Cara FYP TikTok, Pahami Dulu Algoritmanya

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Bagaimana cara FYP TikTok? Sebetulnya, ada beberapa faktor yang bisa membuat video Anda masuk FYP TikTok. Algoritma TikTok pun sedikit berbeda jika dibandingkan dengan media sosial lainnya. Sebagai contoh, ramainya konten Instagram cenderung bergantung pada networking yang telah dibangun oleh penggunanya, sementara konten TikTok bisa saja memperoleh views dan engagement rate tinggi meski baru membuat akun. Itulah sebabnya Anda perlu memahami algoritma TikTok terlebih dahulu sebelum memproduksi konten. Yuk, intip di sini!

FYP artinya apa?

FYP adalah singkatan dari For You Page, yaitu halaman TikTok yang menyajikan rekomendasi video berdasarkan preferensi masing-masing pengguna. Ini merupakan feeds yang dilihat pertama kali saat membuka TikTok. Konten yang masuk FYP pun bakal mendapatkan viewers lebih banyak, sehingga kemungkinan memperoleh like, comment, dan share lebih banyak pula.

Image credit: cottonbro studio

Sebagai pengguna, cara kerja FYP TikTok bisa dibilang cukup simpel. Jika seseorang sering menonton video kucing sampai habis, nantinya isi FYP bakal dipenuhi dengan konten kucing. Lantas, bagaimana dengan algoritma TikTok untuk content creator? Langsung saja simak di bawah ini untuk memahami cara FYP TikTok!

Cara FYP TikTok

  • Produksi konten berkualitas

Konten berkualitas biasanya diartikan banyak orang sebagai konten edukatif, seperti fakta kesehatan dan keuangan. Namun, konten berkualitas bukan hanya seputar edukasi. Contohnya jika bisa membuat audiens tertawa, maka konten Anda juga termasuk konten berkualitas. Pertanyaannya, apa jenis kualitas yang ingin Anda sajikan kepada audiens?

Image credit: freepik

Anda bisa juga membuat beberapa jenis konten agar audiens tidak bosan. Misalnya, dalam sebulan akun mungkin Anda mempublikasi video hiburan, komedi, dan edukasi sesuai konten teratas TikTok tahun 2021. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan tipe konten dengan identitas brand, ya! Sebagai contoh, mari sama-sama lihat video yang di-upload oleh Duolingo, aplikasi belajar bahasa asing dengan maskot burung berwarna hijau.

Source: Tiktok @duolingo

Konten di atas membahas topik yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan di media sosial, yakni bagaimana kaum perempuan sering menyukai laki-laki hanya karena hal-hal bare minimum, seperti setia dan sopan. Di sini, Duolingo pun ikutan bercanda dengan menyebut bahwa perempuan (girlies) akan klepek-klepek ketika dihadapi laki-laki yang hidup dan hanya bisa mengatakan “bonjour”, kata sapaan semacam “halo” dalam bahasa Prancis. Talk about bare minimum, y’all.

Itu cocok dengan lini bisnis Duolingo sebagai platform belajar berbagai bahasa, seperti Spanyol, Prancis, Jepang, bahkan Latin. Terlebih, Duolingo menawarkan proses belajar yang lebih menyenangkan. Ada streak untuk menjaga pengguna tetap rajin belajar setiap hari, lalu modul pembelajarannya pun simpel. Sehingga, tidak heran kalau pendekatan audiensnya sesuai dengan pembicaraan sehari-hari anak muda.

  • Hindari durasi terlalu panjang

Seiring waktu, TikTok beberapa kali tercatat menambah durasi maksimal video. Mulai dari 15 detik, 60 detik, 3 menit, sampai 10 menit. Namun, nyatanya video populer di TikTok memiliki durasi 60 detik ke bawah. Anda pun perlu mendapatkan perhatian audiens dalam waktu 3 detik pertama. Jika tidak, pengguna bakal skip konten Anda. Algoritma TikTok pun akan mengevaluasi tanggapan audiens terhadap setiap konten untuk me

Bagaimana cara FYP TikTok dengan durasi sesingkat itu? Triknya adalah menggugah emosi audiens dari awal. Anda bisa memulai dengan pertanyaan dan ekspresi menarik. Jika content creator tidak menampilkan wajah, Anda pun bisa memanfaatkan 3 detik pertama dengan teks seperti di bawah ini. 

