivitas terbaik ketika posting di Instagram. Dua kriteria tersebut adalah banyak pengguna aktif dan jumlah posting terkecil yang dilakukan oleh pengguna Instagram di satu waktu. Bila kedua kriteria tersebut muncul dalam satu waktu, maka itulah waktu terbaik yang dapat Anda jadikan patokan dalam melakukan posting di Instagram.

Waktu Terbaik Untuk Posting di Instagram

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Latergramme terhadap 61.000 post, ditemukan fakta yang cukup menarik mengenai waktu posting di Instagram. Penelitian yang bertujuan untuk mengungkap waktu dimana posting menerima banyak like dan comment ini menunjukkan hasil bahwa kebanyakan orang melakukan engagement di Instagram pada pukul 2 dini hari dan pukul 5 sore.

Kenapa waktu-waktu tersebut menjadi puncak engagement terbanyak? Tim kami berpendapat, di jam 5 sore, lebih sedikit orang yang melakukan posting dan banyak engaged user yang menggunakan Instagram di jam tersebut. Di jam 5 sore, banyak orang yang pulang kantor atau mungkin pulang sekolah. Ketika sedang di kendaraan umum, mereka akan melakukan sesuatu untuk mengisi kejenuhan setelah beraktivitas dengan scrolling timeline di Instagram.

Apakah mereka akan memposting gambar di akun mereka? Tentu tidak. Maka dari itu, di jam 5 sore menjadi jam terbaik untuk memposting gambar Anda. Penulis ID juga menggunakan jadwal ini untuk melakukan branding. Kami melakukan scheduling post yang kami arahkan di jam 5 sore. Hasilnya, cukup memuaskan. Likers meningkat dan followers bertambah.

Selain jam terbaik, penelitian tersebut juga mengungkap jam terburuk untuk melakukan posting Instagram, yakni pada pukul 9 pagi dan 6 petang. Jam-jam tersebut memang banyak orang yang melakukan timeline scrolling di Instagram, namun banyak juga orang yang memposting gambar mereka di jam tersebut. Tentu gambar Anda akan “tenggelam” apabila Anda melakukan posting di jam tersebut.

Hari Terbaik Untuk Posting di Instagram

Ada jam, pasti ada hari terbaik. Benar saja. Penelitian Latergramme mengungkapkan bahwa hari terbaik dalam melakukan posting adalah hari Rabu. Di hari tersebut, engagement (likes dan comments) yang dilakukan oleh pengguna Instagram sangatlah banyak.

Namun, bukan berarti di hari lain buruk untuk melakukan posting. Hanya saja, engagement pengguna Instagram tidak sebanyak yang muncul di hari Rabu. Itu artinya, untuk Anda yang melakukan branding menggunakan Instagram, sebaiknya lakukan setiap hari. Meskipun sedikit yang melakukan engagement, setidaknya brand Anda mulai dikenal.

 

Mencari Timing yang Tepat Untuk Posting di Instagram

maxresdefault

Bukankah sudah dijelaskan sebelumnya mengenai waktu-waktu yang tepat untuk melakukan posting di Instagram? Memang benar, waktu tersebut memang waktu yang tepat untuk melakukannya. Pengguna Instagram memang mengalami puncaknya di jam-jam tersebut.

Lalu, untuk apa dibahas lagi?

Pada dasarnya, setiap akun di Instagram memiliki optimal posting time yang berbeda-beda. Hal ini didasari dengan kebiasaan followers yang berbeda-beda serta jumlah engagement rata-rata yang juga berbeda di setiap akun. Oleh karena itu, custom analysis sangat penting dilakukan untuk mendukung optimasi akun Instagram Anda.

Tim Penulis ID juga merasakan hal yang serupa ketika melakukan posting dengan waktu yang sama seperti di atas. Hasil yang kita peroleh berbeda-beda di tiap akun Instagram klien kami. Namun, kami tidak patah arang. Kami mengetahui bahwa terdapat beberapa tools yang mampu menganalisis waktu yang optimal untuk memposting gambar di Instagram.

Berikut ini adalah beberapa tools yang kami dan Anda dapat gunakan untuk melakukan custom analysis untuk menentukan kapan sebaiknya melakukan posting di Instagram.

Iconosquare

blog-helloiconosquare-2

Iconosquare merupakan alat analytic yang cukup canggih dan terkenal di khalayak ramai. Ketika Anda login menggunakan akun Instagram Anda, klik bagian “Optimization”, dan Anda akan menemukan kapan hari dan jam yang tepat untuk posting. Hal tersebut akan dianalisis berdasarkan aktivitas followers Instagram Anda. Dengan demikian, engagement yang Anda dapatkan di setiap postingan akan optimal.

Agorapulse

AgoraPulse

Tidak jauh beda dengan Iconosquare, Agorapulse lebih memberikan tampilan yang simple, namun hasil yang cukup detail. Agorapulse mengukur engagement harian followers Anda, top user yang melakukan interaksi terbanyak dengan akun Anda, bahkan juga bisa melihat postingan apa saja yang Anda posting berdasarkan hari dan waktu.

Terlebih lagi, Anda juga dapat mengatur beberapa akun Instagram sekaligus dengan Agorapulse. Selain itu, postingan yang Anda share di Facebook dan Twitter juga dapat Anda track menggunakan alat ini. Sayang, aplikasi ini tidak bisa mem-publish postingan secara otomatis.

Collec.to

facebookcollecto

Dengan nama asli Followgram, aplikasi ini menawarkan fitur analisis yang kurang lengkap apabila dibandingkan dengan Iconosquare. Statistik yang dihadirkan di Collecto hanya sebatas analyser biasa. Namun, tampilan yang diberikan di Collecto sangatlah mudah untuk dipahami bahkan untuk orang awam. Terlebih lagi, Collecto merupakan tools yang gratis.

Itulah tadi pembahasan mengenai kapan sebaiknya Anda melakukan posting Instagram serta beberapa alat yang akan membantu Anda. Dengan mengetahui cara ini, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan Instagram Anda sehingga dapat meraih engagement serta menaikkan jumlah followers sehingga tujuan Anda dalam melakukan branding tercapai dengan sempurna. Selamat mencoba dan semoga beruntung!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Ricza Try Wicaksono

Project Manager at Penulis.ID
Adventurer and Project Manager of Penulis ID

Latest posts by Ricza Try Wicaksono (see all)

  • http://music.fxlegato.com FX Bayu Anggara

    thanks min!

  • http://www.ieta-myblog.blogspot.com/ ieta

    Terima kasih info bermanfaat ni. Begitu juga jika melakukan posting blogkan?

    • Ricza Try Wicaksono

      Senang bisa berbagi. Untuk blog sebenarnya sedikit berbeda mengingat platform Instagram dan blogging memang tidak sama. Instagram lebih mengarah kepada bagaimana follower Anda merespon posting yang Anda miliki pada waktu posting. Instagram sangat bergantung pada timing. Istilahnya, time-related post. Untuk menarik engagement yang besar, waktu posting harus sempurna.

      Blogging beda lagi. Tidak ada timing tertentu pada blogging karena konten dalam blog haruslah everlasting, tidak berdasarkan waktu (kecuali konten blog berita). Kesuksesan blogging sendiri terletak pada kualitas isi blog Anda dan bagaimana Anda menempatkan SEO keywords yang tepat, bukan timing.

  • Wulandari Anik

    terimakasih gan ilmu nya, nanti mau saya coba terapkan lansung..

  • Azyan Surabaya

    Thanks gan Ilmunya. Sangat membantu sekali..