5 Manfaat SEO untuk Perusahaan Besar

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Manfaat SEO yang sering digadang-gadang adalah menambah traffic website, di mana tujuan SEO adalah meningkatkan brand awareness. Itu membuatnya diandalkan oleh start-up, karena masih membutuhkan banyak pelanggan baru. Kalau begitu, bagaimana dengan perusahaan besar? Dengan brand awareness dan customer loyalty yang lebih tinggi dibandingkan start-up, pengelola perusahaan besar sering beranggapan bahwa bisnisnya tidak perlu SEO.

Sehingga, Anda mungkin mempertanyakan apakah perusahaan besar masih perlu SEO? Lebih lanjut, apakah jasa SEO profesional penting untuk brand lama? Untuk menjawab pertanyaan itu, mari simak apa saja manfaat SEO untuk perusahaan besar!

5 Manfaat SEO untuk perusahaan besar

  • Lebih bersaing dengan kompetitor 

Saat ini, kebanyakan pelanggan memiliki kebiasaan untuk searching sebelum membeli sesuatu, agar yakin akan keputusannya. Bahkan, searching tidak hanya dilakukan oleh pembeli toko online. Transaksi di toko fisik pun sering melibatkan pencarian melalui smartphone terlebih dahulu. Kemajuan dalam hal aksesibilitas teknologi memang memengaruhi perilaku konsumen.

Namun, bagaimana jika suatu brand tidak dapat ditemukan saat calon pelanggan melakukan pencarian online? Ada kemungkinan mereka akan memilih produk dari brand lain, karena informasi yang disajikan mampu memperkuat keputusan pembelian.

Mari mengambil produk tepung tapioka sebagai contoh. Sejumlah brand menawarkan produk serupa, tapi bayangkan jika satu pelanggan dihadapi dua pilihan brand. Mungkin saja pelanggan tersebut memilih brand X daripada Y, karena memiliki website dengan informasi lengkap seputar bahan dan cara pengolahannya. Tidak berhenti sampai situ, ternyata brand X juga memberikan rekomendasi resep masakan menggunakan produknya. Jadilah pelanggan membeli produk brand X yang aktif menerapkan content marketing, khususnya SEO.

Manfaat SEO ini membuat Anda mampu bersaing dengan kompetitor dalam mendapatkan pelanggan. Terlebih, sekarang loyalitas pelanggan cenderung berkurang dengan adanya persaingan dari brand lain. Sebagai pemilik bisnis atau marketers, Anda bisa memenangkan hati pelanggan melalui SEO.

  • Mendorong brand ke top of mind

Setelah menjalankan bisnis selama bertahun-tahun, mungkin brand Anda dapat dikenali oleh banyak orang. Meski begitu, sudahkah Anda yakin bahwa brand Anda memegang posisi top of mind?

Jika belum familier dengan istilah tersebut, top of mind adalah tingkat tertinggi dari skala brand awareness. Mencapai top of mind awareness (TOMA) berarti bisnis Anda dinilai sebagai pilihan utama untuk kategori terkait. Sesuai dengan namanya, ini berarti orang lain otomatis memikirkan brand Anda ketika mempertimbangkan kebutuhannya. Karena mampu mendorong ke ke top of mind, manfaat SEO bagi perusahan besar terbilang signifikan.

Sebagai gambaran sederhana, anggaplah seseorang tengah penasaran seputar investasi reksa dana. Ketika mencari tahu seluk-beluk reksa dana, ia beberapa kali menemukan artikel SEO yang dipublikasi oleh aplikasi investasi A. Itu membuatnya terus mengingat brand aplikasi A, meski belum tentu langsung menjadi pelanggan. Begitu memutuskan untuk investasi reksa dana, kemungkinan pikirannya langsung mengarah ke aplikasi A, karena sudah menjadi top of mind baginya.

Begitu juga dengan brand yang sudah lama dikenal masyarakat umum. Semakin sering muncul di hadapan pelanggan, brand semakin terdorong ke posisi top of mind. Pelanggan pun cenderung yakin untuk membeli produk Anda. 