Source: TikTok @kompascom
  • Unggah pada prime time

Memerhatikan waktu upload merupakan salah satu cara FYP TikTok yang paling krusial. Pasalnya, ada jam-jam tertentu di mana pengguna lebih aktif membuka media sosial satu ini. Jadi, sebisa mungkin hindari mengunggah konten saat subuh ketika kebanyakan orang beristirahat.

Image credit: cottonbro studio

Jam FYP TikTok cukup beragam setiap harinya, karena ini berkaitan dengan aktivitas sehari-hari para pengguna. Berikut rinciannya.

  1. Senin: 12.00 – 13.00
  2. Selasa: 15.00 – 16.00 dan 19.00 – 21.00
  3. Rabu: 11.00 – 12.00 dan 20.00 – 21.00
  4. Kamis: 12.00, 16.00, 19.00, dan 21.00
  5. Jumat: 11.00 – 12.00 dan 19.00 – 22.00
  6. Sabtu: 09.00 – 11.00 dan 19.00 – 21.00
  7. Minggu: 07.00 – 11.00 dan 16.00 – 21.00
  • Buat caption menarik

Biasanya, caption hanya terdiri dari satu sampai dua kalimat. Kalau terlalu panjang, konten Anda malah tertutup oleh caption, atau caption jadi sulit dibaca oleh audiens. Jika masih bingung, lihat contoh dari akun TikTok resmi Netflix berikut ini. 

Source: TikTok @netflix

Konten Netflix satu ini mempromosikan film Knives Out (2022) yang dibintangi oleh Daniel Craig. Dalam video tersebut, terdapat tiga panel adegan yang sama, tapi dalam bahasa Inggris, serta dubbing Jepang dan Italia. “It’s a dangerous thing to mistake speaking without a thought for speaking the truth.” Caption-nya sudah menggambarkan banget, kan?

  • Interaksi dengan pengguna lain

Karena mengunggah konten di platform sharing video, pemegang akun TikTok sering lupa berinteraksi dengan pengguna lain. Padahal, meninggalkan komentar bisa meningkatkan engagement rate. Jika sering membalas komentar, audiens bakal terdorong untuk meninggalkan jejak berupa likes, komentar, hingga share konten Anda. 

Salah satu brand yang aktif melakukannya adalah SiCepat Ekspres seperti di bawah ini. Dengan rajin membuat konten dan membalas komentar, kedekatan antara audiens dengan brand pun meningkat.

Source: TikTok @sicepatekspres
  • Kolaborasi dengan influencer

Disebut juga sebagai influencer marketing, kolaborasi dengan tokoh terkenal terbukti lebih ampuh. Dilansir dari Impact, 61 persen konsumen memercayai rekomendasi influencer, sementara hanya 38 persen yang percaya konten dari brand.

Jika membahas kolaborasi dengan public figure, Scarlett Whitening bisa dibilang sebagai juaranya. Brand kecantikan tersebut menggaet sejumlah nama populer, mulai dari seleb TikTok, selebgram, penyanyi, bahkan artis Korea seperti girl group TWICE dan aktor Song Joong-ki. 

Source: TikTok @scarlett_whitening

Menggandeng sosok populer mengundang audiens untuk menaruh perhatian lebih terhadap brand, apalagi kalau public figure tersebut punya banyak fans. Sehingga, tidak heran kalau taktik ini mampu membuat konten brand masuk ke FYP.

Dengan mengetahui cara FYP TikTok, Anda dapat meningkatkan brand awareness, brand recall, hingga jumlah penjualan. Intinya, content creator perlu mengenal audiensnya secara mendalam agar bisa memproduksi konten yang sesuai. Maksimalkan juga durasi dan penjadwalan konten, supaya algoritma TikTok bisa mendorong konten Anda ke For You Page.Butuh bantuan dalam mengelola konten hingga akun TikTok? Serahkan saja masalah itu ke social media agency berpengalaman, agar Anda bisa fokus mengembangkan bisnis. Pastinya, TikTok sekarang sulit dipisahkan dari pengembangan usaha di era digital ini. Jadi, jangan ketinggalan mempraktikkan cara FYP TikTok, ya!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Kaylina Ivani

Digital Marketing Specialist at Penulis.ID