Trik Menerapkan SEO Instagram untuk Meningkatkan Traffic Konten

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Istilah SEO atau search engine optimization cenderung akrab dengan memperoleh peringkat tinggi dalam hasil pencarian Google. Namun, sebenarnya marketing di Instagram juga perlu menerapkan hal yang sama. Tujuannya pun kurang lebih serupa, yakni muncul sebagai hasil teratas di hasil pencarian. Yuk, simak tujuh trik menerapkan SEO Instagram yang bisa langsung Anda terapkan!

7 Trik Menerapkan SEO Instagram

  • Pasang display name menggunakan keyword relevan

Dengan kemudahan akses media sosial, calon pembeli sekarang punya kecenderungan untuk searching sebelum bertransaksi. Ini berarti Anda perlu membangun profil menggunakan keyword yang relevan dengan produk bisnis, agar nanti keluar saat pengguna melakukan pencarian. Misalnya, bisnis hampers biasanya erat dengan momen spesial seperti Idulfitri, Natal, dan Imlek. Sehingga, Anda disarankan mengisi kolom display name menggunakan kata kunci “Hampers Imlek”, “Christmas Hampers”, atau “Hampers Lebaran” sesuai tanggalnya.

Sebagaimana tertera pada gambar di atas, pengguna yang mencari hampers bakal menemukan beberapa akun untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu, ide keyword lain bisa berupa lokasi, seperti “hampers Jakarta”. Anda juga bisa mengombinasikan beberapa kata untuk mengoptimalkan SEO Instagram, contohnya “CNY Hampers Jakarta”.

Jika bisnis sudah berkembang sampai cukup dikenal banyak orang, nama brand bisa dijadikan kata kunci. Contohnya antara lain Indomie, Coca-Cola, Gojek, Apple, dan brand lain yang tidak asing lagi di telinga masyarakat umum. Dari brand saja, pengguna langsung tahu produk hingga unique selling proposition atau USP dari bisnis terkait.

  • Bangun bio yang menarik

Setelah menentukan display name untuk Instagram bisnis, selanjutnya Anda perlu menggugah minat audiens dengan bio yang menarik. Pastikan audiens langsung tahu apa yang Anda tawarkan. Bisa dilihat pada contoh bio salah satu klien Penulis.ID yaitu Flip di bawah ini, di mana audiens bisa mengetahui kalau Flip memfasilitasi transfer ke berbagai bank dan e-wallet tanpa biaya admin. 

Dalam mengomunikasikan USP produk, kata-kata yang dipilih dapat disesuaikan dengan identitas brand. Flip menggunakan panggilan “Kak” dan memakai kalimat layaknya percakapan sehari-hari. Hal ini memang dilakukan oleh brand fintech tersebut pada berbagai platform, karena ingin menyasar usia remaja.

Sejauh ini, algoritma Instagram belum cukup optimal dalam mengurutkan akun berdasarkan bio. Sehingga, searching kata kunci “bebas biaya admin” tidak akan memunculkan media sosial Flip, padahal idealnya begitu. Meski begitu, memiliki bio yang jelas dan menarik akan sangat membantu dalam menarik audiens. Pengguna pun akan memperoleh pemahaman lebih lanjut mengenai bisnis Anda setelah mengunjungi akun Instagram.

  • Manfaatkan keyword (lagi) untuk caption

Penggunaan keyword tidak berhenti sampai kolom display name dan bio saja. Isi caption pun sebaiknya Anda isi dengan kata kunci tertentu untuk menarik audiens. Selain muncul di hasil pencarian teratas, mengutamakan keyword di caption akan membantu Anda berkomunikasi dengan audiens. 

Melalui isi caption, Anda dapat mengomunikasikan berbagai informasi terbaru kepada audiens, seperti launching produk baru, promo, dan sebagainya. Ini juga bisa menjadi sarana interaksi untuk menjaga hubungan dengan konsumen. Jadi, tidak ada salahnya mengakhiri caption dengan kalimat ajakan seperti, “Tag 3 teman yang mau kamu ajak ke sini!”