  • Mempertahankan kredibilitas brand

Salah satu manfaat SEO adalah meningkatkan kredibilitas brand, tapi dapat diasumsikan bahwa perusahaan besar telah memiliki kredibilitas di mata pelanggan. Oleh karena itu, di sini tujuan SEO adalah mempertahankan dan memperkuat kredibilitas brand. Bagaimana maksudnya?

Setiap brand tentu memiliki bidangnya masing-masing. Ada yang bergerak di bidang makanan dan minuman, jasa transportasi, dan sebagainya. Melalui SEO, Anda berkesempatan untuk menunjukkan kredibilitas sesuai industri. Sebagai contoh, bisnis reparasi smartphone bisa mempublikasi artikel SEO seputar cara memperbaiki masalah koneksi internet di smartphone, cara update Android OS, dan semacamnya. Itu bakal membuatnya tampak ahli dalam bidang reparasi smartphone, sehingga berpotensi meningkatkan angka penjualan. 

Anda sendiri kira-kira ingin membuat artikel SEO seperti apa? Untuk memperoleh ide topik artikel, Anda bisa melakukan beberapa cara, seperti menggunakan content idea generator, menelusuri value proposition dari brand Anda sendiri, serta memerhatikan tren media sosial. Intinya, Anda bisa meyakinkan calon pelanggan untuk melakukan pembelian jika rajin menerapkan SEO. Salah satu kuncinya adalah ingat untuk menekankan keunikan brand Anda dalam tulisan. 

  • Mendukung taktik marketing lainnya

Ada beberapa taktik marketing yang bisa Anda lakukan, salah satunya iklan di media sosial dan website. Tapi, iklan online seperti itu biasanya memberikan tombol call-to-action menuju website bisnis. Di sinilah manfaat SEO berjalan, karena Anda bisa mengisi website dengan tulisan berbasis SEO untuk menarik pelanggan.

Lagipula, jika website Anda masih kosong, pelanggan malah bingung. Kredibilitas dari brand juga jadi meragukan. Akibatnya, tujuan iklan jadi tidak tercapai.

Itulah yang membuat SEO menjadi penting. Tidak heran bahwa banyak perusahaan kini mempekerjakan SEO content writer atau SEO specialist. Apabila belum memiliki tim khusus pun, jasa SEO profesional bisa membantu Anda.

  • Memungkinkan promosi 24/7

Apakah Anda punya tim sales untuk menjawab pertanyaan pelanggan? Jika jawabannya ya, kemungkinan besar tim sales Anda tidak bisa dihubungi saat jam makan siang atau malam hari. Bagaimanapun, mereka adalah tenaga kerja manusia yang membutuhkan istirahat. Namun, perusahaan Anda memiliki peluang untuk promosi tanpa henti dengan SEO. Mengingat bagaimana masyarakat punya kecenderungan untuk searching sebelum membeli, Anda bisa saja mendapatkan pelanggan melalui SEO.

Agar dapat berjalan sesuai rencana, pastikan Anda selalu memantau perkembangan dari praktik SEO yang dilaksanakan. Ini termasuk melihat angka reach dan impression, bounce rate, hingga mengevaluasi page speed. Dari situ, Anda dapat menyajikan konten terbaik dan menawarkan pengalaman browsing yang positif bagi pelanggan. 

Selain itu, jangan segan untuk selalu up to date dengan perubahan algoritma dan tren terkini. Keduanya akan menjadi pedoman dasar pembuatan konten Anda. Jika ketinggalan zaman, pelaksanaannya pun jadi tidak optimal. Manfaat SEO di atas dapat dirasakan oleh perusahaan besar dalam mengembangkan bisnisnya di era digital ini. Meski begitu, diperlukan keterampilan bidang search engine optimization agar dapat mengeksekusinya dengan baik. Tidak yakin bisa eksekusi sendiri? Tenang, karena ada content marketing agency dengan tim profesional yang bisa membantu Anda melaksanakan strategi ini.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Kaylina Ivani

Digital Marketing Specialist at Penulis.ID