Backlink Adalah Salah Satu Strategi SEO, Masih Relevan?

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Backlink adalah bagian dari strategi SEO on-page yang dianggap ampuh menaikkan ranking di search engine. Bahkan, tidak sedikit pihak menawarkan jasa backlink untuk mencapai hal tersebut. Itu karena 41 persen perusahaan mengaku strategi ini merupakan hal tersulit dalam praktik SEO. Namun, 94 persen konten website sama sekali tidak mendapatkan external link.

Meski begitu, apakah strategi satu ini masih relevan untuk dipakai sekarang? Mungkin juga Anda belum benar-benar memahami apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkannya. Kalau begitu, simak ulasan selengkapnya, yuk!

Apa itu backlink?

Secara sederhana, backlink adalah link dari website lain yang mengarah ke website Anda. Karena berasal dari luar, backlink juga dikenal sebagai external link. Manfaat utamanya adalah meningkatkan traffic ke website Anda. Keberadaannya juga meningkatkan kredibilitas dari brand secara keseluruhan.

Backlink biasanya memberikan penjelasan lebih lanjut seputar topik yang sedang dibahas. Sebagai contoh, mari intip artikel blog Penulis.ID yang berjudul Cara Meningkatkan Traffic Website Secara Organik Tanpa Ngiklan. Dalam tangkapan layar ini, tampak bahwa kalimat kedua merupakan external link ke website lain. Audiens akan memperoleh penjelasan lebih lanjut dari riset tersebut jika mengekliknya.

Jika berbicara soal algoritma Google, sebelumnya backlink memang sangat penting dalam mengurutkan peringkat di mesin pencarian tersebut. Apabila ada banyak tautan menuju website A, Google akan menilai bahwa konten website A memang bermanfaat bagi audiens. Sehingga, website A akan memperoleh peringkat tinggi di search engine results page (SERP) Google. Namun, mari intip relevansi backlink sesuai algoritma terbaru Google.

Apakah backlink masih relevan?

Merujuk pada pembaruan algoritma Google pada akhir 2022, relevansi backlink tampaknya sudah menurun. Survei sederhana menunjukkan bahwa kini tidak sedikit yang menganggap backlink sudah tidak penting. Search Advocate Google, John Mueller, turut mengatakan kalau sekarang sudah bukan zamannya berlomba-lomba mendapatkan backlink, tapi lebih berfokus ke produksi konten bermanfaat. 

Lantas, bagaimana dengan penulisan artikel SEO ke depannya? Berdasarkan cara kerja Google saat ini, dapat disimpulkan bahwa backlink adalah salah satu strategi penting dalam praktik SEO, tapi bukan yang paling utama. Sehingga, Anda tidak perlu memaksakan perolehan backlink. Mengingat bahwa Google mampu mendeteksi backlink yang buruk, website Anda bisa-bisa malah kehilangan audiens. Sehingga, sebaiknya Anda menerapkan cara mendapatkan backlink yang akan dibahas di bawah ini.

Cara mendapatkan backlink

  • Sajikan konten bermanfaat dan orisinal

Menyajikan konten bermanfaat berarti konten website Anda memberikan solusi atas permasalahan atau pertanyaan audiens. Ini disesuaikan dengan industri yang digeluti masing-masing brand. Misalnya, brand alat musik bisa membuat konten seputar tips memilih alat musik yang bagus, konser musik, dan sebagainya sesuai dengan target audiens. Jika target audiens merupakan pemain musik pemula, angle atau sudut pandang tulisan pun disusun berdasarkan informasi tersebut. Contoh judulnya antara lain “Tips Memilih Gitar untuk Pemula”, “X Pianis Indonesia yang Mendunia, Begini Perjuangannya”.

Lantas, apa kaitannya dengan backlink? Kembali kita bahas bahwa backlink adalah tautan dari eksternal website menuju website Anda. Nah, konten Anda bisa saja direferensikan sebagai sumber informasi oleh kontributor website lain. Hal tersebut telah dilakukan dari awal artikel ini, ketika menyebut angka persentase seputar backlink.

Selain bermanfaat, pastikan juga Anda mempublikasi konten orisinal. Lagipula, kemungkinan besar suatu konten akan kalah peringkat jika sekadar meniru tulisan yang sudah ada. Jadi, prioritaskan riset dari tim content marketing Anda! Format konten website pun tidak harus tulisan, melainkan boleh juga berbentuk infografis, bahkan video. 

  • Manfaatkan broken link sebagai peluang

Setelah memahami apa itu backlink, Anda tentu mengetahui bahwa keberadaannya bisa menambah traffic menuju website. Untuk mendapatkannya, Anda bisa berinisiatif mencari broken link sebagai peluang untuk memperoleh backlink. Lalu, hubungi pemilik website untuk mengganti broken link dengan konten dari website Anda. Pemilik website juga akan memperoleh manfaat dari memperbaiki broken link, sehingga Anda bisa optimis memperoleh respons positif. 

Menemukan broken link bisa dilakukan melalui beberapa cara, salah satunya yakni menggunakan tools untuk melakukan site audit. Teknisnya simpel, ketik saja domain website yang ingin diperiksa. Nanti Anda akan mengetahui apabila ada broken links di dalamnya.

Source: Semrush

Untuk mengawalinya, Anda bisa mencari tahu beberapa website yang berkaitan dengan bidang industri Anda. Alasannya, Google bakal lebih mudah menetapkan kategorisasi website jika terus menyajikan konten dan mendapatkan external link dari brand serupa. Penulis.ID sendiri berfokus pada konten digital marketing, karena memang sesuai dengan layanan yang ditawarkan sebagai content marketing agency.

  • Kolaborasi dengan pihak eksternal

Menjalin kerja sama juga bermanfaat dalam mendapatkan backlink. Sebab, nantinya backlink adalah bagian dari kolaborasi antara Anda dengan pihak eksternal. Bisa dibilang kalau salah satu output kerja sama berupa posting konten di platform masing-masing. 

Pelaksanaan kolaborasi mungkin dilakukan bersama influencer, selebritas, atau pemilik website lain. Sesuaikan saja dengan identitas brand dan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda bisa membuat konten kolaborasi dengan pemilik website lain. Nanti konten tersebut bisa dipublikasi di website masing-masing, dengan backlink ke satu sama lain. 

  • Mengoptimalkan tools SEO

Seperti yang sempat dibahas terkait broken link, tools SEO menyediakan sejumlah fitur untuk membantu Anda mendapatkan backlink. Salah satu tools backlink yang terkenal adalah Ahrefs, karena menawarkan fitur lengkap untuk melacak backlink, keyword, sampai analisis kompetitor. Di dashboard, Anda bisa melihat jumlah backlink milik Anda. Masing-masing backlink pun dapat dilihat untuk memastikan apakah kualitasnya bagus. 

Selain Ahrefs, Moz juga cukup populer dalam memantau backlink. Moz Link Explorer bisa menunjukkan semua backlink yang dimiliki oleh suatu website. Setiap backlink yang disajikan dilengkapi dengan sejumlah metrik, seperti domain authority index dan spam score. Itu berguna dalam menganalisis external link untuk website Anda, juga kompetitor.Sesudah menyimak pembahasan di atas, tidak dapat dipungkiri bahwa backlink masih harus diperhatikan, khususnya praktik SEO on page, meskipun sudah tidak sepenting dulu. Seperti arahan dari Google sendiri, fokus saja untuk membuat konten berkualitas. Apabila kesulitan, Anda bisa manfaatkan jasa content marketing agency yang punya track record positif.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Kaylina Ivani

Digital Marketing Specialist at Penulis.ID