  • Optimalkan hashtag

Jika Anda sudah sering menggunakan media sosial, hashtag atau tagar tentu bukan lagi hal asing. Pemakaian hashtag sangat memengaruhi performa SEO Instagram. Jika mencari #ayamgeprek atau “ayam geprek”, hasilnya kurang lebih akan sama. Ini karena Instagram masih mengutamakan hashtag dalam mengurutkan hasil pencariannya.

  • Maksimalkan alt text

Kehadiran fitur alt text di Instagram memiliki tujuan utama untuk meningkatkan aksesibilitas bagi penyandang tunanetra atau disabilitas lainnya. Dengan menggunakannya, Anda memperluas jangkauan bisnis bagi mereka. Di sisi lain, alt text juga berpengaruh pada performa SEO Instagram. Sebab, ini akan membantu algoritma Instagram untuk mengidentifikasi konten Anda.

Secara sederhana, alt text merupakan deskripsi konten yang akan dibacakan kepada pengguna. Contohnya, foto bunga mawar bisa dijelaskan sebagai, “a single yellow rose zoomed in on a sunny day”. Hindari deskripsi yang terlalu umum, misalnya “a yellow rose” saja, karena itu tidak memberikan informasi memadai bagi pengguna.

Instagram sebenarnya memberikan alt text secara otomatis, tapi biasanya kurang menyajikan informasi yang lengkap. Sehingga, Anda bisa menyematkan alt text secara manual. Caranya, pilih menu Advanced settings saat akan posting konten.

Kemudian, Anda bisa langsung mengarah ke Write Alt Text. Begitu Anda selesai mengetik deskripsi konten, klik saja opsi Done di sisi kanan atas.

  • Perhatikan analytics

Praktik social media management tidak memiliki teori yang pasti. Strategi yang diterapkan kadangkala membutuhkan proses trial and error. Dalam teknik SEO Instagram, mungkin saja pemilihan kata kunci atau hashtag sebelumnya kurang optimal, sehingga bisa diganti dengan yang lain. 

Performa dari setiap konten dapat dilihat dari analytics Instagram. Dari situ, Anda bisa mengetahui reach, impression, likes hingga peningkatan followers dalam periode tertentu. Ini kemudian menjadi bahan evaluasi untuk menentukan langkah terbaik di kemudian hari.

  • Hindari beli followers dan likes

Ketika merintis akun Instagram, kadang-kadang ada dorongan untuk membeli followers dan likes dengan tujuan meningkatkan engagement rate secara instan. Angkanya memang bakal naik, tapi algoritma Instagram akan mendeteksi perubahan dalam akun Anda sebagai aktivitas mencurigakan. Akibatnya, kemungkinan akun Anda ditemukan pengguna lain akan semakin kecil.

Sebaiknya, kembangkan akun dengan memproduksi konten menarik dan bermanfaat bagi audiens. Anda dapat menyesuaikan konten dengan industri yang Anda jalani. Sebagai contoh, bisnis helm bisa memberikan tips memakai helm, cara memilih helm, hingga tips naik motor. Jika ingin Muncul di hasil pencarian teratas Instagram bisa membantu perkembangan bisnis Anda. Terlebih, jumlah pengguna Instagram di Indonesia menduduki peringkat keempat dunia dengan angka 99,9 juta pada April 2022. Ini berarti Instagram menjadi alat penting jika ingin terus memajukan bisnis Anda. Langsung saja coba praktik SEO Instagram di atas untuk meningkatkan traffic akun Anda!

Apabila belum berpengalaman dalam praktik SEO atau social media marketing, Anda bisa memanfaatkan jasa social media agency untuk membantu perkembangan bisnis Anda. Sampaikan saja kebutuhan atau persoalan dalam pengelolaan social media, supaya solusinya dapat ditemukan bersama-sama.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Kaylina Ivani

Digital Marketing Specialist at Penulis.ID